ERHA.DNA, Revolusi Teknologi untuk Perawatan Kulit Wajah

By Keke Naima - September 18, 2019

ERHA.DNA, Revolusi Teknologi untuk Perawatan Kulit Wajah - Sebagai seorang ibu rumah tangga, kegiatan sehari-hari Chi lebih banyak di rumah. Ke luar rumah paling sesekali aja. Biasanya ke salah acara yang mengundang Chi sebagai blogger.


Banyak yang menganggap kalau sering di dalam ruangan berarti aman untuk kesehatan kulit karena tidak setiap hari terpapar sinar matahari. Ternyata, enggak juga. Sering berada di dalam ruangan juga berpotensi mengganggu kesehatan kulit, lho.

Kalau kita sering berada di ruang ber-AC rentan membuat kulit menjadi lebih kering dan gatal karena kelembapannya terganggu. Lebih lanjut bisa menyebabkan iritasi dan gangguan kulit lainnya.

Sebagai seorang blogger, durasi berhadapan dengan layar laptop maupun smartphone juga cukup lama. Mana Chi juga masih belum konsisten melakukan perawatan kulit. Masih banyak malas dan lupanya. Padahal tidak melakukan perawatan kulit yang tepat, bisa mengakibatkan wajah kusam hingga penuaan dini.

Berasa gak sih kalau akhir-akhir ini kulit wajah bermasalah? Chi merasakan. Cuaca panas yang cenderung kering rasanya juga bikin kulit wajah semakin sering. Kadang-kadang gatal dna rasanya seperti ketarik-tarik kalau lagi berasa kering banget.

Skincare yang saat ini sedang dipakai rasanya kurang membantu. Apa jangan-jangan kurang tepat, ya? Karena mencari produk perawatan kulit yang cocok itu relatif. Tetapi, mutlak mendapatkan yang cocok.

Masih ingat postingan di blog ini maupun di IG yang tentang teknologi DNA memilih produk perawatan kulit? Banyak yang bertanya seperti apa teknologinya apalagi cukup dilakukan di rumah aja.

[Silakan baca:  Lakukan Teknologi DNA Sebelum Perawatan Wajah]



Chi termasuk eksklusif user untuk revolusi teknologi DNA ini. Jadi senang banget karena termasuk salah satu user yang pertama kali berkesempatan mencoba sistem pintar perawatan kullit ini dan berhak mendapatkan kesempatan untuk mencoba ERHA.DNA test kit.

Ada 3 tahapan ERHA.DNA, Sistem Pintar untuk Perawatan Kulit yaitu


Smart Assistant



Tahap pertama yang Chi lakukan adalah download ERHA.DNA Apps di Google PlayStore (apps di iOS akan segera menyusul). Download apps menjadi tahap pertama karena nanti untuk order test kit dan lain sebagainya juga lewat apps.

Setelah sign up dan mengisi data diri, diminta menjawab beberapa pertanyaan. Survey-nya dibagi dalam 4 kategori yaitu


  1. Oiliness - Mengukur seberapa berminyak atau kering kulit wajah
  2. Sensitivity - Mengukur tingkat sensitivitas kulit
  3. Pigmentation - Mengetahui kecenderungan kulit mengalami pigmentasi, misalnya bercak kecoklatan
  4. Wrinkles - Memperkirakan kencenderungan kulit untuk mengalami garis halus atau kerutan


Total ada sekitar 20 pertanyaan yang harus dijawab. Gak lama kemudian hasilnya pun keluar. Berdasakan survey, tipe kulit Chi adalah Oily, Resistant, Non-Pigmented, Wrinkled. Intinya sih tipe kulit seperti ini dikatakan jarang mengalami masalah kulit sensitif seperti jerawat.

Hasil tes awal memang ada benarnya juga karena Chi jarang banget mengalami jerawat. Tetapi, agak was-was ketika membaca bagian berikutnya di mana dikatakan memiliki pigmentasi kulit yang kurang melindungi sehingga cenderung untuk berkerut karena kebiasaan gaya hidup masa kini dan masa lalu.

Duh! Urusan kerutan memang paling bikin Chi was-was. Apalagi di usia kepala 4 ini. Gak bisa lah menahan umur, tetapi pengennya 'kan bisa menahan kerutan untuk tidak datang kecepetan. Malah kalau perlu ditunda gitu.


Smart Innovation


ERHA.DNA Test Kit


Sebetulnya ketika mengisi survey, ada beberapa pertanyaan yang Chi agak ragu mengisinya.  Bisa jadi karena merasa punya lebih dari 1 jawaban. Tetapi, ada juga yang bingung karena Chi masih suka ada cueknya untuk urusan perawatan kulit. Masih kurang memperhatikan perubahan kulit wajah. Jadi, masih ada ragunya kalau hasil yang keluar itu 100% akurat.

Makanya, untuk mengetahui hasil yang akurat, Chi mencari tau dengan cara tes DNA kulit. Setelah mengisi survey, Chi order ERHA.DNA test kit melalui apps.

Barang akan datang dalam waktu 2-3 hari kerja. Tetapi, Chi hanya menunggu sehari, barang yang diorder pun datang. Segera deh unboxing karena pengen tau banget hasilnya.

Ada 3 test kit dalam 1 box. Begini tahapan pemakaiannya:


DNA Swab

DNA Swab yang masih tersegel


Sebelum memulai, Chi harus membersihkan mulut dengan menggosok gigi atau mouthwash. Kemudian, tunggu 30 menit tanpa makan dan minum.


Pernah nonton serial criminal di mana salah satu cara untuk memeriksa DNA adalah dengan mengusap swab (bentuknya persis seperti cotton bud, hanya lebih panjang stik-nya) ke pipi bagian dalam? Nah, caranya persis seperti itu.

erha dna, teknologi dna perawatan kulit wajah, dna swab
Usapkan dengan agak ditekan ke pipi bagian dalam sekitar 30-40 putaran.


Chi mendapatkan 2 tabung. Masing-masing untuk 1 pipi. Mudah menggunakannya asalkan mengikuti petunjuk yang ada di buku. Tetapi, harus berhati-hati supaya jangan sampai menyentuh barang lain dan terjadi kontaminasi.

Setelah selesai, masukkan kembali DNA Swab ke dalam tabung. Buka kembali aplikasi untuk melakukan permintaan pick-up. Teman-teman bisa menentukan kapan DNA Swab akan diambil oleh kurir. Tetapi, waktunya hanya di hari kerja, Sabtu-Minggu libur. Gak perlu khawatir tertukar karena setiap tabung sudah ada namanya.


Skin Lens


Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mencuci muka sebelum pengambilan foto. Unik juga cara fotonya. Caranya dengan membuka fitur kamera pada aplikasi. Kemudian pasang skin lens pada bagian belakang kamera.

produk perawatan kulit wajah yang tepat

Ini udah kayak selfie gitu. Tetapi, yang difoto hanya 5 bagian di wajah yaitu pipi kiri, pipi kanan, dahi, hidung, dan dagu.

Karena menggunakan kamera belakang, bisa jadi akan mengalami kesulitan saat menekan tombol kamera. Gak bisa melihat juga hasilnya apakah sudah fokus atau belum. Sebaiknya, lakukan di depan cermin. Tetapi, kalau Chi dibantuin sama Nai. Dia yang pencet kameranya ketika skin lens sudah Chi tempelkan ke kulit dan fotonya terlihat fokus.

Klik 'selesai' untuk mengunggah. Nanti akan ke luar hasilnya di bagian skin reporting. Hanya memerlukan waktu 1-5 menit aja. Tergantung kecepat koneksi internet di tempat masing-masing.


Moisture Testing


Tahapan awalnya sama kayak Skin Lens. Cuci muka dulu dan pastikan wajah tidak terlalu berkeringat, kotor, basah, atau berambut. Kemudian, buka tutup alat Moisture Tester.

Tekan dulu tombol power sebelum digunakan. Setelah terdengar bunyi pendek, tunggu sampai layar LCD menunjukkan angka 0.00 yang konstan (tidak kedip-kedip) dan terdengar 2 bunyi pendek lagi.



Tempelkan ujung alat dengan kuat dann tegak lurus ke lima area di kulit wajah yaitu pipi kiri, pipi kanan, dagu, hidung, dan dahi selama beberapa detik. Lakukan satu persatu hingga terdengar bunyi panjang dan keluar angkanya.


Angka yang tertera dimasukkan ke aplikasi. Kemudian lakukan lagi untuk area lainnya. Setiap area lakukan sebanyak 2x. Sama seperti Skin Lens, setelah semuanya selesai, tunggu hasilnya dalam waktu sekitar 1-5 menit saja.

Pastikan semua alat tidak terjatuh atau terkena air

Setelah DNA Swab dikirim, Chi hanya menunggu sekitar 2-3 hari untuk mendapatkan jawabannya. Hasilnya dikirim melalui aplikasi dan 'raport' yang datang berbarengan dengan produk perawatan kulit.


Smart Treatment


Salah satu laporan via aplikasi. Permasalah terbesar kulit wajah Chi adalah bintik.


Hanya menunggu 2-3 hari kerja, skin reporting DNA Swab pun masuk lewat aplikasi. Produk perawatannya pun juga datang.


Di dalam kotak tidak hanya berisikan beberapa produk perawatan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Chi juga mendapatkan beberapa lembar Laporan Kulit. Ini berasa kayak terima raport, deh. Bacanya juga sambil deg-degan.

Dari laporan itu tertulis kalau kulit wajah Chi lebih baik dari 46% wanita di usia yang sama. Permasalahan yang Chi alami ternyata bukan kerutan, tetapi peradangan dan bintik. Kelembapan kulit pun kecenderungan potensi berisiko. Penyebabnya karena paparan UV. Ini sih beneran salah satunya karena kelamaan di depan laptop. Udah gitu Chi masih suka lupa pakai pelembap.

produk erha

Cukup melegakan membaca beberapa lembar tentang hasil tes kulit wajah Chi. Kerutan yang selama ini dikhawatirkan ternyata persentasenya masih kecil. Tetapi, bukan berarti harus diabaikan, lho.

Produk yang dikirim ini tentunya sudah disesuaikan dengan hasil test. Jadi, setiap user belum tentu mendapatkan produk yang sama karena masalahnya 'kan beda-beda. Seperti kata ERHA.DNA kalau mencari produk yang cocok itu mutlak.


erha dna

Chi dapat 5 produk yaitu cleanser,  day moisturizer, sunscreen, essence, dan night moisturizer. Tentunya, sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah para user.

Di postingan ini, Chi tidak mengulas hasil pemakaiannya karena produknya juga baru diterima. Tunggu beberapa waktu dulu untuk melihat hasilnya. Bagusnya lagi, di aplikasi ada fitur jurnal. Jadi bisa mencatat perubahan yang terjadi selama pemakaian produk perawatan kulit tersebut.

Di dalam buku Laporan Kulit juga ada rekomendasi gaya hidup. Ada 2 PR besar buat Chi. Masih kurang istirahat karena masih terus terjaga hingga larut malam (kebanyakan di depan laptop) dan ngopi. Harus mulai dikurangi, nih!

Usia boleh bertambah, tetapi kulit wajah pengennya lebih muda. Untuk itu mutlak memilih produk perawatan kulit yang tepat. Setuju? Info lebih lanjut bisa lihat di erhadna.co.id dan IG @erhadna


  • Share:

You Might Also Like

44 comments

  1. ERHA bener2 memikirkan banget ya, bahwa kita butuh skincare yang pas dengan kondisi kulit kita. ada alat seperti ini berarti udah makin mudah ya kita menemukan skincare yg pas untuk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, salut sama ERHA. Selalu berinovasi dan mengerti kebutuhan setiap jenis kulit. Soalnya tiap , aku jenis kulit pasti aja beda keadaan dan solusinya.
      Aku mupeeeeng deh dengan ERHA DNA ini. 😁

      Delete
  2. Ini KEREN pake BANGET!
    Karena emang kalo pakai teknologi DNA, hasilnya bakal lebih akurat ya Mba
    Moga2 daku juga bisa coba terobosan ini aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Wah keren teknologi ERHA.DNA ini kita jadi tahu kulit wajah kita seperti apa dan permasalahannya juga. Perawatan wajah jadi lebih akurat/tepat karena disesuaikan dg permasalahan kulit kita ya. Penasaran, kepoin dulu ah ig dan web nya ERHA.DNA

    ReplyDelete
  4. ini keren sekali ya mbak, asli aku iri pengen cobain juga jadinya hahahaa biar tahu apa sih permasalahan kulitku yang sebenarnya

    ReplyDelete
  5. Nah, keren banget nih ERHA DNA, jadi tau kulit wajah jenisnya apa dan permasalahannya apa...Tadi udah cek ke webnya, sayangnya di kotaku belum support huhu

    ReplyDelete
  6. Aku pun juga menggunakan ERHA.DNA Test Kit ini mbak, asik banget ya kita punya mainan baru nih dirumah. Gak perlu khawatir lagi sekarang kalau mau ngecek kondisi kulit setiap hari.

    ReplyDelete
  7. Keren banget sih, produk ini. Dapat alat tes dna buat kulit sama skin care yang sesuai.

    ReplyDelete
  8. Menarik banget ini bisa tau jenis kulit dll. Ngga pikir panjang aku langsung daftar saking penasaran nya hahaha

    ReplyDelete
  9. DUh aku beneran pengen dan penasaran untuk mencoba langsung teknologi ini mba. Soalnya selama ini ngerasa kulit wajahku tuh kering. Mba ini harga berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga tes kit Rp1,5 juta belum termasuk skincare, Mbak

      Delete
  10. Serunya skinc check gitu kadang kita menemukan hal2 tak terduga di kulit kita ya 😅. Micro things yang terlihat besar di kamera 🤭

    ReplyDelete
  11. aku baru hari ini mba coba produknya.. tadi sih di sekitar idung ada calon jerawat trus kempes masa hahahah tapi mungkin bisa karena sebab yang lainnya

    ReplyDelete
  12. Akhirnya keajaiban Erha DNA ini bisa dicoba ya mba. Udah gak penasaran karena mba Chi jelasinnya komplit, detil gitu. Bener tuh soal meski di rumah tetap harus pakai skin care. Mungkin maksudnya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV ini

    ReplyDelete
  13. Efek lihat mbak Myra dan aku mulai tak sabar mencoba skincare punyaku yang sudah sesuai dengan hasil tes dnaku

    ReplyDelete
  14. Dari kemarin udah penasaran banget sama produk ini, inovasi baru kan? Gile juga produk kecantikan disesuaikan dengan DNA kita, mantep banget ga sih, cocok banget sama konsumennya hehe..

    ReplyDelete
  15. Inovatif banget yah erha.DNA ini jadi pengeen ikut punya juga deh hehe ;)

    ReplyDelete
  16. Unik ya aku jadi pengen nyobain alat alatnya buat ngetes kulit aku hihi

    ReplyDelete
  17. waaah ada kurir yg bs ambil dna swab. asyik yaaa gak usah repot2 antar ke klinik erha. dan lagi hasilnya pun bs via email

    ReplyDelete
  18. Erha DNA ini revolusi teknologi terbaru, kayaknya belum ada yaah yang ngeluarin teknologi kaya gini. Kerennya bisa baca tipe kulit wajah melalui DNA dari sampel sel mukosa, keren euuy

    ReplyDelete
  19. Keren banget deh inovasi ERHA DNA ini. Bikin kita bisa ngecek keadaan kulit wajah kita sendiri ya. Mana dengan teknologi DNA. Duh jadi Kepengen. Cek ke tekape aaah biar tahu lebih lanjut.

    ReplyDelete
  20. Menarik sekali ya bisa melakukan tes DNA di kulit jadi bisa mendapatkan dan mengetahui produk dan perawatan apa saja yang cocok di kuliylt

    ReplyDelete
  21. Sekarang canggib banget ya mba untuk cek kesehatan kulit sudah ada teknology nya

    ReplyDelete
  22. Sama mbak, akupun jarang keluar rumah kalau nggak ada undangan blogger. Tapi bener juga, kulit wajahku sepertinya butuh perawatan karena nggak sehat, baca2 ini kok jadinya pengen perawatan sendiri di rumah pake erha seperti yang dipakai mbak.

    ReplyDelete
  23. Canggih ya, klo berdasarkan DNA berarti emang perawatan yg customize buat kita

    ReplyDelete
  24. Alat ini keren banget mbak apalagi memeriksa keseluruhan wajah. Aku juga pengen banget punya mbak hehe. Kalau produk erha aku pakai mbak.

    ReplyDelete
  25. Wiiy terobosan ini keren banget. Bisa tes sendiri di rumah dan nanti dikirim ya. Trus hasilnya juga dikirim kembali ke rumah. Canggih bener. Eh tapi mahal ya mbak kalau test gini?

    ReplyDelete
  26. ERHA DNA Revolusi Teknologi benar benar yang kita butuh sebagai skincare yang pas dengan kondisi kulit kita.

    ReplyDelete
  27. Mantap banget ya, teknologi DNA juga bisa dipakai untuk memeriksa keadaan kulit kita biar lebih akurat hasil pengecekan dan terapi skincare yang dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  28. Bisa dilakukan di rumah ya rupanya, menurut daku ini lebih nyaman jadinya. Siip untuk Erha dengan inovasinya yang semakin menarik

    ReplyDelete
  29. Duh, baca-baca lagi beneran bikin mupeng. Berapaan ya alatnya plus produk perawatannya? Penasaraaaaan. Kudu nabung dulu deh kayaknya :D

    ReplyDelete
  30. Semakin keren aja nih perawatan kulit hari ini. Bahkan pendekatan nya udah tingkat DNA. jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  31. Keren banget ada ERHA DNA test kit. Bisa cek sendiri kondisi kulit di rumah. Bisa pakai skincare yang sesuai untuk kulit. Nggak akan salah pakai skincare lagi.

    ReplyDelete
  32. Ahhh alat yg membantu bangt buat para cewek nih. Mau dong tahu jenis kulit aku dan problemnya apa. Supaya juga dikasih penanganannya juga include produknya dari ERHA sih hhehee. Aku coba install aja dah ntar aplikasi nya ini hhehe
    TFS ya Chi

    ReplyDelete
  33. ERHA nih memang top ya dalam kreatifitas. Mereka membuat produk dr masalah yg ada disekitar. Jadi buatnya detail sampai ke alat tes dna pula.

    ReplyDelete
  34. Aku kok suka banget sama kelima produk yang dikirimkan Erha, kak Myr..
    Berasa produknya dari masa depan.
    Hehhe...efek packaging.

    ReplyDelete
  35. wah keren yah bisa kita tes sendiri di rumah. Terus untuk hasilna juga gak perlu nunggu lama yah

    ReplyDelete
  36. Wah alatnyaa mantab bngt bisa cek kulit wajah smpe sgitunya kayaknya kalo aku yang periksa kluarnya bnyak masalah tuh hehhe secara kulit wajahku super sensitif

    ReplyDelete
  37. box eksklusif isi kit untuk cek dna kulit nih. eh baru tahu ternyata swab area mulut tuh bikin kita tahu apa jenis kulit kit, normal atau kering

    ReplyDelete
  38. Udh coba lagi nunggu produk skincarenya dateng, penasaraan deh pengen coba skincarenya

    ReplyDelete
  39. Makin canggih aja dnih skrg inovasi skincare indonesia. Gak kalah saing

    ReplyDelete
  40. Apa di semua kios ERHA ada dokternya ya Mbak? Aku penasaran.

    ReplyDelete
  41. Siang tadi aku mengamati kondisi kulit lebih seksama. Ternyata bintik hitam sudah mulai kentara. Tadinya hanya satu dua, sekarang mulai bertambah di pipi kiri dan kanan. Hiks...hiks umur memang nggak bohong ya. Masalah ini juga yang bikin aku lebih konsen ke urusan kulit, MBak. Bukan karena pengin tetep cantiknya aja, tapi karena kondisi kulit yang tidak sehat bisa berbahaya juga. Kapan2 aku mau tanya langsung ke Erha deh, kebetulan deket dari rumah.

    ReplyDelete
  42. Benar sekali, Mbak Myra.
    Lama berada di ruang ber-AC bisa membuat kulit dan mata jadi kering. Jadi memang harus perawatan juga. Dan produk ERHA ini banyak sekali diulas dan direkomendasikan, karena bagus.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^