5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga

By Keke Naima - December 09, 2018

5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga

5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga - 🎤 Libur tlah tiba ... Libur tlah tiba ... Hore! Hore! Horeeee! 🎶

Setiap kali musim liburan sudah di depan mata, lagu Tasya Kamila, mantan penyanyi cilik, selalu terngiang-ngiang. Horeeee, libuuuurrr!

Bakalan ke mana liburan kali ini? Di rumah aja atau jalan-jalan? Di dalam kota atau luar kota? Sendirian atau ramai-ramai? Baru merancang liburan aja rasanya udah asik banget, ya.

Sejak dulu, Chi bukan tipe solo traveler. Takut nyasar kalau jalan sendirian hahaha. Apalagi setelah punya anak, makin gak kepengen deh jalan sendirian. Nah, Chi mau berbagi tips  bagaimana mempersiapkan liburan bersama keluarga.

[Silakan baca: Tips Menghadapi Musim Hujan]


5 Tips Persiapan Liburan


1. Mendiskusikan Rencana Liburan Bersama-sama

Namanya juga pergi beramai-ramai, tentunya semuanya harus nyaman. Jangan egois dan gak mikirin orang lain. Saat anak-anak masih bayi dan batita, tentu aja belum bisa diajak diskusi. Tetapi, kan sebagai orang tua juga pastinya tau, jalan-jalan seperti apa yang nyaman bagi anak. Setiap anak, bahkan sesama sodara kandung pun, bisa punya kenyamanan yang berbeda-beda.

Selama sekian tahun, kami jalan-jalan di kota aja kayak nge-mall atau makan di resto. Kalaupun camping, pilihnya yang glamping. Setelah anak-anak agak gedean, baru deh kami mulai jalan-jalan yang lebih bervariasi lagi, termasuk naik gunung. Pokoknya mau ke manapun jalan-jalannya harus berdasarkan keputusan bersama.


2. Menyusun Rencana Keuangan

Ini juga penting banget pastinya. Apalagi Chi bukan tipe solo traveler kan, ya. Jadi biaya yang harus disiapkan tentunya lebih banyak. Kalau naik transportasi umum seperti kereta atau pesawat, tentunya harus dikali 4 biayanya. Belum lagi biaya makan, penginapan, dan lain sebagainya. Udah bukan dobel lagi hitungannya. Apalagi kalau anak-anak udah mulai gede kayak begini.


3. Membuat Itinerary yang Ramah Keluarga

Setelah diputuskan akan pergi ke mana, tentunya perlu menyusun itinerary. Harus lihat kondisi seluruh anggota keluarga juga, lho. Contohnya kayak waktu kami sekeluarga besar berlibur ke Singapore. Buat keluarga kecil kami, itinerary yang disusun adik Chi memang seru dan asik. Tetapi, bagi mamah dan papah terlalu padat. Orang tua kami memang senang banget karena seru. Hanya saja mereka juga jadi terlalu kecapekan kalau padat begitu. Jadi, memang harus dilihat dengan siapa aja kita jalan-jalannya.


4. Mempersiapkan Barang Bawaan

Kalau perginya menggunakan kendaraan pribadi, Chi lebih leluasa membawa barang. Bisa lebih banyak yang dibawa, meskipun kadang-kadang K'Aie suka agak protes kalau dirasa kebanyakan bawaan. Tetapi, kalau perginya naik transportasi umum, tentunya harus banyak pertimbangan. Contohnya saat naik pesawat kan juga ada batasan maksimum. Daripada nanti bermasalah, mendingan dipertimbangkan deh apa aja yang mau dibawa.


5. Siapkan Asuransi Perjalanan

Tadinya, Chi gak pernah kepikiran tentang hal ini. Kalaupun ada asuransi ya dari tiket transportasi yang dibeli aja. Kan, biasanya udah sekalian ada asuransi, tuh. Sejak mengenal happyTrip, Chi jadi berpikir tentang pentingnya membuat asuransi perjalanan.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai Rp399 Ribu]


happyTrip, Asuransi Perjalanan yang Membuat Jalan-Jalan Menjadi Semakin Nyaman


happytrip, happyone, asuransi perjalanan

Yakin banget deh gak ada yang berharap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat sedang berjalan-jalan. Mana ada yang berharap terjadi kecelakaan saat sedang ingin bersenang-senang? Tetapi, prinsip asuransi itu kan seperti sedia payung sebelum hujan. Kalaupun terjadi sesuatu, setidaknya ada yang nilai pertanggungan yang akan didapat.

Sesuatu yang tidak diinginkan saat traveling tidak hanya sebatas kecelakaan saja. Tetapi, bisa juga terjadi kasus kehilangan barang pribadi, keterlambatan bagasi, ketinggalan transportasi berikutnya karena keterlambatan keberangkatan, dan lain sebagainya.

Dengan happyTrip dari happyOne.id, kita bisa mendapatkan nilai pertanggungan bila ada kejadian seperti itu. Preminya juga cukup murah dan bisa menjangkau banyak kalangan. Perjalanannya juga gak sebatas domestik, tetapi juga yang ke luar negeri.

Coba teman-teman cek website happyOne.id atau bisa juga baca beberapa tulisan Chi yang ada di blog ini untuk informasi lebih lanjut, ya. Selamat menikmati liburan!

[silakan baca: Rumus Kebahagiaan Komplit dari Asuransi Astra happyOne.id]


asuransi perjalanan, tips mempersiapkan liburan

  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. Bener banget mbak, nomer 1, Mendiskusikan Rencana Liburan Bersama-sama. Agar semua happy...

    ReplyDelete
  2. anak2 ngajak liburan tapi masih galua karena aku dan suami ga dapat ijin cuti dari kantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin kegiatan yang menyenangkan di rumah aja, Mbak :)

      Delete
  3. Dengan happytrip, jln2 jd lbh tenang ya, meski tentu berdoanya sih selalu lancar ya

    ReplyDelete
  4. Diskuai dan menyusun itinerary itu bagian paling seru kalau mau liburan. Yang bikin pusing pasti kalau udh ngomongin budgeting :D

    ReplyDelete
  5. Mempersiapkan liburan bersama keluarga tuh gampang-gampang susah. Suami minta ke satu tempat, Anak anak minta ke tempat lain, kita juga pengen ke tempat lain. Haha. Makanya memang paling tepat deh membahasnya bersama keluarga :)

    ReplyDelete
  6. Kalau liburan dan jalan jalan sama orang tua, itinerary juga harus didiskusikan dengan baik ya mbk. Takutnya yang tua kecapean, kasihan.

    ReplyDelete
  7. Asuransi perjalanan itu penting banget deh, biar liburannya jadi lebih tenang, meminimalkan drama juga hehehe
    Sudah sering kepoin happy one, emang beneran bikin happy tuh :)

    ReplyDelete
  8. aku liburan desember ini ga kemana2 :D
    bajet dah ludes buat liburan tahun ini hihihi

    ReplyDelete
  9. Lengkap sudah tips persiapan liburannya Mbak Myr. Tinggal packing aja nih kayaknya.emang kalau jalan bareng keluarga banyak yang harus dipertimbangkan ya

    ReplyDelete
  10. Aku kalo liburan bareng klg semuanya disusun rapi. Persiapan dana juga tempat tujuan harus diputuskan bareng

    ReplyDelete
  11. Liburannya seru banget mbk, aku belum keluar nih, jadi pengen menikmati liburan dengan keluarga juga

    ReplyDelete
  12. Kalau sudah asuransi tambah nyaman ta mba traveling.. aplg happy one.id lengkap covernya

    ReplyDelete
  13. Di zaman kayak sekarang mah, liburan juga perlu asuransi ya. Berbagai risiko siap menghadang. Dan happyTrip ini salah satu asuransi yang menggoda. Manfaatnya berguna banget, preminya juga murah

    ReplyDelete
  14. Aku mulai terbiasa dengan membuat jadwal selama liburan.
    Dulu-dulu...sukanya ke manapun kaki melangkah dan berhenti di mana, berarti itu tujuan liburan kita.

    Tapi ternyata, liburan tanpa perencanaan itu bener-bener gak worthed.

    ReplyDelete
  15. Iya nih kurangnya aku yang blm adalah menyiapkan asuransi perjalanan. Dan parahnya aku baru tahu kalo ada asuransi tersebut. :(

    ReplyDelete
  16. Tipsnya oke banget, Teh Chi. Biasanya perencanaan sebelum liburan yang teteh ulas ini mah aku banget. Apalagi suami tipikal yang berencana.

    ReplyDelete
  17. Pokoknya anak-anak diajak diskusinsejak awal ya mba.. aku juga begitu. Kita pernah liburan mengikuti isi buku sejarahnya Bo tentang perbudakan di Amerika. Seruuu

    ReplyDelete
  18. Hati makin tenang ya bila saat jalan2 dengan keluarga udah ada proteksi perjalanan kayak gini. Duh jadi inget, musim liburan ini ternyata keluargaku nggak kemana2 nih, si ayah lagi banyak deadline.

    ReplyDelete
  19. Makasih tipsnya manfaat banget buat aku yg lagi nyusun rencana liburab brg keluarga

    ReplyDelete
  20. Asuransi perjalanan zaman skrng jg termasuk kebutuhan ya, soalnya traveling itu udah kyk kebutuhan wajib jg. Apalagi kalau bepergiannya jauh2 dan bawa keluarga, butuh perlindungan asuransi.

    ReplyDelete
  21. Saya jg pengen banget deh Mbak bisa liburan keluarga, tp setelah dihitung2 klo naik pesawat jatuhnya lumayan bikin manyun, hihihih. Secara pengennya keluar Sulawesi jg gtu jd klo emang mau ngetrip kudu nabung yg kencang dari jauh hari, heheh. Dan penting banget ini ya masukkan poin asuransi perjalanan juga biar semua bisa tenang :)

    ReplyDelete
  22. Ini tips yang patut diterapkan, secara Mbak Chi sudah biasa liburan bersama keluarga sejak anak-anak masih kecil-kecil ya. Sekarang rasanya lebih mudah ya karena anak2 sudah pada ngerti mempersiapkan yang bisa mereka persiapkan malah bisa diajak diskusi pula :)

    ReplyDelete
  23. Asuransi perjalanan itu penting bingits bagi traveller ya kk, sbg wadah perubahan untuk lebih baik dan proteksi diri ya

    ReplyDelete
  24. Saat traveling asuransi perjalanan kadang dilupakan. Padahal manfaatnya banyak ya. Untuk antisipasi dan proteksi kejadian yang tak terduga.

    ReplyDelete
  25. Tiosnya aasuk banget buat aku nih mba insya Allah bukan ini mau jalan2 keluarga, hehe.

    ReplyDelete
  26. Liburan akhir tahun ini sifatnya dadakan banget sampai kami nggak planning mau ke mana. Akhirnya sedikit kacau karena kurang persiapan. Bener juga sih, sedekat apapun acara liburannya, baiknya memang ada persiapan seperti ini.

    ReplyDelete
  27. Selalu suka liat kekompakan keluarga mba Myra. Seru aja kesemuanya bisa saling memahami apalagi utk urusan jalan2. Prepare utk asuransinya juga tampaknya patut utk dipersiapkan

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^