Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa

By Keke Naima - June 07, 2018

Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa


Keke: "Bunda, nanti bulan puasa kita udah pindah rumah, ya?"
Bunda: "Kalau pindahnya paling pertengahan Ramadan. Tapi, bakalan sering bolak-balik sebelum pindah. Apalagi kalian udah mulai sering libur sekolah, kan?"
Keke: "Asiiikk!"
Bunda: "Kayaknya seneng banget, nih."
Keke: "Iya, lah. Di sana banyak jajanan."

*Errrgghh, langsung kekepin dompet 😅

Tinggal di lokasi yang dikelilingi dengan berbagai penjual kuliner mulai dari kaki lima hingga resto tentu aja ada nikmatnya. Lagi malas gak masak, Chi tinggal jalan kaki ke luar rumah udah ada berbagai penjual makanan. Kalau gak mau ke luar, tinggal delivery order juga mudah. 24 jam selalu ramai.

Sekarang tinggal gimana mengaturnya aja. Keseringan jajan tentunya bakal berimbas ke kesehatan isi dompet hehehe. Apalagi saat Ramadan begini. Banyak pedagang yang bermunculan. Dari mulai camilan hingga makanan berat. Nah, apa aja kuliner favorit untuk berbuka puasa di keluarga kami?


Martabak Manis


Martabak manis coklat kacang wijen atau keju menjadi kuliner wajib yang hampir tiap hari ada di rumah. Kalau gak ada kemungkinan kami sedang berbuka puasa di luar rumah. Chi suka sampai bosan hampir tiap hari makan martabak manis selama Ramadan. Lagipula lebih suka martabak telor. Tetapi, Chi kalah suara. K'Aie dan anak-anak lebih suka martabak manis. 😁


Otak-Otak


Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa

Otak-otak juga menjadi salah satu kuliner yang hampir tiap hari ada di rumah. Ada beberapa penjual otak-otak di sini, tetapi favorit K'Aie hanya 1 aja. Penjual dari sejak K'Aie masih sekolah. Sehari-hari penjual ini mangkal di sekolahan. Tapi, kalau bulan Ramadan jualannya pindah ke pasar di dekat rumah kami. Kalau penjual favoritnya ini lagi gak ada, K'Aie gak mau beli dari penjual lain.


Es Kelapa


Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa

Kalau untuk minuman, kami sering gonti-ganti. Es teler, es cendol, dan lain sebagainya. Tapi, paling sering dibeli es kelapa. Kayaknya seger banget berbuka puasa dengan es kelapa. Di penjualnya, es kelapa ada yang menggunakan gula merah dan ada juga yang putih. Teman-teman lebih suka dengan gula apa? Kalau Chi lebih suka dengan gula putih.


Es Cincau


Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa

Es cincau hijau menjadi favorit Chi dan Keke. Kalau di sini, es cincau hijau dikasih santan dan gula merah. Sebetulnya Chi lebih suka dikasih sirop merah. Tapi, enak juga cincau hijau dikasih gula merah dan santan. Sayangnya mencari cincau hijau sekarang makin susah, ya. Padahal dibanding cincau hitam, Chi lebih suka yang hijau. Makanya mumpung Ramadan, Chi puas-puasin deh makan cincau hijau.


Gorengan


Kuliner Favorit untuk Berbuka Puasa

Sebelum pindah, bisa tiap hari berbuka puasa dengan aneka gorengan buatan mamah. Sejak pindah Chi agak jarang makan gorengan. Malas membuatnya selama bulan Ramadan hehehe. Tapi, kalau lagi pengen banget tinggal beli aja. Banyak banget yang jualan gorengan selama bulan Ramadan.

Banyak banget kuliner yang dijajakan selama bulan Ramadan di sini. Dimsum, batagor, hingga es kepal yang kekinian itupun ada.

Nah, kalau kuliner favorit teman-teman untuk berbuka puasa itu apa? Yuk cerita!

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Es kelapa muda itu mbak...seger banget. Kemaren sore aku mbikin ager2 yang rasa kelapa muda itu...enak sih, tapi tetep enak kelapa versi asli..

    ReplyDelete
  2. Waduh, ikan bakarnya itu kangen banget. Waktu di Pekanbaru pasti banyak dijual pada bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  3. Iya sih kalau puasa emang enaknya beli.... lemes mau masak hahaha.... kalau keluarga saya seringnya buka dengan aneka gorengan dan es sirop... sesekali diseling yg lain tapi sepertinya yg paling favorit sih gorengan dan es sirop😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya di tahu ini yang jualan gak banyak karena pandemi

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^