Kamis, 14 April 2016

Let's Roar with The Lion Guard!

The Lion Guard, Disney Channel

Hakuna matata!

Familiar dengan seruan di atas? Hakuna Matata berasal dari bahasa Swahili yang berarti 'Don't Worry'. Bagi Chi,  'Hakuna Matata' mulai familiar sejak film The Lion King. Kalau dulu ada The Lion King, sekarang ada The Lion Guard. Teman-teman sudah tau apa itu The Lion Guard?



The Lion Guard masih ada hubungannya dengan The Lion King. The Lion Guard adalah cerita petualangan Kion dan teman-temannya di garda singa. Kion adalah anak kedua dari Simba dan Nala. Berdasarkan tradisi, biasanya anggota The Lion Guard adalah kumpulan singa yang berani dan gagah perkasa. Tapi, The Lion Guard pimpinan Kion seperti menentang tradisi yang sudah ada. The Lion Guard pimpinan Kion anggotanya terdiri dari berbagai binatang. Hanya Kion yang seekor singa.


The Lion Guard masih dengan setting padang rumput sabana di Afrika. Kion dan teman-temannya memiliki kekuatan yang berbeda. Kion -singa- yang gagah perkasa, Bunga (baca: bangga) -luwak madu- yang berani, Fuli -cheetah- adalah pelari tercepat, Beshte -kudanil- yang terkuat, dan Ono -burung bangau- memiliki pandangan yang paling tajam. Dengan kekuatan yang dimiliki, mereka saling bahu membahu menjaga keseimbangan alam (circle of life) di The Pride Land.

Selain gagah perkasa, Kion juga mewarisi Roar of The Elders, yaitu kekuatan magis berupa raungan. Apabila Kion sudah meraung, maka seluruh Singa di The Pride Land yang sudah menjadi roh akan ikut meraung bersama membentuk raungan yang sangat kuat. Kekuatan magis ini turun-temurun diberikan kepada anak kedua. Tapi, jangan coba-coba menyalahgunakan kekuatan ini. Karena Scar, pemilik Roar of The Elder sebelum Kion menyalahgunakan raungan ini untuk kejahatan. Akibatnya, Scar kehilangan kemampuannya.


Sabtu (9/4) lalu, Chi bersama Nai datang ke acara special screening The Lion Guard atas undangan dari The Walt Disney Company S.E.A di Lewis and Carrol Tea, Jakarta. Nai senang selama acara karena kegiatannya memang untuk anak-anak.

Baru datang saja sudah diberi kertas mewarnai beserta crayon. Juga craft untuk membuat topeng. Semuanya bertemakan The Lion Guard. Kemudian acara utama adalah menonton The Lion Guard yang akan mulai tayang serialnya di Disney Channel setiap hari Minggu pagi mulai tanggal 17 April 2016.

The Lion Guard, Disney Channel
Saatnya menonton the lion guard. Ada 2 cerita The Lion Guard yang kami tonton di hari itu.

Cerita pertama

Sekawanan buaya yang datang ke The Pride Land kemudian menguasai sungai. Semua warga hutan jadi tidak berani ke sungai karena takut. Padahal di sungai ada ikan yang bisa dimakan. Selain itu, sungai juga dimanfaatkan warga hutan untuk beraktivitas.

Awalnya, Kion ingin langsung meraung untuk melawan buaya-nuaya tersebut. Tapi niat itu diurungkan karena Kion khawatir apa yang dilakukannya salah. Kion lalu meminta saran kepada roh kakeknya. Roh kakeknya mengatakan supaya Kion menggunakan kekuatannya dengan bijak. Singkat cerita, Kion berhasil mengusir kawanan buaya tersebut tetap dengan raungannya tapi tanpa harus ada korban dari kedua pihak.

Cerita kedua

The Pride Land dilanda hujan badai, akibatnya bendungan bocor. Bunga mempunya ide untuk membendung sungai agar tidak meluber ke tempat tinggal mereka. Idenya berhasil. Sayangnya, hal ini membuat Bunga menjadi sombong. Dia langsung merasa sebagai yang terpintar di hutan. Kion sudah mengingatkan untuk tidak sombong, tapi Bunga tidak peduli. Apalagi kemudian Bunga punya pengikut sehingga semakin menganggap Kion tidak suka dengan Bunga menjadi yang tercerdas di The Pride Land.

Solusi Bunga untuk membendung sungai tidak sepenuhnya berhasil. Bendungan pun roboh dna membuat warga hutan ketakutan. Banyak yang meminta solusi kepada Bunga tetapi Bunga hanya bisa mengatakan tidak tahu harus berbuat apa. Warga hutan terdesak, pengikut Bunga memilih melarikan diri. Bunga tidak ikut melarikan diri. Bersama The Lion Guard, saling bahu-membahu mengatasi masalah. Kekuatan Kion pun kembali digunakan. Roaaar!

Seperti serial Disney lainnya, The Lion Guard juga sangat menghibur. Chi pikir anak-anak akan suka. Apalagi ketika Kion sedang mengeluarkan kekuatannya. Ajak anak untuk meraung bersama-sama, yuk! Pasti bakal seru, deh. Roaaar!

The Lion Guard mulai tayang pada tanggal 17 April 2016 di Disney Channel. Setiap hari Minggu pukul 07.30 wib. Pas banget, nih. Hari Minggu adalah hari keluarga. Jadinya bisa nonton bersama-sama. Seseruan bareng bersama anak-anak. Diskusikan juga moral story dari setiap episodenya.

Seperti 2 cerita The Lion Guard yang kami tonton. Pasukan Lion Guard kali ini yang mendobrak tradisi, mengajarkan untuk menghargai perbedaan. Siapapun bisa ikut menjaga bumi. Tema keseimbangan alam di The Lion Guard series juga bagus untuk mengenalkan anak-anak kepada alam sejak dini. Agar semakin banyak generasi yang cinta dengan bumi dan sadar bahwa menjaga keseimbangan alam itu perlu.

Di cerita pertama, Kion tidak gegabah menggunakan kekuatan yang dimilikinya. Padahal dia tau kalau kekuatannya digunakan, para buaya penguasa akan langsung pergi. Di cerita kedua mengajarkan anak-anak untuk tidak mudah sombong. Jangan seperti Bunga yang langsung merasa menjadi yang terpintar dan menganggap warga hutan lain iri ketika diingatkan.

Tapi apapun moral storynya, yang pertama kali harus dilakukan adalah ... Let's roar with The Lion Guard! :)

Zuka Zama Zom Zom Zom ... 

Roaaar!
Follow Me

30 komentar:

  1. ini sih bukan cuma ank-anak yg suka ya, emaknya juga :)

    BalasHapus
  2. wah asik ini eventnya, ada acara neggambar tuh kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, eventnya bersahabat dengan anak :)

      Hapus
  3. Jadi ingat dulu nonton Lion King pas kelas 1 SMA..., dan yang paling diingat ya lagunya Elton John sama "Hakuna Matata". Hehe
    Sayangnya TV ku nggak ada Disney Channelnya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagunya juga saya suka. Enak banget :)

      Hapus
  4. Zuka zama zom.. zom..zom... #jadipengennyanyi...

    Saya juga suka.. :-)

    BalasHapus
  5. Anak-anak aku suka banget nih lagunyaaa. Filmnya juga bagus, pesan moralnya dapet ya untuk anak-anak.. Hehehe. Seru banget sih Mak bisa ikutan acara screeningnya. Huhuhu. Mupeeenggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesan moralnya dapet, tapi gak menggurui. Saya selalu seneng kalau Disney bikin acara. Seru :)

      Hapus
  6. Ahh saya jadi ingat film the Lion King mbak Myra, dulu nonton di bioskop dekat rumah, waktu itu gedung bioskop masih banyak. nggak seperti sekarang kalau mau nonton harus ke Semarang bawah dulu :)

    Jadi pengen nonton yang ini nih, nanti di TV biasa tayang ngga ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak tau apakah akan ditayangkan sama tv lokal atau tidak. Tapi, memang bagus banget ini serialnya :)

      Hapus
  7. This is one of my favorite Disney's cartoon. Sampe bela-belain beli VCD originalnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... masih suka ditonton sampe sekarang? :D

      Hapus
  8. nunggun nihh di tv kabelll...masihh hari minggu..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minggu kemaren udah nonton, Mbak? :)

      Hapus
  9. hakuna matata dan jogetannya ituu nggak lekang diingatan deh mbak :D hahha

    BalasHapus
  10. Aku ga pernah bosen nonton Lion King! Pastinya bakal suka yang ini juga. :))

    BalasHapus
  11. kalo baru mulai 17 april, lah bbrp hari yg lalu aku ada liat film ini di disney channel mbak.. itu apaan ya.. lion guard juga kalo di filmnya.. aku sempet nonton soalnya.. tapi ada ditulis premiere apaaa gitu... lumayan suka sih, dan fyllypun betah nontonnya.. :).. apalagi sebelumnya papinya udh ksh tontonan film lion king yg jaman dulu.. biar nyambung dr awal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sebelum tanggal 17 itu versi movienya, Mbak. Ditayangkan, biar nyambung ma seriesnya

      Hapus
  12. Entah kenapa pas baca cerita pembuka sekelebat teringat cerita anak-anak, dan kayaknya nggak banyak blogger yang sharing tentang cerita anak-anak, padahal anak jaman sekarang sudah cukup lekat dengan teknologi, takutnya pas mereka coba googling sesuatu, malah yang nggak diinginkan keluar :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kenapa anak harus didampingi :)

      Hapus
  13. Behh aku aja mupeng pegen liat mbk. Hhee

    BalasHapus
  14. Aku juga ikutan nonton mbak di Disney channel. Bagus sih pesan moralnya.
    Garda singa nya ternyata ga cuma singa ya anggotanya.
    Kereeennn!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kan? Serienya memang keren :)

      Hapus
  15. Kalo hubungan nya ama ember lion star masih ada ngak ??? #Kabur

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge