Rabu, 30 April 2014

Euforia Piala Dunia 2014 Bersama Indosat HiperBOLA 888


Piala Dunia 2014 di Brazil sudah di depan mata. Euforia mulai terasa. Chi sudah bisa membayangkan ketika saatnya piala dunia nanti dimulai akan seperti apa kemeriahannya. Pasti rame, pasti seru, dan pasti socmed manapun seperti tidak akan tidur. Akan ramai dengan status-status tentang bola. Atau kalau lagi kumpul-kumpul, obrolannya gak jauh dari sepakbola biasanya.

Chi sebetulnya bukan penggemar sepakbola. K'Aie juga sama. Tapi, bukan berarti kami gak bisa ikut merasakan kemeriahannya. Bolehlah sesekali nimbrung obrolan tentang bola di socmed, kan? Apalagi Keke suka sepakbola, paling gak kami harus mengimbangi kalau dia lagi bercerita tentang sepakbola.

Selasa, 29 April 2014

Traditional Matsuri Series - Hana Matsuri

Hana Matsuri adalah adalah salah satu festival di Jepang. Festival bunga di musim semi, dirayakan di semua kuil Budha untuk memperingati hari kelahiran Budha. Seperti itu info yang Chi dapet di google.

Tapi, Hana Matsuri yang Chi tonton di WAKUWAKU Japan itu berbeda. Festival yang sudah ada sejak 700 tahun silam ini diadakan di musim dingin. Ketika ditanya, kenapa dinamakan Hana Matsuri, ternyata gak ada yang bisa menjawab dengan pasti. Mereka tetap ingin membiarkan asal nama 'Hana Matsuri' menjadi misteri.

Sabtu, 26 April 2014

Jangan Khawatir, TB Bisa Disembuhkan, Kok.

Fakta: Beban TB atau Tuberkulosis di Indonesia masih sangat tinggi mengingat setiap tahun masih ada 460.000 kasus baru. Setiap tahun terdapat 67.000 kasus meninggal karena TB atau sekitar 186 orang per hari. TB adalah pembunuh nomor satu di antara penyakit menular dan merupakan peringkat 3 dalam daftar 10 penyakit pembunuh tertinggi di Indonesia (SKRT 2004). Selain itu pada usia 5 tahun ke atas, TB merupakan penyebab kematian nomor 4 di perkotaan setelah stroke, diabetes dan hipertensi dan nomor 2 di pedesaan setelah stroke (Riskesdas 2007). - sumber : http://blog.tbindonesia.or.id/?p=272 -
Pertanyaannya sekarang adalah mengapa TB di Indonesia masih sangat tinggi?

Kamis, 24 April 2014

Pesan Untuk Bunda

Waktu Keke dan Nai liburan ke Bali, berhari-hari sebelum mereka berangkat Chi selalu kasih pesan-pesan apa yang boleh dan dilarang. Ya, namanya juga bakal jauh sama anak buat beberapa hari, Chi merasa harus kasih pesan-pesan walopun mereka udah paham.

Chi berpesan supaya jadi anak manis, jangan ngerepotin abah dan mamah, makan teratur, jangan berantem, dan lain-lain. Tapi, yang paling penting (karena hal ini bikin Chi rada parno) adalah jangan sampai terpisah dari abah dan mamah. Keke dan Nai harus selalu berpegangan dan berpegangan juga sama abah atau mamah. Pesan itu Chi ulang terus berkali-kali. Selain itu ada juga pesan khusus untuk masing-masing anak.

Rabu, 23 April 2014

Memutuskan Pertemanan

Sebagai ibu, Chi tentunya pengen Keke dan Nai tuh jadi anak-anak yang supel, punya banyak teman. Tapi ketika ada beberapa hal kejadian yang rasanya gak mengenakkan, dengan berat hati Chi meminta mereka untuk menjauhi temannya.

Ini cerita Keke dengan temannya. Kita sebut aja namanya X. Butuh menunggu beberapa bulan buat Chi menulis ini. Nunggu emosi reda dulu dan melihat perkembangan selanjutnya. Postingan ini lumayan panjang, karena harus diceritakan dari awal :)

Kamis, 17 April 2014

Ingin Anak Bahagia? Bahagiakan Dulu Pencernaannya

Waktu Keke masih batita, salah seorang tetangga yang mempunyai putri seumuran Keke, curhat kalau putrinya itu gak sulit makan tapi badannya tetap aja kecil dan dibawah rata-rata. Beberapa minggu kemudian, kami ketemu lagi. Tetangga Chi kembali bercerita kalau anaknya sudah dibawa ke ahli gizi.

Ternyata permasalahannya ada di saluran cerna dimana setiap makanan yang dikonsumsi tidak mampu diserap secara sempurna gizinya oleh tubuh. Gak heran kalau tumbuh kembangnya pun jadi gak maksimal. Untuk beberapa waktu lamanya, si anak melakukan terapi yang diawasi oleh ahli gizi tersebut. Sekarang, tumbuh kembang anaknya pun normal. Terapinya berhasil.

Di kejadian lain, saat Keke berumur 2 tahun 2 bulan, tepatnya saat Nai lahir Keke terkena diare. Lumayan berat diarenya sampai berat badannya menurun drastis. Setelah beberapa hari gak sembuh, kami bawa ke dokter. Chi udah khawatir Keke akan dirawat, melihat badannya yang menjadi sangat kurus dan lemas. Alhamdulillah, ternyata tidak

Dokter hanya meresepkan serbuk prebiotik yang harus dikonsumsi Keke untuk beberapa hari ke depan. "Anaknya minum susu formula gak, Bu? Kalau susu formulanya ada kandungan prebiotiknya jangan di stop, ya. Terus dikasih. Tapi, kalau gak ada, harus brenti dulu minum susunya," saran dokter.

Selama ini Chi taunya kalau anak lagi kena gangguan saluran pencernaan, konsumsi susu harus berhenti dulu. Ternyata, kalau susunya mengandung prebiotik malah disarankan untuk terus dikonsumsi. Beberapa hari kemudian, Keke pun sembuh. Alhamdulillah.

2 kejadian beberapa tahun yang lalu itu membuat Chi sadar kalau:
  • Pencernaan ternyata bisa mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak
  • Prebiotik berfungsi untuk meningkatkan bakteri baik dan mengurangi jumlah bakteri jahat sehingga saluran cerna menjadi sehat
 

Rabu, 16 April 2014

Kalau Badut Masuk Mana, Mah?

Ini bukan celotehan Keke dan Nai, tapi celoteh Fabian - keponakan Chi. Fabian (4,5 tahun) lagi dinasehatin mamanya karena memukul kakaknya.

Mama Bian : "Kamu gak boleh suka mukul gitu, Bian. Nanti dosa. Kalau dosa masuk neraka, lho. Fabian mau masuk neraka?"
Fabian        : "Kalau badut masuk mana, Ma?"

Wkwkwk.... Fabian memang takut sama badut. Jadi, mungkin dalam pikirannya terserah deh masuk mana aja selama gak ada badut di dalamnya. :D

Selasa, 15 April 2014

Antara Bekasi, Bali, dan Bandung

Sekitar bulan September 2013 lalu, Papah ngajak kami liburan ke Bali. Chi pikir Keke akan menolak, karena selama ini kalau diajak libur pakai pesawat gak pernah mau. Takut jatuh, alasannya. Gara-gara dia pernah nonton berita tentang kecelakaan pesawat di tv. Jadi, selalu menolak kalau diajak jalan-jalan pakai pesawat. Eh, gak taunya dia langsung spontan bilang mau.

Rencana awalnya adalah tanggal 5 Oktober 2013. Tapi, baru nyadar kalau ditanggal segitu di Bali lagi ada APEC. Bakalan rame banget banget pastinya. Jadi, diundurlah ke awal November. Ada long wiken di awal November, tapi Chi lupa libur apa :D

Senin, 14 April 2014

The Great 100 Recipes

 sumber: http://www.wakuwakujapan.tv/en/program/culture.html

The great 100 recipes adalah sebuah acara tentang pelajaran dasar teknik masakan. Tayang di channel WAKUWAKU JAPAN, sebuah channel hiburan yang menayangkan program tv Jepang. The great 100 recipes tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 07.30 wib. Siaran ulangnya pukul 09.30 dan 15.30 wib.

Setiap hari menampilkan tema yang berbeda. Misalnya seperti hari ini temanya adalah tentang memanggang. Dan setiap tayangan ada 3 resep sederhana yang ditampilkan.

Sabtu, 12 April 2014

Obat TB Itu Gratis, Asal...

Yang namanya sakit, apapun sakitnya ya haru diobati. Termasuk TB alias Tuberkulosis. Anak-anak yang terkena TB, walopun tidak menular tetap harus diobati. Orang dewasa yang terkena TB apalagi, udah harus diobati sampai sembuh. Oiya, apa itu TB, gak akan Chi jelasin lagi di sini, ya. Bisa dilihat di tulisan Chi tentang TB yang sesi 1, yaitu "Jangan-jangan Anakmu Kena TB". Di postingan ini Chi mau nulis tentang pengobatan TB yang katanya gratis. Hmmm...

Jumat, 11 April 2014

Namanya Juga Anak-Anak

Ayah : "Kenapa anak kodok jalannya loncat-loncat?"

Ceritanya K'Aie kasih tebak-tebakan buat Keke dan Nai. Mereka dengan semangat nebak begini-begitu tapi gak ketebak juga. Dan, akhirnya nyerah.

Ayah : "Namanya juga anak-anak. Anak-anak kan suka loncat-loncat." :r

Kami memang sering bermain teka-teki, terutama kalau lagi di jalan. Teka-teki menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bosan, apalagi kalau jalanan lagi macet.

Kamis, 10 April 2014

Tubing

Yang namanya berlibur di Tanakita, gak ada bosannya. Apalagi buat Nai. Selalu aja minta kesana terus. Akhir tahun lalu, Nai terus-menerus minta ke Tanakita. Kebetulan lagi libur sekolah, kami pun pergi kesana. Rencana mendadak, sih. Bahkan karena sesuatu hal nyaris gagal :D

Tanggal 29 Desember 2013, kami berangkat ke Tanakita dari Bandung. Pagi-pagi kami memang ke Bandung dulu, ada undangan pernikahan. Abis itu lanjut ke Tanakita. Lumayan macet, karena ada jalan yang lagi diperbaiki. Sampe Tanakita badan rasanya remuk karena capek banget.

Chi udah lumayan banyak cerita tentang Tanakita di blog ini, karena memang cukup sering ke sana. Jadi, kali ini Chi mau cerita tentang tubing aja. Pengalaman terbaru kami. Lebih tepatnya, pengalaman terbaru buat Keke.

Sharp Factory dengan Takumi Philosophy

"TVnya ganti lagi?!" tanya mamah saya setengah berseru. Saya cuma cengar-cengir mendengarnya.

Perkenalan saya dengan Sharp Aquos, belum bisa dibilang lama. Sekitar 2,5 tahun lalu. TV tabung 14 inch yang selama belasan tahun menemani saya, dari mulai masih berstatus single hingga menikah dan dikaruniai 2 orang anak, terpaksa harus pensiun. Setelah gak mungkin lagi untuk di service. Ya, udah tua juga sih umur tvnya.

Kebetulan rezekinya juga ada, suami pun mengajak pergi ke toko elektronik di salah satu mall untuk mencari tv pengganti. Dari sekian banyak pilihan, kami memilih tv LED Sharp Aquos 32 inch. Kalau saya langsung suka dengan cahayanya yang soft, bikin gak sakit mata. Apalagi ada fitur yang menyesuaikan dengan terangnya ruangan. Sedangkan suami lebih detil lagi alasan memilih Aquos.

6 bulan kemudian, kami punya rezeki lagi. Kami pun kompakan berpikir untuk mengganti tv yang baru kami beli. Bukan karena kecewa, cuma pengen ganti size aja. Kalau merknya sih udah gak perlu cari-cari lagi, langsung pilih Sharp Aquos. Kali ini, kami beli yang ukuran 40 inch dan bertahan sampai sekarang.

Tv Sharp Aquos yang menghibur kami sekeluarga. Menonton tv atau bermain game

Selasa, 08 April 2014

Permainan Tradisional Anak Indonesia Bersama Playplus

Tanggal 11 Maret lalu, Chi menerima email dari PlayPlus. Undangan Peluncuran Buku Ensiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia.

Undangan tersebut, menarik banget. Karena zaman sekarang, sudah langka yang namanya permainan tradisional anak Indonesia. Bahkan, sampe ke kampung-kampung pun, gadget mulai merajai. Chi pikir, siapapun yang menggagas peluncuran ensiklopedia ini, pasti punya tujuan. Gak cuma sekedar meluncurkan, setelah itu selesai.

Rasa ketertarikan berikutnya adalah acara ini diadakan di Atamerica. Atamerica (@america) adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat yang terletak di lantai 3, Mall Pacific Place. Lho, kenapa harus di pusat kebudayaan Amerika peluncurannya? Berbicara tentang permainan tradisional milik Indonesia tapi di pusat kebudayaan Amerika? Atau apakah karena PlayPlus itu sendiri yang memang masih ada hubungannya dengan US? Menarik banget buat dicari tahu.
PlayPlus Indonesia adalah non-profit project yang bertujuan untuk melestarikan permainan anak tradisional Indonesia khususnya yang mempunyai nilai-nilai filosofi pendidikan, guna memberikan kontribusi dalam pembentukan dan pengembangan karakter anak. Project ini diinisiasi bersama oleh Alumni Program Pertukaran Pelajar ke Amerika (IELSP) Regional Yogyakarta dan merupakan pemenang dari sebuah kompetisi Alumni Engagement Innovation Fund (AEIF) 2013 dari Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh Alumni dari Seluruh Dunia. - Sumber: copas dari email PlayPlus -

Senin, 07 April 2014

Label Anak Dengan StickerKid

Dulu waktu kecil, Chi pernah dibikinin stiker label pribadi sama orang tua. Ada yang tau apa itu stiker nama? Itu, lho, stiker berukuran kecil yang ada nama dan alamat kita. Malah ada karakter kartun yang kita suka. Tapi, Chi lupa dulu karakter apa yang dipilih :D

Dulu Chi seneng banget dibikin stiker. Tapi sekarang Chi malah gak kepikiran untuk bikin stiker identiras buat Keke dan Nai. Padahal kalau dipikir-pikir stiker itu penting juga, ya. Untuk ditempel diperalatan sekolah mereka biar gak ketuker sama milik temen-temennya. Kemudian, Chi lihat web StickerKid. Mulai terpikir deh untuk bikin stiker buat anak-anak.

Jumat, 04 April 2014

Jangan-jangan Anakmu Kena TB?

"Kata Bapak Tebeeeeee...."

Masih ingat kata-kata itu? Yang suka nonton sinetron pasti inget. Eits, tapi Chi enggak suka nonton sinetron, ding. Cuma kata-kata itu emang sempet ngehitz beberapa tahun lalu, ya :D

Tapi di sini Chi gak bakal ngomongin tentang si Tebe. *Kira-kira kemana ya itu anak sekarang? :p Yang Chi mau tulis adalah TB yang lain alias Tuberkolosis. Sebelum ngobrol lebih lanjut, kenalan dulu ya apa itu TB
Tuberkolosis (TB) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tubercolosis. Sejumlah kecil kuman yang tersebar melalui udara ketika si penderita TB batuk, bersin, atau meludah, sudah dapat membuat orang lain terpapar TB.

Rabu, 02 April 2014

Giveaway - Merasa Dicintai Karena Dongeng

 Cover kumpulan dongen anak karya Hastira Soekardi

Ini kejadian udah cukup lama sebetulnya. Lebih dari setahun. Waktu itu, Chi lihat pertanyaan di salah satu fanpage (lupa nama fanpagenya :p). Pertanyaannya adalah "Bunda, disaat apa, anak merasa dicintai?"

Buat Chi, ini pertanyaan sulit untuk dijawab. Mungkin kalau pertanyaannya "Disaat apa Bunda merasa dicintai oleh anak?", Chi bisa menjawab dengan sangat panjang. Kalau perlu pakai nangis bombay. *gampang terharu :D

Tapi, kalau pertanyaannya seperti itu, menurut Chi salah sasaran kalau tanya ke orang tua karena yang jawab seharusnya anak. Penasaran, Chi pu n coba tanya ke Keke.

Life

Beberapa minggu terakhir ini, Chi lagi betah mantengin tv, nih. Karena di First Media ada saluran televisi baru, yaitu WAKUWAKU JAPAN (channel 340). WAKUWAKU JAPAN adalah saluran televisi yang isinya semua tentang Jepang. Anime, drama, budaya, entertainment, budaya, olahraga, musik, film, hingga dokumenter. Semua tentang Jepang.

Dan dari dulu, rata-rata acara televisi Jepang itu Chi suka. Bahkan, saat ini dimana banyak orang yang kena pengaruh segala hal tentang Korea, Chi tetep lebih suka sama Jepang :D. Walaupun sama-sama dari Asia Timur, rasanya beda aja buat Chi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...