Minggu, 03 Mei 2015

Kapan Sebaiknya Anak Diberikan Buah Potong?

Ketika anak mulai diberikan MPASI, biasanya buah termasuk menu yang pertama kali diberikan. Karena pertama kali MPASI adalah usia 6 bulan, tentunya banyak yang menyarankan  sebaiknya makanan diblender halus dulu. Tapi, Chi juga pernah cerita di blog ini kalau Keke dan Nai itu selalu menolah makanan yang terlalu halus. Jadinya, makananya MPASI mereka hanya dihaluskan dengan menggunakan garpu, kecuali buah. Kalau buah, Keke dan Nai mau mengkonsumsi buah yang diblender.

Kemudian pertanyaannya adalah, mulai kapan Keke dan Nai bisa diberikan buah potong?

Sejak mereka mulai ada tanda-tanda suka memasukkan benda-benda terutama jari-jarinya ke mulut, kami mulai coba kasih finger foods ke anak-anak. Pilihannya kalau gak biskuit bayi, ya buah potong. Tapi, kalau biskuit bayi itu kan mudah lumer di mulut. Sedangkan buah potong tidak. Kami suka khawatir kalau mereka menggigit potongan terlalu besar lalu ditelan tanpa sempat dikunyah. HAsilnya mereka akan tersedak trus kapok deh makan buah.

Kami jasi suka takut-takut kalau mau kasih buah potong. Ujung-ujungnya kalau gak diblender (lagi), ya kami haluskan kecil-kecil. Atau buah potongnya kami pegangin dan dimasukkan ke mulut mereka. Tapi, kalau dipegangin gitu, anak suka menolak. Pengennya megang sendiri. Suka gregetan kalau dilarang hehehe.

Pas jalan-jalan ke salah satu mal di Jakarta Selatan, kami menemukan alat buat makan buah potong. Namanya Baby Food Feeder. Ini menolong banget, lho. Cara pakainya juga gampang. Kita tinggal masukkin potongan buah ke dalam kantung trus kunci rapat. Untuk buah jeruk, sebaiknya dibuang dulu bijinya, supaya gak menimbulkan rasa pahit apabila kegigit.

Kantung untuk menyimpan buah terbuat dari jaring yang sangat lembut tapi kuat. Jadi jangan khawatir bagian mulut bayi akan luka karena menggigit kain. Atau gak perlu khawatir kainnya akan sobek karena digigit dan ditarik oleh anak. Lubang jaringnya yang sangat kecil, bikin Chi gak khawatir kalau Keke dan Nai akan tersedak karena yang akan keluar dari jaring tersebut adalah rasa dari makanan yang mereka gigit. Ngebersihinnya juga gampang, kok, tinggal cuci dengan air hangat trus kasih sabun sedikit. Kucek dan bilas, lalu keringkan dan simpan di tempat yang bersih.

Baby food feeder bisa membantu ketrampilan motorik tangan Keke dan Nai. Nanti pelan-pelan kalau kelihatannya mereka sudah mantap, Chi mulai kasih buah potong tanpa alat bantu. Selain buah, baby food feeder juga bisa buat makanan lain, misalnya sayuran. Tapi biasanya Chi cuma pake buat buah-buahan, sih.

Dari beberapa sumber yang Chi baca, termasuk ketika datang ke seminar tentang diabetes, membiasakan anak mengkonsumsi buah potong itu bagus. Bahkan menyantap buah potong itu lebih bagus daripada jus. Dengan membiasakan menyantap buah potong, gigi mereka akan terlatih untiuk mengunyah. Malah ada yang bilang bisa bikin gigi jadi kuat. Lambung dan pencernaan mereka juga lebih bagus ketika menyantap buah potong daripada jus. Etapi, bukan berarti jus gak baik, ya. Cuma jangan sampe keasikan mengkonsumsi jus, trus buah potong diabaikan. Atau kalau masih ragu kasih anak makan buah potong karena khawatir tersedak, coba kasih buahnya dengan baby food feeder :)

post signature

23 komentar:

  1. Lebih bagus buah asli dan segar
    Bukan buah yang sudah dijadikan sari buah dan sebangsanya, kata pakar.
    Terima kasih tip nya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sepakat dengan Pakde Cholik. Ada banyak buah buahan segara yang dijual di setiap sudut kota di seluruh Indonesia. Di Pontianak sendiri ada banyak penjual RUJAK. Namun dalam hal ini saya biasa membeli RUJAK dengan tanpa menggunakan GULA MERAH dan Sambelnya. Buah buahan saja

      Hapus
  2. Aku belum pernah coba kasih pakai baby feeder ini mbak.
    nanti dicoba ke adiknya navaro insya allah :D

    BalasHapus
  3. Iiih lucuu ada inovasi spt ini... hihihi...
    Coba dulu aku tau yaa.. eh mak tp ini infonya berguna nih utk keponakanku.. thanks yahh.. ^_^

    BalasHapus
  4. uwa,hahaha...lucu ya mak. aku belum pernah lihat lo,baru kali ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau debaynya udah lahir trus mulai MPASI dan mulai gigit-gigit, cobain kasih buah pake ini :D

      Hapus
  5. membangun kebiasaan makan buah secara alami ya Jeng. Hatur nuhun Jeng Chi sharingnya.

    BalasHapus
  6. wah asyik ya alatnya bisa membantu anak-anak belajar makan buah sendiri. Coba ada jaman pascal kecil dulu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman Keke aja udah ada, Lid. Dulu dia pake ini. Berarti zaman Pascal pun udah ada. Cuma mungkin belum ada yang dijual online aja. Harus ke mall. Kalau sekarang udah ada yang jual online

      Hapus
  7. aku punya ini...munchkin kalo ga salah brandnya..dan sangat ngebantu banget buat naro buah potong di kasih ke baby ;))

    BalasHapus
  8. Aku diksh ini pas fylly baru lahir dulu mba. Trs mulai dites ke fylly pas dia udh mulai bisa gigit2. Tp hasilnya dia emoh bgt ngisapin sari buahnya pake alat itu:p malah dibuang. Jd sampe skr tuh alat ga prnh kepake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap anak emang beda-beda, ya hehe

      Hapus
  9. Semua sepupu ku kayaknya dibiasain makan buah potong daripada jusnya, Mbak.. Kata Nenek sih biar belajar konsumsi serat.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lebih bagus buah potong sebenarnya

      Hapus
  10. serat itu memang sangat penting.....

    BalasHapus
  11. Buah pada adanya memang bagus..dan makin terbatas makan buah sejak kecil, makin baik mak...kami mencoba lebih banyak sarapan dengan buah juga...it's a good start..anak-anak pun kalau sudah terbiasa banyak yang suka..

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge