Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TOD yang Terintegrasi LRT

By Keke Naima - September 12, 2018

Urban Sky, Apartemen Impian Berkonsep TDO yang Berintegrasi dengan LRT


Bekasi Zaman Dulu vs Sekarang


Chi lahir di Jakarta. Sebagian masa kecil Chi juga dihabiskan di Jakarta. Dulu memang tinggal di salah sau daerah di Jakarta Pusat. Sejak kelas 5 SD, Chi baru pindah ke Bekasi. Tetapi, hingga lulus SMP tetap sekolah di Jakarta Pusat.

"Sepi banget, kayak tempat jin buang anak."

Beberapa orang bilang begitu ketika kami pindah ke Bekasi. Memang dulu sepi banget. Beberapa meter dari rumah juga masih ada sawah. Di teras rumah suka ada aja beberapa ekor kodok. Dan kalau malam hari, kodok-kodok ini pada bersuara.

Transportasi umum? Duh, susah aja, deh! Makanya dulu kami punya supir untuk antar jemput sekolah. Pernah juga naik antar jemput dan selalu diantar paling terakhir. Ketika SMP baru naik kendaraan umum, meskipun harus beberapa kali gonta-ganti bis dan angkot.

Ketika Chi kuliah, kami pindah rumah lagi. Masih tetap di Bekasi, meskipun lokasinya sudah jauh lebih mending karena bebas banjir. Berbeda dengan rumah sebelumnya yang langganan banjir. Lebih dekat ke Jakarta juga karena di perbatasan Jakarta-Bekasi. Tetapi, tetap aja akses transportasi umum agak susah.

Untuk keluar komplek bila tidak menggunakan kendaraan pribadi pilihannya ada 2 yaitu berjalan kaki yang lumayan jauh atau naik ojek. Ngeselinnya ojek pangkalan di sana mahal banget! Saya sampai berpikir kalau ojek pangkalan di sana termasuk yang paling mahal. Untungnya sekarang udah ada ojek online.


Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT
Foto-foto keren ini menggambarkan kehidupan masyarakat urban


Dulu Chi merasakan perkembangan Bekasi ya gitu-gitu aja. Ada 1 mall, abis itu gak nambah-nambah. Kayaknya baru sekitar tahun terakhir ini, perkembangan Bekasi baru menggeliat. Mall semakin menjamur, pembangunan di mana-mana, dan jalanan pun mulai macet.

Pernah ya Chi ke Grand Metropolitan Mall butuh waktu 2 jam! Dulu waktu masih hamil, waktu tempuh rumah dan RSIA Hermina Bekasi masih bisa kurang dari setengah jam. Padahal jarak rumah sakit lebih jauh. Ya begitulah Bekasi saat ini. Daerahnya mulai menggeliat, jalanan pun mulai macet.

Tetapi, dari semua pembangunan itu yang paling bikin Chi semangat adalah LRT. Yup! Chi akan bercerita tentang salah satu hunian yang berintegrasi dengan LRT di postingan ini.


Almazia, Co-Founder Blogger Perempuan Network dan Aktivitasnya


Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT

Minggu (9/9), Chi hadir di acara launching apartemen Urban Sky. Pada acara ini juga ada talkshow yang menghadirkan Almazia, Co-Founder Blogger Perempuan Network.

Sebagai seorang co-founder, Alma sehari-hari berangkat dari Bogor menuju kantor di daerah Kuningan, Jakarta. Alma mengatakan kalau transportasi saat ini sudah semakin baik. Tetapi, tetap saja perjalanan dari rumah menuju stasiun Bogor butuh usaha lebih. Belum lagi kalau mau masuk stasiun Bogor masih agak kurang nyaman. Pilihannya naik jembatan penyebrangan yang ketinggiannya memang agak kurang ramah atau memutar yang lumayan jauh. *Iyeess! Chi pun kalau ke stasiun Bogor suka agak ilfill di bagian ini. Apalagi pernah kecopetan di jembatannya. Jadi agak trauma gimana gitu, deh!

Nah, agak riskan juga kalau harus pulang malam. Apalagi menurut Alma, sepertinya pengguna transportasi umum kebanyakan perempuan. Pengen ada akses menuju transportasi umum yang lebih ramah lagi, terutama bagi perempuan.


Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TOD yang Terintegrasi LRT
Baru ngebayangin Cikunir - Dukuh Atas bisa ditempuh dalam waktu 38 menit aja udah seneng banget. Termasuk cepat banget lah kalau begini.


Alma juga mengatakan kalau transportasi bisa mempengaruhi mood dan produktivitas kerja. Bayangkan deh kalau baru mau berangkat kerja aja udah ribet duluan sama urusan transportasi. Kemungkinan mood kita bisa jadi jelek. Kalau udah drop moodnya, produktivitas kerja seharian itu juga ikutan turun.


