Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka

By Keke Naima - January 27, 2024

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka - Pekerjaan rumah tangga mana yang jadi favorit? Kalau Chi biasanya akan menjawab memasak. Tetapi, beneran memasak, ya. Soalnya kadang-kadang persiapannya suka bikin malas. Pengennya kayak di acara masak gitu. Segalanya udah disiapin di meja dan tinggal dimasak aja hehehe.

Walaupun gak begitu suka persiapannya, tetapi tetap aja Chi kerjain. Abis siapa lagi yang mau ngerjain. Biar semangat, Chi ngebayangin suami dan anak-anak akan senang menyantap masakannya.

Kadang-kadang Chi juga pakai bumbu instan. Misalnya hari ini harus ke luar rumah karena suatu urusan. Pagi-pagi udah masak dulu supaya keluarga tetap bisa makan makanan rumahan. Buat menghemat waktu, Chi pakai bumbu instan. Atau bisa aja kan sewaktu-waktu lagi gak enak badan. Nah, masak pakai bumbu instan juga jadi solusi. Biar gak berlama-lama di dapur. Jadi lebih banyak istirahat

Makanya, Chi selalu menyetok bumbu masak instan di rumah. Lagipula, bumbu masak instan termasuk yang tahan lama. Simpan saja di lemari, sewaktu dibutuhkan tinggal dikeluarkan.


3 Resep MamaSuka Bumbu Khas Indonesia


3 Resep MamaSuka Bumbu Khas Indonesia

Banyak produk MamaSuka yang Chi pakai. Tidak sebatas bumbu masak instant saja. Tepung, saus, makanan pembuka, dan lain sebagainya juga Chi suka.

Kali ini, Chi mau berbagi resep praktis menggunakan MamaSuka bumbu khas Indonesia. Bungkusnya yang berwarna putih langsung menarik perhatian karena terlihat clean. Tetapi, yang paling bikin Chi tertarik adalah Billy Kalangi. Chi langsung berpikir kalau ini semacam signature recipe dari MamaSuka.

Ada 7 varian MamaSuka Bumbu Khas Indonesia yaitu ayam goreng, gulai, nasi goreng, opor, rendang, soto ayam, dan sambal balado. Pas banget jumlahnya 7. Bisa buat menu masakan selama 1 minggu, nih.


MamaSuka bumbu khas Indonesia berbentuk bubuk dengan tekstur yang kering dan tidak lengket (kadar air di bawah 3%). Dengan pemrosesan seperti ini membuat bakteri pembusuk sulit tumbuh. Ada logo halal tentu saja menjadi alasan lain kenapa Chi memilih MamaSuka. Alasan lainnya adalah cukup menggunakan 1 bungkus, sudha bisa untuk sekeluarga.


Resep Opor Ayam MamaSuka

Resep Opor Ayam MamaSuka


Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Opor
  • Kencur secukupnya, ulek halus/kasar
  • 250 gr belimbing wuluh
  • 1 buah tomat, dipotong 8
  • Santan dari 1 butir kelapa


Cara Membuat:

  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam panci. Aduk sebentar hingga tercampur rata
  2.  Masak dengan api kecil atau sedang hingga matang
  3. Sajikan


Catatan:

    1. Kental atau cairnya santan tergantung selera. Ada yang suka opor dengan santan yang kental. Tetapi, ada juga yang tidak
    2. Menurut Chi, bumbu opor dalam 1 bungkus MamaSuka ini sudah komplit rasanya. Termasuk rasa asin. Jadi jangan terburu-buru menaburkan garam supaya gak keasinan. Cicipi dulu setelah matang. 
    3. Kencur, belimbing wuluh, dan tomat hanyalah pelengkap. Supaya cita rasanya semakin komplit. Bila tidak ingin pakai pun cukup dengan 1 bungkus MamaSuka Opor aja udah pas rasanya.

    Dulu, Chi gak suka opor, lho. Kalau mamah masak opor, pasti gak dimakan. Bukan karena gak suka masakan mamah, tapi mau opor ayam buatan siapapun juga gak akan Chi makan karena memang gak suka. Sampai suatu hari, Chi makan di salah satu rumah makan di pasar dengan menu ayam bakar. Rasanya enak dan kata yang jual ayamnya pakai bumbu opor, trus dibakar. Sejak itu, Chi kalau makan opor ayam selalu digoreng atau dibakar dulu.

    Tapi, kan, ribet juga kalau harus selalu digoreng atau dibakar. Lebih tepatnya malas, sih. Udah tau kalau udah jadi opor pasti bisa langsung disantap. Ini malah cari ribet hehehe. Jadinya, Chi mulai cobain makan opor. Lama-lama suka juga dengan opor. Tetapi, sesekali kalau mau rasa yang bervariasi memang masih suka dibakar atau digoreng. Atau bisa juga dijadikan campuran untuk nasi goreng. Seperti resep di bawah ini.


    cara membuat opor ayam
    bahan opor ayam
    resep opor ayam 
    Setelah diberi bumbu MamaSuka, warna santan jadi agak kecoklatan

     

      Resep Nasi Goreng Bakso dan Ayam MamaSuka

      Resep Nasi Goreng Bakso dan Ayam MamaSuka


      Bahan-bahan:

      • 6 butir bakso diiris tipis
      • 2-3 potong ayam opor, disuwir kasar
      • 3 porsi nasi dingin
      • 1 bungkus MamaSuka Nasi Goreng
      • Minyak goreng


      Cara Membuat:

      1. Panaskan minyak goreng
      2. Masukkan ayam dan bakso. Aduk-aduk
      3. Tuangkan nasi dan bumbu. Aduk rata
      4. Matikan api dan sajikan


      Catatan:

      1. Untuk pelengkap bebas saja, sesuai selera. Bisa bakso, ayam, udang, telur, atau lainnya. Kebetulan masih ada sisa opor ayam, makanya Chi jadikan pelengkap nasi goreng.
      2. Untuk membuat nasi goreng, bagusnya pakai nasi yang sudah dingin. Malah lebih enak lagi kalau nasinya pera alias gak terlalu pulen.
      3. Salah satu bahan yang ada di MamaSuka Nasi Goreng ini adalah kecap bubuk. Tetapi, bila teman-teman merasa warnanya kurang coklat, bisa ditambahkan lagi kecap manis sedikit.
      4. Untuk rasa, menurut Chi udah pas. Gak perlu ditambah garam lagi.

      Nasi goreng memang salah satu menu yang gak ada matinya, deh. Untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam juga enak. Apalagi kalau pakai bumbu masak yang praktis begini. Gak perlu waktu lama, nasi goreng enak sudah bisa dihidangkan.

      resep nasi goreng bakso ayam
      cara membuat nasi goreng


      Resep Ayam Goreng MamaSuka

      Resep Ayam Goreng MamaSuka


      Bahan-bahan:

      • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
      • 1 bungkus MamaSuka Ayam Goreng
      • 1-2 buah asam kandis
      • 4 lembar daun jeruk, buang tulang dan sobek-sobek
      • 1 buah tomat, potong-potong
      • gula merah secukupnya
      • 500 ml air 
      • Minyak goreng


      Cara Membuat:

      1. Masukkan semua bahan ke dalam panci
      2. Ungkep dengan api kecil hingga matang
      3. Goreng dengan minyak panas
      4. Sajikan


      Catatan:

      1. Komposisi dalam sebungkus MamaSuka Ayam Goreng cukup mirip dengan bumbu ayam goreng yang biasa Chi bikin. Ada lengkuas, gula, kunyit, ketumbar, bawang putih, sereh, dan jahe. Bedanya pada bumbu masak instan ini gak pakai bawang merah. Chi sempat kepikiran untuk menambahkan bawang merah. Tetapi, gak jadi karena pengen cobain dulu bumbu ayam goreng tanpa bawang merah. 
      2. Meskipun di komposisinya sudah ada gula, tetapi Chi tambahkan lagi dengan gula merah. Supaya ayam gorengnya jadi agak manis gitu. Kalau teman-teman gak mau ada rasa manis pada ayam gorengnya, gak usah ditambah gula lagi, ya

      resep ayam goreng
      cara membuat ayam goreng
      bumbu ungkep ayam goreng

      Menu ayam goreng juga termasuk yang gak ngebosenin, ya. Anak-anak umumnya pun bisa dengan mudah suka ayam goreng. Kalau lagi bingung masak apa, Chi tinggal bikin ayam goreng aja. Nanti tinggal tambahin tumis sayur atau bikin sambal. Udah bakal lahap deh makannya.

      Buat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memasak, bumbu instan begini bisa jadi solusi. Ya, apalagi kalau tinggal di kota besar kayak Jakarta. Kadang-kadang waktu udah habis di jalan. Pagi-pagi udah harus berangkat, pulang ke rumah udah malam. Mau masak dengan bumbu yang komplit udah merasa ribet duluan.

      Atau bisa juga kayak Chi. Pagi-pagi suka gak ada ide untuk bekal sekolah anak-anak. Kalau ada bumbu instan begini memang menolong banget. Bisa memasak dalam waktu singkat dan enak, lho. Mari makan!


      MamaSuka


      Website: www.mamasuka.com
      YouTube: MamaSuka Indonesia
      Instagram: @mamasukaindonesia
      Fanpage: @mamasukaindonesia


        • Share:

        You Might Also Like

        35 comments

        1. ibuku walau usia 85 tahun masih memasak, tp krn sudah gak kuat nguleg dll mama pakai bumbu masak instan, ah aku mau rekomendasikan mama suka

          ReplyDelete
        2. Praktis kalau sedia bumbu kyk gini di rumah ya mbak. Aku jg sesekali stock bumbu jadi. Tapi blm pernah sih yang merk Mamasuka. Kapan2 deh beli :D

          ReplyDelete
        3. Chiii...masakannya bikin selera makan menjadi-jadi nih. Hheemm, yummy banget. Tp baru tau sih ada opor pake blimbing wuluh, kencur dan tomatya, seperti bumbu "mangut". Aduuh jadi pengen makan nih Chi.

          ReplyDelete
        4. seger banget ya opornya pakai belimbing wuluh. AKu gak pernah pakai kencur Myr, rasanya jadi gimana? pensaran nanti kapan 2bikin pakai kencur juga ah

          ReplyDelete
        5. Yg hampir selalu ada di rumahku nih yg bumbu nasi goreng mbk chi, rasanya pas sesuai selera. Bumbu2 seperti mama suka gini membantu aku banget terutama pas lagi rempong-rempongnyeeeee..suka mama suka

          ReplyDelete
        6. Bumbu jadi for the rescuuueee!!! Saya juga sedia bumbu jadi di rumah Mbak, tapi yang versi bikinan UKM di pasar gitu. Belum pernah nyoba dari Mamasuka. Kapan-kapan coba aaaah!

          ReplyDelete
        7. Unch sedapnyeee, langsung lapar nih ujan-ujan di sni mba 😢
          Saya juga suka pake bumbu instan mba, lebih praktis gak perlu lagi mikirin olahan bumbu-bumbu 😂
          Pengsn coba ah bumbu Mama Suka 😍

          ReplyDelete
        8. Wah ini demenan aku mama suka. Biasanya aku nyetok Tepung bakwannya nih buat cemilan sore pas anak anak baru pulang skul dan lagi lapar laparnya hehe

          ReplyDelete
        9. Aku sekarang nyaris selalu pakai bumbu instan. Jadi MamaSuka pasti masuk list belanja bulanan, karena cocok sih dengan rasanya

          ReplyDelete
        10. praktis memang pakai bumbu instan ya Mba..tinggal cemplung dan dimasak sampai matang. Aku tapi massif suka pakai bumbu yang segar Mba sejak kanker ini :)

          ReplyDelete
        11. Mantap niih...tinggal cemplang-cemplung...makanan siap dalam sekejap.
          Berasa jadi chef terkenal.

          Bangga banget bisa masakin untuk keluarga menu sehat beginii...

          ReplyDelete
        12. Praktis banget mbak. Kadang saya beli bumbu yang sudah diuleg dan disimpan difrizer tapi tetap aja ga sesuai dengan apa yang saya inginkan. Oiya bumbu mama suka ada semur ga mbak Mira? Jadi pengen nyetok jadinya.

          ReplyDelete
        13. Beli ah besok, kemarin liat bumbu ini di supermarket tapi belum baca reviewnya jadi belum ta beli. Kalo udah baca review gini kan enak ya.

          ReplyDelete
        14. Wah, Mamasuka juga punya banyak varian bumbu instan ya. Aku seringnya masak yang bumbu krispi. Jadi kengen nyobain deh. Pastinya praktis banget. Gak usah racik-racik dan ngulek.

          ReplyDelete
        15. Lihat Opor Ayam itu aku jadi ngiler mbak, udah lama soalnya nggak makan opor ayam ntar nyobain beli bumbunya

          ReplyDelete
        16. Andalan banget di rumah tuh harus ada ayam goreng. Dan kayaknya aku mau nyoba ah pakai mama suka yang ayam goreng itu. Kliatannya enak banget nih :)

          ReplyDelete
        17. Praktis banget ya, Mbak. Meskipun waktu buat memasak sedikit tapi kan jadi deh sebuah masakan. Ah nyari ah buat persediaan di dapur.

          ReplyDelete
        18. Di rumahku juga sedia bumbu2 jadi kyk gini, khususnya bumbu nasgor.
          Tapi aku belum pernah nyobain kalau yang mamasuka. Jd pengen nyetok jg TFS :D

          ReplyDelete
        19. Ahh gagal fokus sama masakannya. Aku jadi laper kan kak. Huhuhu

          ReplyDelete
        20. Alhamdulillah ada penyelamat di dapur. Aku emang paling males ngulek bumbu. Bumbu masak instan kayak gini udah paling aman dan praktis.

          Baca postingan ini jadi terinspirasi mau masak apa hari ini. Makasih, Teh Chi.

          ReplyDelete
        21. Wah, jadi pengin nyobain juga ah bumbu masak instan dari Mamasuka ini. Terutama yang bumbu ayam goreng nih. Anakku yang kecil tuh ayaaaammm aja sukaannya, kayak Upin Ipin ;)

          ReplyDelete
        22. Aku belum nyobain nih bumbu instan MamaSuka karena agak susah diperoleh di minimarket. Soalnya aku jarang ke supermarket.

          ReplyDelete
        23. aku suka tuh mencampur buku tepung ayam krispi pedas dan tidak pedas.. hasilnya jadi tidak terlalu pedas tapi masih ada pedasnya sedikit

          ReplyDelete
        24. Bumbu kemasan seperti ini sangat menolong para moms yang waktunya terbatas nih alias buru2, seperti saya, hihii.
          Kemasannya praktis, takarannya sesuai dengan kebutuhan, rasanya pun enak, jadi anti gagal deh, dan keluargapun suka.

          ReplyDelete
        25. Ini bumbu favorit mama saya, maupun mertua saya mba, saya juga dulu sebelum punya bayi.
          Enak banget pakai bumbu mama suka, masak jadi lebih praktis dan ga perlu lama-lama di dapur :)

          ReplyDelete
        26. Kok sama kayak aku mbaa. Pengen ala ala d TV yg segalanya udh siap tinggal masak aja wkwk apalagi kalo harus belanja di pasar, secara ga bisa nawar haha.
          Anw resepmya boleh banget dicoba lho maa, aku termasuk yg suka pakai bumbu instan utk resep yg sulit XD

          ReplyDelete
        27. Paling sering masak pakai MamaSuka Nasi Goreng...praktis, tiap pagi buat sarapan dan bebekalan sekolah tinggal sreng sreng..matang!

          ReplyDelete
        28. Mbak asam kandis tu yg seperti apa ya? Apa asam yang hitam2 itu yang biasa dijual plastikan?

          ReplyDelete
        29. Waah, jadi mudah deh masaknya. Ibu-ibu baru mana suaranya???

          ReplyDelete
        30. Aduh kok enak sekali jadi laper malam malam baca ini, duh
          Bumbunya memang pas rasanya ini.

          ReplyDelete
        31. Sama mom! Aku juga suka banget masak. Banyak bumbu instan gini tuh jadi memudahkan masak memasak yaa... hihi

          ReplyDelete
        32. Praktis banget ya makci kalau ada bumbu langsung pakai seperti ini. Biasanya kalau males ngulek emang BumBu macam begini andalan emak2... Hehehe

          ReplyDelete
        33. Wuiihh, bikin opor bisa jadi sepraktis itu. Aku mau coba juga yang opor, gulai, n soto buat anakku yang suka makanan berkuah. Semoga aja pada suka :D

          ReplyDelete
        34. Bumbu instan ini memang membantu banget ya, mbak kalau waktunya masaknya mepet. Apalagi saya yang bekerja kadang sampai rumah udah sore trus harus masak lagi. Ribet banget kalau harus nyiapin bumbu dulu

          ReplyDelete
        35. kalo dapet semuanya, kayaknya aku binung mau masak duluan yg mana. enak semuaa :D

          ReplyDelete

        Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

        Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^