Serba-Serbi Pernikahan

By Keke Naima - May 06, 2014

Bulan Februari 2014, pernikahan kami memasuki usia 11 tahun. Alhamdulillah 1 dekade udah lewat. Sekarang menjalani dekade berikutnya. Dan semoga kami selalu langgeng. Aamiin.

Tiba-tiba jadi pengen nostalgia sama masa lalu, nih. Nostalgia tentang persiapan pernikahan yang semuanya kami urus berdua aja. Bolak-balik Bekasi-Bandung, karena rencananya pernikahan akan digelar di Bandung. Untungnya, kami punya keinginan yang sama tentang resepsi pernikahan. Pengennya membuat pernikahan di tempat terbuka (outdoor) trus gak usah ngundang orang terlalu banyak, lah. Cukup keluarga dan teman-teman terdekat aja.

Ternyata, walopun kami kompak, untuk mewujudkannya bukan perkara mudah. Dulu di Bandung belum musim pernikahan outdoor gitu. Susah banget cari tempat. Bukan karena gak cocok, tapi memang gak ada yang ditengah kota. Kebanyakan di daerah atas seperti di Lembang. Wah, kasian tamu-tamunya karena gak semua tamu punya kendaraan pribadi, pikir kami saat itu.

Setelah mencari-cari, akhirnya ketemu juga di salah satu café. Café yang gak terlalu besar, tapi punya halaman yang cukup untuk menampung sekitar 500 tamu.

Kendala lainnya adalah biaya. Sesederhananya sebuah resepsi pernikahan, pasti ada biaya kan. Kalau bisa sih jangan terlalu besar lah biayanya. Tapi, tetep pengennya berkesan. Nah, ini yang bikin saya dan calon suami (dulu masih calon hehehe) cukup pusing. Harus puter otak, supaya biayanya gak membludak.

Saya sempet stress, waktu harga-harga bahan pokok naik cukup tinggi. Waduh, bisa-bisa naik juga nih harga makanan untuk resepsi kami. Eh, ternyata enggak. Menurut pihak café, kami sudah melunasi seluruh pembayaran sebelum harga-harga naik, jadi kalau di pasar ada kenaikan harga tidak akan dibebankan ke kami. Hufff… legaaa…

Saya dan calon suami beberapa kali jalan ke Mayestik, cari bahan kain dengan harga murah tapi berkualitas untuk kebaya siraman, akad, dan resepsi. Mendatangi berbagai toko bunga supaya bisa dapat ratusan bunga mawar untuk dijadikan souvenir pernikahan. Minta tolong om saya, bikinin background dari bambu untuk di pelaminan. Bambunya nebang sendiri yang tumbuh subur di depan rumah mertuanya hihihi.

Gak cuma itu, kami mendesain sendiri undangan pernikahan menggunakan photoshop. Setelah selesai baru kami berikan ke tukang cetak. Untuk foto yang dipajang di acara resepsi, kami foto seru-seruan berdua di photo booth! Dan dengan kecanggihan photoshop, rasanya hasil foto kami gak kalah bagusnya dengan foto-foto pre wedding yang pakai jasa photographer hahaha! Paling untuk foto di acara akad dan resepsi aja pake photographer professional. Itu juga kakak ipar, jadi harga keluarga, lah. Semua demi 1 kata, PENGIRITAN :D

Hasilnya? Bagus dan memuaskan. Makanannya enak, jumlahnya cukup malahan masih ada lebihnya. Dekorasi dan lain-lainnya bagus.
 

Salah satu pernikahan yang saya dan suami bantu untuk akad dan resepsinya.


Lancarnya akad hingga resepsi pernikahan dengan hasil yang memuaskan, membuat saya dan suami beberapa kali diminta keluarga untuk mengurus pernikahan. Istilah kerennya wedding organizer.

Walopun begitu, saya belum ada niatan untuk bikin bisnis wedding organizer, sih. Tapi seneng aja kalau ada yang kasih kepercayaan ke kami untuk mengurus pernikahannya.

Dari beberapa pengalaman, saya bisa berkesimpulan biaya itu memang menjadi faktor penting. Buat saya dan suami selalu mengusahakan gimana caranya bisa mendapatkan biaya yang sesuai budget tapi hasilnya maksimal. Syukur-syukur kalau budgetnya bisa lebih hemat lagi tanpa mengurangi kualitas.

  • Share:

You Might Also Like

51 comments

  1. Tipsnya keren dan bermanfaat banget. Sayang sekali, resepsi pernikahanku udah 13 tahun yang lalu. Hihihi.... bacaan wajib buat yang mau nikah nih. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kali aja buat si sulung beberapa tahu lagi, Mak hihihi

      Delete
  2. Subhanallah,,11 tahun ya Mak,,semoga samara ya mak,,amiien,,,, btw pengiritannya oke juga tuh mak,,bisa dibuat sumbangsih utk saudaraku,,makasih ya mak chi :)

    ReplyDelete
  3. Sama mbak pernikahanku juga mau 11 tahun nanti Agustus. Tapi seru ya merencanakan acara pernikahan berdua, pasti banyak pengalamannya. Mksh sharingnya

    ReplyDelete
  4. seru baca persiapan nikah orang lain. saya gak pake acara resepsi soalnya :(( dalam rangka pengiritan hehehe. hanya akad nikah, mengundang keluarga dan teman2 dekat. beberapa teman yang gak saya undang malah datang tanpa permisi hahaha kaget juga. makan-makan di kebon punya nenek di bandung. seneng! walo tetep selalu iri dengki lihat acara nikah orang lain hikhik :))

    ReplyDelete
  5. ayyyoooo...bikin bisnis WO aja makkkk hehehe. Seru kayaknya,kayaknya sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. deg2an abis kalau blm lhat hasil akhirnya :D

      Delete
  6. alhamdulillah udah 11 thn mak..sy bentar lg baru 9 tahun....ia mengenang persiapan pernikahan itu mmg seru ya...hihihi jg ketawa sendiri klu ingat waktu belanja hantaran saya dgn calon suami khususnya perlengkapan pribadi itu calon suami dengan santainya bawain BH n CD, trus antri di kasir sementara sy msh memilih barang lain krn waktu itu supermarketnya lg rame jd harus ambil antrian dulu hehehe...TFS mak..jd inspirasi jg tuk ditulis pas hari pernikahan nti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, saya juga gitu. Sampe beli hantaran berdua termasuk untuk pakaian dalam :D

      Delete
  7. kalau saya si pengennya punya foto prewed, soal undangan desain sendiri dan acara pestanya ga usah lama lama hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saya berdua suka malu kalau difoto berdua sama org lain :D

      Delete
  8. saya termasuk yg hemat mak undangan digital dan cetak, nyetak sendiri kebetulan suami punya percetakan dan jasa design web undangan hihiii, sovenir mbikin sendiri, wedding cake bikin sendiri, baju buat akad bikin sendiri maksudnya biar ada kenang-kenangan, pas nikah di gedung RW dapat diskon karena ayah pengurus RT ,sisanya WO ehhe :D luamyan menekan biaya pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, bisa dipake nih tips hematnya buat yg mau nikah. Thx, ya :)

      Delete
  9. Happy anniversary, mak Chie. Langgeng selalu ya, barakallahu.
    Kalo aku dulu ngga kesampaian punya pesta wedding outdoor, ga dapet approval ortu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya juga bersyukur orang tua kasih izin walopun awalnya ragu hihi

      Delete
  10. Semoga langgeng selalu ya mbak, iya tuh bikin jasa WO aja mbak :)

    ReplyDelete
  11. He eh tuh bs buka WO mba, Dhe dukung dengan doa deh,. heehehe

    ReplyDelete
  12. outdoor yaa teh chi, kok sama yaa pnginnya malah di kebun gitu lebih asyik, nah tapi belum ada pasangannya ini kalau tamu nya ndak begitu banyak jadi berkesan enak saling kenal ajah.
    Perlu belajar banyak dari emak2 hebat ini, biar jadi emak2 yang hebat juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo, Niar semoga terwujud keinginannya, ya :)

      Delete
  13. jadi ikutan nostalgila juga inget masa-masa persiapan pernikahan...
    Happy waedding anniversary mbak...

    ReplyDelete
  14. Wah jadi bekal untuk pernikahan anakku kelak..padahalanaknya baru 2 dan 7 taun hihi..tapi kalo anak perempuan cepat besar ya..

    ReplyDelete
  15. Untung jaman aku nikah dulu, foto pre wed belon jd 'kaharusan' spt skr.
    Boleh juga ide foto pre wed pake foto booth. Hemat amat sangat pastinya :)

    ReplyDelete
  16. nabung dulu ah buat persiapan,aku kan juga pengen nikah ;)

    ReplyDelete
  17. ngirit aja bisa terkesan mewah gitu ya..?
    gimana kalo dibikin boros, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal2 kayak gini, sebetulnya termasuk kreatifitas juga. Belum tentu yang lebih mahal terlihat lebih mewah :)

      Delete
  18. Syukuran pernikahan saya juga outdoor Mak.. hehehe.. bener2 outdoor di halaman rumah Bapa di kampung, pengennya saya sendiri yang dekor, tapi karena saat itu saya dan "calon" suami kerja di Jakarta dan tdk bisa banyak cuti jadinya ya diserahkan ke Bapa utk dekor, Mama di katering, Adik di baju pengantin, baju keluarga, make up, sama foto, saya kebagian undangan dan suvenir... hehehe.. nyante banget deh pokoknya.. datang2 sudah siap semuanya.

    ReplyDelete
  19. Wuih, keren Chi...hemat tapi tetep indah...
    Semua yang dikerjakan dengan hati yang penuh cinta, biasanya berbuah manis. Ini salah satu buktinya, pernikahan chi yang sudah memasuki satu dekade smoga berjalan lancar seterusnya, awet bahagia dan sejahtera...serta bisa menjadi pernikahan yang membuat nyaman bagi keluarga.
    Amiiin...
    Ngomong-ngomong, tanggal pernikahan kita kayaknya beda-beda tipis deh!
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tahunnya yang gak beda tipis ya, Mbak hihihi

      Delete
  20. wah.. jempol dweh...
    bisa jadi wedding organizer

    ReplyDelete
  21. sama dong dgn saya, sudah 11 th hehehe...

    ReplyDelete
  22. selamat ya mak chi.. semoga langgeng terus :)

    ReplyDelete
  23. aku nikah beneran modal berdua sama suami. Digelar sederhana aja di rumah. Tanpa pake pre-wed atau jahitin kebaya untuk resepsi. Cukup pinjem punya perias aja saking ngiritnya. hahaha

    ReplyDelete
  24. Wuah bunchi udah 11 taun! *sungkem* ngurusin pernikahan itu super ribet dan pusing, dulu hunting batik tulis sampe ke solo, bordir seragam panitia ke tukang bordir tasik, cari souvenir murmer sampe ke jogja, krn keribetan2 itu maka cukuplah nikah sekali seumur hidup saja. Amiiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah karena keribetannya itu harus bertekad sekali seumur hidup :)

      Delete
  25. wah belum menuju ke sana sih, tapi paling nggak jadi tau persiapannya sembari menunggu jodoh diantar naik pesawat UFO :V

    ReplyDelete
  26. Pasti seru dan berkesan banget yah mak kalau ngurusin tentang pernikahan hihi :D

    ReplyDelete
  27. ultah nikah ci di-aniversari-in gak? udah ada EO-nya? atau mau di-EO-in sendiri? hehehe

    ReplyDelete
  28. wesss, udah sebelas tahun ternyata. Selamat ya, mak. Moga langgeng terus. Hmm, kayaknya oke juga buat ditiru hehehe.. *cari mempelai pria dulu* #bukanpromo

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ada yang baca 'cari mempelai pria'nya hehhee

      Delete
  29. Budget minim, tapi pingin hasil maksimal, oke, make up oke, dekor oke. Oke semuanya. iNyong banget. Hahahaha.

    Sedang lumayan galau dengan baju. Hahahahaha. :P

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^