Apartemen Urban Sky Terintegrasi LRT


Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT
Contoh tipe studio


Harapan Alma ingin ada akses yang ramah bagi para penggunga transportasi umum akan segera terwujud. Apartemen Urban Sky yang berlokasi di Cikunir, Bekasi ini memiliki konsep TOD (Transit Oriented Development). Di mana nantinya di apartemen ini akan ada JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) yang terhubung dengan stasiun LRT.  Nah, stasiunnya ini juga masih berada di area Urban Sky. Asik banget, ya! Jadinya gak perlu pergi jauh menggunakan kendaraan menuju stasiun. Cukup jalan cantik aja udah sampai.

Pekerja kantoran bahkan anak sekolah Jakarta gak semuanya tinggal di Jakarta. Justru banyak banget yang tinggal di sekitarnya seperti Bekasi. Makanya kalau ada apartemen yang terintergrasi dengan LRT begini juga bisa memangkas biaya transport yang lumayan. Menurut Tri Rachman Batara, Direktur Pengembangan Usaha sekaligus Sekretaris Perusahaan Urban, penghematannya bisa sampai 6 juta rupiah per bulan. 

[Silakan baca: Begini Caranya Naik LRT Jakarta]


"Kami menjual apartemen ini dengan harga Rp 13 juta-an per meter persegi, sehingga dapat dijangkau oleh kalangan menengah yang yang berperilaku dan bergaya hidup modern, sehat, mengutamakan keseimbangan antara kerja dan kehidupan (work-life balance)," ujar Hilman Sani Pradhana, GM Pemasaran Urban

Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT
Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT
Sumber gambar: www.urbansky.co.id


Apartemen 2 tower ini 3 tipe yaitu studio, 2 bedroom, dan 3 bedroom. Saat launching, Chi melihat contoh tipe studio. Kalau buat yang sudah menikah dan memiliki anak memang tipe studio ini kekecilan. Tetapi, di dekat Urban Sky juga sudah ada Universitas Gunadarma. Cocok banget deh tipe studio ini buat anak kuliahan.

Urban Sky, Apartemen di Bekasi Berkonsep TDO yang Terintegrasi LRT
Baru launching yang sold (warna merah) udah sebanyak ini


Lahan seluas 12.650 m2 akan dibangun unit sebanyak 3.300, area komersial dan publik termasuk sarana olahraga seluas 4.600 m2, serta gedung parkir seluas 25.000 m2. Sarana olahraganya lumayan lengkap. Ada kolam renang, jogging track, dan bicycle park. Kalau lihat akses transportasinya yang memang memudahkan banget, sebagai penghuni apartemen kemungkinan besar bisa menikmati semua fasilitas ini. Beda banget kan kalau kita banyak menghabiskan waktu di jalan. Sampai rumah udah capek banget, malas mau ngapa-ngapain. Segala fasilitas yang ada juga jadinya sia-sia.

Pada hari itu secara resmi diluncurkan unit sebanyak 1.700. Peminatnya banyak! Lihat saja kotak-kotak yang berwarna merah yang selalu direfresh setiap saat. Itu menunjukkan banyaknya peminat yang membeli unit apartemen Urban Sky. Padahal baru launching, lho.

Kalau mengingat perkembangan Bekasi saat ini memang bikin Chi senyum sendiri. Meskipun sekarang Chi udah kembali jadi warga Jakarta, tetapi semakin banyak pilihan kalau mau ke Bekasi. Kalau mengunjungi orang tua udah gak harus naik mobil lagi. Naik transportasi umum juga udah semakin banyak pilihan dan semakin cepat waktu tempuhnya. Udah gak ada istilah lagi 'tua di jalan'.

Informasi lebih lanjut, bisa teman-teman lihat di  www.urbansky.co.id

  • Share:

You Might Also Like

58 comments

  1. Hmmm... apartemennya bagus juga. Jaman sekarang rangorang pada seneng tinggal di apartemen yak. Lebih praktis. Bekasi jadi lebih maju yah daripada yg dulu. Jadi pingin ikutan tinggal di apartemen... hmm....markibung...mari kita nabung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karea biasanya lokasinya lebih strategis dan punya fasilitas

      Delete
  2. Perkembangan Bekasi emang luar biasa. Macetnya pun wow..
    Dengan adanya apartemen TOD dan dekat dg akses LRT, pantas banget ya, itu baru launching langsung banyak yg pesen.


    Terus, ngomongin moda transportasi dan mood untuk bekerja itu memang berpengaruh, ya kali berangkat kerja harus fresh, biar nyampai lokasi bisa fokus kerja. Tapi kalau sebaliknya, wah..bakalan deh di lokasi kerja juga bad mood.

    ReplyDelete
  3. Konsep TOD ini kayanya akan berkembang ke depannya. Saya tertarik juga beli di Cisauk, mumpung murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah susah cari hunian di tengah kota. Kalaupun ada, harganya sangat mahal. Jadi memang cari hunian yang ke pinggir. Tetapi, transportasi mudah

      Delete
  4. Dulu kalimalang aja jalanya belum selebar sekarang ya. Skr wuih rame bener gak pernah ada sepinya

    ReplyDelete
  5. Naksir yang 3 bedroom mbak hehe. Eh dia di Bekasi yaaaa? Tapi akan terintegrasi ma akses LRT. Wah ini bisa jd investasi oke di masa mendatang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Mudah lah kalau ada akses transportasi yang memadai

      Delete
  6. Beberapa hari lalu saya sama suami bahas pengen pindah bekasi aja gitu wkwkwkwkw, eh liat ini kok jadi tambah mupeng ya, enak kali ya tinggal di apartemen

    ReplyDelete
  7. Jadi booking berala unit myr? Jangan ambil yg studio ya hehehe

    ReplyDelete
  8. Apartment nya ketje yaa.. apalagi aksesnya nanti juga enak, karena terhubung sama LRT. Jadi gak perlu berlama2 di jalan 😁

    Jadi kepo sama harganya 🙈

    ReplyDelete
  9. Wahh tersambung dengan LRT ini sudah nilai plus banget untuk daerah jakarta-bekasi nih.. gak lama dijalan kita euyyy..

    ReplyDelete
  10. Kadang kalau ngeliat kenyamanan yg ditawarkan, aku kepingin punya apartemen, apalagi kalau ada yang kayak gini jih, terintegrasi sama LRT langsung. Tambah nyaman lagiiii

    ReplyDelete
  11. waaah iya ya cepet nih kalau mau ke pusat Jakarta, ga sampai 40 menit. Cucok lah tinggal di Urban Sky, kerja naik LRT.

    ReplyDelete
  12. Paling ndak suka macet, tapi mau gimana lagi harus ke kantor kan. Gak mau desak desakan di transportasi umum, mau gimana lagi harus kerja. Pilihannya yaaa, beli apartemen yg terintegrasi biar gak tua di jalan, mau gak mau ya chi

    ReplyDelete
  13. Semakin banyak dibangun Real Estate di bidang hunian di sekitar Bekasi ya ba. Apalagi sekarang akses ke Bekasi bisa dijangkau dengan Kereta. Jadi penasaran sama Apartement Urban Sky ini

    ReplyDelete
  14. Bekasi pakai kendaraan pribadi? nyerah deh..
    Kalau ada Urban Sky seperti ini bakal mudah. Lokasi terintegrasi dengan LRT, sehingga praktis kemana-mana nanti. Keren ini!

    ReplyDelete
  15. Wah, Bekasi semakin maju sekarang yah. Keren!

    ReplyDelete
  16. Wiiih sangar nih Bekasi! Keren amat gini apartemennya. <3 <3

    ReplyDelete
  17. Bekasi dulu bukan lagi Bekasi yg sekarang ya... berkembang seiring perkembangan jaman. Apartemen menjadi solusi cerdas untuk orang cerdas.. Bekasi punya banyak aparyemen yang cantikk2

    ReplyDelete
  18. Impian banget punya hunian kayak begini Mba. Apalagi di kota besar bisa buat investasi inih Mba.
    Keren apaartemenya.

    ReplyDelete
  19. keren ya konsep apartemennya, beneran memanjakan konsumen banget. zaman milenial kan pada sukanya yang praktis dan semua saling conected.

    ReplyDelete
  20. Lama-lama Jabodetabek ini persis Jepang yaa..
    Kemana-mana naik kereta.
    Asiik...gak tua di jalan.

    ReplyDelete
  21. wah apartemen sekarang memang sdh menajdi kebutuhan ya dan sdh banyak orang yang suka dg apartemne

    ReplyDelete
  22. Setuju sangat saya dengan kemudahan akses yang bebas macet, karena tua di jalan seharusnya nggak ada lagi yah buat era jaman now

    ReplyDelete
  23. Bekasi sudah menggeliat cepat saat ini ya Chi. Tentunya bakalan lebih efektif saat mau bekerja atau kuliah jika ada hunian yg terintegrasi dengan LRT begini.

    ReplyDelete
  24. Kalau kata om ku hunian masa depan itu ya apartemen. Karena jauh kedepannya apartemen lebih memudahkan

    ReplyDelete
  25. Bisa jadi pilihan keluarga muda ini mah, mengingat tanah dan hunian di Jakarta semakin menggila.

    ReplyDelete
  26. Bekasi salah satu pilihan yang akan membantu kita menuju akses aktivitas dan kerja di jakarta.

    Urban sky banyak diskonnya bisa hemat buat beli perabot

    ReplyDelete
  27. Perkembangan Bekasi sekarang pesat sekali ya, jadi makin cantik kotanya, apalagi didukung dengan hunian keren yang ada akses LRT-nya. Jadi meski tinggal di Bekasi dan kerja di Jakarta, tetap nyaman. Trus pulang ke apartemen yang nyaman, pastilah lengkap hidup ini udah ya.

    ReplyDelete
  28. Saya baru ke Bekasi belakangan ini. Dulu anti ke Bekasi karena kayaknya jauuh banget. Tapi kalo udah ada LRT pasti cepat sampai ya.

    ReplyDelete
  29. sekarang apartement yg ada LRT nya jadi nilai tambah banget yaa.. harga naik senin depan deh pasti :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^