Rabu, 03 Februari 2016

Miao Mi Saluran Edutainment untuk Anak Belajar Bahasa Mandarin dengan Cara Menyenangkan

Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision
Seberapa penting belajar bahasa Mandarin sejak dini? Yuk, kita cari tau di Miao Mi, saluran edutainment untuk anak belajar bahasa Mandarin dengan cara menyenangkan

Sudah bukan rahasia lagi kalau bahasa Inggris adalah bahasa nomor 1 di dunia. Bahkan, saat masih remaja, Chi bertahun-tahun kursus bahasa Inggris. Tapi entah karena waktu itu merasa bosan ikutan kursus, atau memang tempat kursusnya yang kurang menyenangkan. Abis kebanyakan ngajarin teori dibanding prakteknya. Di sekolah pun sama, pelajaran bahasa Inggris begitu-gitu aja. Jadi, rasanya sampai sekarang Chi merasa kemampuan bahasa Inggrisnya begitu-gitu aja. Hanya mampu Inggris pasif. Kalau disuruh bicara dengan bahasa Inggris, masih belepotan kemana-mana. Malah banyakan  groginya. *Mending diem ajah di pojokan hahaha*

Gak mau anak-anak mengalami hal serupa, Chi dan K'Aie ingin banget anak-anak jago berbahasa Inggris. Mereka banyak belajar bahasa Inggris dari berbagai sumber. Sekolah Keke dan Nai adalah sekolah bilingual. Sebelum ganti jadi kurikulum tematik, buku pelajaran untuk berbagai mata pelajaran, hampir smeua berbahasa Inggris. Mereka juga kursus berbahasa Inggris. Keberanian mereka berbahasa Inggris semakin terasah dengan banyak tontonan berbahasa Inggris, baik melalui tv kabel atau internet. Dan, semua itu dilakukan dengan cara menyenangkan, termasuk saat di sekolah.

Memang seberapa penting, sih, belajar dengan cara menyenangkan bagi anak?

Penting banget! Bermain adalah dunia mereka. Kalau mengajarkan anak, harus dengan cara bermain supaya mereka cepat menangkap. Termasuk belajar bahasa. Di blog ini, Chi pernah cerita tentang anak teman yang fasih banget ngomong bahasa Inggrisnya. Kata ibunya, anaknya gak pernah kursus sama sekali. Sehari-harinya, cuma nonton berbagai tayangan anak berbahasa Inggris di tv kabel. Sambil nonton, ada banyak yang terserap di otaknya. Lama-lama, dia fasih berbahasa Inggris.

Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision

Bagaimana dengan second language?

Chi dan K'Aie pernah beberapa kali meminta anak-anak untuk menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelahnya mereka wajib menguasai 1 bahasa asing lagi. Terserah mau bahasa asing dari negara mana. Sepertinya, sekarang ini menguasai lebih dari 1 bahasa asing itu sangat baik. Apalagi di era perdagangan bebas, bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan. Tapi menjadi nilai plus kalau bisa menguasai bahasa lain selain bahasa Inggris.

Tapi, Chi sempet mikir juga ketika melihat papah. Ketika masih bekerja di salah satu bank pemerintah, nasabah papah banyak yang keturunan Tionghoa. Setelah pensiun, papah kerja di salah satu perusahaan ekspor dimana pemiliknya adalah keturunan Tionghoa.

Dulu, papah pernah bilang kalau menguasai bahasa Mandarin itu penting. Setidaknya sedikit mengerti percakapan sehari-hari, lah. Papah pun mulai sedikit-sedikit mempelajari bahasa Mandarin. Apalagi sekarang papah beberapa kali ke China untuk urusan kerjaan.

Kayaknya, apa yang papah katakan itu benar juga. Jangankan bekerja di luar negeri, beberapa konglomerat di negeri kita pun keturunan Tionghoa. Waktu Chi masih kerja, selalu aja gagal kepoin kalau para boss sedang bercakap-cakap dengan bahasa Mandarin. Atau gak usah jauh-jauh, deh. Warung kelontong di depan komplek, pun, pemiliknya selalu bicara dengan bahasa Mandarin kalau lagi ngobrol sama istri dan anaknya.

Miao Mi Saluran Edutainment untuk Anak Belajar Bahasa Mandarin dengan Cara Menyenangkan

Kamis, 28 Januari 2016, bertempat di Lollipop's Playland, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Chi hadir di acara launching Miao Mi Saluran Edutainment untuk Anak Belajar Bahasa Mandarin dengan Cara Menyenangkan.

Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision
"Kami sangat senang atas peluncuran Miao Mi di Indonesia dengan PT. MNC Sky Vision." ujar Ofanny Choi, Excecutive Vice President, TV Network, Celestial Tiger Entertainment.
Target penonton tayangan Miao Mi adalah anak berusia 3-6 tahun agar mau belajar bahasa Mandarin dengan cara menyenangkan. Apa manfaat belajar bahasa Mandarin sejak dini? Yuk, simak beberapa fakta berikut menurut Yudha Wibawa, Deputy CEO, PT. MNC Skyvision Tbk.

Fakta #1 - Mandarin adalah bahasa nomor 2 yang paling banyak dipakai di dunia. Salah satu alasannya adalah China jumlah penduduknya terbesar di dunia. Tapi fakta ini awalnya tidak banyak disadari oleh banyak orang karena dulu perekonomian China masih lemah.

Fakta #2 - Tidak hanya dari bahasa, saat ini perekonomian China menempati peringkat nomor 2 di dunia. Bahkan sudah diprediksikan dalam beberapa tahun ke depan, China bisa menjadi nomor 1 dalam hal perekonomian mengalahkan US.

Dulu, bahasa Mandarin diajarkan secara turun temurun. Orangtua akan mengajarkan bahasa Mandarin hanya kepada anaknya. Jarang yang bukan keturunan Tionghoa tertarik belajar bahasa Mandarin. Kalaupun harus belajar bahasa asing, biasanya kursus bahasa Inggris.

Tapi, berdasarkan kedua fakta di atas, terutama fakta #2, itu artinya ke depannya masyarakat akan banyak berbisnis dengan orang Tionghoa. Apalagi bila China berhasil menjadi nomor 1 dalam hal perekonomian. Kemampuan berbahasa Mandarin harus mulai diperhitungkan.

Seperti halnya orang Jepang, orang Tionghoa juga jarang yang bisa berbahasa Inggris. Mereka lebih suka bercakap-cakap dengan bahasa sendiri, yaitu Mandarin. Biasanya orang Tionghoa yang jago bahasa Inggris adalah orang Tionghoa yang tinggal di Hongkong. Sedangkan orang Tionghoa yang tinggal di China atau Taiwan jarang yang fasih berbahasa Inggris. Itulah kenapa belajar bahasa Mandarin harus mulai dipertimbangkan, apalagi kalau berencara ke depannya akan berbisnis dengan orang Tionghoa.

Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision 
Kiri ke kanan: Jazz, Melissa Karim, Yudha Wibawa, Ofanny Choi, dan MC

Kenapa harus mulai belajar bahasa Mandarin sejak dini?

Bahasa Mandari itu sulit. Dalam hal tulisan, bahasa Indonesia seperti halnya bahasa Inggris, hanya terdiri dari alfabet A s/d Z. Cukup 26 huruf alfabet saja. Tapi untuk bahasa Mandarin, setiap kata di bahasa Mandarin adalah 1 huruf. Total ada sekitar 10.000 kata yang harus dihapalkan. Di negaranya saja, anak belajar tulisan Mandarin sejak kelas 1 SD dan biasanya baru selesai kelas 6 SD. Bayangin perbedaannya, ya. Kalau alfabet, paling lulus TK juga udah hapal. Minimal udah bisa baca kata-kata sederhana. Tapi untuk Mandarin kelas 6 SD baru selesai.

Apakah harus belajar bahasa Mandarin?

Sebaiknya memang harus. Bicara tentang anak maka juga bicara tentang masa depan mereka. Mengingat perekonomian China yang semakin maju, gak menutup kemungkinan anak-anak kelak akan berbisnis dengan orang Tionghoa. Atau bekerja di perusahaan yang pemiliknya keturunan Tionghoa. Biasanya para petinggi perusahaan asal China kurang bisa berbahasa Inggris. Ya, kalau ingin berkarir bagus, bahasa Mandarin juga sebaiknya dikuasai.

Salah satu buktinya adalah sekarang ini apa, sih, produk yang bukan buatan China. Hampir seluruh produk bahkan produk bermerk asal negara lain pun dibuatnya di China. Jadi, kalau dulu yang belajar bahasa Mandarin hanya turun-temurun sekarang seharusnya sudah mulai bergeser. Belajar bahasa Mandarin adalah untuk investasi masa depan. Dan, siapapun sebaiknya belajar bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin memang sulit. Tapi bisa cepat dipelajari asalkan belajar dengan cara menyenangkan. Nah, Miao Mi, sebuah saluran edutaintment, menjawab kebutuhan tersebut. Channel Miao Mi tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak keturunan Tionghoa. Tapi seluruh anak Indonesia yang berlangganan Indovision bisa menonton channel ini. Gak usah khawatir dengan bahasanya. Miao Mi adalah channel dengan dual language, kok.

Berbagai Program Tayangan di Channel Miao Mi
Miao Mi - Miao berarti wonderful atau luar biasa. Bahasa Mandarin kucing adalah Mao. Tapi, anak-anak biasanya menyebut kucing dalam bahasa Mandarin dengan mengucapkan 'Mao Mi'. Itulah eknapa maskot Miao Mi adalah seekor kucing.
Ada berbagai tayangan berkualitas tinggi dari beberapa produser ternama di Asia pada channel Miao Mi. Program di Miao Mi channel todak hanya menghibur tapi juga mendidik. Berikut adalah beberapa program tayangan di channel Miao Mi

Rubi danYoyo


Rubi adalah seorang gadis kecil dengan karakter ceria yang hobinya mengeksplorasi dunia sekitarnya bersama Yoyo - binatang ajaibnya - dan juga teman-temannya. Rubi dan Yoyo diproduksi oleh salah satu studio animasi terbesar di China. Rubi dan Yoyo adalah serial franchise yang sudah sukses sebanyak 8 musim (208 episode).

Bellbug Popo


Berkisah tentang seekor bayi bellbug bernama Popo. Popo akan mengajak anak-anak untuk mencintai lingkungan. Mengenalkan anak terhadap pola hidup eco-friendly.

Pleasant Goat and Big Big Wolf


Pleasant Goat & Big Big wolf juga animasi yang sangat terkenal di China. Bahkan sudah dibuatkan versi layar lebarnya. Sejak pemutaran perdana di tahun 2005, animasi ini sudah disiarkan di lebih dari 40 stasiun TV lokal di Asia, seperti di Hongkong, Taiwan, India, dan Singapore.

Masih banyak progam menarik lainnya di Miao Mi Channel. Bahkan saat weekend akan ada tayangan spesial dari channel ini. Tapi, jangan lupakan tayangan utama dari channel ini, yaitu ...

Miao Mi Classroom

Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision

Miao Mi classroom adalah program utama yang tayang setiap hari, setiap 20 menit sekali. Miao Mi classroom akan mengajarkan anak-anak belajar bahasa Mandarin dasar dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar kosa kata baru dari bahasa Mandarin dasar melalui flash card atau lagu-lagu.

Melissa Karim dan Miao Mi

Di acara ini juga hadir Melissa Karim yang selama ini dikenal sebagai seorang ibu, presenter, penyiar radio, dan aktris. Melissa Karim hadir bersama anaknya, Jazz. Melissa antusias dengan kehadiran channel Miao Mi, sebuah channel tv bagi anak-anak Indonesia yang tidak hanya menghibur tapi juga mendidik dan menginspirasi.

Melissa membatasi waktu nonton tv untuk anaknya. Ada waktu tertentu dan juga program televisi yang sudah dipilihkan. Menurut Melissa Karim, tayangan tv yang baik adalah yang mengandung unsur moral story. Apalagi anak umumnya seperti spons yang snagat mudah menyerap apa yang mereka lihat.

Menurut Melissa, orang Tionghoa tersebar di seluruh dunia. Di setiap negara biasanya ada China Town. Bahkan ketika berkunjung ke Venezuela, Melissa pernah menemukan perkampungan Tionghoa dan mereka berbahasa Mandarin dengan sangat baik.
"Keunggulan Miao Mi adalah berasal dari Asia. Jadi, ada hal-hal yang bisa didapatkan di Miao yang tidak ada di channel Western," ujar Melissa Karim. "Keunggulan lainnya adalah berbagai program Miao Mi bisa dicocokkan dengan usia anak. Aku juga tidak perlu cape mengajak Jazz kursus Mandarin. Tinggal nonton tv selama 15 menit saja, Jazz sudah bisa mendapatkan paling tidak 2 kosa kata. Kemudian menonton lagi, kota katanya semakin banyak."
Miao Mi, Belajar bahasa Mandarin, indovision 
Belajar bahasa Mandarin bersama Miao Mi

Teman-teman, tertarik mengajak putra-putrinya menonton Miao Mi? Jangan lupa didampingi, ya. Orang tua bisa sekalian belajar bersama anak. Lumayan, kan, kalau sedikit-sedikit bisa tau beberapa kosa kata bahasa Mandarin juga. Saat ini, channel Miao Mi sudah tayang. Dan, hanya ada di Indovision channel 38.

Xie xie, Miao (Terima kasih, Miao Mi). *Lumayaaan ... Chi udah tau 1 kata hehehe).

post signature

9 komentar:

  1. asyikk.. dari dulu pingin belajar bahasa mandarin nih aku..

    BalasHapus
  2. Ini punya chanel sendiri atau bs nonton lwt MNC chanel biasanya ya? Range nya pas bgt sm usia anakku 5 taon

    BalasHapus
    Balasan
    1. channel sendiri, Mbak. Di channel 38, hanya di Indovision

      Hapus
  3. Ni hao ma hehehehe

    Dulu saya pengen belajar bahasa mandarin, biar bisa ngobrol sama Jackhie Chan *zaman kecil* ga kesampean. Nah, ada channel ini, jadi pengen berlangganan, sekalian buat belajar Dimas.

    BalasHapus
  4. Aku udah dari kecil pengin belajar bahasa mandarin, banyak keluarga tionghoa juga jadi seneng kalau bisa ngerti. Kayaknya channel ini bakal dicari sama keluarga deh buat tontonan hahaha

    BalasHapus
  5. programnya lucuuu ya mba...dan pasti menghibur sekaligus edukatif buat anak-anak :)

    BalasHapus
  6. wihii,,., gambarnya lucu-lucu. ide foto mba keknaima ini selalu saya suka!.. :-)

    BalasHapus
  7. Programnya bagus ya mbak Myra, anak-anak bisa belajar sambil bermain. Apalagi tokohnya banyak jadi tidak membosankan :)

    BalasHapus
  8. Iya. Iket rambut aja made in China. :D
    Jadi pingin belajar bahasa Mandarin juga. :)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge