Berbisnis Online di AVANA Indonesia Keuntungannya Banyak!

By Keke Naima - March 24, 2020

Kejadian pandemi COVID-19 begitu menghentak! Semua lini kena imbas, termasuk ekonomi. Cemas? Pastinya. Tetapi, terlalu larut dalam kecemasan juga gak menghasilkan solusi apapun.

Berbisnis Online di AVANA Indonesia Keuntungannya Banyak


Buka Toko Online Lagi Gak, Ya?


Saat anak-anak masih kecil, Chi pernah buka toko online. Buka tokonya di Facebook. Alasannya karena lebih sering buka media social yang ini daripada lainnya. Belum tertarik buka toko di e-commerce juga pada saat itu.

Meskipun mulai menghasilkan, Chi akhirnya memutuskan untuk menutup toko online yang sudah dibangun. Kesibukan mengurus anak-anak menjadi alasan utama. Makanya setelah melalui berbagai pertimbangan, diputuskan untuk tutup aja.

Sekarang, mulai kepikiran lagi jualan online. Udah beberapa bulan terakhir sih jadi bahan diskusi antara Chi dan K'Aie. Topik diskusinya itu jualan apa?

Dulu, Chi jualan baju anak dan dewasa (perempuan) serta kerudung. Sekarang tuh lagi mikir mendingan mulai jualan barang yang sama kayak dulu atau bantuin mengembangkan usaha online K'Aie yang udah jalan sekian tahun.

Udah beberapa tahun terakhir ini, K'Aie menjual botol minuman merk Nalgene dan KOR. Sebelum memutuskan menjual botol minum ini, kami sudah lebih dulu menggunakannya. Udah paham bagaimana kualitasnya.

Salah satu perlengkapan sekolah anak-anak yang paling awet tuh botol minum dari 2 brand ini. Tahan banting banget! Sekalinya ganti ya karena hilang, bukan rusak hehehe. Gak cuma dibawa ke sekolah, botol-botol ini juga suka kami bawa jalan-jalan ke manapun dan juga untuk isi air minum di rumah karena memang ada beberapa ukuran.


Mengembangkan Jualan Online yang Sudah Berjalan


Sepertinya, Chi akan memutuskan membantu jualan online K'Aie aja. Alasannya karena sudah berjalan selama beberapa tahun. Daripada jualan masing-masing, mendingan saling bantu dan lebih dikembangkan lagi.

Apalagi sejak semakin gencar masyarakat yang peduli dengan lingkungan, semakin banyak pula yang mencari botol minum. Alhamdulillah. Sekarang tinggal mikirin gimana cara mengembangkannya, nih.

Sebetulnya dulu juga pernah bantuin usaha K'Aie. Itu foto yang paling atas ada tulisan @kenai_OZ adalah nama toko online di IG yang pernah Chi buat. Tetapi, ya gitu deh. Gak dikelola serius karena saat itu lebih fokus ke hal lain. Akhirnya cuma upload produk, setelah itu gak dijalanin.

Giliran sekarang, baru juga diniatin mau mengembangkan usaha, malah ada pandemi COVID-19. Duuuuh Corona ini memang bikin galau, yaaa!

"Justru mumpung saat ini penjualan lagi agak menurun, saatnya beberes dan review, Bun. Cek stok barang dan mikirin mau digimanain lagi buat ngembanginnya. Kalau lagi normal mungkin belum tentu sempat. Insya Allah, kalau nanti udah lewat masa pandemi Corona ini, kita udah bisa langsung start karena udah beres persiapannya."

Nyeeeess! Chi langsung berasa adem denger ucapan K'Aie. Bener juga, ya. Mumpung K'Aie juga saat ini lagi kerja di rumah, justru jadi punya banyak waktu bagi kami untuk berdiskusi tentang bisnis online ini.


Mengembangkan Sayap Jualan Online di AVANA


Pas banget nih Chi ketemu info tentang AVANA Indonesia. Jadi ini tuh situs yang akan membantu para pebisnis online untuk lebih maju.

Jadi gini ...

Berdasarkan pengalaman Chi jualan di FB kendalanya adalah promosi. Beneran harus sering-sering promosi. Tetapi, ya kalau bisa jangan sembarang ngetag orang lain. Salah-salah nanti malah pada kesel karena ditag sama seller online.

Kemudian, K'Aie pun membuka toko di salah satu e-commerce. Lumayan membantu untuk urusan pemasaran. Tetapi, tetap masih berasa kayak gak punya toko sendiri.

Terpikirlah untuk bikin toko online. Bahasan diskusi berikutnya adalah siapa yang akan mengurus web storenya? Kan, harus dioptimasi juga. Sedangkan kami masih punya kesibukan yang lain.


Langsung Dapat 3 Jenis Toko Online di AVANA

alasan memilih jualan online di avana

AVANA adalah Social Commerce platform yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online. Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses ini langsung di media sosial penjual. Ada tiga toko online utama AVANA yang bisa pengguna dapatkan yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store.

Setelah mencari tau, sepertinya AVANA ini social commerce Indonesia yang Chi butuhkan, deh. Hanya dengan memiliki satu akun, kita sudah bisa mendapatkan 3 toko online sekaligus. Pas banget kan dengan  yang Chi inginkan selama ini?

cara membuka toko online di avana

Untuk memulainya pun gak sulit. Tinggal ikuti 3 langkah ini, yaitu

  1. Daftar akun di avana.id
  2. Buka toko
  3. Mulai penjualan

Senangnya lagi, ketiga toko ini saling berintegrasi. Teman-teman hanya cukup buka 1 dashboard aja untuk update produk. Begitupun dengan stok barang. Misalnya nih kalau ada yang beli produknya lewat webstore, otomatis jumla produk di 2 toko lainnya juga ikut berkurang. Jadinya sebagai pemilik toko gak ribet bolak-balik update di 3 toko yang berbeda.


KeNai Store Sudah Ada di AVANA

keuntungan jualan di avana indonesia
avana indonesia social commerce

Penasaran, Chi pun coba buka toko di AVANA. Coba buka yang gratis aja dulu karena masih penasaran semudah apa sih mengoperasikannya.

Ternyata beneran gak sulit, kok. Sama aja kayak ngeblog biasa. Setelah daftar kemudian mulai deh masukkan beberapa produk yang akan dijual. Lengkapi dengan deskripsi produknya juga, ya.


cara berjualan di avana
avana indonesia

Seperti inilah tampilan Webstore "KeNai Store". Masih sederhana banget karena memang masih baru. Nanti pelan-pelan diberesin. Tapi, Chi gak perlu risau untuk urusan optimasi webstore-nya. Sudah ada tim AVANA yang akan membantu. Gak perlu khawator juga dengan bandwith karena unlimited.

Selain webstore, toko online yang Chi buat ini juga otomatis ada di Facebook Store. Otomatis juga berjualan di Instagram. Semua folower kita di medsos pun jadi berpotensi untuk menjadi pelanggan. Untuk pemasarannya juga bisa dijalankan dengan mudah.

Toko ketiga yang Chi dapatkan adalah Messenger Store. Kalau ini konsepnya chatting. Tetapi, yang membedakan dengan aplikasi messenger lain adalah di toko ini kita bisa kirim katalog online. Pelanggan bisa langsung membeli atau melihat detil produk hanya dengan klik produk tersebut.

Tim AVANA Indonesia juga akan siap setiap saat. Termasuk untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk dari semua toko. Jadi meringankan kerja dan menghemat waktu pemilik toko banget kan, ya.


Lomba Blog AVANA Indonesia



Masih penasaran berbisnis online di AVANA Indonesia? Kalau kata Chi, mendingan coba aja langsung praktek dengan membuka toko online di sana. Pilih yang gratis aja dulu.

Nah, buat teman-teman blogger, pengalaman membuka toko online di AVANA bisa diceritain nih di blog. Nanti artikelnya dilombakan. Siapa tau menang. Hadiahnya lumayan banget, lho. Info lengkap tentang lomba ini silakan ke link yang ada di poster itu atau ke IG @avana.id

Chi masih optimis bisnis online pangsa pasarnya semakin besar di tahun 2020 dan ke depannya. Ya, mungkin saat ini melambat sejenak. Tetapi, manfaatkan dengan mulai membuat rencana berbisnis online. Yuk!

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. AVANA a new hope ya, fiturnya lumayan membantu dans emoga aja deh ada ide bisnis online tahun ini jadi bisa jualan lewat AVANA

    ReplyDelete
  2. Menarik mencermati toko online saat ini. Benar-benar sebuah solusi agar kita bisa membuka usaha dari rumah. Yang belanja juga gak harus pergi ke pasar dan kontak dengan orang lain. Menurut Mamin, toko online solusi belanja masa depan :)

    ReplyDelete
  3. Asik nih ayo toko Ke2Nainya mulai aktifin lagi, bisa lewat sosmed belanjanya.

    Iya akupun percaya bisnis onlen ga akan ada matinya, selama teknologi terus maju.

    ReplyDelete
  4. Social commerce ini konsepnya apik/bagus bgt ya. Memang kudu lebih dipopulerkan lagi. Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!

    ReplyDelete
  5. AVANA ini sangat membantu banget lho dikedua pihak, baik dari sisi penjual maulun pembeli. Saling memudahkan satu sama lain. Keren and patut dicoba nih ;)

    ReplyDelete
  6. Iyalah jualan di FB jangan main tag aja, apalagi baru di approve permintaan pertemanannya. Nyebelin banget kalau gini, apalagi tanpa permisi sebelumnya.

    Avana ini keren ya, bisa basis web tapi terhubung ke sosmed juga dan langsung updata

    ReplyDelete
  7. yeayy, mau buka lagi toko Kenai nya..semoga sukses bersama Avana ya Mbak. Keren nih Avana bisa bantu pelaku usaha

    Lancar jaya dan berkembang toko onlinenya. Semangat!

    ReplyDelete
  8. Baca-baca tentang Avana, jadi tertarik ikutan buka toko online di sana mbak, kayaknya lebih praktis ya, aku juga dulu jualn online di blog terus tutup, sekarang pengen buka lagi, coba ya, bismillah...

    ReplyDelete
  9. sepertinya menarik, buka toko online tanpa meninggalkan laman medsos. Saya lagi cek ke web nya nih, sambil lihat2 beberapa fiturnya

    ReplyDelete
  10. Mudah sekali ternyata bikin toko online di Avana mbak. Jadi UMKM tidak perlu bingung ya sekarang mau jualan dimana, kan ada Avana. Mau aku bisikin ke temenku ah biar bisnis UMKM-nya pake Avana.

    ReplyDelete
  11. Waah tambah lagi nih marketplace yang bisa membantu penasaran UMKM. Emak-emak juga bisa jualan dari rumah nih.

    ReplyDelete
  12. Aku harus tau nih kak tentang AVANA, jadi pengin jualan juga nih, tapi aku masih bingung mau jualan apa:(

    ReplyDelete
  13. Aku dah nyoba ini pakai avana doakan lancar ya mbak penjualaneee

    ReplyDelete
  14. Wah.. Lumahan simple tyt ya. Jd mau daftar akun disana jg nih. Belajar2 jualan online lg kali rejeki ya. Apalagi sekarang serba wfh gini. Harus banget belajar usaha begini

    ReplyDelete
  15. Waah jadi penasaran nih sama Avana. Belum pernah sih buka toko online. Gimana kalau kita coba di Avana?

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau Avana nih, ..pengen menjajaki kali bisa lebih beruntung. Hehhe..

    Selama ini jualan via Facebook khusus buat jualan..

    ReplyDelete
  17. Wah hayukk jualan lagi mbak? Aku kmrn juga nyobain nih fitur AVANA kyknya kok seru ya jd pengen juga jajal jualan online pakai AVANA ini apalagi pengoperasiannya juga cukup gampang yaa

    ReplyDelete
  18. Akhir-akhir ini memang sering banget denger nama avana, dan beberapa baca postingan yang lain juga. Fitur-fitur avana lengkap juga ya, Teh. Tapi aku belum pernah coba buat toko di avana nih..he

    ReplyDelete
  19. Semakin penasaran dengan Avana , jadi pengen jualan di Avana nih, thank you sharingnya mba .

    ReplyDelete
  20. Setuju, buka toko di Avana mudah banget. Saya sudah coba free trual-nya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^