Berhijrah Bersama Sasha, Pasta Gigi Halal yang Mengandung Siwak

By Keke Naima - December 19, 2018

Berhijrah Bersama Sasha, Pasta Gigi Halal yang Mengandung Siwak
Berhijrah Bersama Sasha, Pasta Gigi Halal yang Mengandung Siwak
Foto milik @hijabinfluencersnetwork


“Chi, kamu makin cantik pakai kerudung! Pas pula mulainya di Tahun Baru Hijriah!”

Saat itu, Chi hanya tersenyum karena sejujurnya gak sengaja dibikin pas dengan tahun baru hijriah juga. Bahkan Chi juga gak kepikiran kalau berkerudung adalah salah satu langkah berhijrah.

Niatan Chi berhijrah hanya karena capek sama rambut sendiri. Punya badan kurus *Yup! Dulu Chi mah kurus, bahkan cungkring*, tetapi rambut tebal dan ikal membuat banyak orang bilang kalau Chi keberatan rambut. Bahkan sering juga dibilang kalau Chi jadi kelihatan kayak singa saat rambutnya sedang diurai. Ngeselin banget kan omongan kayak gitu.

Satunya-satunya cara supaya gak dapat omongan kayak gitu hanyalah dengan mengikat rambut atau dipotong sependek mungkin. Tapi, kan Chi bosan kalau gak banyak pilihan. Makanya, Chi memilih pakai kerudung aja. Apalagi saat itu berkerudung dengan dimodelin begini begitu lagi ngetrend banget. Chi pikir, kalau gak bisa menata rambut, setidaknya bisa menata kerudung.

Singkat cerita, pengalaman berhijab Chi gak selalu berjalan mulus. Awalnya masih suka lepas-pasang. Lama-lama mulai konsisten berhijab. Tadinya, suka dimodelin macam-macam, sekarang sudah jauh berkurang. Keinginan Chi sekarang ini adalah ingin berhijab syar’i.

Apakah dengan mulai berhijab artinya Chi sudah berhijrah?


Makna Berhijrah bagi Umat Muslim


Makna Berhijrah bagi Umat Muslim

Dari sisi bahasa, hijrah berarti memutuskan / meninggalkan.

Jumat (30/11) bertempat di The Hook, Jakarta, Sasha dan Hijab Influencers Network mengadakan blogger gathering dengan tema “Memaknai Hijrah Dalam Kehidupan Muslimah”. Saat ini, berhijrah seperti menjadi suatu trend. Semakin banyak muslim dan muslimah di Indonesia yang menggaungkan hijrah. Mulai dari masyarakat biasa hingga artis. Chi pun beberapa kali berdiskusi tentang hijrah ini dengan K’Aie.

Dalam konteks yang lebih luas, hijrah berarti meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke arah yang baik sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Islam adalah agama yang sempurna. Semua aspek kehidupan seorang muslim/muslimah ada peraturannya, termasuk untuk hal yang dianggap sepele sekalipun. Dalam Al-Qur’an pun kata hijrah tertulis hingga 31x berarti jangan dianggap main-main.

Berhijrah bukan berarti menjadikan kita tidak toleran. Hijrah tidak harus dilakukan secara ekstrim. Berhijrah adalah suatu proses yang harus dilakukan secara berkesinambungan.


Berhijrah Hingga Akhir Hayat


Seorang muslimah yang mulai berkerudung sering dianggap sudah berhijrah. Begitu pun dengan muslim yang mulai memanjangkan jenggot. Menurut Ummu Balqis – founder @bengkel_diri, writer, dan fashion designer -, memang tidak ada yang salah dengan anggap tersebut. Itu kan artinya sedang proses berhijrah sesuai ketentuan Allah SWT. Tetapi, seharusnya berhijrah tidak berhenti sampai di situ.

Lulu Elhasbu – Hijab Influencer, Fashion Designer & Enterpreneur -, memberikan pendapat yang senada dengan Ummu Balqis. bahwa berhijrah seharusnya proses berkesinambungan kea rah yang lebih baik hingga akhir hayat. Lulu sudah berhijab sejak kecil, tetapi hanya bersifat formalitas. Sejak kecil, Lulu belajar di sekolah Islam yang memang mengharuskan berhijab.

Hingga pada saat memasuki bangku kuliah, Lulu ingin melepas jilbab. Selama setahun tidak berjilbab, Lulu merasa ada sesuatu yang hilang. Timbul rasa yang tidak aman dalam hatinya. Sepulang dari umroh, Lulu mulai berhijab kembali dan merintis profesi sebagai model.

Godaan untuk membuka kembali jilbab kerap datang. Dari mulai memakai jibab yang asal-asalan mulai belajar bagaimana berhijab yang benar. Pakaian yang tadinya masih pendek mulai dipanjangkan. Semua memang butuh proses. oleh karena itu, Lulu mengatakan penting sekali untuk terus menggali ilmu yang baik saat berhijrah. Jangan sekadar ikut trend, tetapi tidak mempelajari ilmunya.

Semua aspek harus terus diperbaiki. Mulai pasang mind set bahwa hidup itu untuk beribadah. Selalu bawa Allah SWT dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Lakukan hal wajib terlebih dahulu, setelah itu lakukan yang sunnah. Salah satu sunnah Rasulullah SWT adalah bersiwak.


Bersiwak dengan Sasha Pasta Gigi Halal


Bersiwak dengan Sasha Pasta Gigi Halal

Semakin banyak umat muslim yang peduli dengan halal dan haram suatu produk. Setiap akan membeli sesuatu selalu dilihat apa sudah ada logo halal atau belum. Tidak sebatas dalam memilih makanan dan minuman. Produk lain seperti pasta gigi pun akan membuat kaum muslim menjadi nyaman saat sudah berlogo halal. Apalagi kalau pasta giginya mengandung siwak.

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66). [Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62]

Apabila kita ingin menjadi seorang muslim/muslimah yang baik, tentu saja seharusnya mengikuti sunnah rasullullah. Apa yang menjadi perkataan, perilaku, dan lain sebagainya dari Nabi Muhammad SAW sebaiknya diikuti.

“Barang siapa yang mencontohkan jalan yang baik di dalam Islam, maka ia akan mendapat pahala dan pahala orang yang mengamalkannya setelahnya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa yang mencontohkan jalan yang jelek, maka ia akan mendapat dosa dan dosa orang yang mengerjakannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Muslim: 2398)

Tetapi, mengapa setidaknya di Indonesia ini jarang terlihat orang bersiwak? Padahal banyak umat muslim yang sudah tau kalau bersiwak merupakan sunnah nabi. Rasulullah SAW sangat menyukai aktivitas bersiwak. Bahkan menjelang akhir hayat, rasullullah sempat bersiwak.

Ada beberapa orang yang mengatakan kalau mendapatkan kayu siwak di Indonesia ini agak sulit. Pendapat ini benar adanya. Chi pernah bertanya ke beberapa orang, termasuk ke K’Aie, katanya kalau mau cari siwak harus di toko tertentu.

Masyarakat yang sudah terbiasa membersihkan gigi dengan sikat dan pasta juga bisa menjadi salah satu alasan keengganan untuk bersiwak. Chi bersyukur dan senang banget karena sekarang ada Sasha, pasta gigi halal yang mengandung siwak asli.

Apakah tetap bisa dikatakan sesuai sunnah apabila menggosok gigi tetap menggunakan sikat meskipun pastanya mengandung siwak? Memang apa sih kandungan siwak?


Siwak atau miswak merupakan akar atau ranting pohon Salvadora Persica. Batangnya berwarna coklat dengan bagian dalam putih. Tekturnya lunak dan basah, bagian putihnya berserat, dan aromanya segar.

Rasulullah pernah membersihkan gigi dengan menggunakan jarinya. Oleh karena itu, Ummu Balqis mengatakan bahwa itu bisa dijadikan indikasi kalau membersihkan gigi bukan dengan siwak masih diperbolehkan.

