Masa Transisi di SD

By Keke Naima - May 14, 2013

Masa Transisi di SD
Tempat bermain ini salah satu yang bikin anak-anak betah, susah diajak pulang. Di sini mereka bisa main perosotan, ayunan, manjat-manjatan, puter-puteran (gak keliatan), bahkan main pasir (alasnya tempat bermasin itu pasir putih).


Waktu Keke masih TK, owner tempat Keke dan Nai sekolah pernah bilang kalo masa transisi di SD itu ada 2, yaitu kelas 1 dan kelas 4. Kelas 1 adalah masa di mana anak-anak 'dituntut' untuk bersikap seperti anak SD tapi sisi lain kekanak-kanakannya masih ada. Sedang ketika kelas 4, anak udah merasa gede karena mau masuk SMP. Chi rasa pendapat ini ada benarnya.

Chi suka perhatiin aja, anak-anak kelas 1 s/d 6 itu gaya mainnya beda. Kelas 1 s/d 3 masing sering Chi lihat main lari-larian, perosotan, ayunan, dan lainnya. Sementara anak kelas 4 ke atas kelihatan lebih suka ngobrol dengan teman. Masih ada sih yang suka lari-larian, tapi kayaknya udah gak pernah Chi lihat lagi main perosotan dan ayunan :D

Beberapa waktu lalu Chi pernah rada panik karena pas jemput gak ketemu juga sama Keke. Setahu Chi, biasanya dia main perosotan atau ayunan di halaman depan kalo gak ada main futsal dan lari-larian di halaman belakang atau halaman tengah. Tapi Chi udah turun naik cari gak ada. Panik, dong. Masa' sih Keke keluar sekolah? Kan di depan juga ada satpam, rasanya gak mungkin.

Sempet tanya ke wali kelas, dan kami bersama satpam sama-sama mencari. Pas lagi cari-cari gitu, ada orang tua murid yang sekelas ma Keke juga lagi bingung cari anaknya. Loh ke mana sih anak-anak ini? Kok serempak menghilang?

Ternyata, beberapa anak kelas 3 lagi asyik main di ruang bermain TK. Ada yang main perototan, mandi bola, dan lainnya. Ya ampuuuuunnn! Udah kelas 3 gitu, lho!

Tahun ajaran depan Keke pindah gedung sekolah.Chi pernah cerita juga di postingan taekwondo, kalo sekolahnya lagi bangun kompleks pendidikan. Rencana TK s/d SMA akan kumpul di satu kompleks. Di lokasi yang sekarang jelas gak mungkin banget karena lahannya terbatas. Lagipula masuk perumahan, bikin macet dan susah kalau parkir. Jadi cari lokasi baru yang tidak gabung dengan perumahan. Lebih deket sama rumah, sih.

Karena masih dalam tahap pembangunan, jadi untuk anak SD yang pindah ke sana baru kelas 4 s/d 6. Kalau kata Chi sih bagus juga. Anak kelas 1 s/d 3 yang masih ada jiwa kekanak-kanakan bergabung di satu lokasi. Sementara kelas 4 bergabung dengan yang lebih besar.

Saran Chi buat orang tua yang lagi cari sekolah, enaknya memang cari SD yang masih ada lahan bermainnya. Gak cuma halaman, kalau perlu ada perosotan dan teman-temannya. Karena mereka pindah ke SD gak otomatis bikin mereka langsung jadi anak gede, tetep ada sisi TK dari diri mereka. Kasian kalau harus dihilangin. Jangan bikin mereka menjadi dewasa sebelum waktunya. Lagian nanti semakin bertambah usia, umumnya mereka juga akan mengurangi sifat kekanak-kanakan, kok.

Oiya dengan adanya halaman dan fasilitas bermain di sekolah juga mampu mengurangi stress anak-anak dari padatnya kurikulum pendidikan, lho. Setidaknya mereka bisa bersenang-senang sejenak dengan teman-temannya :)

  • Share:

You Might Also Like

46 comments

  1. Memang harus dipikirkan untuk mencari dan mendapatkan lokasi pendidikan untuk anak yang memiliki halaman yang cukup untuk bermain. Hal ini juga dapat membantu mereka agar mudah beradaptasi terhadap lingkungan dan temannya ya Mba.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, karena dunia anak itu kan masih dunia bermain

      Delete
  2. terkadang anak-anak juga bisa dewasa sebelum waktunya :)nice sharing mak myra

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, makanya sbg ortu sebaiknya meminimalisi hal tsb :)

      Delete
  3. aku juga pernah ngalamin saat anakku duduk di tk besar, cari anakku itu nggak ketemu2. Sekolah sudah sepi, sampai satpam tk dan guru2 ikutan nyari. Aku udah cemas, sampai kepikiran gimana kalau anakku diculik? Akhirnya setelah hampir setengah jam nyari, gurunya menemukan anakku sedang bermain berdua dengan temannya di belakang kelas playgroup, dekat kamar mandi. Waduh, ndak sempet deh marahi anakku, yg ada hati ini legaaaa banget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga begitu, Mbak. Lega dan ngikik karena udah pada kelas 3 tapi masih suka main di TK :D

      Delete
  4. jadi inget kuliah mapel psikologi perkembangan,membahas manusia dari nol termasuk masa transisi bagi anak-anak...dan sekarang bentuknya saya sudah tahu,termasuk belajar ilmu hidup,ilmu mengasuh anak,perkembangan anak yang riil dari mbk myra :D

    ternyata sama aja ya,bahkan disini playgroundnya ada 2..satu outdor dan indor,bukan hanya anak2 TK/SD aja anak2 SMP-SMA main juga mbk hahahahaha

    ReplyDelete
  5. pengen masukkin Arfan ke Sekolah kak Keke & Nai.. tapi apa daya jauh dari rumah saya..hehe...

    Kasian nenek repot anter jemputnya *curcol*..haha

    ReplyDelete
  6. sekarang juga masih suka main perosotan kok Mak.. hehehe :)

    ReplyDelete
  7. Sampai sekarang saya suka ngiri klo liat anak2 main perosotan atau ayunan... kepengen nyobain lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya sy kalo ngajak anak2 main di playground juag suka ikutan, Mbak :D

      Delete
  8. berhubung aku dulu sd negeri dimana cuma ada lapangan doang, jadi waktu kelas 1-2 abis pulang sekolah suka mampir ke tk buat main perosotan sama ayunan :D.

    ReplyDelete
  9. disekolahnya Pascal juga masih ada permainan walaupun cuma panjat-panjatan gitu myw tapis etidaknya masih bisa dimainkan untuk anak-anak dalam masa transisi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting masih ada tempat bermain, ya, Lid :)

      Delete
  10. Iya Bun, benar, kls 5 ajah mas dzaky masi suka kekanakan, alasannya dia yg plg kecil di kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik juga kl sp gede masih suka bermain, drpd naksir2an :D

      Delete
  11. alhamdulilillah mak,, Khalilaku seneng di sekolahnya, mudah2an nanti bisa melewati asa transisi, makasiy mak buat sharingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. Semoga Khalila betah di sekolahnya :)

      Delete
  12. hmm.. masa kecil dame mana ada begituan, bund.. maklum, di desa terpencil. duh senengnya jadi keke nai.

    salam hangat dari bandung, ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi di desa area bermain malah lebih sehat :)

      Delete
  13. loh di sd masih ada prosotan ya..?
    kirain cuma di tk doang,,,

    ReplyDelete
  14. Pernah ikut satu seminar, dibilang bahwa kelas IV-VI itu termasuk kelas tinggi. Sementara kelas I-III itu kelas rendah. Jadi wajar itu anak-anak selama kelas I-III masih suka maen yang setipe. :)

    ReplyDelete
  15. thanks for sharing ya mba..
    setuju dengan pendapatnya yg bilang cari SD yg halamannya luas :)

    ReplyDelete
  16. hihihi Keke kangen maenan mandi bola kali ya...:D

    ReplyDelete
  17. Di sekolah anas ada juga perosotan, tali temali dan ayunan tapi buat anak2 TK yg kelasnya di komplek sekolah itu juga... anaks besar sering dilarang main takut rusak katanya haduhh sayang amat ya?

    Keke puas deh ya mainnya.. :)

    ReplyDelete
  18. baru tau klo SD terbagi mjd 2 masa transisi gt, dr bunda chi aku jd belajar masa2 anak udah SD deh

    ReplyDelete
  19. Hadeh mbak CHi ... anak saya kelas 6 SD masih matching saja main sama adiknya yang umur 6,5 tahun dan 3,5 tahun. Masih suka main mainan anak2 :D

    ReplyDelete
  20. ingat zaman SD dulu, sampe kelas 6 masih suka manjat2 pohon di depan halaman sekolah. khususnya klo sore hari sehabis kursus tambahan menjelang EBTANAS. hihihihihi.. lucu ya klo di kenang. anak zaman sekarang mainannya di depan smartphone, laptop, tv. di samping ruang alam yang semakin sempit, kesibukan orangtua, kemacetan, complicate. makanya klo bawa anak-anak ke alamat seperti di lepas dari kandang, senang, ceria, bebas bergerak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. amak2 zaman dulu sering bermain kelompok dan menyehatkan pula permainannya :)

      Delete
  21. Waduh Chi, susah jg yah cari sekolah SD... T_T
    vania baru mau masuk TK B tp dr skrg aku udah mulai survey Chi..

    Makasih masukannya yah Chi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. Semoga Vania nanti dpt SD yg sesuai :)

      Delete
  22. Itulah, Chi. Di deket rumah, udah enggak ada SD yang ada mainannya di halaman. Ada juga yang sebelahan sama TK. Ya masa ntar rebutan maenan sama adek-adek kelasnya?
    Ah gk terasa ya Keke udah gede. Aku selalu terharu deh kalo denger cerita temen-temen yang anaknya udah gede. Karena aku emang gampang banget sih terharunya, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga suka terharu kl mikir, kok, anak2 udah pada gede aja :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^