Bawa Bekal atau Uang Jajan?

By Keke Naima - March 26, 2015

bawa bekal atau uang jajan
Lunch bag yang setiap hari dibawa Keke dan Nai ke sekolah


Sejak anak-anak mulai sekolah, Chi bertekad kalau anak-anak harus bawa bekal ke sekolah. Lebih higienis tentu jadi alasan utama. Tapi, enggak cuma itu, sih. Waktu anak-anak masih TK, memang gak ada kantin di sekolah. Di sekeliling pun gak ada tukang jualan. Jadi, memang harus bawa bekal. Kecuali di hari Jum'at. Karena setiap Jum'at, sekolah yang menyediakan makanan bagi semua murid.

Ketika masuk SD, kebiasaan bawa bekal pun berlanjut. Di sekolah memang ada kantin, tapi makanan berat yang dijual cuma 1 macam, yaitu baso. Masa' setiap hari Keke dan Nai makan baso.  Bosen, dong. Ada, sih, yang nawarin catering di sekolah. Cuma, setelah dihitung-hitung, jatohnya jadi mahal. Jauh lebih irit bawa bekal sendiri.

Lagipula, anak-anak lebih suka dengan bekal buatan bundanya. Beberapa kali mereka diajak tukeran bekal atau saling berbagi bekal dengan teman. Menurut Keke dan Nai, mereka lebih suka makanan buatan bunda. Alhamdulillah.

Setiap hari mereka bawa 2 bekal ke sekolah. 1 bekal makanan berat (nasi, lauk-pauk, sayur/buah), trus 1 lagi isinya camilan. Tentunya gak dimakan sekaligus. 2 bekal itu untuk 2x istirahat. Biasanya makanan berat, mereka makan di jam pertama.

Semua bekal ditaruh dilunch bag, biar gak berantakan di tas. Pernah Chi taro di tas kain biasa, tapi namanya anak-anak, naronya kan gerabak-gerubuk. Jadi, berantakan di tas. Kalau ditaro di lunch bag jadi rapih. Udah gitu, lunch bag bisa dijinjing. Kalau tas mereka lagi penuh, lunch bag ditenteng aja.

Lunch bag yang mereka punya berwarna hitam polos. Yang penting, kualitasnya bagus. Tertutup rapat, gak mudah sobek, dan tahan air. Tapi, waktu TK, anak-anak rada milih-milih. Pengen lunch bag yang ada gambar tokoh kartun kesukaan mereka. Kayak Keke, waktu TK memilih lunch bag yang ada karakter kartun Thomas.

Oiya, bagaimana dengan uang jajan? Berarti, mereka gak jajan, ya? Mereka tetep dapet uang jajan, kok. Tapi, cuma seminggu sekali. Itupun nominalnya cuma cukup buat 1x jajan aja. Jadi, kalaupun mereka dikasih uang jajan, tetep bawa bekal. Hari dikasih uang jajan disepakati bersama. Itupun, Chi suka tanya mau jajan atau enggak? Kalau jajan, dibawain bekalnya 1 aja. Kalau enggak, dibawain 2 seperti biasa, tapi tetep dikasih uang jajan buat disimpan.

Sebetulnya, Chi seneng aja kalau hari uang jajan tiba karena bisa lebih santai pagi harinya hehehe. Tapi, kalau jajan terus, pengeluaran bulanan bisa lebih bengkak. Bukan prinsip emak-emak itu namanya. Ya, mending sedikit repot di pagi hari buat nyiapin bekal, deh :)

Uang jajan sengaja dikasih, supaya mereka belajar bertransaksi, sih. Sejak TK, mereka udah diajarin bertransaksi. Tapi, maish ditemenin. Setelah SD, mereka belajar bertransaksi sendiri. Kadang, yang kayak gitu butuh keberanian juga. Untungnya, kantin ada di dalam sekolah. Di luar area sekolah, gak ada tukan jualan sama sekali. Jadi, terukurlah lah mereka kira-kira akan jajan apa. Dan, insya Allah lebih higienis dibanding jajan gak jelas.

Sampe kapan mereka bawa bekal? Pengennya, sih, sampe mereka besar. Tapi, lihat nanti, deh. Paling enggak, sampe mereka tamat SD, Chi maunya masih membawa bekal. Uang jajannya seminggu sekali aja.

Bagaimana dengan teman-teman? Bawa bekal, uang jajan, atau memilih layanan catering di sekolah?

  • Share:

You Might Also Like

48 comments

  1. Sampai sebesar ini aku selalu bawa bekal dari rumah. Masakan Ibu selalu the best!! :)
    ps: Apalagi aku pescatarian, jadi terkadang sulit jajan yang "aman" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya jadi ibu Indi pasti bakal senyum bahagia dibilang masakannya the best :)

      Delete
  2. anak saya beda-beda Mbak,
    yg pertama bawa uang saku plus bawa bekal kalau sekiranya pulang telat karena kegiatan,
    yg kedua bawa uang saku saja,
    yg ketiga di sekolah sudah dapat makan dan snack, jadi gak bawa bekal dan uang saku :)

    ReplyDelete
  3. 2 anakku kebiasaannya beda; yang gede sampe masih minta dibuatin lunch box. justru yang kecil maunya snack aja.

    ReplyDelete
  4. sekolah anak saya negri jadi pulangnya cepet hehe.. jadi kalo makan siang di rumah. sekolah cuma bawa air putih aja, uang jajan juga kadang bawa kadang tidak tergantung anaknya lagi pengen jajan atau tdk, coz saya juga tdk ingin anak saya jajan setiap hari, tahu sendiri kan bagaimana jajanan yg suka mangkal di pager sekolah gitu......

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekolah negeri pulangnya memang cepat-cepat, ya. Anak-anak saya di Swasta, jadi memang wajib bawa bekal

      Delete
  5. kalo vey dulu sampai SMA bawa bekal. hahahaha.
    bahkan jadi jualan makanan ke temen-temen, karena masakan ibu enak. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, pengen banget deh anak-anak saya nanti kayak Vey. Bawa bekal sampe SMA :)

      Delete
  6. Karena anakku masih PAUD jadi bawa belek, tapi maknya bawa duit juga sih, kadang suka pengen jajan di sekolahan hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah emaknya yang jajan. Ntar diomelin Mak Irit, lho :p

      Delete
  7. Suka iri kalo ada anak dibawain bekal kaya gini hikz..

    ReplyDelete
  8. dibiasakan bawa bekal, lama-lama jadi kebiasaan. saya aja masih bawa bekal waktu kuliah, bahkan ketika ngekos. dari dulu biasa bawa bekal, tapi uang jajan tetap dikasih setiap hari. karena udah di-mindset jajanan sembarang bahannya ga jelas, jadi kalau jajan pun pilih-pilih. :)

    ReplyDelete
  9. di sekolah anak saya ga ada kantin mak, tp warung di sekitar sekolah ada. anak ga saya bekali uang. bekal aja dari rumah biar irit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekolah anak-anak saya ada kantin, tapi terbatas banget makanan di sana :)

      Delete
  10. Maunya bawa bekal saja mbaa, walaupun snack tetap snack yang dibawa dari rumah dan belinya tentu dengan anak hehehe habisnya suka parno kalau lihat jajanan yang aneh-aneh. Kalau aku sendiri sampai kerja pun masih enjoy dengan bawa bekal

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga anak-anak saya juga bisa terbiasa ngebekal hingga dewasa :)

      Delete
  11. anak saya yang TK bawa bekal senin-kamis, jumat disediakan dari pihak sekolah..gak bawa uang jajan..
    kalo yang SD, bawa bekal juga, makanan ringan (roti bakar, spaghetti, mie goreng dkk) utk istirahat pertama, utk makan siangnya ikut catering di sekolah, soalnya saya kerja dan ada 4 anak di rumah, belum sanggup menambah grabag grubug di pagi hari..hihi..cukup nyiapin bekal makanan ringan aja buat bocah2..gak bawa uang jajan juga, cuma kadang karena dianter sama mbahnya, suka dikasih sama mbahnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang TK, sama kayak anak-anak saya wktu TK. Setiap jumat disediakan sama pihak sekolah :)

      Delete
  12. kalo saya dulu..pas SD SMP gak pernah ngebekal, soalnya jam sekolah di negeri kan pendek..baru pas SMA suka ngebekal, tapi ttp dikasih uang jajan juga sama ortu..pas ngekos pun kadang suka dibekelin makanan yg awet2 gitu sama mama..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang sekolah negeri juga ada yang pendek jamnya. Jadi, memang rasanya gak pelru bawa bekal :D

      Delete
  13. Saya dulu sekolah bawa bekal pas sekolah SMA, soalnya pulang sore, uang jajan tetep ada bukan buat beli jajan atau ditabung, tapi buat main PS # jangan ditiru :D

    ReplyDelete
  14. memang lebih hemat kalo bawa bekal ya mak Myr...tinggal kitanya aja mix and match bekal supaya ga bosen anak2nya.. ;)

    ReplyDelete
  15. saya pilih dua2nya bun...catering sekolah lebih praktis dan makanannya juga terjaga untuk istirahat ke-2 dan bawa bekal nasi dkk juga sih untuk makan istirahat pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. catering juga lebih terjamin makanannya daripada jajanan yang kita gak tau gimana kebersihannya :)

      Delete
  16. bawa bekal plus uang jajan sedikit, biasnaya untuk beli keperluan

    ReplyDelete
    Replies
    1. keperluan untuk jaga-jaga kalau alat tulis ada yang hilang, ya? hihihi

      Delete
  17. ikhsan tiap hari bawa bekal nasi+lauk pauk dan snack untuk dua kali istirahat.. Dia ga mau ikut catering sekolah, katanya lebih enak masakan ibu ;)
    Saya ga kasih uang jajan, soalnya waktu kelas 1 kemarin sempat saya kasih uang jajan seribu rupiah, eh malah dibuat jajan makanan ga sehat dan berakhir sakit tifus. Sejak itu saya ga kasih uang jajan di sekolah buat ikhsan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya, Mbak, kalau anak memuji masakan kita :)

      Delete
  18. Anakku sampai saat ini juga masih bawa bekal, dan uang jajan 2 rb, buat jaga2 kalau airnya tumpah. Kadang2 ada temannya yg minta air, main serobot aja. Kalo udah gitu anakku gakkan mau minum lagi.Jadi uangnya buat beli aqua gelas. Kalo uangnya gak kepake dia balikin lagi sama aku..hehehe
    Kalo kakaknya yg SMP, bawa bekal juga. Tapi dia yang siapin sendiri. Pokoknya, nyenengin mamanya banget dah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng kalau anak kita masih suka bawa bekal apalagi nyiapin sendiri, ya

      Delete
  19. Aku yang udah kuliah aja masih suka bawa bekal, supaya ada uang lebih buat jalan jalan, hehe

    ReplyDelete
  20. Kalo nanti anakku SD, bawa dua2 nya. bawa bekal, biar gak jajan sembarangan. Bawa uang jajan, biar bisa belajar mengatur keuangannya.

    ReplyDelete
  21. Enakan bawa bekal ya.. lebih hemat. tapi gak tau juga kalau jaman sekarang...

    ReplyDelete
  22. Alisha tiap hari bawa tapi jarang dihabisin, rumah pas pulang di rumah juga ngabisinnya :D

    ReplyDelete
  23. aku mix aja mak..di sini cafetarianya enak dan murah, sekali makan anak-anak hanya bayar 1.75 USD. Tapi seringkali Bo minta dibawain nasi uduk, nasi goreng or spagetti mamanya aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bawa nasi uduk, teman-temannya pada heran, gak? hehe

      Delete
  24. jadi inget pas ngajar dulu,bawa bekal juga. bekal sarapan dan makan siang,paling2 akalau breaktime beli risol atau sekedar duduk2 nemenin teman2 di kantin^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. walopun makannya di kantin. Tetep aja makanannya bawa dari rumah, ya hehe

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^