Royco dengan Garam Beriodium Membuat Makanan Tetap Lezat dan #BantuTumbuhSesuai

By Keke Naima - January 28, 2021

Royco Baru dengan Garam Beriodium Membuat Makanan Tetap Lezat dan #BantuTumbuhSesuai - Setiap menjelang tidur selalu ada pertanyaan "besok mau masak apa?" Ada yang punya kebiasaan sama seperti itu?

Royco dengan Garam Beriodium Membuat Makanan Tetap Lezat
 
Di saat pandemi ini, agak sedikit berubah kebiasaannya. Mikirin menunya jadi setiap 2-3x sehari. Gak berani juga kalau setiap hari belanja ke pasar. Kadang-kadang diselingin dengan belanja online. Tetapi, apapun cara belanjanya, tujuannya tetap sama yaitu ingin selalu membuat hidangan yang lezat dan bergizi bagi keluarga.


Waspada Hidden Hunger di Masyarakat Indonesia

 
permasalahan hidden hunger kelaparan tersembunyi di indonesia
 
25 Januari 2021 adalah Hari Gizi Nasional yang ke-61. Usia lebih dari setengah abad ini seharusnya sudah membuat masyarakat Indonesia matang tentang asupan gizi. Tetapi, faktanya masih banyak terjadi permasalan gizi di Indonesia. Meski pun menurut Dr. Hera Nurlita , SSiT, M.Kes, Kepala Seksi Mutu Gizi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, masalah gizi sudah terlihat ke arah menggembirakan di 5 tahun terakhir.

bila ibu hamil kekurangan iodium
 
Indonesia saat ini mengalami triple burden (3 masalah gizi). Ada yang kekurangan gizi. Di sisi lain ada yang kelebihan gizi. Permasalahan lainnya adalah kurangnya asupan mikronutrien.
 
Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco melakukan inovasi produk yaitu Royco dengan Garam Beriodium. Produk ini tidak hanya membuat makanan tetap lezat, tetapi bentuk juga sekaligus kepedulian Royco dalam hal mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger (Kelaparan Tersembunyi)

Pernahkah kita mengetahui istilah 'Hidden Hunger'?

balita di indonesia kekurangan zat gizi mikro
 
Istilah 'Hidden Hunger (Kelaparan Tersembunyi) sebetulnya sudah dikenal sejak tahun 90an. Sayangnya masih banyak masyarakat yang pemahamannya kurang baik akan hal ini. Masih banyak orang tua yang merasa sudah cukup bila anaknya bisa makan dengan kenyang. Tanpa mempedulikan kandungan gizinya, termasuk mikronutrien.
 
Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, menyampaikan, “Negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar; kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan. Contohnya, Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan 48,9 % ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium. Masyarakat seringkali masih abai akan masalah ini, karena meskipun makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, penderitanya tidak merasa kelaparan karena asupan gizi makronya sudah terpenuhi. Jika tidak segera mendapatkan perhatian, akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang, baik secara fisik maupun psikis.” 
 
 kandungan iodium pada royco garam beriodium
 
Salah satu mikronutrien adalah iodium. Berikut kebutuhan iodium per hari berdasarkan tingkat usia:
 
  1. Bayi (0-1 tahun) - 90 mikrogram/hari
  2. Anak (1-12 tahun) - 120 mikrogram/hari
  3. Remaja dan orang dewasa (di atas 12 tahun) - 150 mikrogram/hari
  4. Ibu hamil - 220 mikrogram/hari
  5. Ibu menyusui - 250 mikrogram/hari
 
Yup! Kebutuhan iodium untuk konsumsi harian hanya ukuran mikrogram. Sangat kecil, makanya termasuk gizi mikro. Tetapi, tetap gak boleh mengabaikan kebutuhan ini meskipun jumlahnya sedikit.
 
Kekurangan asupan vitamin dan mineral dalam sehari, biasanya tidak akan langsung membuat tubuh menjadi sakit. Tetapi, efek jangka panjang yang harus dipikirkan. Bila terus kekurangan akan berakibat fatal bagi tubuh. Bahkan bila sampai meluas di masyarakat juga bisa berdampak ke sektor ekonomi.

akibat kekurangan iodium
 
Hidden Hunger (Kelaparan Tersembunyi) ini ibarat suatu masalah yang tak kasat mata. Orang tua merasa kebutuhan anak untuk makan sudah terpenuhi karena tidak kelaparan. Tetapi, coba perhatikan lagi. Apakah anak sering sakit-sakitan padahal porsi makannya sudah cukup?
 
Bila memang iya, berarti ada sesuatu yang salah atau kurang tepat pada asupan gizinya. Kenyang saja gak cukup bila kekurangan gizi. Kekurangan iodium dapat mengakibatkan penyakit gondok, tumbuh kembang tergangu, pubertas terlambat, gangguan mental, gangguan pertumbuhan otak pada janin, dan lain sebagainya.

Bila melihat daftar kebutuhan iodium per hari, ibu hamil dan menyusui memang paling banyak. Itu karena ada janin dan bayi yang sedang dalam masa keemasan. Tentunya kita sudah mengetahui tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan. Bahkan usia 2-5 tahun masih termasuk golden period. Jadi jangan sampai dilewatkan kesempatan emas untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak pada masa ini. 
 
 6 makanan sumber iodium

Iodium banyak terdapat pada makanan. Tetapi, tentu kita juga familiar dengan garam beriodium. Kebutuhannya juga gak banyak. Tidak lebih dari 1 sdt per hari yang bisa dibagi ke dalam berbagai makanan.


Makan Makanan yang Beragam dan Bergizi Seimbang Menjadi Kunci #BantuTumbuhSesuai


pedoman isi piringku

dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, Dokter Spesialis Gizi Klinik, berpendapat, “Orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beriodium. Sayangnya, pengetahuan sebagian masyarakat mengenai manfaat dari iodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok. Padahal, dampak dari kekurangan iodium jauh lebih luas dan dapat terjadi pada semua usia. Kekurangan iodium dapat mengakibatkan perkembangan otak terganggu. Diperkirakan, 20 juta orang Indonesia menderita GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium), yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta point. Maka, pemenuhan kebutuhan iodium harus diperhatikan dari hulu ke hilir, sejak 1.000 hari pertama kehidupan atau di dalam kandungan, hingga ke tahapan usia selanjutnya.”
 
Bila mencermati pendapat dr. Diana, maka tidak mengherankan bila dikatakan permasalah gizi yang tidak tuntas diatasi tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan. Tetapi, bisa sampai ke sektor ekonomi. Bayangkan saja bila 20 juta penderita GAKI ini adalah usia bayi hingga remaja. Padahal mereka adalah generasi penerus bangsa.

Menurut dr. Diana, kuncinya adalah dengan menerapkan pola gizi seimbang. Dalam sekali makan ada makanan pokok, lauk, sayur, dan buah-buahan. Porsinya mengikuti panduan "Isi Piringku".

Biasakan mengkonsumsi sayuran dan buah berwarna-warni. Semakin beraneka warna yang ada dalam "Isi Piringku" makan semakin lengkap kandungan gizi yang diperoleh tubuh.


Program 'Royco Nutrimenu' dan Royco Garam Beriodium Membantu Para Ibu Mempersiapkan Menu Harian yang Lezat dan Bergizi 

 
virtual launch royco garam beriodium
 
Tantri Syalindri, penyanyi dan ibu dari dua anak mengatakan, “Sebagai seorang ibu, Aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari. Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga Aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu Aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.”

Seperti halnya Tantri, banyak ibu yang ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga, termasuk menyiapkan menu harian. Tetapi, seperti yang Chi tulis di awal, berpikir 'besok mau makan apa' kadang-kadang bukan hal mudah.

gulai ayam padang
Biasanya kalau lagi kangen nasi padang, lebih memilih makan di resto. Sejak pandemi lebih sering bikin sendiri. Rasanya sama enaknya dengan resto langganan


Pengennya makanan yang enak dan bergizi. Tetapi, menyiapkan menu variatif biar orang rumah, terutama anak-anak, gak bosan juga sebuah tantangan. Belum lagi kalau memikirkan kandungan gizi. Kadang-kadang masih bingung juga tentang asupan gizi dari menu harian yang dibuat sudah cukup atau belum.

Tantri mengatakan kalau dulu putrinya termasuk picky eater. Solusinya adalah melibatkan anak dalam menentukan menu harian. Sesekali juga mengajak anak untuk makan bersama.
 
Hernie Raharja, Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk. menerangkan, “Sejak 2019, Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan. Sejalan dengan komitmen tersebut, Royco memiliki tujuan mulia atau purpose yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan guna menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengkonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi; yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasal dari sumber yang berkelanjutan. Selain itu, Royco juga ingin membantu mengatasi berbagai masalah nutrisi, baik melalui inovasi produk maupun program edukasi yang dilakukan secara konsisten.”
 
royco nutrimenu
 
Sejalan dengan komitmen Unilever, pada tahun ini Royco melanjutkan program "Royco Nutrimenu". Program edukasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 2019 ini mengacu pada konsep "Isi Piringku" yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementrian Kesehatan RI.

Melalui website Royco Nutrimenu, para orang tua bisa mendapatkan informasi serta berbagai ide resep masakan yang tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi. Sehingga dapat #BantuTumbuhSesuai dan terhindar dari kondisi Hidden Hunger.
 
Ibu Hernie lebih lanjut mengatakan kalau program "Royco Nutrimenu" tahun ini memiliki target mengubah perilaku pola makan 2,5 juta masyarakat Indonesia. Edukasinya menitikberatkan pada panduan Isi Piringku serta pentingnya asupan Iodium sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan. 

Makanan enak dan bergizi gak harus yang harganya mahal. Berbagai bahan makanan lokal yang ada di pasar tradisional juga banyak yang bergizi. Pada web Royco Nutrimenu, resep-resepnya juga menggunakan "50 Pangan Masa Depan"
 
Future 50 Food atau 50 Pangan Masa Depan, merupakan ragam bahan makanan yang baik untuk masa depan. Menawarkan masakan bernutrisi yang tidak hanya lezat namun juga memiliki dampak yang lebih baik terhadap lingkungan. Beberapa bahan makanan yang termasuk dalam 50 Pangan Masa Depan antara lain okra, pakcoy, selada air, daun kelor, kacang hijau, ubi jalar, dan bayam.
 
virtual cooking demo royco
Tantri dan Chef Norman demo masak membuat nasi liwet (di dalamnya dikasih potongan ubi, kacang ijo, dan jagung manis) serta steam ikan tongkol


50 Pangan Masa Depan ini tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk bumi. Lebih banyak mengkonsumsi makanan berbasis tumbuhan dianggap lebih bagus bagi kesehatan manusia dan alam. 
 
Walaupun rasanya Chi sudah berusaha mengatur menu sebaik mungkin untuk konsumsi harian sekeluarga, tetapi memang dirasa masih ada yang kurang. Selalu berusaha mengkonsumsi lengkap. Ada lauk, buah, dan sayur. Tetapi, kadang-kadang komposisinya masih belum seimbang, misalnya porsi lauk masih lebih besar daripada sayur dan buah. Mengikuti webinar ini menjadi diingatkan kembali dan menambah beberapa wawasan baru. 
 
nugget tempe royco nutrimenu

Tidak perlu khawatir kalau masak makanan sehat itu gak enak. Coba deh pakai bumbu kaldu Royco Ayam/Sapi sesuai takaran. Gak hanya untuk makanan berbahan dasar ayam atau sapi aja, ya. Menu sayur kalau dikasih bumbu kaldu Royco juga bisa jadi makanan yang lezat

royco dengan garam beriodium
 
Kabar gembiranya bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco mengeluarkan inovasi yaitu Royco dengan Garam Beriodium. Sehingga gak perlu menambahkan garam lagi. Harga juga tetap sama, kok.
 
Selain itu, sesuai dengan komitmen Royco yang ingin membantu menuntaskan permasalan gizi di Indonesia. Karena tidak bisa hanya pemerintah yang melakukan. Tetapi, semua pihak termasuk swasta hingga masyarakat lingkup terkecil peduli akan asupan gizi seimbang.

hari gizi nasional

  • Share:

You Might Also Like

118 comments

  1. Assalamu'alaikum. Halo Bunda Kenai,apa kabar? Lama PU ngga berkunjung:)

    Permasalahan makan sayur nih Bun, yang sering dibilang anak sayuran nya kurang enak :) jadi malas makan nya. Apalagi ternyata 2/3 dari setengah piring ya. Dengan Royco iodium ini solusi nih Bun... praktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, PU

      Harus diakalin kalau anak susah makan sayur. Bisa dicampur ke bahan makan lain

      Delete
  2. Unilever sebagai produsen Royco berarti sangat memperhatikan sisi kesehatan konsumen ya.

    ReplyDelete
  3. Royco selalu bikin masakan jadi lezat ya, kalau masak pakai ini jadi pede deh karena enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin pede deh dengan rasa masakan yang dibuat

      Delete
  4. Iya banget nih, dari pengalaman mendampingi komunitas sering banget nemuin kasus Hidden Hunger
    Royce memberi solusi menu seimbang yang enak rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti semakin banyak orang tua yang peduli tentang masalah Hidden Hunger ini ya, Mbak

      Delete
  5. Sebagai orang tua memang harus selalu memperhatikan nutrisi anak ya mbak. Apalagi sebagai ibu, nggak cuma hatus menyediakan makanan enak, tetapi juga bergizi. Mantap nih Royco mengeluatkan produk yang lebih sehat.

    ReplyDelete
  6. Sejak pandemi, saya senang bikin menu cemilan gurih dengan penambah rasa dari Royco. Tahu ada kemasan baru tapi ga baca tulisannya. Hihihi. Ternyata ada yodiumnya sekarang. Sipp lah.

    ReplyDelete
  7. aku dari dulu klo masak selalu pakai Royco mbak, karena bikin masakan tambah lezat..
    senang banget waktu tahu klo sekarang Royco ada garam beryodiumnya
    bikin masakan jadi lebih enak dan sehat pastinya

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen ambil sendok mau nyobain kuah gulai ayamnya teh Myra nih, dan pastinya makyoos nh secara pakai Royco dengan Garam Beriodium jadi gak perlu tambah garam ya teh :)

    ReplyDelete
  9. Salut untuk ROYCO. Begitu peduli dengan pentingnya nilai gizi di setiap asupan.

    Tabel lingkarannya informatif banget Mbak Keke. Gampang untuk dipahami dan menarik secara visual. Jadi pengetahuan baru yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Hidden hunger, baru tau istilah itu
    Dengan inovasi ini berarti penyedap rasanya sudah mencukupi untuk kebutuhan ioudium yang tak kalah pentingnya dalam pemeliharaan fungsi tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, berarti sekarang jangan sekadar kenyang, ya

      Delete
  11. menerapkan pola gizi seimbang ini seringkali susah. seringkali konsumsi lebih pada kewajiban, ppkoknya jadwal makan. untung ga dikasih kesempatan ngurus anak 😃 btw itu menu padangnya menggoda sekali 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalaupun gak mengurus anak, tetap harus memperhatikan asupan gizi untuk diri sendiri, lho

      Delete
  12. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    ReplyDelete
  13. Aku di rumah ada royco sapi pengen nyobs beli yang rasa ayam juga dan di bikin tempe goreng. Besok ah belanja hehe kandungan dari royco membantu kita ternyata para orang tua.

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu nih soal istilah hidden hunger. Wah keren ya inovasinya Royco.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Hidden Hunger ini menjadi perhatian kita semua, ya

      Delete
  15. tercukupkan nutrisi keluarga dengan ditambahnya royco dengan iodium ya mba, dan yang terpenting rasa makanan tetap lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw aku memang lebih suka menambah kaldu pada masakan, rasanya lebih kaya dan lezat banget deh. mau masakan yang ditumis, berkuah pasti kutambah kaldu

      Delete
    2. Bahkan tahu dan tempe ditaburin bumbu penyedap trus digoreng, rasanya langsung enak, ya

      Delete
  16. Ya ampun ada sambal hijaunya aku suka banget, nikmat banget makan pake nasi anget & ayam. Iya nih skr gak bisa sering-sering ke pasar ya, tapi aku udah biasa sih ke pasarnya sekalian dari dulu soalnya aku males keluar2 rumah.
    Ternyata mikronutrien walaupun kecil tapi manfaatnya gede banget ya kalau gak terpenuhi bisa menjadi penyebab hidden hunger. Haru smasak lebih bervariasi nih & tambah garam iodium, di royco udah ada ya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya jangan remehkan yang mikro hehehe. Yuk ah kita makan padang bareng :D

      Delete
    2. emang bikin ngiler sambal hijau & masakan Padang apalagi bw ny amalem-malem gini bikin perut bunyi. Masakan padang pakai Royco dengan garam beriodium pasti ini ya

      Delete
    3. Gak boden ya, makan makanan Padang. Iya dong Royco bikin masakan jadi lezat

      Delete
  17. garam beryodium ini sekarang kurang kedengeran ya gaungnya, untungnya Royco mengangkat tema ini lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini sempet terlupakan yaa, Royco hadir jadi mengingatkan kembali akan pentingnya garam beriodium buat kesehatan.

      Delete
  18. Mau nasi padangnyaaaa, menggoda banget!
    Aku di rumah juga pakai royco kaldu sapi dan kaldu ayam. Ternyata ada royco baru dengan garam beriodium ya, baru tau. Mau beli ah di supermarket.

    ReplyDelete
  19. Ooh iya yah masalah triple burden ini memang ada di sekitar kita. Baru benar2 sadar setelah membaca ini. Makin perlu aware di masa2 di rumah seperti ini nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Gak hanya masalah kekurangan serta kelebihan gizi. Ternyata ada kelaparan tersembunyi juga

      Delete
  20. Royco baru dilengkapi dengan tambahan garam beryudium selain menyempurnakan rasa masakan juga melengkapi mineralnya ya kak

    ReplyDelete
  21. Kadang aku suka ngobrol sama Mama. Besok masak apa ya? Bosen soalnya itu-itu lagi. Kalau ada contekan (((contekan))) dari Ryoco gini kan menu makanan jadi lebih variatif dan pastinya bergizi. Apalagi penyedapnya juga udah diperkaya dengan garam beriodium ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak saya sering banget tanya begitu. Kadnag-kadang saya juga bingung menjawabnya hahaha

      Delete
  22. Setuju mba dengan cara mba Tantri hadapi anak picky eater itu dengan libatin dia buat nentuin makannya, anakku yg pertama itu juga picky makanya selalu aku tanya menu masaknya apa dan aku sih kalau belanja ke pasar seminggu sekali mba heheh

    ReplyDelete
  23. Jleb banget nihkak. Makan emang gabisa sekadar kenyang yaa. Harus diperhatiin jugaa komponennya. Baru tau royco pake iodium ini kak. Mau cobain aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, apalagi kalau sampai kekurangan mikronutrien dalam jangka panjang juga ngeri efeknya

      Delete
  24. Baca Hidden hunger, aku baru tersadar bahwa masih banyak sekali yaa, kak...permasalah mengenai gizi buruk dan kesulitan makan ini.
    Semoga angka ini terus terpantau dan segera teratasi masalah hidden hunger.

    Masak, pasti harus pakay Royco.
    Lebih gurih dan makin lahap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PR besar untuk Indonesia, ya. Tentunya butuh kepedulian bersama

      Delete
  25. Buibu terwajib untuk pelajari seputar pemenuhan gizi. Jangan sampe kita "merasa" udah masak, udah siapin makanan ....eh, ternyata nutrisinya nol yhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata bisa masak aja belum cukup, ya. Harus tau juga tentang gizi

      Delete
  26. Jadi pas yaaa royo beriodium ini, guruh iya, asin iyaa. Ga perlu dutambahin garam.
    Seru banget acara siih, jdai nambah wawasan lagi, terutama reminder soal gizi yang kita makan, sesuai dengan isi piringkuu..
    Mari Botraaam..

    ReplyDelete
  27. Wah, ini sih bumbu andalanku sehari-hari. Apa pun masakannya, selalu pake Royco. Dengan tahu kalo pake garam beryodium, makin semangat pake deh. Multifungsinya itu lho yang bikin aku suka. Masakan kering atau kuah bisaaaa pake Royco.

    ReplyDelete
  28. Baru tau loh istilah hidden hunger ini. Ternyata kenyang aja ga cukup ya, harus lengkap hingga ke faktor mikronutrien juga.

    Aku kok jadi fokus ke resep yang ada di balik Royco di fotomu, Chi, yang nugget tempe itu. Enak nih dibuat untuk persediaan lauk si bocah di rumah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah enaknya pakai Royco begitu. Gak harus menu berbahan ayam atau sapi aja

      Delete
  29. Hidden hunger, terlihatnya makan sudah cukup, tapi ternyata di dalam makanan belum memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh ya berarti, kak? Mesti aware nih sekarang dengan isi piring makan harian dan memastikan nutrisi penting tercukupi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Makanya harus lebih diperhatikan lagi nutrisinya

      Delete
  30. Aku pemakai Royco juga. Udah kyk masakan encep deh kalau dicrut2in Royco hahaha
    Apalagi utk makanan berkuah tu, kuahnya jd lebih sedep. Penolong banget pas lagi gak punya kaldu hehe
    Oh jd utk Royco skrng dilengkapi iodum utk memenuhi kebutuhan tubuh pd iodium ya, TFS infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((encep) wkwkwkw! Memang rasnaya jadi semakin lezat, ya. Apalagi sekarang udah mengandung garam beriodium

      Delete
  31. Bundaa, Chi, yg hampir tiap malam mikir (buat diri sendiri) besok makan lauknya apa ya? Or: siapa lagi ya tetangga yg berkenan dititipin belanjaan, hehe... Boseb kan kl makan lauknya daricrendang ke rendang kiriman anak. Bunda di rmh sll nyetok Royko tp kl produk barunya baru tau dari postingan Ci ini. Sayur sesederhana gimanapun kl udsh ditaburin royko rasanya jd sedep pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Bund abosen ma rendang kirim aja ke saya hahaha

      Delete
  32. Royco, favoritku untuk bikin ayam tepung. Nggak pake garam lagi udah asin, gurih.. kemarin nyoba merk lain tapi rasanya nggak seenak royco deh beneran :)

    ReplyDelete
  33. Efek jangka panjangnya ya mba.. hidden hunger ini.
    Aku pun masalah masak, dari malam udah bingung haha.. trus kadang ya puter2 lagi itu menu. Nah jadi ada pilihan yahud nih nutrimenu royco...gampang dan bergizii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Efeknya memang gak langsung kelihatan. Tetapi, bisa ngeri kalau sampai kurang dalam waktu yang panjang

      Delete
  34. Dulu saat sekolah kita cuma diajarkan kalo kekurangan iodium berakibat penyakit gondok. Ternyata efek samping yang ditimbulkan banyak banget ya kak. Cukup mengerikan yakni berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang, baik secara fisik maupun psikis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kan. Padahal kita kan pengennya Indonesia semakin maju

      Delete
  35. wah jadi makin laper dan pingin menu padang nih gara2 liat ayam gulainya makchi huhuhu...
    enak ya sekarang royco dah beriodium amanlah kebutuhan ioidum harian kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya setidaknya sekian persennya terpenuhi. Karena iodium bisa dipenuhi dari berbagai bahan makanan lain

      Delete
  36. Betul, yang penting kenyang memamg selalu menjadi takaran tiap harinya. Ngga sedikit orang tua yang memperhatikan AKG buat anak dan juga keluarga ya, Teh. Suka miris emang. Semoga makin sering ada edukasi tentang kebutuhan gizi keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga semakin banyak yang peduli akan gizi keluarga

      Delete
  37. Gara-gara Royco aku sekarang kalau masak untuk keluarga di rumah cek ke Royco Nutrimenu dulu. Karena ternyata banyak resep yang bisa diadaptasi darisana, bahannya pun gampang sekali dicarinya.

    ReplyDelete
  38. andalanku dirumah nih buat masak-masak, sekarang makin komplit ya dengan garam beryodium biar anak kita gak kekurangan yodium yaa

    ReplyDelete
  39. Wah keren nih inovasi dari Royco. Jadi makin praktis nih. Apalagi saya sering kehabisan garam di rumah. Jadi kalau pake royco ini nggak perlu lagi ya tambah2 garam. Harganya juga tetap sama ya. Harus coba nih.

    ReplyDelete
  40. Senang banget bisa mengulas soal Royco mbak, kemarin sempat maju mundur mau pakai Royco di rumah. Apalagi si kecil udah mulai picky soal makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah coba tambahkan Royco. ajak juga anak untuk menyusun menu

      Delete
  41. Royco emang udah andalan sejak dulu kala.. Cocok banget dengan rasanya..mau ayam atau sapi kayaknya match aja gitu di masakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan sayur-sayuran pun cocok kalau dikasih Royco

      Delete
  42. aku jadi pengen bikin ayam gulai juga ini di rumah, kebetulan ada stok ayam di kulkas dan bumbunya pun ada termasuk Royco.

    ReplyDelete
  43. Senang mendengar kabar ada yang peduli terhadap gizi masyarakat Indonesia, ditengah minimnya kesadaran masyarakat mengenai mikronutrien ini, Mbak.

    Ternyata produknya adalah Royco yang dipercaya masyarakat sebagai pelezat makanan, di mana sebetulnya setiap rumah juga menggunakannya ya. Semoga pesannya diterima oleh semua lapisan masyarakat ya.

    Aku juga kadang bingung nih, masak apa ya besok. kadang sudah bikin plan menu dan ditempel di kulkas, tep aja bingung pas bikin rencana menu. Tadi aku buka website Royco, dan lihat lihat resepnya. Ternyata dari beberapa sayuran, bisa dibikin beragam menu ya. Oke banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mengurangi kebingungan kalau lihat resep di Royco Nutrimenu

      Delete
  44. Aku udah menerapkan saran Mbak Tantri untuk melibatkan anak dalam memilih menu makanan. Jadi anakku udah tahu pilih makanan yang sehat, walau kalau dikasih permen ga pernah nolak :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw permen mah enak. Apalagi buat anak-anak :D

      Tetapi, jangan sampai permen menggantikan makan utama.

      Delete
  45. Oke, noted nih di list belanja bulanan, karena untuk penambah rasa pada masakan biasanya pake royco yang sachet dan tetep nambah garam. Kalo ada produk royco + garam beryodium sepert dalam artikel ini tentu tambah praktis.

    ReplyDelete
  46. selamat menikmati masak - masak di rumah mba. aku sekarang pakai royco juga tapi yang kaldu jamurnya aja

    ReplyDelete
  47. Bener bgt nih mba kadang anak2 bosen masaknya itu2 aja . Makasih ya mba infonya langsung cus cek resep aku nih

    ReplyDelete
  48. Wah bagus Royco sekarang beryodium ya agar kebutuhan yodium kita cukup..khawatir banget ya adanya hidden hunger ini anak-anak terlhat sehat tahunya kurang gizi bahan penting seperti yodium dan zat besi..mengganggu proses belajar, kecerdasan dan tumbuh kembang ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kalau lebih diperhatiin, katanya anak yang kekurangan mikronutrien suka mudah sakit-sakitan juga

      Delete
  49. Dampak hidden hunger ini membahayakan sekali. Untuk meminimalkan kasus Hidden hunger, para orangtua harus memperhatikan nutrisi dalam setiap menu yang dihidangkan.
    Sekarang nggak perlu bingung mau masak apa, tinggal cek di Royco Nutrimenu, banyak pilihan resep yang enak enak

    ReplyDelete
  50. Aduh, aku berasa diingetin deh. Selama ini kalo masak, milihnya ke bahan-bahan besarnya aja. Suka abai dengan mikronutrien kayak yodium ini. Untung deh ya Royco peduli dengan ini. Jadi tenang deh masak dengan nambahin Royco. Kebutuhan yodium harian jadi terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mikro-mikro begini suka luput, ya. Padahal penting banget

      Delete
  51. dengan Royco jadi makin pede untuk masakin keluarga ya mbak
    masakan yg kita masak g kalah lezatnya dengan yg ada di resto, malah lebih sehat plus pastinya lebih hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seharusnya sih memang bisa lebih sehat dan hemat kalau masak sendiri

      Delete
  52. Setelah baca-baca mengenai Royco ini, aku jadi tahu bahwa ada mikro nutrisi yang tetap harus dipenuhi ketika memberikan menu untuk keluarga.

    ReplyDelete
  53. Kalau menunya ayam, anak pertama suka
    Kalau menunya daging, anak pertama ogah-ogahan
    Tapi saya bersyukur karena Royco jadi aman menu yang 4L

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikronutriennya terpenuhi, ya. Tetapi, asupan buah dan sayurnya cukup juga, kan?

      Delete
  54. Aku di urumah kan ada jualan mba, royko sachetan lebih laris banget eheheh
    ternyata ada rahasianya. Bisa menyemprnakan masakan jadi lebih enak dan lezat.

    ReplyDelete
  55. Wah aku baru tahu ada istilah Hidden Hunger yang ternyata susah dideteksi padahal sangat berbahaya karena menyangkut gizi dan nutrisi apalagi kalau dialami anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, harus segera diatasi nih. Kalau ingat Royco mah, itu selalu ada dirumah bahkan aku goreng telur aja pakai royco rasa sapi, jadi makan telur serasa makan daging hahaha, tapi aku kalau sudah pakai Royco skip garam dan penyedap lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena efeknya baru berasa dalam jangka panjang

      Delete
  56. Haha bener mba, aku juga tiap hari mikirin ini besok mau makan apa, tapi asal di kulkas ada stok sayur sama lauk udah paling aman deh. Gak pernah masak yg susah sih soalnya males kelamaan di dapur wkwkwkk
    Kalau bikin tumisan atau sayur berkuah juga suka crut2in royco, tp kyknya blm pernah nyoba yang beriodium ini, nanti coba ku cek ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak yang praktis juga enak. Jangan lupa tambahkan Royco :)

      Delete
  57. Ide masak dari Royco ini boleh juga di tiru dan di modifikasi yaa..
    Aku gak nyangka kalau hidden hunger ini bisa dialami oleh siapapun.
    Aku pikir hanya orang yang sulit dari segi ekonomi saja...huhuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalah gizi bisa menimpa siapapun. Seperti obesitas kan gak selalu yang bermasalah dari segi ekonomi. Bahkan mungkin ini banyaknya dialami oleh anak dari keluarga yang mapan

      Delete
  58. Serem juga nih hidden hungger. Meski anak kelihatan gemuk bisa saja dia kekurangan gizi mikro. Enak nih ada Royco beriodium. Jadi lebih tahu lagi kadar iodium saat memasak makanan untuk anak. Semoga Mbak sekeluarga selalu sehat.

    ReplyDelete
  59. Aku hampir setiap hari masak dan gk pernah lupa kasi royco dalam stiap masakan karna emang bner bikin sedap masakan dan ketakut2an yg gk perlu terhadap penyedap gk prnah aku pikirin yg pasti lezat deh kalo pakai royco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyedap makanan sebetulnya aman kalau takarannya tepat. Dan Royco juga beneran bikin makanan jadi lezat

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^