Jumat, 24 April 2015

Ketika Body Age Lebih Tua Dari Usia Kronologis

Kemarin, Chi datang ke acara seminar tentang diabetes yang disponsori oleh salah satu camilan. Setelah acara selesai, Chi mengukur kadar lemak dalam tubuh menggunakan sebuah alat yang bernama Bioelectric Impedance Analysis (BIA). Alatnya itu seperti timbangan digital tapi ada alat lagi yang kita genggam. Cara bekerjanya, arus elektroda akan mengalir dalam tubuh untuk kemudian diketahui hasilnya berupa angka digital. Tenang aja, gak berasa apa-apa, kok. Kayak menimbang badan biasa. Prosesnya juga sebentar banget. Sebelum diukur, Chi ditanya tinggi badan dan usia dulu. Datanya dimasukkan ke dalam alat tersebut.

Hasilnya, kadar lemak dalam organ tubuh Chi masih dalam batas normal. Sebelum acara juga dicek tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Semuanya masih normal, alhamdulillah. Tapiiii... lumayan kelebihan lemak di bagian bawah kulit dengan kata lain gemuk hihihi. Berat badan Chi akhir-akhir ini juga lagi lumayan meningkat *pake kata lumayan biar lebih enak hihihi* *menghibur diri :p* Trus, body age Chi katanya lebih tua dari usia kronologis (= usia kita sekarang) yaitu xx tahun *rahasia hehehe* Ya, pokoknya Chi dijelasin kalau body age kita lebih tua dari usia kita sekarang, itu biasanya makan sedikit aja cepat gemuk. Bagusnya itu body age haus sama dengan usia kronologis, syukur-syukur kalau lebih muda.

Penyebab body age bisa lebih tua itu biasanya karena kurang olahraga, pola hidup, dan asupan makanan yang kurang terjaga. Kayaknya olahraga dan pola hidup memang lagi jadi masalah buat Chi, nih. Chi akhir-akhir ini lagi males olahraga, mulai rajin makan (terlalu larut) malam lagi, belum bisa mengurangi begadang, dan kurang istirahat banget. Huff! Harus disiplin lagi, nih. Penyakit Chi memang masih suka gak konsisten untuk urusan jaga kesehatan.

Ngomong-ngomong tentang olahraga, ada 3 olahraga yang Chi suka, yaitu

Berenang

 Berenang, yuuk! Kurangi lemak-lemak tubuh :)

Ini olahraga paling favorit hehe. Di dekat sekolah anak-anak juga ada kolam renang yang bagus. Chi suka berenang di sana. Biasanya ketika anak-anak sekolah. Berenang sekitar 2 jam. Anggap aja me time hehe. Malesnya kalau berenang itu harus ke luar rumah. Chi emang suka males kemana-mana kalau udah di rumah hihihi. Apalagi kalau musim hujan, bubar jalan deh niatan berenangnya :D

Karena Chi berjilbab, pake baju renang muslimah, lah. Ada 2 baju renang muslimah yang Chi punya. 1 beli, 1 lagi dikasih. Cuma penutup kepalanya itu pendek semua. Chi pengen deh punya baju renang yang penutup kepalanya rada panjang. Karena gak punya, jadi Chi suka akalin pake kerudung berbahan spandeks yang panjang.

Kekurangannya kalau berenang adalah ada pengeluaran buat bayar tiket masuk kolam plus jajan hehehe. Etapi, kalau jajan Chi masih bisa nahan diri, ding. Biasanya sarapan dulu.

Aerobik

Chi juga suka aerobik. Biasanya dilakukan di rumah pake Xbox atau Wii yang jadi instrukturnya. Beli aja game tentang aerobik. Biarpun pake konsol, olahraganya asik, lho. Kalau dilakukan rutin, badan juga rasanya bugar. Enaknya lagi, gak perlu punya baju senam yang bagus. Pake baju rumahan juga cukup banget hehehe. Gak bagusnya, kalau olahraga cuma di rumah itu gak kena sinar matahari. Padahal vitamin D dari sinar matahari itu bagus buat tubuh.

Jalan Kaki

Walopun sekarang lagi trend olahraga lari, Chi sama sekali belum tertarik. Gampang ngos-ngosan hihihi. Jalan kaki aja, lah. Biasanya Chi jalan kaki di seputaran komplek. Tinggal pake baju olahraga dan sepatu, trus jalan sekitar 45 menit. Segitu cukuplah kalau buat berjemur dan cari keringet. Malah kalau mau lebih menguntungkan lagi, sekalian aja ke pasar. Biasanya kalau lagi males, Chi suka nyetir mobil. Kalau lagi semangat olahraga, ke pasarnya jalan kaki.

Kalau ingat hasil body age lagi kayaknya Chi harus mulai berpikir untuk olahraga lagi, nih. Mulai belajar konsisten, ah. Menjaga konsisten itu emang sulit. Tapi memulai untuk konsisten itu lebih sulit lagi. Semangaaatt! Kembalikan body age ke usia kronologis. Syukur-syukur lebih muda. Karena biar gimanapun pengennya sehat ^_^

post signature

27 komentar:

  1. Olahraga renang bagus karena ada unsur rekreasinya
    Jalan cepat juga bagus karena ada nilai aerobiknya(bukan jalan seperti terang bulan yang slow slow gitu)
    Seminggu bagusnya 5x saja
    Menurut saya sih Chi masih sedep2 saja bodinya (halah..halah...halah..)
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berenang olahraga yang paling asik, Pakde :)

      Hapus
  2. Udah lama banget ngga berenang. Kalo jalan pagi, masih lumayan sering

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mulai jarang berenang, nih :)

      Hapus
  3. yang penting sehat ya mak. akupun ngerasain banget kalau udah rutin olahraga, badan pasti enteng bangte. sakit kepala gak pernah muncul lagi. tapi kalau sekali off, suka susah lagi mulainya -.-

    BalasHapus
  4. Body age saya sepuluh tahun lebih tua keknya. Gak pernah lari lagi. Boro-boro olahraga yang lain. Hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk sama, dong. Tapi kayaknya gak sampe 10 tahun :p

      Hapus
  5. Body age saya umur 17 tahun .. *senang*

    BalasHapus
  6. Nah ini dia Jeng, untuk urusan olah raga, semangat belum teratur, si lemak jadi senang saja nyangkut di tubuh. Salam

    BalasHapus
  7. Enak juga yah klo kolam nya dkt sekolah anak2, bisa renang sekalian nunggu anak2 plg sekolah tuh teh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. makanya kalau gak males, saya berenang hehe

      Hapus
  8. Wah. Body age kalau melebihi usia kronologis, pasti ktia worry dengarnya. Aku apalagi ya haha... udah mau kepala empat pasti makan dikit juga cepat gemuk, metabolisme udah gak kayak masa muda :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau udah gitu rasanya pengen kembali ke usia muda hehehe

      Hapus
  9. Berenang.. Saya gak bisa.. Istilah body age ini, baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga cuma bisa 1 gaya berenang aja :)

      Hapus
  10. berenang biasanya aku rutin tapi sejak november lalu malah jadi gak pernah berenang lagi

    BalasHapus
  11. berenangnya sama.. *_* sekarang lagi suka yoga dan pillates..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah nyerah kalau yoga hehe

      Hapus
  12. Aku juga ngak sanggup lari, sering ikut CFD di sudirman tapi buat ala2 jalan kaki trus makan kulineran hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkkwkw pasti kulinerannya lebih banyak :p

      Hapus
  13. Terima kasih atas infonya..salam perkenalan dari malaysia chi...

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge