Jumat, 08 Mei 2015

7 Tip Cara Aman Menggunting Kuku Bayi

Chi itu paling gak tahan sama kuku panjang. Gak enak aja rasanya di jari. Makanya, Chi termasuk yang lumayan rajin gunting kuku kalau udah agak panjang sedikit. Chi juga paling suka guntingin kuku Keke dan Nai. Walopun mereka udah pada bisa gunting kuku sendiri, Chi masih suka nawarin untuk ngeguntingin kuku mereka. Senang aja rasanya kalau udah guntingin kuku anak-anak.

Chi memang suka menggunting kuku Keke dan Nai, tapi ketika bayi menggunting kuku mereka itu susah-susah gampang. Kayaknya, sih kalau ini termausk problem yang suka atau pernah dialami beberapa orang tua, ya. Menggunting kuku bayi memang agak sulit karena mereka belum bisa diminta untuk diam. Bisa tiba-tiba tangannya bergerak kalau lagi digunting kukunya. Bikin yang ngeguntingin kuku jadi khawatir kalau guntingnya akan menyakiti kulit mereka. Chi bahkan nyaris gak pernah ngegunting kuku Keke dan Nai ketika mereka masih bayi, lho.

Walopun Chi agak jarang ngeguntingin kuku mereka ketika bayi, tapi Chi ada 7 tip cara aman menggunting kuku bayi. Karena biar gimana kan kuku mereka tetap harus rutin dipotong. Kasian kalau sampe dibiarkan panjang.

1. Pilih gunting kuku yang tepat

Ketika masih bayi, gunting kukunya pake gunting kuku bayi. Ada 2 macam gunting kuku bayi. Yang seperti gunting kuku orang dewasa atau yang seperti gunting kertas. Chi lebih memilih gunting kuku yang seperti gunting kertas.

2. Lakukan setelah mandi

Setelah mandi, kuku akan terasa lebih lunak. Jadi, bayi juga akan merasa lebih nyaman digunting kukunya setelah selesai mandi

3. Lakukan di pencahayaan yang terang

Menggunting kuku bayi seharusnya dengan pencahayaan yang terang. Karena kuku bayi kan masih kecil. Jadi, harus terlihat secara jelas. Jangan sampai kulit bayi terluka karena pencahayaan yang kurang terang membuat kita salah menggunting.

4. Alihkan perhatian

Ketika sedang menggunting, sebaiknya alihkan perhatian bayi. Misalnya, dengan mengajak mereka mengobrol atau becanda. Sehingga fokus bayi itu ke candaan orang tua. Sesekali, Chi elus juga telapak tangan dengan lembut supaya Keke atau Nai tau kalau proses menggunting kuku itu menyenangkan.

5. Kasih ASI

Chi paling sering menggunting kuku sambil kasih Keke atau Nai ASI. Biasanya setelah selesai dimandikan, mereka akan lapar. Setelah berpakaian, langsung dikasih ASI, trus diguntingin kukunya. Memberi ASI juga bisa dibilang sebagai bentuk mengalihkan perhatian. Biasanya, kalau diguntingin kukunya sambil dikasih ASI, proses mengguntingnya bisa tenang

6. Kerjasama dengan K'Aie

Nah, inilah kenapa Chi agak jarang menggunting kuku Keke dan Nai. K'Aie yang paling sering menggunting kuku mereka, sambil Chi kasih Keke dan Nai ASI atau Chi ajak anak-anak becanda. Sebetulnya bisa aja Chi yang gunting. Cuma, ketika kasih ASI, Chi lebih sering melakukannya sambil tidur. Karena kalau dikaish ASI sambil tidur, anak-anak suka lebih cepat tidur. Tapi, kalau disambi dengan menggunting kuku, pasti sulit. Kecuali kalau Chi menyusuinya sambil duduk.

7. Jangan lupa dikikir

Setelah selesai menggunting kuku, jangan lupa dikikir. Apalagi kalau buat Keke dan Nai yang memang gak pernah mau pake sarung tangan. Dikikir jadi wajib biar kalau mereka garu-geruk, gak berasa kasar atau melukai kulit. Trus, gunting kuku bayi juga jangan kependekan. Karena menggunting kuku kalau sampe kependekan itu juga rasanya gak enak banget.

Itu 7 tip cara aman menggunting kuku bayi yang pernah Chi lakuin. Bagaimana dengan teman-teman, silakan di share di kolom komentar kalau ada tip lainnya :)

post signature

34 komentar:

  1. wah info yang bermanfaat nih, makasih mba infonya

    BalasHapus
  2. makasih makchi sharenya...berarti sambil nenenin sambil gunting kuku ya mak chi..mengalihkan si dedek bayi..hehehe

    BalasHapus
  3. Ternyata ada kerjasama juga dg suami, ya. :D

    BalasHapus
  4. Baru aja nih aku klaar guntingin kuku tangan n kuku kaki Baby Dee. Pas dia bobok nih jd aman lancar acara gunting kukunya.

    Seringnya mmg pas Baby Dee bobok aja mah utk guntingin kukunya. Lbh tenang lbh anteng jd lbh khusyu' aja hehehe... cpt beres jg sih.

    Tp prnh jg lhoo guntingin pas dia melek. Eh, bs tuh. Baby Dee anteng aja liat kukunya diguntingin. Nah pas dia mulai bosen trs gerak2 br deh butuh bantuan kakaknya utk ngalihin perhatian. Ngajak canda gt.
    Akhirnya beres deh. Tuntas gunting smw kuku kaki n kuku tangannya.


    Itu caraku sih.
    Moga2 bermanfaat jg.
    Ehem. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anak-anak suka malah jadi bangun kalau diguntingin kuku saat lagi tidur :D

      Hapus
  5. kalo saya biasanya pas anak bobo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anak-anak suka jadi bangun :D

      Hapus
  6. dulu, waktu adik paling kecil masih balita, saya sering guntingin kukunya
    paling susah yang tangan
    kalo kaki, cenderung diam sih
    tapi ngeri juga mbak, takutnya kena dagingnya
    untung ga pernah kejadian :)

    tips yang bagus ne buat yang udah punya bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau gunting kuku bayi dan anak harus hati-hati banget :)

      Hapus
  7. kalo saya suka pake gunting kuku (catut) mba hehe kalo pake gunting seperti itu saya engga bisa malah jadi takut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk bayi, syaa malah lebih suka gunting seperti itu :)

      Hapus
  8. saya leblih suka pake gunting kecil stainless itu Mbak, kalo pake pemotong kuku takut kejepit

    BalasHapus
  9. Dulu seringY pas anakku bobo

    BalasHapus
  10. kakakku seringnya pas anaknya tidur baru digunting kukunya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata banyak yang gunting kuku saat anaknya tidur, ya :)

      Hapus
  11. Duluuu banget waktu baru punya bayi, aku takut pisan mau gunting kuku mereka. Jadinya dipakein sarung tangan melulu. Terus, dikasih tahu sama dokter kalo pake sarung tangan melulu, motorik tangan bayi ga akan berkembang. Baru deh beraniin diri guntingin kuku mereka. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah gak pernah kasih anak-anak sarung tangan hihihi. Tapi baru tau kalau sarung tangan bisa mempengaruhi motorik :)

      Hapus
  12. Kalo pas masih bayi banget (sampe usia 3 bulanan gitu) cenderung lebih mudah ya, Mak, karena gak seberapa gerak. Tapi setelah itu, hehhehe.. agak susah. Saya tip nya ya pake ngalihin perhatian gitu, tangan satunya dikasih mainan atau suruh liat apa gitu yang bikin dia hepi, hihihi..
    Oiya, pernah baca lupa di mana, kalo guntingin kuku sebaiknya pas anak melek aja, bukan pas bobo. Jadi mereka akan terbiasa dan belajar, juga tahu kalo aktivitas gunting kuku itu menyenangkan, biar kebiasaan itu terbawa sampai mereka besar :) *cmiiw*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, repot kalau anaknya pas lagi gak mau diem hehehe

      Hapus
  13. saya biasanya guntingin kuku anak waktu anaknya masih tidur, kalo ayahnya malah ga berani guntingin kuku :). Tapi pas anaknya udah gede, udah 3 taun udah ngerti kalo mo diguntingin kukunya, anaknya mau duduk manis ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga yang guntingin kuku saat anak-anak lagi tidur :)

      Hapus
  14. Nah itu yg sering lupa makchi..ngikir kuku si ken....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak dikikir, saya khawatir masih kasar ujung kukunya. Trus bikin mukanya lecet kalau anak lagi garuk-garuk :)

      Hapus
  15. Pas masih bayi banget pake gunting kayak gitu juga, tapi setelah gedean pakenya pemotong kuku stainless steel yang kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, setelah gedean, gunting kukunya diganti :)

      Hapus
  16. biasanya pas bayi lagi tidur baru bisa guntingin kukunya, tapi belom pernah dikikir hehehe, pantes aja masih suka tajem kukunya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, suka tajem-tajem kalau belum dikikir

      Hapus
  17. akubiasanya kalau lag tidu rguntungannya, tapi waktu alivin bisa gunting tanpa harus tidur

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge