Cara Mudah Memilih Cemilan Baik untuk Anak dengan Logo "Cemilan Baik Untukmu" - Mungkin kita semua familiar dengan lirik lagu ini, “Paddle Pop … Paddle Pop … Supper Dupper Yummy!” Keke dan Nai bahkan pernah menyebutnya sebagai es krim legend. Saking mereka udah akrab dan suka dengan es krim ini sejak kecil. 

cara mudah memilih cemilan baik untuk anak
 
Etapi, memangnya anak-anak aman makan es krim? Gak takut nanti jadi batuk pilek? 
 
Chi termasuk yang mengenalkan es krim sejak Keke dan Nai masih kecil. Tetapi, memang banyak juga ragu memberikan cemilan dingin ini ke anak. Bahkan ada beberapa orang bertanya kenapa kami membolehkan Keke dan Nai makan es krim. Apakah gak takut nanti jadi batuk pilek?
 
Kami selalu bilang kalau makan es krim terbukti aman bagi Keke dan Nai. Nah bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Paddle Pop mempelopori logo “Cemilan Baik Untukmu” sebagai bentuk komitmen mendukung tumbuh kembang anak. Dalam acara virtual launch tersebut juga dijelaskan tentang pentingnya memilih cemilan yang baik.
 

Cemilan Baik Menjadi Bagian yang Tak Terpisahkan dari Asupan Nutrisi Seimbang

 
peluncuran logo cemilan baik untukmu
 
Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan terlihat meningkat sejak adanya pandemi. Salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi asupan dengan nutrisi seimbang.
 
Banyak orang tua yang berpikir pentingnya menjaga asupan seimbang untuk menu utama. Sedangkan longgar di cemilan. Padahal menurut salah satu studi, sekitar 97,7% anak Indonesia lebih banyak mengkonsumsi cemilan dan minuman kemasan dibandingkan asupan buah dan sayuran.

Pengalaman kami pribadi pun mengenalkan anak-anak dengan cemilan memang cenderung lebih mudah daripada makanan utama. Lebih mudah bikin ketagihan. Tetapi, memang gak bisa terus dibiarkan kebanyakan makan camilan. Apalagi kalau sampai mengganggu pola makan sehat.
 
Pola makan ideal dalam sehari adalah 3x makan utama dan 2x camilan. Artinya camilan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tumbuh kembang anak. Tentunya harus memilih camilan yang baik agar anak bertumbuhkembang optimal. 
 
 manfaat memilih cemilan yang baik

“Kesadaran tentang pentingnya memilih cemilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih cemilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan. Selain itu, ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orang tua pun memiliki kesempatan emas untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik,” jelas dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K).

 

Paddle Pop Pelopori Standar Cemilan Baik Melalui Logo "Cemilan Baik Untukmu"

 
 logo cemilan baik untukmu
 
Di saat pandemi ini sebetulnya bisa menjadi momen emas bagi orang tua untuk mulai mengenalkan pola makan yang baik bagi anak. Sediakan pula menu dengan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk cemilan.

Saat ini banyak sekali pilihan cemilan kemasan di pasaran. Orang tua kerap kali bingung pada saat memilih cemilan. Bagaimana cara memilih camilan yang baik untuk anak?

cek kandungan gizi cemilan pada kemasan
 
“Ada banyak sekali jenis cemilan yang beredar di pasaran. Karena itu, sangat penting bagi semua orang tua untuk memeriksa kembali kemasan cemilan untuk anak. Kami telah memberikan izin logo Cemilan Baik Untuk yang diaplikasikan di kemasan produk Paddle Pop. Kami berharap, logo Cemilan Baik Untukmu ini bisa membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak. Untuk itu, kami selalu menghimbau kepada masyarakat untuk membaca label informasi pada kemasan,” ungkap Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes., Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM 
 
Biasakan membaca informasi nutrisi pada label kemasan. Tetapi, Kadang-kadang, membaca label informasi tersebut cukup merepotkan karena tulisannya yang kecil-kecil. Cukup sulit untuk dibaca.
 
Langkah Paddle Pop mencantumkan logo "Cemilan Baik Untukmu" akan memudahkan orang tua ketika memilih camilan yang baik untuk anak. Jadi menghemat waktu karena tinggal lihat logo tersebut. Apalagi logo ini dikeluarkan setelah mendapat izin BPOM. Berarti memang sudah diakui sebagai cemilan baik. 
 
 kriteria cemilan baik untuk anak

Menurut dr. Atilla, ada beberapa kriteria cemilan baik yang bisa diberikan kepada anak yaitu

  1. Pilih cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi anak
  2. Camilan yang mengandung buah dan susu sangat baik untuk anak. Susu mengandung protein dan kalsium yang dapat menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Sedangkan buah mengandung berbagai vitamin untuk mendukung tumbuh kembang.
 
“Sebagai pionir cemilan es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, di momen perayaan Hari Gizi Nasional 2021, kami memperkenalkan logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat & ramah lingkungan. Kami secara konsisten melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik, termasuk es krim Paddle Pop yang dibuat secara bertanggungjawab untuk anak,” jelas Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia.
 
kandungan nutrisi es krim paddle pop
 
Semua es krim Paddle Pop rasanya enak dan disukai oleh anak. Sesuai dengan komitmen, es krim ini terus meningkatkan standar camilan dengan kandungan yang lebih baik. Paddle Pop standar nutrisi tinggi dengan mengandung kebaikan buah dan susu. Kandungannya tidak lebih dari 110kkal, < 12g gula, dan < 3g lemak jenuh.
 
 kandungan cemilan berdasarkan rekomendasi who
 
Komposisi pada setiap produk Paddle Pop telah mengikuti standar WHO dan Kementrian Kesehatan RI. Sebagai cemilan yang baik, es krim ini juga mendapatkan izin edar BPOM serta logo halal MUI.
 
Paddle Pop bisa dikonsumsi sejak anak berusia 1 tahun. Menurut dr. Atilla, orang tua tidak perlu khawatir memberikan anak es krim. Batuk dan pilek yang timbul biasanya pemicunya karena alergi. Dicek lagi apakah anak punya alergi dingin atau susu sapi. Bila tidak memiliki, berarti aman mengkonsumsi es krim.


Orang tua Memegang Peran Penting dalam Membentuk Pola Konsumsi Anak 

 
 cemilan baik yang mendukung tumbuh kembang anak
 
“Saya percaya bahwa tugas utama dari orang tua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Saya berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih cemilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya,” ungkap Sophie Navita, presenter dan ibu 2 anak.
 
Sophie mengatakan kalau anak terlahir belum mengenal rasa. Orang tualah yang mulai mengenalkan berbagai rasa makanan/minuman kepada anak. Memberikan contoh yang positif merupakan cara yang bisa dilakukan orang tua. 

Ketika orang tua ketahuan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, jangan pernah melalukan pembenaran dengan mengatakan, "kalau orang tua yang makan, gak apa-apa." Anak akan mencontoh apa yang dilihat.

Jangan pula mudah bangga bila melihat anak yang makannya kebanyakan. Karena berlebihan juga tidak baik. Apalagi bila kandungan nutrisinya gak seimbang.
 
Membiasakan pola makan yang baik memang harus sejak dini. Hal ini sebagai upaya transisi menuju pola makan yang lebih sehat. Konsistensi sangat diperlukan untuk membentuk kebiasaan baik.

Kelak anak-anak akan dewasa dan jauh dari pengawasan orang tua. Tetapi, bila sudah dibiasakan memiliki pola makan dengan nutrisi seimbang, kebiasaan ini akan terus terbawa hingga dewasa. Meskipun sudah tidak lagi diawasi oleh orang tua.

Lebih lanjut Sophie mengatakan, "it takes a village to raise a child." Orang tua memang bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak. Tetapi, orang tua tidak bisa melakukan sendirian. Banyak peran-peran di sekitar maupun dalam lingkup luas yang membantu.

“Paddle Pop berkomitmen menjadi mitra bagi orang tua dalam memberikan cemilan baik untuk anak. Tidak hanya menghadirkan produk yang berkualitas dan baik dikonsumsi masyarakat, kami juga turut mengedukasi & berkomunikasi langsung dengan orang tua, karena kami percaya merekalah pembuat keputusan utama dalam menentukan cemilan baik untuk anak,” ujar Hernie Rahardja.
 
Seperti yang dijelaskan oleh Ibu Hernie, Paddle Pop bisa menjadi mitra para orang tua dalam menghadirkan camilan yang baik. Tidak sekadar rasanya yang enak. Logo "Cemilan Baik Untukmu" yang akan diberikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasiPaddle Pop selain memudahkan juga memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya memilih camilan yang baik. 


Beraktivitas Seru Bersama #PaddlePopMainYuk 

 
 membuat anak aktif bergerat saat pandemi

Komitmen #CemilanBaikUntukmu untuk melengkapi brand purpose #PaddlePopMainYuk. Paddle Pop menyadari bahwa agar anak tumbuh kembang secara optimal tidak hanya harus sehat fisik, tetapi juga mental.
 
Di saat pandemi ini, durasi anak di depan laptop atau smartphone semakin bertambah. Alasan pertama, tentu saja karena melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Setidaknya membutuhkan waktu minimal 3 jam di depan layar. Belum lagi kemudian ditambah dengan kegiatan bermain online atau menonton berbagai video sebagai hiburan.

Akibatnya anak menjadi kurang bergerak. Padahal selain memperhatikan pola makan, anak juga harus aktif bergerak supaya tetap sehat.
 
Ajak anak melakukan berbagai permainan yang menyenangkan. Munculkan ide-ide kreatif. Kegiatan seperti ini tidak hanya membuat anak mau bergerak aktif. Tetapi, juga membuat hatinya bahagia.

Kalau udah seperti ini, anak bisa lebih betah di rumah dalam keadaan sehat, kan. Karena selalu tersedia makanan, termasuk camilan, yang enak dan nutrisinya seimbang. Juga banyak aktivitas bermain yang menyenangkan bersama orang rumah.

manfaat memilih cemilan baik untuk anak
 
Chi punya box Paddle Pop yang unik. Di semua sisinya ada berbagai permainan seperti ular tangga, isi TTS, mewarnai, dan lain sebagainya. Aneka permainan ini sebetulnya udah akrab sejak kita kecil dan selalu seru untuk dimainkan. Coba deh ajak anak-anak bermain permainan seperti itu.

mengajak anak menentukan cemilan harian
 
Ada juga kalender cemilan yang bisa ditempel di kulkas. Kalender ini bisa memberikan edukasi menyenangkan bagi anak.
 
Batas kebutuhan camilan untuk per hari sebaiknya tidak lebih dari 330kkal. Di bagian 'Treat-O-Meter', anak bisa mengetahui mana camilan kandungan kalorinya baik dan berlebih.
 
Bagian yang paling menyenangkan dari kalender ini adalah orang tua bisa mengajak anak untuk menentukan cemilan baik yang akan dikonsumsi dalam seminggu. Biasanya anak akan seneng banget kalau dilibatkan. 
 
Bikin istilah-istilah yang mudah diingat atau disukai oleh anak. Misalnya, 'Senin Es Krim', 'Selasa Strawberry', dan lain sebagainya. Mereka akan lebih semangat menunggu waktu ngemil tiba!