Jangan Langsung Panik Apabila Bayi Kuning

By Keke Naima - August 06, 2015

Cerita waktu Keke lahir, ya. Namanya juga melahirkan anak pertama, pasti bahagia banget, dong. *Waktu ngelahirin anak kedua juga bahagia banget, ding :D* Apalagi Keke lahir dengan tubuh yang sehat dengan berat 3,99 kg dan tinggi 51 cm. Pokoknya dari proses melahirkan hingga memberi ASI semuanya lancar. Sampai sehari sebelum pulang dari rumah sakit, hasil lab menyatakan kalau Keke kelebihan bilirubin akibatnya badannya kuning.

Lebihnya gak banyak, sih. Cuma nol koma sekian dari angka normal. Dokter menyarankan supaya Keke tetap di rumah sakit hingga bilirubinnya kembali normal. Setelah berdiskusi dengan K'Aie, kami memutuskan untuk tetap membawa Keke pulang. Chi bener-bener gak siap kalau anak sekecil itu udah harus dirawat. Chi panik dan stress, lah. Trus merasa bersalah juga.

Kami pikir lebihnya kan gak banyak. Mudah-mudahan cukup dengan dijemur di pagi hari, bilirubinnya bakal turun. Karena permintaan pulang pasien berasal dari kami, maka kami diminta untuk menandatangani surat pernyataan. Dan diminta untuk kontrol 2 hari kemudian.

Lha, gak taunya besok dan lusanya matahari gak muncul-muncul. Memang sih lagi musim hujan saat Keke lahir. Jadi aja dia dijemurnya gak maksimal. Hasilnya begitu kami kontrol lagi, bilirubin Keke semakin tinggi. Over 2 koma sekian gitu, deh. Dokter langsung mengharuskan dirawat kecuali kami mau menanggung resiko yang lebih besar lagi. Kalau bilirubinnya udah sangat over bisa berpengaruh ke tumbuh kembang anak, lho. Malah darahnya harus diganti dulu. Serem, ya. Makanya jangan anggap remeh kuning pada bayi. Gak mau ambil resiko lebih tinggi lagi, kami pun nurut sama perintah dokter. Tapi tetep aja bikin Chi sedih banget melihat anak masih bayi udah harus dirawat.

Dokter bertanya beberapa hal ke Chi. Apa setelah melahirkan, Chi minum jamu? Minum soda? Kasih kamper ke pakaian bayi? Dan beberapa pertanyaan lain. Pertanyaan tersebut untuk mengetahui dari mana penyebab bayi kuning. Memang sih kebanyakan bayi kuning itu bukan karena penyakit karena umumnya bayi baru lahir fungsi hatinya belum sempurna. Tapi tetep harus dicari tau. Siapa tau ada sesuatu yang dikonsumsi atau dipakai yang menjadi pemicunya. Atau bisa juga kuningnya karena penyakit.

Setelah melakukan serangkaian pertanyaan, dokter anak mempunyai kesimpulan sementara kalau penyebab badan Keke kuning adalah perbedaan golongan darah dengan bundanya. Ibu yang bergolongan darah O memang bisa menyebabkan anaknya kuning apabila golongan darah anaknya tidak sama. Penyalurannya bisa lewat ASI. Ada penjelasan medisnya, sih. Tapi bisa dicari juga ke Google kenapa perbedaan golongan darah ibu dengan anak bisa menyebabkan kuning. *sempet feeling guilty pas tau penyebabynya karena beda golongan darah*

Karena over bilirubinnya belum terlalu besar, dokter anak meminta Chi untuk tetap memberi ASI. Tapi karena Keke masuk ruang perawatan, jadi ASInya Chi perah trus dimasukin ke botol. Kalau lagi menjenguk, bisa Chi kasih ASI langsung.

Untung juga ada yang kasih kado botol susu saat Keke lahir. Ya, walopun Chi udah bertekad ASI, tapi itu botol susu tetep kepake juga kalau lagi darurat gitu hehehe. Pompanya aja yang mendadak beli. Jadi kalau ada calon ibu yang sama kayak Chi bertekad untuk ASI, tetep sediain aja perlengkapan bayi kayak botol susu. Gak perlu banyak, cukup 1-2 botol. Yang penting ada, siapa tau mendadak butuh.

Pokoknya walopun belum tentu penyakit, tapi jangan pernah anggap remeh kuning pada bayi yang baru lahir. Alhamdulillah, Keke cuma 2 malam di rumah sakit. Ketika Nai lahir juga dia sempat kuning. Karena udah pengalaman waktu Keke, kami pun lebih tenang. Nai uga disarankan dirawat, tapi kami memilih untuk dibawa pulang dan dirawat di rumah. Gak cuma dijemur, kami membeli lampu buat terapi sinar

Untuk terapi sinar, sebaiknya kita jangan sok tau. Harus konsultasi dulu ke dokter. Tanya sebanyak-banyaknya. Karena kalau gak benar melakukannya juga bisa berbahaya buat bayi. Jadi selalu hati-hati banget, ya :)

  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Belajar banyak nih soal bayi.
    Temenku sempet panik bgt Mba ngalamin kayak gitu.

    ReplyDelete
  2. jadi belajar banyak tentang bayi, makasih infonya kak

    ReplyDelete
  3. anakku jg pas br lahir kuning mba... anak adekku pun bgitu..malah kita srg curiga, jgn2 ini semua RS slalu bilang bayi baru lahir kuning spy ada alasan lbh lama dirawat ;p.. Tapi apapun yg dibilang dokter kita slalu nurutin kok... hrs rawat, ya rawat... drpd nyesel blakangan kan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih gak pernah mikir ke sana. Karena memang dari warna mata juga memang kuning. Saya juga tipe yang nurut aja apa kata dokter hehe

      Delete
  4. Dari kelima anakku, hanya satu yang lahir agak kuning, tapi cukup dijemur tiap pagi alhamdulillah sehat :)

    ReplyDelete
  5. Waktu anak pertama sih, aku panik banget. Soalnya, dulu melahirkan di rumah mertua yang rumahnya padat dan susah nyari sinar matahari pagi.Jadinya, si bayi kuning banget. Udah 1 bulan tapi kuning banget. Tapi begitu dibawa ke rumah mamaku yang sinar matahari pagi bisa mudah didapat, si bayi cepet hilang kuningnya. Anak kedua, ketiga, keempat gak terlalu kuning, soalnya dijemur tiap pagi dan dinenenin banyak-banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, katanya juga ASI itu bagus buat nurunin kadar bilirubin yang over

      Delete
  6. nadia dulu juga sempet gini pas balik dari RS..udah gitu kecil pula (lahir cuma 2,6kg) jadi sediih banget liatnya. tapis etelah dijemur dan ASI mulai banyak jadi seger lagi :)

    ReplyDelete
  7. Oh...dari lahir bayi sudah bisa kena penyakit kuning ya? *ketahuan nih belom emak-emak, masih cetek pengetahuannya tentang bayi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu penyakit juga, sih. Bisa jadi kelebihan bilirubin aja karena bayi ketika lahir kan belum sempurna.

      Delete
  8. Alvin juga 2 malam di rumah sakit buat di sinar.sempet sedih juga sih

    ReplyDelete
  9. Mbaaaak...
    Aku baik Kayla & Fathir sih gak kuning dulunya..tapi tetep rajin dijemur kalo pagi2 mbak...
    Nah lhooo...ternyata jamu ngaruh yah?
    Abis lahiran selalu dipaksa minum jamu sama nenek ku mbaaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamu bisa mempengaruhi. Apalagi kalau yang ada kunyitnya. Untung Kayla dan Fathir gak apa-apa, ya

      Delete
  10. Anak keduaku kuning juga saat baru lahir, jadi nginep di RS disinar, untung nggak lama, cuma 3 hari sudah boleh pulang. Tapi sempet bingung juga, di RS itu kok banyak yang bayinya kuning saat itu.

    ReplyDelete
  11. sebenarnya aku masih belum mengerti ttg [penyakit kuning walau udah diceritain teman2ku..mungkin kalo udah punya anak baru tau :) hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^