Semua Hal yang Dilakukan Demi Keluarga

By Keke Naima - September 25, 2016

soyjoy cut carbo

Setelah menikah dan memiliki anak, perubahan apa yang akan dilakukan?

Kira-kira seperti itulah pertanyaan di selembar questioner yang harus kami isi pada acara Bloggers Gathering – SOYJOY Cut The Carb di The Hook, Jakarta (Kamis, 8/9). Hmmm … Chi rada mikir ketika menjawab questioner ini. Bukan karena gak tau jawabannya, tapi justru banyak sekali perubahan yang sudah dan akan dilakukan. Yang pasti kehidupan sebelum dan setelah menikah itu jauh berbeda. Termasuk berbagai kebiasaan yang dilakukan. Teman-teman ada yang seperti itu juga, gak?

[Silakan baca: Tips Menjalankan Diet Gak Nyiksa Dengan Slim&Fit]

soyjoy cut carbo 
Kiwi juice tanpa gula


Demi Bjorka


Hadir di acara ini, keluarga yang seruuuu banget! Dan, Chi ngefans sama keluarga muda ini. Instagram mereka kece badai. YouTube channelnya juga ngegemesin banget. Apalagi kalau tentang Bjorka.

Iyess! Yang Chi maksud adalah keluarga Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter dengan anak mereka yang lucu banget bernama Bjorka. Keluarga muda ini punya YouTube channel dengan judul Pesan untuk Bjorka.


Kenorakan yang dimaksud Ringgo Agus antara lain sejak memiliki Bjorka belum lagi membeli baju untuk diri sendiri. Tapi kalau untuk Bjorka sih dari rencana pengen makan di luar trus lihat toko yang jual baju bayi lucu, bisa beli dulu. Dia dan istri sejak hamil tua sudah tidak lagi menonton di bioskop. Beberapa kali rencana liburan gagal. Menurut Agus Ringgo, awalnya Sabai bukanlah tipe istri yang bisa masak. Tapi, setelah Bjorka mulai MPASI, Sabai mulai turun ke dapur untuk belajar membuat MPASI sendiri. Semua karena Bjorka :)


soyjoy cut carbo
Seafood Salad – Mixed green with calamari and prawn in orange salsa


Gaya hidup tidak sehat yang berkaitan dengan pola makan pernah dilakukan oleh Agus Ringgo. Bahkan setelah menikah berat badan semakin meningkat. Beberapa fakta memperlihatkan orang di sekitar yang terganggu kesehatannya membuat Agus Ringgo mulai terpikir untuk menjaga kesehatan. Apalagi dia memiliki keturunan diabetes.

Keinginan suatu saat nanti bisa olahraga bersama Bjorka bahkan bisa melakukan aktivitas bersama lainnya seperti naik gunung bersama. Berharap bila kelak Bjorka menikah dan memiliki anak, Agus Ringgo juga masih sanggup menimang cucu. Tentu saja segala keinginan itu bisa terwujud bila selalu menjaga kesehatan.

Cerita dan harapan Agus Ringgo Rahman yang dituturkan dengan gayanya yang khas, banyak terjadi di banyak keluarga, ya. Begitu juga dengan keluarga Chi. Setelah punya anak, yang didahulukan selalu anak. Badan yang semakin melar juga terjadi. Malah Agus Ringgo bilang kayaknya jarang ada laki-laki yang badannya masih kotak-kotak setelah menikah hahaha! Diet always start tomorrow juga sempat jadi moto Agus Ringgo. Sama, dong hehehe. Tapi, kemudian dia mengalami sakit punggung dan setelah mengecek ternyata terkena obesitas 1. Disitulah Agus mulai merasa harus memperhatikan kesehatan.

Setelah beberapa kali gampang sakit, Agus Ringgo mulai memikirkan pola diet apa yang paling gampang dilakukan. Setelah mencari tahu, ternyata diet karbo yang paling mudah, misalnya mengurangi porsi nasi yang biasa dikonsumsi. Sabai pun tadinya juga abai dengan pola makan. Tetapi sejak hamil mulai memperhatikan asupan gizi serta pola makan demi anaknya.

Untuk membuktikan tekad Agus Ringgo menurunkan berat badan dan menjalani pola makan sehat, di YouTube Channel pesan untuk Bjorka akan ada beberapa episode tentang usaha Agus Ringgo ini. Target awalnya adalah menurunkan berat badan sebanyak 5 kg. Apakah Agus Ringgo bisa? Teman-teman bisa ikuti di YouTube Channel Jalan Sore. Demi Bjorka, Agus Ringgo bertekad ingin berubah.

[Silakan baca: Michiyo Ramen - Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian]


Cut Carbo, Cara Termudah untuk Pola Hidup Sehat


Agus Ringgo mengatakan kalau pola diet yang termudah adalah cut carbo. Menurut mbak Shella Septiani, pada tahun 1990, 5 penyebab kematian terbesar di Indonesia adalah TBC, Jantung, Stroke, Diare, dan Infeksi Pencernaan. Sedangkan, pada tahun 2013, 5 penyebab kematian terbesar di Indonesia mulai berubah. Penyakit kanker dan diabetes mulai masuk 5 besar, sedangkan diare dan infeksi pencernaan sudah tidak lagi. Diabetes berada di peringkat ke-4 penyebab kematian terbesar di Indonesia.

5 pencetus utama penyebab kematian terbesar di Indonesia adalah pola makan.

Berdasarkan Rikerdas 2007, ada beberapa fakta tentang diabetes, yaitu:


  1. 1 dari 50 dewasa muda (25-34 tahun) terkena diabetes 
  2. 1 dari 10 orang Indonesia Pra-diabetes 
  3. 4-6 penderita tidak sadar bila sedang terkena diabetes 
  4. Pra-diabetes dapat berubah menjadi diabetes dalam jangka waktu 4-5 tahun bila tidak menjaga pola makan 
 
    Ciri-ciri diabetes sulit kelihatan, sehingga banyak yang tidak sadar terkena diabetes. Bisa melakukan cek gula darah bila teman-teman ingin mengetahui apakah kondisi kesehatannya normal, pra-diabetes, atau diabetes.

    Penyebab utama diabetes di Indonesia adalah konsumsi karbohidrat yang berlebih.

    Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap nasi masih tinggi bahkan semakin meningkat. Apalagi masih ditambah dengan asupan karbo lainnya. Makan nasi pakai mie, lauknya bakwan jagung membuat kandunga karbo dalam seporsi hidangan semakin tinggi. Karbo yang masuk ke dalan tubuh akan dipecah menjadi gula. Kandungan gula yang berlebihan di dalam tubuh akan disimpan menjadi lemak. Insulin sebagai hormone yang memetabolisme gula. Bila kandungan gula berlebih, insulin akan bekerja keras sehingga memicu diabetes.

    Bukan berarti karbo harus dimusuhi. Karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi untuk menjaga pola makan, asupan karbonya dikurangi dan biasakan mengkonsumsi karbohidrat yang tinggi serat. Karbohidrat yang dominan serat akan membantu menurunkan berat badan.


    soyjoy cut carbo

    Kekhawatiran akan menjadi lemas bila mengurangi karbohidrat seharusnya tidak perlu terjadi. 100 gr Grilled Chicken Breast dan 100 gr Nasi Uduk memiliki jumlah kalori yang hampir setara. Tapi jumlah kandungan karbohodrat di masing-masing menu jahuh berbeda. Kuncinya ada di pemilihan menu makan agar badan tidak menjadi lemas tapi asupan karbohidrat tidak berlebihan.

    Glycemic Index atau Angka Glikemik adalah angka yang menunjukkan kecepatan kenaikan gula darah terhadap glukosa yang dikonsumsi.

    Setiap makanan memiliki angka GI. Semakin tinggi angka GI, maka akan semakin mudah meningkatkan gula darah. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang low GI. Makanan yang low GI akan lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Dan, porsi makanan selanjutnya biasanya berkurang. Salah satu ciri makanan low GI adalah tinggi serat.

    soyjoy cut carbo
    Berat badan bukan menjadi patokan aman. Komposisi dalam tubuh yang harus diperhatikan. Frekuensi makan sebaiknya dipecah menjadi lebih sering tapi jumlah karbohidratnya dikurangi. Tujuannya untuk menjaga kenyang lebih lama.


    Ada yang makan banyak tapi berat badan tetap ideal. Memang bikin ngiri, sih. Tapi ternyata berat badan ideal pun bukan berarti jaminan aman. Bila komposisi di dalam tubuh lebih banyak lemak, resiko terkena diabetes pun bisa terjadi.

    soyjoy cut carbo
    Hot Sour Soup Rice – Grouper’s fin and tasty spicy soup

     

    “Diet karbo adalah mengurangi porsi karbohidrat harian dengan cara 3x makanan utama (pagi, siang, dan malam) disertai Dengan 2 kali cemilan sehat seperti mengkonsumsi SOYJOY di pukul 10 pagi dan 4 sore, tidak perlu khawatir kelaparan, karena kedelai yang kaya akan serat dan protein dicerna perlahan membuat kenyang lebih lama & nafsu makan lebih terkendali” ujar Dafina, Product Manager SOYJOY.

    SOYJOY adalah snack dengan bahan baku kedelai dan buah-buahan, coklat, atau almond. Angka GI SOYJOY semuanya rendah karena bahan baku utama SOYJOY adalah kedelai yang selama ini dikenal sebagai super food. Kedelai banyak mengandung serat, protein, lemak baik, dan berbagai micronutrient yang akan dicerna perlahan oleh tubuh sehingga bisa mengontrol nafsu makan.

    Penilaian angka GI untuk makanan tidak hanya dilihat dari kandungannya tetapi juga dari proses pembuatan. SOYJOY selain terbuat dari kedelai juga diproses dengan cara dipanggang.

    [Silakan baca: Mengurangi Drama Agar Hidut Bisa #AsikTanpaToxic]


    soyjoy cut carbo

    Gula darah yang tidak stabil akan membuat nafsu makan tidak terkendali

    Dengan mengkonsumsi SOYJOY 2 jam sebelum makan dapat mengurangi konsumsi karbohidrat harian. Karena SOYJOY yang memiliki angka GI rendah mampu mengendalikan gula darah agar tetap stabil. SOYJOY juga gluten free dan kedelainya (soy) yan non-GMO (non-Genetically Modified Organism).

    Mendengar cerita Ringgo Agus serta penjelasan tentang Cut Carbo, sepertinya Chi tertarik untuk melakukannya. Berat badan rasanya semakin bertambah aja. Ingin mengurangi beberapa kilogram demi kesehatan. Biar gak gampang cape dan sakit. Mengurangi karbohidrat? Insya Allah, bisa! Semangaaat! Semua dilakukan demi keluarga.


    soyjoy cut carbo
    Sarapan dengan soto mie, nasinya ½ porsi saja. Malah dari ½ porsi itu saya kurangi sedikit lagi karena di dalam soto mie sudah ada sedikit mie yang juga termasuk carbo. Di dalam semangkuk soto mie sudah ada lauk dan sayur. Semua komplit dalam satu mangkuk. Untuk menghilangkan rasa khawatir kelaparan, 2 jam sebelum sarapan, mengkonsumsi SOYJOY dulu.


    Teman-teman, mulai ikut cobain juga, yuk!

    [Silakan baca: Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan]


    soyjoy cut carbo 

    • Share:

    You Might Also Like

    30 comments

    1. Mba Myraa, aku juga sama nih. Berasa pengen makan nasi terus. Jadi makin montok. Demi body sehat, mau deh diet Hihiii

      ReplyDelete
    2. kalau saya seringnya lupa (pura2 lupa) kalo menunya sambel,g bisa ngurangin nasi,malah nambah terus...huhuhu

      ReplyDelete
    3. Kalo lauknya lagi enak ya susah ngurangin nasi. Hihi....

      ReplyDelete
    4. Aku juga pengen makan nasi terus :D wkwkwk apalagi kl sama sambel dan ikan asin, pasti minta tambah terus

      ReplyDelete
    5. Iya bangey, ya. Jalanin pola hidup sehat, kalo buat sendiri mah sering gak bisa disiplin. Tapi kalo untuk orang-orang tercinta, pasti bisa kuat. Kudu lurusin niat deh saya. :)

      ReplyDelete
    6. udah mulai kurangin nasi nih, dikit2

      ReplyDelete
    7. abis nyapih insyaallah aku mau diet karbo laggi :-)
      Soyjoy rasanya enak ya.. aku suka

      ReplyDelete
    8. pokoknya kudu sehattt demi org tersayang :")

      ReplyDelete
    9. Ngurangin nasi emang penting ya, tapi kadang suliiit XD Harus niat semangat 45 demi jaga kesehatan

      ReplyDelete
    10. lauk enak nasi dibanyakin he2.. padahal harusnya makan lauknya aja ya..

      ReplyDelete
    11. Hahhaaaa..terkadang godaan karbo tuh luar biasa, tapi dah setahunan ini aku sudah mulai mengurangi Chi.
      Atulah belajar pola hidup sehat, dan emang bener soyjoy niy ganjel banget dikala lapar, rasanya ga terlalu manis pula.
      Dulu ada yang ngash sample banyak, temen kerja di situ eh keterusan dah minta jatah hahhaa

      ReplyDelete
    12. Aku banyakin buah dan sayur...alhamdulillah udah turun BB nya. Hi..hi, iya di ind kaya karbo bnget. Klo pesta ala kampung/kenduri...menunya nasi, sayur kentang, krupuk, sama mie.. (Karbo semuaa☺)

      ReplyDelete
    13. Bener ya soyjoy bisa cut carbo ya. Aku jadi mau nerapin pola sehat kayak gitu supaya tetap sehat dan mengenyangkan.

      ReplyDelete
    14. Jujur aja nih, aku makannya sekali bisa 2 porsi nasi. Kalau 3x, ya 6 porsi. -,-
      Apalagi pas menyusui gini, bawaannya lapar mulu

      ReplyDelete
    15. Waaah Mbak, samaa.. saya kalau makan nasinya segitu juga, nanti saya perbanyak sayur atau buahnya saja :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Banyak makan sayur dan buah juga udah bikin kenyang, ya

        Delete
    16. Yes, kalo sedang lapeeerrrrr banget, yang pertama dilakukan emang minum air putih sebanyak banyaknya dan makan sesuatu yang ga bikin rakus ntar kalo ketemu nasi hehheheeee

      ReplyDelete

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^