Ini Hak Aku! Jadi ...

By Keke Naima - September 10, 2013

Waktu lebaran yang lalu, salah seorang yang udah Chi kenal dengan baik bercerita kalau putrinya yang masuk usia remaja (kelas 2 SMP), sekarang kalau dinasehati suka membantah. Tiap kali dinasehati selalu bilang, "Ini hak aku! Jadi terserah aku, dong!"

Chi bilang, "Setiap orang termasuk anak memang punya hak, tapi coba tanya balik ... kewajibannya udah dijalanin belum? Kadang kita suka semangat menuntut hak tapi lupa sama kewajiban."

Sama sekali Chi gak ada maksud untuk menggurui atau sok tau, apalagi Keke-Nai juga belum SMP, jadi Chi belum hapal lika-liku anak SMP #tsaaaahhhh :p. Tapi kalau dipikir-pikir, Chi pun pernah mengalami kejadian yang mirip-mirip melalu protesnya Keke.

"Kenapa, sih, Keke gak boleh main? Kan katanya anak punya hak untuk bermain."

Kadang-kadang Keke suka mengeluh begitu kalau diminta untuk belajar. Biasanya Chi suka bilang, "Kewajiban Keke sendiri gimana? Udah dijalanin belom? Trus tadi siang ngapain?" Kalau udah gitu biasanya Keke suka nyengir ataupun kalau tetep males-malesan setidaknya dia mau belajar dan berhenti bermain.

Chi ngomong gitu karena udah ada kesepakatan bersama kalau pulang sekolah hingga sore itu waktunya bermain. Dan Chi gak akan ganggu atau potong waktunya sekalipun, kecuali untuk hal-hal wajib, sepeti shalat, makan, dan mandi. Sedangkan untuk belajar dilakukan setelah maghrib, itupun paling lama 1 jam aja. Jadi kalau Keke bilang gak boleh bermain itu salah. Karena kenyataannya udah masuk waktunya belajar tapi Keke masih kepengen main.

Trus kenapa Keke bilangnya gak boleh main? Ya, namanya juga usaha :D Apalagi dia masih anak-anak. Trus di salah satu pelajaran (kalo gak salah PKn) ada bab tentang hak dan kewajiban. Nah, di buku itu tertulis salah satu hak anak adalah bermain. Makanya Keke menuntut haknya.

Gak salah juga dengan tuntutan Keke, karena itu artinya dia mengerti tentang hak. Cuma memang harus dibenarkan cara menempatkannya. Selain itu ada juga anak-anak yang belum paham benar tentang apa itu hak. Mereka berpikir pokoknya semua yang mereka lakukan atau mereka inginkan, mau itu baik atau buruk, adalah hak mereka. Padahal gak kayak gitu juga.

Dan yang paling penting juga harus terus diingatkan tentang kewajiban. Jangan sampe Keke atau Nai menjadi anak yang sangat ngotot menuntut hak tapi cuek dengan kewajiban. Padahal yang bener itu harusnya kewajiban dulu dilaksanakan, iya, kan? :)

  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. Betuk Bund, kewajiban memang harus dilakukan dulu baru menuntut hak.. ^^ Keke pinter ya, berarti pelajaran Pkn nya masuk tuh Bund.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih fresh diingatan pelajaran PKn ttg hak dan kewajiban :D

      Delete
  2. menyimakkk....ke,main yuk..???udh selesai kan ngerjain PRnya???hehehe...*pletakkk ^^

    ReplyDelete
  3. anak anak jaman sekarang semakin pandai berpendapat...

    kalau saya kecil dulu, jangankan berdiskusi dengan orang tua, orang tua bilang gak boleh ya harus diem dan gak nglakuin yg gak diperbolehkan

    ReplyDelete
  4. Dan akupun berasa dinasihatin bunda... hoho. Iya, dulu waktu kecil sering begitu, minta ini itu seakan kalau gak dituruti hak terampas, tapi jadi anak malas banget (eh, itu mah aku aja sih)

    ReplyDelete
  5. setuju banget untuk menanamkan dan mengingatkan ttg hak dan kewajiban ke anak-anak.

    ReplyDelete
  6. iya mama Chi, ingetin kewajibannya terus yak. suka ini artikel :)

    ReplyDelete
  7. Saya sudah mulai sering mengelus dada mak, karena kaka sudah SMP kls 2 dan mulai sering membantah *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyknya sy bs byk belajar dr Mbak Irma, nih, nanti :)

      Delete
  8. hehehe jadi inget Farras yang menanyakan haknya ketika sudah menyelesaikan kewajibannya :) dasar anak2 ya....

    ReplyDelete
  9. duh skarang aja jav lg masa2nya bilang "enggak mau!" saya udah stres.. gmn nanti ngadepin remaja yah.. mdh2an bisa bijak ky bundanya keke & nai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga gak bijak2 amat, kok, Mbak. Tp berusaha menikmati aja :D

      Delete
  10. Yang penting hak dan kewajiban jg seimbang yo mak..
    Dan paling penting jg qta kasih contoh jg yak gmn yg seimbanb hak dan kewajiban itu.. Hehe,,

    Tp satu hal yg susah.. Me time itu hak ibu jg kan yak tp susah dptnya.. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak

      Nah, itu dia. Itu kan hak kita sebagai ibu, ya hahaha

      Delete
  11. anak sekarang emang beda dengan dulu. kita dulu kalo dimarahin pasti diem dan nurut. mau marah ke anak sekarang, musti siapin dulu argumen yang tepat. karena mereka pasti mempertanyakan alasan kita marah itu apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibunya anak2 pasti juga pusing ngadepin ncit sm ncip, ya hehe

      Delete
  12. betul itu, karena usaha makanya bilang gk boleh main, hhehehe. Tp bener juga lho nasehatnya, kewajibannya udah dilakuin belum? jadi pelajaran buat saya nanti :)

    ReplyDelete
  13. nah, kayaknnya yang paling susah tuh memberi pengertian ke anak tentang pelaksanaan hak dan kewajiban mereka. Karena biasanya mereka masih gede banget egonya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kl udah diminta melaksanakan kewajiban biasanya suka ada rasa malas :)

      Delete
  14. Untuk anak2 durasi belajar (teori) 1 jam udah jenuh bangett lho, Teh. Survey ini terbukti ketika saya ngelesi. :D

    Hak dan kewajiban kudu berjalan secara imbang ya. Belajar disiplin juga. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sssttt kan 1 jam jg pake ada selingannya hahaha

      betul, belajar disiplin :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^