Kamis, 25 Juni 2015

Sudah Cek Buku Sekolah Anak?

Tahun ajaran 2014/2015 sudah berakhir. Tahun ajaran baru ada yang sudah mulai, lalu libur lagi sekitar 2 minggu kemudian. Atau ada yang bablas liburnya kayak sekolah Keke dan Nai. Tapi yang pasti tahun ajaran baru berarti buku sekolah baru. Sudah cek buku sekolah anak?

Kalau untuk urusan buku sekolah, Keke dan Nai sih gak pake ribet karena semua udah disediain sama sekolah. Kami tinggal bayar sejumlah uang aja per tahun dengan nominal buku paket yang sudah ditentukan. Abis itu tau beres, deh. Biasanya seminggu sebelum masuk tahun ajaran baru, buku seklah secara bertahap mulai dibagikan

Ngomong-ngomong tentang buku sekolah, suka ngecek bukunya, gak? Seperti yang kita, sekarang ini suka ada aja buku pelajaran sekolah yang isinya dianggap ngaco. Ketika di share ke social media, berita akan heboh karena viral banget. Mulai deh tuh pro-kontra bermunculan. Biasanya begitu, sih.

Alhamdulillah, sejauh ini buku sekolah Keke dan Nai termasuk yang aman isinya. Tapi sebelum heboh beberapa kasus kayak gitu pun Chi selalu baca dulu isi buku pelajaran anak-anak. Ini sih kebiasaan aja awalnya. Suka beli buku cerita buat Keke dan Nai. Sebelum dikasih ke mereka, Chi harus cek dulu isinya. Nah, buku pelajaran sekolah pun begitu.

buku sekolah

Tapi kalau buku pelajaran sekolah, tujuan awalnya itu supaya Chi bisa belajar duluan. Gak lucu dong kalau setiap kali ditanya sama anak trus jawabannya gak tau melulu. Atau zaman sekarang nyuruh anak tanya Google ajah sebagai pengalihan kalau kita sebetulnya gak tau hehehe. Sesekali sih gak apa-apa, tapi kalau keseringan bisa-bisa diprotes sama Keke dan Nai. Masa' bundanya gak tau melulu :D

Kalau udah tau apa yang materi pelajarannya, akan membantu Chi untuk bikin strategi belajar anak-anak. *Haiyaaahhh, gaya banget ya pake strategi segala :p* Nah, apalagi dengan adanya kejadian isi buku sekolah yang dianggap ngaco. Membaca isi bukunya terlebih dahulu itu makin penting. Buat Chi kalau sampe ada buku pelajaran sekolah yang ngaco, gak mutlak cuma kesalahan penerbit hingga sekolah aja. Sebagai orang tua, kita juga harus tau. Jangan sampai tunggu ribut-ribut dulu, baru kita tau.

Karena Keke sekarang kelas 6, kayaknya Chi mau cari-cari buku sekolah tambahan, deh. Mau cari buku kumpulan soal supaya dia bisa banyak latihan. Buat persiapan UN nanti *etapi denger-denger sekarang istilahnya udah ganti, ya?* Sekarang Chi lagi mulai cari-cari info untuk buku kumpulan soal SD yang bagus. Kalau udah dapet, Chi baca-baca dulu baru setelahnya kasih ke Keke.

post signature

19 komentar:

  1. Setuju bangad Mbak, biar bagaimana pun harus tetap di cek buku sekolah yang di miliki anak-anak. Entah itu buku cerita atau mata pelajaran, apalagi saat ini marak isi cerita dan berita yang melenceng dalam buku pelajaran sekolah anak.

    BalasHapus
  2. sekarang adik vey udah sma sih, jadi gak pernah ngecek buku sekolah. yang cey cek itu hape sama laptopnya. Soalnya ortu gaptek sih. dan udah dipesenin untuk selalu ngecek dua barang itu. bia gak disalahgunain. :D

    BalasHapus
  3. Anakku baru mulai masuk SD, excited campur curious deh Mak, mau terima buku2 SDnya besok. Apalagi kemarin2 aku cuma bisa ngikutin artikel2 di blog Mak Myra sbg silent reader. Sekarang aku bakalan ngalamin sendiri ndampingin anak SDku belajar :D
    Blognya aku jadiin acuan loh hahaha. Makasih yahhh.

    BalasHapus
  4. kalau udh mak Chi baca-baca, tulis di blog ya biar gantian aku yg baca-baca xixixi

    BalasHapus
  5. kalau anak saya belum masuk sekolah :)..tapi makasih sharingnya mba, nanti kalau anak sudah masuk skul, saya harus baca buku sekolah terlebih dahulu.

    BalasHapus
  6. Waduh, aku nggak pernah cek buku sekolah anakku mak Myra. Iya bener juga ya, orang tua mesti cek dulu buku anak-anak. Keke bentar lagi kelas 6 yah, badannya sudah tinggi banget :)

    BalasHapus
  7. Buku Alisha sejauh ini masih aman mak, krn masih TK kali ya? Klo sudah SD kayanya aku juga harus mulai protect nih

    BalasHapus
  8. Aku mesku blm punya anak, tetep ikutin pelajaran SD ponakan2ku

    BalasHapus
  9. "Bunda mah nyuruh tanya google mulu". Ntar bisa2 bilang gitu, ya. :D

    Waaah...ngga terasa Keke kelas 6, ya. Musti banyak buku referensi. . .

    BalasHapus
  10. Buku anak-anak jaman sekarang tentu beda dengan jaman kita ya hahahaha
    Apalagi jaman saya
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  11. Emaknya sekolah lagi yo Mak Chi hihihi. Kalo selama PAUD ngga ada buku sekolah yang dibawa pulang, besok tangga; 6 Juli Tifa udah mulai TK ngga tau deh gimana.

    BalasHapus
  12. Waahh keke sama ama Ferdi nih, tahun ini sedang persiapan UN, ikut les ga?

    BalasHapus
  13. Millie blm ada buku, tp yg slalu aku hrs cek adalah jadwal kegiatan dia per hari apa aja hahahaha

    BalasHapus
  14. ini perlu skrg.. anak mudah mulai masuk SD. tapi bukunya baru dibagi waktu masuk bulan depan ntar :D

    BalasHapus
  15. Aku juga suka ngecek buku oelajaran anak waktu mereka di SD... pas mereka SMP dan SMA..hahahah... gak pernah lagi

    BalasHapus
  16. pasti aku ceuk juga sih bukunya,karena aku ikutan baca :)

    BalasHapus
  17. belum cek karena belum di bagi..:)

    persiapan buku-buku pendukung, belum juga.. beeuuh...

    BalasHapus
  18. Aku juga baca buku anak dl baru dikasi ke raffi...berarti kidu sampe gede gitu ya mbak

    BalasHapus
  19. buku2 biasanya bisa beli di sekolah, beli di luar saya males nyarinya...ketauan emak pemalas hehe

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge