Minggu, 10 April 2016

Belanja di GeraiCNI.com Semakin Mudah

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online

Ngebahas CNI lagi? Perasaan baru 3 minggu lalu ngebahas CNI?

Tenaaang ... Tetap ada sesuatu yang berbeda di setiap postingannya. Jadi, dijamin tidak akan ada pengulangan :)

Bagi Chi, CNI seperti raksasa yang baru bangun dari tidur panjang. Dulu, CNI sangat mudah ditemukan. Setidaknya di lingkungan Chi dengan mudah menemukan info tentang CNI termasuk yang menggunakan produknya. Perlahan nama CNI mulai meredup tapi tidak hilang dari ingatan.

Mulai akhir tahun 2014, CNI kembali menggeliat dengan nama baru, yaitu GeraiCNI.com. Yup! Selamat datang di dunia digital, CNI!

Mengikuti perkembangan zaman, sejak bernama Gerai CNI maka perjalanan memasuki dunia digital pun dimulai. Langkah apa saja yang telah CNI lakukan di dunia digital, sudah Chi tulis di postingan "Menjadi Blogger Profesional, Mungkinkah?"


Pada hari Minggu, 3 April 2016, Chi dan sekitar 30 blogger lainnya berkesempatan mengunjungi kantor CNI di daerah Puri Kembangan, Jakarta. Wow! Itulah kesan pertama saat memasuki kantor CNI. Kantor yang awalnya berfungsi sebagai gudang ini tidak hanya luas, tapi explore kantor CNI sudah seperti mengunjungi sebuah galeri.

Di lantai pertama, kami disambut dengan patung hati dan miniature menara Eiffel. Patung hati yang kalau diperhatikan adalah rangkaian tangan yang saling bergandengan. Patung hati dengan rangkaian tangan menggambarkan kalau CNI adalah perusahan yang peduli dengan masyarakat. Menara Eiffel menjadi semacam penyemangat karena CNI selalu mengadakan Champion trip untuk member dan tahun ini rencananya ke Paris.

Dipandu oleh bapak Gusti Alendra, kami mendatangi satu per satu galeri yang ada di lantai pertama. Ada 5 galeri di sana, yaitu
  1. Health and Food
  2. Food and Beverage
  3. House Hold
  4. Personal Care
  5. Farming
CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Piramida makanan menjadi tolok ukur CNI untuk memproduksi produk kesehatan

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Marine Organic Calcium, baik untuk tulang. Bahan coral calcium-nya diambil dari perairan Jepang

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Sun Chlorella, produk pertama CNI yang masih terus ada.  Ada 10 manfaat bila mengkonsumsi Sun Chlorella, 3 diantaranya adalah membant penyerapan nutrisi makanan,tinggi antioxidan, dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Ester C, vitamin C dosis tinggi yang aman bagi lambung dan baik bagi daya tahan tubuh. Cukup mengkonsumsi Ester C 1 x sehari untuk perlindungan tubuh secara maksimal.
 
Setiap galeri memiliki produk unggulan. Health and food memiliki Sun Chlorella (diproduksi pertama kali tahun 1986 yang juga merupakan produk pertama CNI) serta Ester-C sebagai produk unggulan. Sun chlorella bahkan merupakan produk pertama dari CNI. Dulu nama perusahaannya pun Nusantara Sun Chlorella Tama, berdiri sejak tahun 1986,  kemudian berubah menjadi CNI. Piramida makanan menjadi acuan CNI untuk memproduksi produk yang dibutuhkan manusia.

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Produk CNI lainnya selain kopi ginseng untuk divisi Food and Beverage. Teman-teman produk CNI mana saja yang pernah dikonsumsi?

Kopi ginseng menjadi produk andalan di divisi Food and Beverage. Kopi ginseng merupakan percampuran 2 kopi, yaitu robusta dan arabika yang keduanya berasal dari Indonesia dan dipadu dengan ginseng asal Korea. Selain wanginya yang bisa mengharumkan satu ruangan, kopi ini juga merupakan pelopor kopi ginseng. Pak Gusti juga mengatakan pada saat ada pertemuan antar menteri luar negeri di China, kopi ginseng CNI menjadi minuman wajib bagi para menteri.

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Produk unggulan CNI lainnya, detergen yang tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian tapi mencuci perhiasan juga bisa. Masih banyak produk CNI lainnya. Bahkan CNI pun memproduksi kosmetik.

Masih ada lagi beberapa produk unggulan CNI lainnya. Tapi, mari lanjutkan cerita perjalanan meng-explore CNI office ke lantai 2. Yang jelas, kalau teman-teman penasaran melihat beragam produk unggulan CNI bisa datang ke kantornya. Di sana juga ada minimarket dimana teman-teman bisa langsung membeli produk CNI.

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Salah satu program CSR CNI, yaitu secara berkala melakukan kegiatan donor darah dan memberikan bantuan berupa ambulance untuk mendukung kinerja PMI
CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online

Di lantai berikutnya, seperti museum. Berbagai achievement CNI terpampang di sana. Perjalanan CNI dari tahun ke tahun, hingga beberapa miniature program CSR dari CNI. Komplit ... komplit ... komplit ...

 

Usai berkeliling kantor CNI, ditemani dengan secangkir kopi ginseng atau hot chocolate CNI, kami memasuki ruangan untuk sesi bincang-bincang. Ada 3 pemateri yang akan berbicara di hari itu, yaitu
  1. Marselinus Ferdinand, Head of Marketing Support CNI - Internet & Social Media Marketing. Best Practices.
  2. Rizki Siwu, Vice President of DOKU - Indonesian e-Commerce & Online Payment
  3. Ani Berta, Blogger - Menggali Potensi dari Digital Konten
Bapak Marselinus Ferdinand, Head of Marketing Support CNI
Content is The Reason Search Began. Konten ... konten ... konten ... Sepertinya tema tentang konten memang selalu menarik dibahas dan juga harus terus diingatkan. Ungkapan "Content is The King" bukanlah sebuah basa-basi. Sebagai seseorang yang beraktivitas di bidang penulisan (tidak hanya untuk blogger saja) memperhatikan dan mengutamakan kualitas konten adalah sebuah keharusan.

Di pertemuan 3 minggu lalu pun, Niko Riansyah dari CNI mengatakan walaupun berjualan produk tetapi website CNI tidak melulu berisi jualan. Sesekali diisi dengan konten tentang tip dan lain sebagainya asalkan tidak menyimpang. Ya karena CNI dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi produk kesehatan, kalaupun mau bikin postingan yang bukan jualan tentunya harus yang berhubungan dengan kesehatan.

Social media berperan besar untuk meningkatkan traffic blog. Rajin-rajinlah share postingan ke berbagai akun sicmed yang dimiliki agar traffic semakin meningkat. Bekerjasama dengan para blogger pun menjadi salah satu upaya CNI untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan produknya.

5 C's Social Media Marketing Strategy:
  1. Comprehend (Memahami) - memahami panorama dari social media marketing
  2. Consumers (Pelanggan) - memahami bahwa social media bisa menjadi pintu gerbang untuk mengetahui consumers-mu
  3. Content (konten) - memahami bahwa konten di social media akan mampu menarik konsumen untuk datang ke website
  4. Conversation - dengarkan dan kelola interaksi dengan konsumen
  5. Connection - terus jaga hubungan dengan audiens di berbagai social media yang dimiliki 
Pak Marsel juga menjelaskan tentang bagaimana membeli produk CNI secara online. Pembelian online ini memudahkan pelanggan bila kesulitan mencari produk CNI. Dan, untuk membeli produk CNI secara online tidak harus menjadi member. Siapapun bisa membeli produknya. Untuk lebih jelasnya, Teman-teman bisa melihat video cara pembelian produk CNI di bawah ini


Yang namanya jualan, baik itu konvensional atau online tentu erat kaitannya dengan pembayaran. Selain itu, kalau belanja online juga berkaitan erat dengan kepercayaan. Kalau udah bayar trus barang gak dikirim bagaimana? Tertipu, dong.

Sebelum mengaku sebagai penggemar belanja online, pada awalnya Chi pun sempat ragu. Khawatir tertipu dan uang pun melayang. Oleh karenanya, Chi lebih suka pembayaran dengan COD kemudian lama kelamaan mulai memberanikan transfer. Lama-kelamaan malas COD-an karena Chi memang jarang punya cash. Belum berani bertransaksi online dengan kartu kredit dan tidak tahu kalau ada metode pembayaran lain.

CNI, DOKU, metode pembayaran, belanja online
Teman-teman sudah punya DOKU?

Ternyata, apa yang Chi lakukan itu sama dengan banyak orang. Rizki Siwu dari DOKUid mengatakan bahwa berdasarkan sumber daily social startup report 2015, metode pembayaran online d Indonesia adalah transfer (57%), COD (28%), others (8%), dan credit card (7%).

Pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 (tahun 2015), naik dari 88,1 juta (tahun 2014). Semakin banyaknya pilihan smarphone murah dan juga para provider yang menawarkan berbagai paket internet murah membuat pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Rata-rata sekitar 20% kenaikan setiap tahunnya. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara ke-13 pengguna internet terbesar di dunia. Jumlah netizen yang belanja online pun ikut meningkat.

Dari puluhan juta pengguna internet tersebut, yang sudah melakukan pembelian online baru sekitar 7,4 juta saja (2015). Di tahun 2016, diprediksi 8,7 juta netizen melakukan belanja online. Tentu ini peluang yang sangat besar bagi seller online. Apalagi kalau tokonya 'ramah' dengan smartphone. Karena sekitar 61% pembeli online berbelanja dengan menggunakan smartphone dibandingkan device lainnya. Fashion masih menguasai pasar online di Indonesia.

Bagi toko online yang memberikan beragam pilihan pembayaran beserta keamanannya akan dianggap kredibel dan dipercaya oleh pembeli. Selain metode pembayaran seperti COD, transfer, dan kartu kredit, sekarang ada metode pembayaran lainnya yaitu e-wallet.

Bila teman-teman belanja online di CNI, pembayarannya juga sudah bisa dengan menggunakan e-wallet. CNI bekerjasama dengan DOKU yang menyediakan layanan e-wallet ini. Selain dengan CNI, DOKU juga bekerjasama dengan banyak merchant ternama lainnya.

E-wallet DOKU ini adalah dompet virtual dimana teman-teman gak perlu punya kartu. Hanya perlu registrasi di dokuwallet.com, isi data diri yang diminta dan ikutin prosesnya yang mudah, maka teman-teman pun sudah memiliki DOKU. Untuk isi saldo/top up, bisa dilakukan di ATM atau minimarket seperti Alfamart.

Perbedaan e-wallet DOKU dengan lainnya yang sudah ada adalah selain tidak menggunakan kartu, jumlah saldo di DOKU lebih besar. Kalau e-wallet lain, jumlah maksimal saldo adalah 1 juta. Sedangkan kalau DOKU bisa hingga 5 juta. Dalam sebulan bisa di top up hingga 4 kali, sehingga total saldo dalam sebulan mencapai 20 juta. Jumlah yang besar membuat teman-teman bisa lebih leluasa untuk berbelanja.

Rizki Siwu, Vice President of DOKU
Rasa aman juga akan didapat apabila teman-teman memiliki DOKU. Kalau menggunakan e-wallet yang berkartu, uang akan hilang bila kartunya hilang. Sedangkan d DOKU, teman-teman tidak pelru mengkhawatirkan hal itu. Selain untuk belanja online, DOKU juga bisa digunakan untuk transaksi offline seperti pembayaran listrik atau layanan First Media.

Karena CNI sudah bekerjasama dengan DOKU, pastinya akan membuat belanja online di Gerai CNI semakin mudah. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk menyenangkan dan memuaskan pelanggan?  Sebagai pembeli juga akan senang bila proses belanja semakin mudah dan aman termasuk dalam hal pembayaran. Sudahkah Teman-teman memikirkan untuk memiliki DOKU? Atau malah sudah punya DOKU *Kalau Chi selalu berharap punya DOKU (=duit) terus, sih. Etapi, jadi kepikiran juga pengen punya DOKU yang ini :D*

Menutup acara gathering hari ini, pembicara terakhir adalah Ani Berta. Sebagian materi yang disampaikan oleh Ani sudah Chi tulis di postingan tentang menjadi profesional itu. Tapi seperti janji di awal kalau postingan ini bukanlah pengulangan, maka Chi akan menambahkan ilmu yang dipaparkan oleh Ani Berta.

Ani mengingatkan kami untuk selalu membuat content plan agar kegiatan menulis konsisten. Ini semacam pengingat untuk Chi. Karena Chi pernah bikin content plan tapi memang gak rutin. Harus mulai konsisten dilakukan setiap bulan, nih.

Ani Berta, Blogger
Ani memberikan tip untuk membuat konten di Twitter dan Facebook. Yup1 Bicara tentang konten memang tidak hanya di blog, ya. Apapun medianya, harus diusahakan membuat konten yang baik.

Twitter:
  • Padatkan kalimat informatif
  • Satu key message
  • Hindari kalimat tidak penting
  • Buat kalimat seolah ngobrol dengan followers
Facebook:
  • Tidak melebihi satu paragraf
  • Ada greeting dan opening
  • Memancing teman untuk ikut terlibat dalam topik
Tulisan yang kita hasilkan akan menciptakan branding diri. Jangan sampai branding yang melekat ke diri kita ternyata 'bukan kita banget'. Oleh karenanya sebelum tercipta branding, ada baiknya Teman-teman berpikir terlebih dahulu tentang 6 hal ini
  • Tidak memaksa
  • Sesuaikan dengan keahlian yang dikuasai
  • Tingkatkan kualifikasi
  • Seberapa banyak kontribusi yang telah dilakukan
  • Tingkatkan jam terbang dan porto folio
  • Ringan tangan
"Sebuah proses akan menentukan kualitas" itulah quote Ani Berta yang menjadi penutup acara ini. Mari kita menikmati proses, Teman-teman. Teruslah berproses untuk meningkatkan kualitas.

Kembali lagi tentang CNI, selain banyak menghasilkan produk berkualitas, CNI adalah perusahan asli Indonesia yang mendunia. Pertama kali didirikan di Bandung pada tahun 1986 dengan nama perusahaan Sun Chlorella Tama Nusantara, CNI kini sudah mendunia. *Bangga, deh*

Pada tanggal 12 November 2016, CNI akan mengadakan selebrasi besar-besaran di ICE BSD City untuk merayakan ulang tahun CNI ke-30. Para member CNI di seluruh dunia akan hadir di selebrasi ini. Kabarnya, member CNI dari China saja akan hadir sebanyak 1000 orang. Wah! Semoga blogger juga bisa ikut merayakan selebrasi ini untuk meliput, ya :)

Follow Me

20 komentar:

  1. Sekarang ada gerai baru ya Mba CNI.com Dulu aku konsumsi Ester-C manfaatnya sangat bagus utk kebugaran tubuh

    .. Trus aku suka banget sama kopi CNI.. Menurutku kopi CNI adalah kopi terenak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Di gerai CNI bisa belanja online. Saya juga konsumsi Ester C CNI. Kopi ginsengnya memang juara, deh :)

      Hapus
  2. Makasih udah datang di acara ini Chi :D

    BalasHapus
  3. Makasih banyak Mbak Myra untuk ilmunya :D
    Saya sendiri sih konsumsi esther c kalo ngerasa lagi drop n butuh asupan vitamin c. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Iya, Esther C-nya bagus buat badan kembali bugar :)

      Hapus
  4. produknya banyak juga ya mbak myr :O

    BalasHapus
  5. Belum pernah nyoba DOKU atau e-wallet.
    Lama juga yah gaungnya CNI gak pernah kedengeran beberapa tahun belakangan. Baru beberapa tahun ini denger lagi ttg MLM ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang CNI mulai menggeliat lagi :)

      Hapus
  6. Dulu jaman masih sekolah kenalnya CNI dari tetangga tapi kayaknya cuma kopi aja.

    Terima kasih sharing nya Mbak Myra :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Ayo ke Gerai CNI, Mbak untuk lebih tau banyak tentang produk lainnya :)

      Hapus
  7. waah makin banyak ya produk CNI, kereen uy ada galerinya.
    Plus makin Kece ada T Ani Berta, bener2 sharingnya top pisan.
    Baiklah konten plan ya, mesti dibiasakan *kalo aku seringnya dadakan xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, Teh. Saya juga masih sering dadakan, nih hehhee

      Hapus
  8. Aku mau DOKU hihihihihi mau belanja ini itu juga di GeraiCNI. Kopiii kakak, plissss kopinya dong dong dong hahahahhaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. belanja aja kopinya di Gerai CNI. Tapi trus saya dibagi, ya hehe

      Hapus
  9. Bagus-bagus emang produk CNI, tp sayang harganya agak mahalan ya mbak

    BalasHapus
  10. Sejak dulu, aku suka kopi ginsengnya dan coklat, eeeh, kemarin disuguhi itu, ya klop lah. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pas banget, ya. Apalagi ruangan dingin. Rasanya badan jadi hangat disuguhi 2 minuman itu :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge