Ketika Body Age Lebih Tua dari Usia Kronologis

By Keke Naima - April 24, 2015

Kemarin, Chi datang ke acara seminar tentang diabetes yang disponsori oleh salah satu camilan. Setelah acara selesai, Chi mengukur kadar lemak dalam tubuh menggunakan sebuah alat yang bernama Bioelectric Impedance Analysis (BIA). Alatnya itu seperti timbangan digital tapi ada alat lagi yang kita genggam. Cara bekerjanya, arus elektroda akan mengalir dalam tubuh untuk kemudian diketahui hasilnya berupa angka digital. Tenang aja, gak berasa apa-apa, kok. Kayak menimbang badan biasa. Prosesnya juga sebentar banget. Sebelum diukur, Chi ditanya tinggi badan dan usia dulu. Datanya dimasukkan ke dalam alat tersebut.

Hasilnya, kadar lemak dalam organ tubuh Chi masih dalam batas normal. Sebelum acara juga dicek tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Semuanya masih normal, alhamdulillah. Tapiiii... lumayan kelebihan lemak di bagian bawah kulit dengan kata lain gemuk hihihi. Berat badan Chi akhir-akhir ini juga lagi lumayan meningkat *pake kata lumayan biar lebih enak hihihi* *menghibur diri :p*

Trus, body age Chi katanya lebih tua dari usia kronologis (= usia kita sekarang) yaitu xx tahun *rahasia hehehe* Ya, pokoknya Chi dijelasin kalau body age kita lebih tua dari usia kita sekarang, itu biasanya makan sedikit aja cepat gemuk. Bagusnya itu body age haus sama dengan usia kronologis, syukur-syukur kalau lebih muda.


Penyebab body age bisa lebih tua itu biasanya karena kurang olahraga, pola hidup, dan asupan makanan yang kurang terjaga. Kayaknya olahraga dan pola hidup memang lagi jadi masalah buat Chi, nih. Chi akhir-akhir ini lagi males olahraga, mulai rajin makan (terlalu larut) malam lagi, belum bisa mengurangi begadang, dan kurang istirahat banget. Huff! Harus disiplin lagi, nih. Penyakit Chi memang masih suka gak konsisten untuk urusan jaga kesehatan.

Ngomong-ngomong tentang olahraga, ada 3 olahraga yang Chi suka, yaitu


Berenang


Ketika Body Age Lebih Tua dari Usia Kronologis
Berenang, yuuk! Kurangi lemak-lemak tubuh :)


Ini olahraga paling favorit hehe. Di dekat sekolah anak-anak juga ada kolam renang yang bagus. Chi suka berenang di sana. Biasanya ketika anak-anak sekolah. Berenang sekitar 2 jam. Anggap aja me time hehe. Malesnya kalau berenang itu harus ke luar rumah. Chi emang suka males kemana-mana kalau udah di rumah hihihi. Apalagi kalau musim hujan, bubar jalan deh niatan berenangnya :D

Karena Chi berjilbab, pake baju renang muslimah, lah. Ada 2 baju renang muslimah yang Chi punya. 1 beli, 1 lagi dikasih. Cuma penutup kepalanya itu pendek semua. Chi pengen deh punya baju renang yang penutup kepalanya rada panjang. Karena gak punya, jadi Chi suka akalin pake kerudung berbahan spandeks yang panjang.

Kekurangannya kalau berenang adalah ada pengeluaran buat bayar tiket masuk kolam plus jajan hehehe. Etapi, kalau jajan Chi masih bisa nahan diri, ding. Biasanya sarapan dulu.


Aerobik


Chi juga suka aerobik. Biasanya dilakukan di rumah pake Xbox atau Wii yang jadi instrukturnya. Beli aja game tentang aerobik. Biarpun pake konsol, olahraganya asik, lho. Kalau dilakukan rutin, badan juga rasanya bugar. Enaknya lagi, gak perlu punya baju senam yang bagus. Pake baju rumahan juga cukup banget hehehe. Gak bagusnya, kalau olahraga cuma di rumah itu gak kena sinar matahari. Padahal vitamin D dari sinar matahari itu bagus buat tubuh.


Jalan Kaki


Walopun sekarang lagi trend olahraga lari, Chi sama sekali belum tertarik. Gampang ngos-ngosan hihihi. Jalan kaki aja, lah. Biasanya Chi jalan kaki di seputaran komplek. Tinggal pake baju olahraga dan sepatu, trus jalan sekitar 45 menit. Segitu cukuplah kalau buat berjemur dan cari keringet. Malah kalau mau lebih menguntungkan lagi, sekalian aja ke pasar. Biasanya kalau lagi males, Chi suka nyetir mobil. Kalau lagi semangat olahraga, ke pasarnya jalan kaki.

Kalau ingat hasil body age lagi kayaknya Chi harus mulai berpikir untuk olahraga lagi, nih. Mulai belajar konsisten, ah. Menjaga konsisten itu emang sulit. Tapi memulai untuk konsisten itu lebih sulit lagi. Semangaaatt! Kembalikan body age ke usia kronologis. Syukur-syukur lebih muda. Karena biar gimanapun pengennya sehat ^_^

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Udah lama banget ngga berenang. Kalo jalan pagi, masih lumayan sering

    ReplyDelete
  2. Wah. Body age kalau melebihi usia kronologis, pasti ktia worry dengarnya. Aku apalagi ya haha... udah mau kepala empat pasti makan dikit juga cepat gemuk, metabolisme udah gak kayak masa muda :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau udah gitu rasanya pengen kembali ke usia muda hehehe

      Delete
  3. Berenang.. Saya gak bisa.. Istilah body age ini, baru tahu

    ReplyDelete
  4. berenang biasanya aku rutin tapi sejak november lalu malah jadi gak pernah berenang lagi

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^