Japan-Indonesia Expo

By Keke Naima - November 11, 2008

Japan-Indonesia Expo - Hari Sabtu kemarin kami sekeluarga dateng ke JIExpo. Rencananya sie 1 minggu yang lalu tapi gak jadi, akhirnya baru kesampaian hari Sabtu kemarin.

Ternyata exponya cukup mengecewakan (buat kami ya...). Tadinya yang ada di bayangan Chi exponya itu bakalan di isi dengan banyak sekali stand-stand kebudayaan baik dari Indonesia maupun Jepang. Tau sendiri kan kalo Indonesia & Jepang negara yang kaya budaya.

Trus Chi juga membayangkan akan banyak acara-acara kebudayaan. Udah gitu Jepang kan juga banyak benda-benda yang unik & menggemaskan tuh, nah Chi berharap di sana bakal banyak nemuin barang-barang yang lucu itu. Lumayan nie bisa borong-borong tanpa harus ke Jepang.

Tapi ternyata... Hhhh!! Mengecewakan. Kebanyakan yang ikut pameran itu perusahan otomotif, elektronik, trus perusahaan-perusahaan yang bikin kerjasama sama Jepang lah. Ya... apa yang menarik? Kalo pengen liat mobil atau elektronik mendingan pergi ke showroom atau toko elektronik aja. Sama aja kok. Lagian kalo emang mau liat ke pamerannya kayaknya lebih bagus waktu ke kami dateng ke pameran mobil waktu itu. Koleksi mobilnya lebih banyak gak cuma dari Jepang, jadi anak-anak (terutama Keke) pun puas. Gak seru banget deh pamerannya...

Kebudayaannya sie bukan berarti gak dpt porsi. Mereka tetep dapet. Tapi sangat-sangat minim porsinya, saking minimnya jadi gak keliatan. Hehe...

Belom lagi food areanya. Sedikit dan sempit banget. Kalo stand yang laen antar lorongnya tuh lumayan lebar, nah untuk food area sempit banget. Sementara yang pengen beli makan kan banyak. Tapi juga gak ada yang istimewa di food area. Chi tadinya berpikir aka ada macem-macem makanan jepang di sana selain makanan Indonesia. Tapi ternyata makanan Jepang yang ada di sana cuma Hoka-Hoka Bento. Hahahaha.... Eh, ada sie 1 stand yang menjual takoyaki. Tapi standnya kecil & cuma dia satu-satunya yang menjual makanan Jepang (selain hoben. Hehe....). Otomatis yang ngantri beli disana pun rame banget!! Saking ramenya kami putusin makan siang di luar aja deh..

Satu-satunya hiburan yang rada lumayan itu adalah pertunjukan Shinkansen 3D. Ngantrinya lumayan panjang. Tapi karena liat di pengumumannya sekali pertunjukan maximum jumlah penontonnya adalah 400 orang, jadi Chi pikir kami gak akan terlalu lama ngantrinya.

Pertunjukannya terbagi 2 film. yang pertama tentang shinkansen, yang ke dua tentang kebudayaan & kehidupan orang-orang Jepang. Walaupun nama pertunjukannya adalah Shinkansen 3D tapi Chi justru lebih tertarik dengan film tentang budaya Jepang.

Okelah lah Shinkansen emang canggih banget. Chi kagum liatnya. Tapi rasanya untuk kita orang Indonesia saat ini baru bisa mimpi ya kapan itu Shinkansen ada di Indonesia. Atau bermimpi kapan kita bisa ke Jepang. Hehehe...

Chi justru suka dengan film tentang kebudayaan & kehidupannya. Udah gitu warna-warnanya keren banget. Suka banget waktu bagian ketika Jepang lagi musim gugur, ada pohon-pohon yang daunnya warna kuning pada berguguran trus semua jalanan berubah jadi warna kuning karena tertutup oleh banyaknya daun yang berguguran. Udah gitu ada serombongan anak-anak kecil Jepang berseragam. Chi lupa warna seragamnya, yang pasti Chi inget banget warna topinya hijau muda. Mereka pada berlarian ke jalanan yang diselimutin daun-daun itu. Aduh.... lucu banget!!

Satu lagi nie yang bikin Chi terkagum-kagum sama budaya & kehidupan orang sana itu adalah Jepang itu kan negara maju tapi biar gitu kebudayaannya masih kuat banget. Dan ternyata kalo kita emang cinta dengan budaya kita gak akan tergeser kok dengan majunya teknologi secanggih apapun. Buktinya ya Jepang itu.Dan sebenernya kita pun bisa ya kalo mau karena kebudayaan kita kan juga kaya sebenernya. Yah mudah-mudahan deh..

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^