Tetapi, tentunya ada alasan lain kenapa siwak sangat dianjurkan yaitu kandungannya yang sangat bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi. drg. Annisa R. Amalia, Sp.KGA, mengatakan kalau WHO sangat menyarankan dan mengakui kandungan siwak.


pasta gigi halal di indonesia

Siwak mengadung berbagai mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, serta memelihara kesehatan gusi.

Danti Nastiti – Asistant Brand Manager Sasha – mengatakan bahwa Sasha merupakan pasta gigi halal pertama di Indonesia yang mengandung serpihan siwak asli. Sasha tidak mengandung alkohol atau bahan lain yang berasal dari hewan.

Sasha toothpaste memiliki 2 varian yaitu:

  1. Sasha toothpaste anti bacterial – pasta giginya mengandung serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut. Nafas juga menjadi lebih segar dan tahan lama. 
  2. Sasha toothpaste whitening – pasta gigi mengandung serpihan siwak asli, lemon, dan garam ini memberikan perlindungan ganda dan membuat gigi menjadi lebih putih

Chi sudah mencoba keduanya. Sasha toothpaste anti bacterial lebih berasa herbalnya dibandingkan yang whitening. Tetapi, tetap suka dengan keduanya. Setelah bersikat, gigi menjadi lebih kesat dan di mulut juga segar.

Kedua varian ini tersedia dalam ukuran 65 gr dan 150 gr. Beberapa toko swalayan seperti Tip Top, Borma, dan lain sebagainya sudah tersedia. Tetapi, teman-teman juga bisa beli secara online.

Yuk, kita terus berhijrah. Jangan pernah berhenti berhijrah hingga menutup usia. Semoga apa yang kita lakukan terus ke arah yang lebih baik. Aamiin.


Waktunya hijrah!
Foto milik @hijabinfluencersnetwork


Sasha Halal Tooth Paste


Instagram : @sashaindonesia

  • Share:

You Might Also Like

49 comments

  1. Semoga Sasha di jual banyak di pasaran ya, agak sulit soalnya dapetinnya.
    Padahal, mupeng banget pakai yang halal2 :)

    Karena hijrah itu salah satunya dengan memakai produk yang insha Allah halal ya, khususnya produk yang dipakainya di mulut :)

    ReplyDelete
  2. Semoga hijrahnya istiqomah ya Mbak..
    Saya suka kalau ada produk Sasha dengan kandungan siwak tapi praktis begini. Mau juga coba ah saya..biar tahu sensasi pakai siwaknya

    ReplyDelete
  3. Pernah nyobain siwak buat bersihin gigi karena sunnah .tapi skrng ada pastagiginya .pasti aku cobain

    ReplyDelete
  4. Hijrah harus keseluruhan yah Mbak, baik itu penampilan hingga dengan produk yang digunakan, dan hmm, seger pakai sasha

    ReplyDelete
  5. Aku jadi pengen pake juga karena selama ini banyak yang nulis ttg pasta gigi ini.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya Mbak. Aku juga kebetulan pakai dan suka sama Sasha halal toothpaste juga.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, saya juga sekarang pake pasta gigi ini. Aku suka yang herbalnya. Segeeer...

    ReplyDelete
  8. Sama mba saya juga dulu awal berhijab berpikir males ganti-ganti model rambut,jadi memilih ditutup hijab aja. Dulu juga sempet pake kerudunh dimodel belit-belit hehehe sekarang mah udah biasa ajaa

    ReplyDelete
  9. Baru tau cerita hijrahnya lulu, selalu tersentuh kalo baca dan tau cerita dibalik hijrahnya seseorang. Mbk,shasha ini baru ada di toko2 diatas kah

    ReplyDelete
  10. Hijrah itu butuh proses panjang dan waktu yang lama, ya. Saya udah melakukan langkah kecil hijrah ke Sasha.

    ReplyDelete
  11. Ujame juga udah pernah nyoba mbak Sasha ini. Supeeeer enak ya serpihan siwaknya itu, gigi jadi berasa lebih bersih. Sensasi mintnya juga enakeuuun pisan bikin nafas segar <3 . Wajib ujame bawa pas travelling!

    ReplyDelete
  12. Mba kok keamrin nggak sempet ngobrol ya, huhu padahal berasa lama udah kenal blog Mba, hehehe. Abis event ini aku pake Sasha terus nih Mba karena cocok dan pas gitu segernya. Mana aman melindungi gigi kan, jadi aku sukaa :D

    ReplyDelete
  13. Hijrah adalah proses seumur hidup, Rana hijrah adalah proses belajar ke arah selalu lebih baik yang selayaknya dilakukan terus-menerus ya Mbak Myr. Untuk produk perawatan pun bisa memilih yang sesuai dengan langkah hijrahnya. Karena semua soal pilihan ya

    ReplyDelete
  14. Aku biasanya dapet siwak dari oleh oleh haji. Nah kebetulan nih siwak aku sudah habis dan di sini juga aku blm nemu yg jual dimana. Hiks. Setelah baca ini aku jd pgn beralih ke sasha ajalah, kayaknya lebih gampang dapetinnya ya mbk.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ya sekarang udah ada pasta gigi dengan siwak nih, jadi makin menyeluruh hijrahnya.

    ReplyDelete
  16. Suka banget dengan konsep toothpaste ini, memahami banget gen mileniak yang merindukan kehidupan Rasul 😍

    ReplyDelete
  17. Aku udah pernah nyoba kayu siwak, mbak. Gak kebiasaan mungkin ya jadi kurang nyaman. Tapi kalo sudah berbentuk pasta seperti Sasha gimi enak, praktis ya mba

    ReplyDelete
  18. Kemarin aku udah liat sasha ini di supermarket. Masih mau ngabisin sisa stok pasta gigi sebelumnya. Nanti kalau udah abis mau hijrah ahh..

    ReplyDelete
  19. Penasaran banget, rasanya kayak siwak beneran gak sh? Soalnya aku kurang suka baunya siwak :D jadi kalau ini Sasha bikin modifikasi, cuma mengandung aja, bukan full dari siwak, aku pengin coba berhijrah. :)

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah ada pasta gigi yg mencontoh sunnah rasulullah

    ReplyDelete
  21. Bagus banget itu Shasa yah mom. Dulu pakai shasa waktu bulan puasa. Asli deh itu gak ada asem2 di mulut. Trus pagi menjelang siang nya mulut gak seret kya waktu pakai pasta gigi biasa. Next bulan puasa tahun depan wajib stok lgi

    ReplyDelete
  22. aku dikasih siwak pas lagi umroh. sepertinya aku lebih suka siwak dalam bentuk pasta gigi sasha. mau cari ahh...

    ReplyDelete
  23. Jd diingetin lagi, mumpung wiken mau cari sasha ini di marketplace dekat rumah, aku jd penasaran sama serpihan siwaknya hehe :D

    ReplyDelete
  24. Chi, bunda madim penasaran lho sama Shasha ini. Tp bunda blm nemu di Alfa or di pasar. Musti ke Mall x ya.

    ReplyDelete
  25. Produk Sasha ini sudah bisa dibeli di supermarket belum mbak? Penqsaran dan pengen coba, apalagi ini halal.

    ReplyDelete
  26. Hijrah lahir batin ya Mbak...
    Termasuk memakai produk halal juga.
    Semoga tetap istiqomah dan jadi diri yang lebih baik lagi. Aamiin.

    ReplyDelete
  27. Semoga tetap istiqomah ya.
    Bicarain siwak say sendiri suka dan nyaman menggunakan siwak. Seringkali kalau ada tetangga atau saudara yang ziarah ke arab saya sering titip untuk membeli siwak.
    Sepertinya Sasha ini lebih praktis dan tetap memiliki sisi sunnah.

    ReplyDelete
  28. bener banget skr muslim udah merhatiin halal haram gak cuma makanan dan minuman aja ya tapi semua produk

    ReplyDelete
  29. aku udah sering banget liat sasha ini, pemasarannya oke banget sih dan bikin penasaran kek apa siiih sensasi gosok gigi pakai odol halal hehehe

    ReplyDelete
  30. Aku jadi ingin nyobain pasta gigi Sasha ini juga Chi. Pernah duluuuu banget nyoba pasta gigi bersiwak dan rasanya emang beda dengan pasta gigi biasa. Mau berburu Sasha aaah biar tenang menggunakan produk yang halal.

    ReplyDelete
  31. Ternyata siwak pun udah ada penelitian medisnya ya, memang terbukti bagus buat gigi. Blm sempet beli Sasha ini, coba nanti beli ah :D

    ReplyDelete
  32. Produk Sasha ini bagus banget aku udah nyobain segar rasanya

    ReplyDelete
  33. Sedikit sedikit saya pun mulai berhijrah dengan lebih memperhatikan bahan makanan minuman dan kebutuhan harian rumah tangga yang halal mbak. Alhamdulillah sekarang ada Sasha ya pasta gigi mengandung siwak asli. Saya pun akan beralih ke Sasha ah ..biar berkah

    ReplyDelete
  34. Hijrah dengan Sasha sudah aku lakukan juga. Kemarin pas di Hero lihat produk ini tanpa pikir panjang langsung beli lagi

    ReplyDelete
  35. Di Jakarta Bekasi aku sering liat di Alfamart. Seneng ada pasta gigi bersiwak yg gampang dicari di minimarket skrg

    ReplyDelete
  36. Dulu kalau mau bersiwak harus bawa-bawa kayunya ya, Mbak. Dan seringnya aku malas. Kalau sekarang jauh lebih mudah.

    ReplyDelete
  37. Aku di rumah pakai yang coklat mbak..cocok untuk gigiku yang sensitif.

    ReplyDelete
  38. Seru ya ada pasta gigi yang mengajak kita hijrah ke yang lebih baik.
    Aku penasaran mau coba juga di sini

    ReplyDelete
  39. Biasanya siwak dijual di toko herbal Mba, termasuk aku kemarin lihat di toko herbal dekat rumah ternyata sudah jual Sasha juga :)

    ReplyDelete
  40. Semoga istiqomah berhijrahnya dan aku jg pgn cepet nyusul nih

    ReplyDelete
  41. Siwak tanaman yang bagus dan memiliki banyak manfaat disamping itu merupakan sunnah rasul. Sekarang ga pake ribet lg utk cari siwak karena ada yg praktis lewat sasha toothpaste

    ReplyDelete
  42. perlu dicoba nih untuk pasta gigi herbal sasha.. semoga cocok deh untukku

    ReplyDelete
  43. Ume juga pake pasta gigi sasha yang warna cokelatnya. enakeun

    ReplyDelete
  44. Proses hijrah itu memang terus-menerus hingga tutup usia yah. Alhamdulillah sekarang makin dipermudah untuk hijrah dalam rutinitas sehari-hari karena ada Sasha halal toothpaste dengan siwak asli.

    ReplyDelete
  45. Wah pasta gigi halal dan jelas halalnya ya kak.. keren ih. menggunakan produk yang halal lagi baik salah satu mengikuti perintah-Nya ya kak..

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah jadi lebih dimudahkan lagi utk menjalankan sunnah Rasul ya

    ReplyDelete
  47. Baru aja mikirin siwak, pengen nitip ke temen yang mau umrah. Alhamdulillah ada pasta gigi dari siwak asli. Makasih infonya mak chi

    ReplyDelete
  48. aku sudah coba semua variannya kak dan aku paling suka yang gold atau yang varian herbal. Nafas jadi segar banget dan mulut tuh enteng setelahnya

    ReplyDelete
  49. jadi awal hijrahnya krn males ribet ngurusin rambut ya Teh. MasyaAllah yaaa ada aja cara Allah menggerakkan hati kita. Sekarang hijrahnya smakin mantap dengan Sasha ya teh..

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^