Manfaat Google Question Hub untuk Blogger

By Keke Naima - September 09, 2019

Akhir Agustus lalu (29/8), Chi diundang oleh Blogger Perempuan untuk mengulik satu fitur terbaru di kantor Google Indonesia. Tentu aja seneng banget dapat undangan ini. Penasaran apa sih manfaat Google Question Hub untuk para blogger?


Sore itu, ada 5 blogger perempuan mewakili niche masing-masing. Chi (parenting), Lia Harahap (lifestyle), Marga Apsari  (food), Iva Asih (beauty), dan Lenny Lim (travel). Tentunya ditemani dengan salah seorang perwakilan dari Blogger Perempuan yaitu Aprie.

Sesuai rencana, pukul 3 sore, kami masuk ke ruang rapat. Mbak Fiana Dwiyanti dari Google Indonesia bertanya siapa aja yang sudah coba mengulik Question Hub. Chi pun tunjuk tangan meskipun baru sedikit yang diulik. Tetapi, berasa kayak punya mainan baru.


Daftarkan Blog di Google Search Console


Bila sekadar ingin tau, tema-teman bisa lihat di https://questionhub.withgoogle.com. Tetapi, bila ingin ikut memanfaat fitur ini, maka blognya wajib didaftarkan dulu ke Google Search Console.

Chi tidak akan membahas lebih jauh tentang cara mendaftarnya. Nanti artikelnya malah jadi gak fokus ke mana-mana. Silakan saja teman-teman googling bagaimana cara mendaftarkan blog ke webmaster.


Gak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab Google


Gimana sih caranya supaya anak gak melakukan gerakan tutup mulut? Makannya susah banget, nih! Udah cari jawabannya di Google, tetapi belum ketemu.

Teman-teman pernah gak melihat status seperti itu di media sosial? Mencari jawaban supaya anak gak melakukan gerakan tutup mulut (baca: mogok makan), kayaknya gak mungkin gak ada di Google, ya. Udah banyak banget media besar maupun blogger yang membuat konten dengan kata kunci seperti itu. Tetapi, fokus ke kalimat berwarna hitam yang dibold. Yup! Gak semua pertanyaan netizen bisa dijawab oleh Google, lho.


 
Ini salah satu bukti ketika bertanya ke Google dan gak ketemu jawabannya. Chi udah lupa waktu itu nanya apa 😂


Mbak Fiana membuka bahasan dengan membuat contoh tentang konten Borobudur. Sejarah, transportasi menuju, ada apa aja di sana, harga tiket masuk, dan banyak info lainnya tentang Borobudur sudah banyak kontennya di Google. Bisa jadi kita pun termasuk yang pernah membuat artikel dengan kata kunci tersebut.

Kemudian ada netizen yang bertanya tentang harga jual candi Borobudur. Yakali aja dia termasuk crazy rich sampai gak tau lagi punya duit buat beli apa. Makanya kepikiran mau beli Borobudur. Atau ya sekadar kepo pengen tau harga itu candi dan kemudian mengkhayal. "Andai A .... A .... A .... A .... ku jadi orang kaya." *auto nyanyi.


Gak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab Google
Mau nanya dengan kalimat pendek atau model curhat kayak begini ya terserah aja. Netizen bebas bertanya apapun ke Google


Sah-sah aja netizen mau nanya apapun juga ke Google. Tapi, ya bukan berarti akan selalu dapat jawaban. Nah pertanyaan yang masih sangat sedikit atau bahkan gak ada jawabannya ini akan masuk ke Google Question Hub.

Bila memiliki jawaban dari pertanyaan yang ada di Google Question Hub, tinggal masukin aja URL artikel dari blog teman-teman.

Boleh gak kita jawab pakai URL milik orang lain? Ya, boleh aja. Tetapi, jadinya teman-teman gak akan dapat keuntungan apapun.


google search console
Ini reportnya masih bisa di-scroll ke bawah lagi. Tetapi, Chi screenshot segini aja, ya


Setiap URL artikel yang diinput untuk menjawab pertanyaan netizen akan direkomendasikan oleh Google. Ketika URL artikel yang diinput kemudian di-track oleh Google, akan terlihat performa statistiknya di fitur Question Hub. Kalau memasukkan URL artikel milik orang lain, tentu teman-teman tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Itulah kenapa wajib mendaftarkan blog di webmaster.

Intinya sih saling menguntungkan timbal balik. Netizen mendapatkan jawaban yang tepat. Publisher bisa mendapatkan tambahan pageview.

Teman-teman bisa mendaftarkan beberapa blog yang dimiliki dalam 1 webmaster. Tetapi, kalau kasusnya kayak Chi di mana punya 2 blog aktif (Keke Naima dan Jalan-Jalan KeNai) dengan email berbeda, maka kalau ingin memasukkan URL artikel di Question Hub harus sesuai dengan email yang didaftarkan. Contohnya kalau mau masukin URL artikel di blog ini, jangan sign in pakai email blog Jalan-Jalan KeNai. Nanti gak bakal dapat report statistiknya.

Jangan coba-coba juga untuk ngakalin. Misalnya ada yang bertanya tentang harga jual candi. Kemudian teman-teman, memberikan URL artikel tentang candi. Tetapi, di dalamnya tidak ada penjelasan tentang harga jual tersebut. Seperti ini juga gak akan di-track oleh Google. Mesin pencarian Google udah canggih.

URL artikel yang kita berikan akan direkomendasikan. Tetapi, Google tidak akan langsung memberitahu kepada netizen kalau pertanyaannya sudah dijawab oleh publisher. Itu karena Google sangat memperhatikan privacy. Gak semua netizen suka kalau ketahuan sedang bertanya. Bisa jadi malah merasa risih ketika dapat notif dan jadinya malah gak mau bertanya lagi.


Dapat Ide untuk Membuat Konten


Teman-teman pernah mendapat kesulitan mencari ide untuk membuat konten? Gak pengen blognya penuh debu karena jarang update. Tetapi, bingung mau nulis apa. Coba deh cari ide di https://questionhub.google.com/add-questions

tips mencari konten

Ada banyak topik yang bisa teman-teman cari yang sudah dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori. Klik salah satu kategori yang diinginkan, kemudian akan ada banyak sub-kategori lagi.

ide konten google question hub
question hub indonesia

Chi coba klik kategori travel, kemudian memilih Jakarta MRT. Setelah itu klik add dan keluar 10 pertanyaan tentang sub kategori ini. Gak semua kata kunci yang kita cari akan keluar 10 pertanyaan. Bisa aja kurang dari itu atau malah lebih. Bila teman-teman ingin lebih dari 10, bisa klik add more. Setelah itu klik done.

Teman-teman bisa membuat konten dari berbagai pertanyaan tersebut. Bisa juga di-reject bila gak ada yang menarik. Bisa juga kita tandai (starred) dulu. Ya kali aja kontennya belum dibikin. Daripada nanti cari pertanyaan lagi, mendingan ditandai dulu. Setelah kontennya ada, tinggal jawab.

Di screenshot atas, Chi contohkan 2 pertanyaan yang di-check list. Bila Chi sudah memiliki artikel dari pertanyaan tersebut, langsung aja masukin URL. Teman-teman bisa 1 URL untuk beberapa pertanyaan sekaligus.

Kalau teman-teman pernah membuat postingan tentang MRT, tetapi belum di dalamnya belum ada bahasan dari pertanyaan tersebut, tinggal edit postingan aja. Gak harus bikin artikel baru. Setelah selesai di-edit, baru deh input URLnya ke Question Hub.


penjelasan tentang Google Question Hub

Mencari ide di sini juga suka bikin Chi ngakak karena pertanyaan netizen banyak yang lucu-lucu. Contohnya ketika mencari ide menulis tentang rambut berantakan. Ternyata yang Chi temukan seperti itu.

Apa Chi akan membuat konten tentang rambut berantakan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut? Enggak, lah. Ya, ini kembali ke keputusan masing-masing sebetulnya. Buat Chi pribadi, meskipun menyenangkan bila blog mendapatkan pageview yang banyak, tetap aja gak mau bikin konten yang gak sreg ma hati.

Tetapi, gak semua pertanyaan di Google Question Hub aneh-aneh, kok. Kayak yang MRT Jakarta itu 'kan juga ada yang serius. Bisa dijadikan ide untuk membuat tulisan dari pertanyaan tersebut.

Gak semua pertanyaan netizen yang belum ada jawabannya bisa ditemukan di sini. Google tetap melakukan filter. Pertanyaan yang terlalu seram atau gak patut, gak akan ditampilkan di sini.

Google Question Hub memang masih versi beta. Tetapi, tetap asik buat diulik. Siapapun bisa menggunakan fitur ini. Tetapi, memang paling cocok untuk blogger daripada media besar.  Alasannya karena media besar biasanya sudah memiliki team SEO sendiri. Mungkin gak perlu cara ini untuk mendapatkan pageview dan posisi page one.

Selain itu, biasanya artikel media besar lebih ke berita terkini, viral, kurang detil, atau click bait. Artikel yang everlasting dan bersifat personal cocoknya dibuat oleh blogger. Perhatiin deh pertanyaan-pertanyaan di Question Hub, kebanyakan personal. Nah, bisa tuh dimanfaatkan oleh blogger.

Saat ini Google Question Hub baru ada di 3 negara yaitu India, Indonesia, dan Nigeria. Disarankan banget menulis artikel menggunakan bahasa masing-masing negara. Banyakin aja konten berbahasa Indonesia biar Google makin senang. Mengapa demikian? Karena jumlah konten dengan Bahasa Indonesia yang spesifik dan detil masih belum sebanyak Bahasa Inggris.

Di India, fitur ini terbilang sukses. Semoga di Indonesia pun demikian. Menariknya adalah di India kebanyakan pria yang berkutat di bidang ini. Sedangkan di Indonesia, perempuan juga banyak. Makanya, selain konten Bahasa Indonesia, topik seputar perempuan juga menarik.

Siapa yang dulu suka memanfaatkan G+ untuk menanam link? Nah, ini katanya bisa juga menggantikan G+. Malah bisa langsung menjawab pertanyaan netizen. Tentu aja harus dengan URL yang relevan. Lumayan 'kan kalau bisa menambah pengunjung organik ke artikel yang teman-teman buat?

Mudah-mudahan cukup jelas ya penjelasan tentang Google Question Hub ini. Semoga para blogger bisa merasakan manfaat fitur ini. Selamat mengulik!

  • Share:

You Might Also Like

55 comments

  1. Daftar di google console Alhamdulillah sudah mendaftar dari 3 tahun yang lalu dan dari tahapan yang dijelaskan diatas makin mengerti deh saya. Tapi sempat bingung juga kalau lama nggak ngutak ngatik...hehehe

    ReplyDelete
  2. Owalaahh ya ya yaaa
    Daku paham sekarang.
    Makasiii insightnya ya Makkkk

    ReplyDelete
  3. Wah dapat pencerahan tentang google question hub nih, penting banget nih. Thanks Mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Wuah aku baru tau, menarik juga ya. Barusan aku langsung coba, habis penasaran. Baru coba klik katgori travel dan food untuk satu topik, sejauh ini belum liat pertanyaan yg aneh2 hahaha :D

    ReplyDelete
  5. Makin lengkap ya fasilitas Google. Ada pengganti Google + pula, bisa dimanfaatkan buat nambah traffic blog dong ya. Aku pelajari dulu deh tulisannya mba, makasih ya

    ReplyDelete
  6. Pageview artikel kita bisa jadi lebih meningkat ya dengan mendaftarkan website di google console

    ReplyDelete
  7. Wah mesti coba nih, makasih mba infonya. Langsung cus Google Question Hub ☺️

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau fitur ini di Google. Besok mau cobain ngulik ginian ahhh. Mumpung lg gak ada deadline :))

    ReplyDelete
  9. Kalau otak-atik Google Question gini bisa jadi makin banyak ide artikel tulisan ya mbak. Wah saya langsung ngulik buat bahan tulisan organik mbak.

    ReplyDelete
  10. Aku belum baca-baca dan memanfaatkan nih mba Google Questionya wkkwkw
    terlalu sok sibuk. Sekarang jadi mikir, penting banget padahal hal ginian ya Mba

    ReplyDelete
  11. Wow...
    Hehhe...mesti mendalami lagi manfaat google dan mesin pencariannya.
    Amazing yaa, kak...

    ReplyDelete
  12. Bisa jadi bahan ide postingan dari pertanyaan-pertanyaan itu ya Myra. Aku udah beberapa pertanyaan dijawab pake link postingan aku hihihi

    ReplyDelete
  13. Wah asyiknya bisa main ke Google. Btw makasih kak Myra atas informasinya,enak ya kalau gini jadi bisa saling menguntungkan juga, terutama kita si empunya punya blog.

    ReplyDelete
  14. Masih sedikit memahami tentang Google Question Hub ini. Kayaknya seru juga untuk diulik. Lumayan ya kalau bisa bantu2 nanem link blog kita hehee... asalkan artikelnya jangan yang bodong atau asal saja.

    ReplyDelete
  15. Wah keren nih dengan hadirnya Google Question Hub, kalau nggak punya ide bisa meluncur ke sana saja. Apalagi blog saya juga sudah terdaftar di webmaster.

    ReplyDelete
  16. Aku kayaknya bakalan ngulik-ngulik lagi deh mba. Asik banget ini bisa jadi sumber tulisan dan nambah konten blog kita ya

    ReplyDelete
  17. aku baru tau nih ada google question hub, btw beruntung ya mba bisa main ke kantor google hehe

    ReplyDelete
  18. Wah.. Keren banget nih fitur Google question.
    Bakalan kepoin lebih lanjut ah

    ReplyDelete
  19. Setelah G+ hilang, baru tahu ada Google Question Hub aku Mba.
    Langsung penasaran mau cek sendiri nih Mba. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. aku baru tau ada fitur question hub ini, kapan kapan mau aku cobain ah. btw seru ya bisa main ke kantor google

    ReplyDelete
  21. Aku juga baru nyadar Google Question Hub ini mbak, soalnya jarang ngulik Google. Jadi pengen searching lagi sekarang.

    ReplyDelete
  22. Ternyata sekece itu Google Question Hub. Malah bisa memancing munculnya ide baru. Uw, kujadi ingin nyobain nih Teh.

    ReplyDelete
  23. Yuhuuu, ini nih yg aku suka dari Google.
    Adaaaa aja ide2 dan terobosan brilian ala mereka
    Nunggu undangannya buat dtg ke Google Jkt niiihh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  24. Wah seru ya bisa main ke kantor google

    Aku baru tahu soal Google Question Hub

    ReplyDelete
  25. Wah menarik nih Google Question Hub. coba ah mau kulik-kulik. Siapa tau bisa nambah performance blog.

    ReplyDelete
  26. Mirip Yahoo! Answers ya? Cuma jawabannya pake link blog. :D

    ReplyDelete
  27. Wah seru nih pakai Google Question Hub. Jadi pengen ikutan naruh link blog dan cari tahu lebih banyak soal ini.

    ReplyDelete
  28. Makasih penjelasannya, mbak. Jadi lebih tahu nih tentang google question hub ini. Ntar coba diulik ah

    ReplyDelete
  29. Google hub ini membantu banget para blogger menurutku dalam memaksimalkan manfaat dari konten blogger. Tapi Di satu sisi amanah memberikan konten berkualitas dan faktual pun jadi Kian bertambah. Semangaatt buat Kita :D

    ReplyDelete
  30. Hihi ini lucu dan seru sih Mbak! Sayangnya ternyata beberapa pertanyaan di sana, aku juga nggak bisa jawab! Hahahahha

    ReplyDelete
  31. Sbg newbie blogger aku harus byk belajar nih, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  32. Ah mba Chie beruntung banget bisa main ke Google dan aku juga baru tahu google Hub iyayah lumayan banget buat nambah pengunjung organik jadi pengen coba buka..

    semoga sukses juga di Indonesia seperti di India

    ReplyDelete
  33. Aak beneran baru tau fitur google yg ini. Penting banget ini infonya. Sik asik jadi makin pinter deh akyu,thanks ya mak

    ReplyDelete
  34. Google inovasinya tiada henti ya mba. Aku aja sampe keteteran belajarnya. Belom ngerti yg satu dah ada yg lain. Ntr deh coba diulik ulik.

    ReplyDelete
  35. Jadi ingat nih buat nulis soal pengalan naik MRT di Jakarta. Masih baru dan tentunya banyak yang mencari informasi itu ya mba

    ReplyDelete
  36. Boleh dicoba nih, aku mau nanya apa ya kira2 hehehe. Sarana yang bagus untuk para penggiat blog nih

    ReplyDelete
  37. aku sudah coba dong dan memang kak mira setelah input link, postinganku mendadak naik, betul banget Qhub ini membantu meningkatkan kunjungan organik kita

    ReplyDelete
  38. Aku selalu nitip url artikel terbaru di Google search console, di fetch as google itu mba. Cuma kalo pakai fitur Google Question Hub baru sebatas nyari bahan artikel. Jadi belum pernah nitip link artikel, pengen nyoba ntar kalo ketemu pertanyaan yang cocok.

    ReplyDelete
  39. Lumayan juga ya Chi kalau bisa menjawab pertanyaan netizen dengan URL tulisan yang kita punya. Cara halus untuk mendatangkan trafik nih. Selain itu juga bisa jadi sumber ide untuk menulis saat mati gaya mau nulis apa.

    ReplyDelete
  40. Kalau google search console sih udah pakai mba. Kalau Google question hub belum pernah nyoba. Pengin ah pakai, kalau bermanfaat buat kegiatan ngeblog.

    ReplyDelete
  41. Aku udah daftar mak Chi. Masih memilih-milih beberapa kategori yang kusuka. Kayaknya ini bakalan jadi favoritku deh. Membantu banget soalnya

    ReplyDelete
  42. Google Question Hub baru ada di 3 negara yaitu India, Indonesia, dan Nigeria. Wow..
    Jadi bisa dibilang untuk percontohan ya
    Aku baca pelan-pelan dan berusaha mencernanya
    Sepertinya memang menguntungkan kedua belah pihak, baiklah akan kucoba

    ReplyDelete
  43. Aku udah lama daftar sebenarnya, tapi belum paham betul cara memaksimalkannya. Thanks mbak infonya bisa banget neh aku ikutin stepnya

    ReplyDelete
  44. Baru tahu kalo google ada fitur ini, thank you Mbak infonya

    ReplyDelete
  45. Sungguh aku baru tahu tentang google question hub ini.
    Kudu mampir lagi nih, dicerna pelan-pelan.
    Biar lebih afdol!

    ReplyDelete
  46. Hehehe... lucu juga kalau ada yang nanya, berapa harga emas Monas ya, Mbak Myra hehehe.
    Tapi ini keren, Mbak. Dan saya suka karena di Google Question Hub bisa mencari ide tulisan ya, Mbak. jadi kira-kira artikel apa yang dibutuhkan oleh pembaca.
    kerennya lagi, Mbak Myra sudah main ke kantor google.

    Terima kasih sharingnya, Mbak Myra.

    ReplyDelete
  47. Fitur baru yang cukup menarik, secara apa2 sekarang kan "tanya google aja"
    Sebagai blogger kita bisa berkontribusi mengindeks artikel yg sekiranya tepat sasaran sebagaimana pertanyaan yang diajukan di question hub

    ReplyDelete
  48. Habis baca tulisan ini langsung melipir ke Google Question Hub, ternyata banyak ya pertanyaan yang belum terjawab dan kadang pertanyaannya unik2 juga. Kok ya kepikiran gitu nanya harga jual candi borobudur. Hahaha. Aku malah ketagihan nih nongkrong di Question Hub karena dapat banyak ide tulisan.

    ReplyDelete
  49. Google sdh menjadi bagian keseharian, dan hebatnya mrk inovatif sehingga kebutuhan user terakomodasi

    ReplyDelete
  50. Pas banget lagi bingung mau nulis apa dan cari inspo dimana. Jadi bisa terbantu banyak nih dengan adanya google question hub ini

    ReplyDelete
  51. Aku udah pernah nyoba tapi udahannya lupa caranya, untung baca si sini

    ReplyDelete
  52. jadi dapat insight baru biar bias dapat ide nulis blog yg bias dibaca banyak orang nih

    ReplyDelete
  53. Perlu ini question hub untuk kita yang berkecimpung sama literasi dan internet

    ReplyDelete
  54. aku baru tw karena muncul di beranda bloggerku

    ReplyDelete
  55. Terimah kasih ilmu barunya, sangat membantu semoga yang lain juga dapat terbantu,fitur googlenya sangat menarik

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^