Jumat, 19 Desember 2014

Liburan Jadul


Iyeeess! Udah masuk liburan sekolah lagi, nih! Yang libur sekolah itu memang Keke dan Nai, tetep aja Chi ikutan seneng. Karena kalau mereka libur, berarti rutinitas keribetan di pagi hari ikutan libur dulu hehehe.

Walopun begitu, gak akan bertahan lama kalau mereka gak dicariin kegiatan pengisi liburan. Di rumah memang ada gadget dan konsol game, tapi kayaknya kalau setiap hari main itu mereka juga bosen. Pasti deh suka uring-uringan. Ujung-ujungnya suka nanya kapan masuk sekolah?

Ada sih rencana jalan-jalan untuk liburan kali ini. Tapi kan full selama liburan jalan-jalannya. Jadi, Chi tetep harus mikirin bakal ngapain selama di rumah. Kepikir untuk bikin liburan dengan tema “Libur Jadul.” Gaya bener, ya, pake ada tema segala :p

Monopoli

Seandainya ini bisa jadi uang beneran, ya hehe. Main monopoli itu selain mengasyikkan juga mengajarkan anak untuk belajar bertransaksi.

Lagi beberes rumah, ketemu uang monopoli. Tapi, uangnya aja. Peralatan lainnya masih belum ketemu. Waks! Kalau kayak gini mana bisa kepake? Cari lagi, ah. Kalau enggak ketemu juga, baru coba beli.

Kami sekeluarga beberapa kali main monopoli pas wiken. Keke dan Nai suka banget main monopoli. Herannya, tiap kali main, selalu aja Chi yang kalah. Trus yang menang itu K’Aie terus. Emang gak salah kalau selama ini K’Aie yang mengatur keuangan rumah tangga kami hehehe.

Karet

Nai lagi merangkai karet gelang supaya bisa dimainin

Chi beli seplastik karet di pasar. Trus, K’Aie yang ngajarin Nai bikin rangkaian karetnya. Abis itu kami main, deh. Hmmm… umur emang gak bisa bohong, ya. Chi baru 5 kali lompat aja udah ngap-ngapan. Etapi, K’Aie enggak, tuh. :D

Congklak


Nah, kalau main congklak, Chi termasuk jagonya. Setidaknya gak selalu kalah hehehe. Congklak lagi sering dimainin sama Keke dan Nai setelah maghrib kalau lagi gak belajar.

Kartu

Biasanya kami main kucingan sama cangkulan karena Cuma 2 itu permainan kartu yang Nai ngerti. Tapi, walopun Cuma 2 tetap seru buat dimainin.

Engklek

Karena keterbatasan lahan, kami main engklek di dalam garasi rumah. Caranya, lantai di corat-coret pake spidol hihihi. Nanti kalau ketemu fotonya Chi upload, deh. Kami sih gak masalah lantai di corat-coret. Bisa dihapus juga, kan. Yang penting bisa bermain bersama

Apa lagi, ya? Di rumah juga ada kartu UNO, UNO Stacko, Twister, atau main paper game battleship juga seru. Keke dan Nai gak asing sama beraneka permainan jadul tersebut karena cukup sering dimainin. Di sekolah juga boleh bawa kalau permainan jadul. Permainan modern justru gak boleh.

Kayaknya daftar permainan yang Chi sebut di atas udah cukup buat mengisi hari libur mereka nanti, ya. Bagaimana dengan teman-teman? Sudah ada rencana untuk mengisi liburan? Bikin liburan jadul aja kayak Keke dan Nai, yuk! Cari monopoli dulu, ah. Mumpung liburannya belum mulai

post signature

30 komentar:

  1. Wah serunya Mba Myra, udah siap aja beraneka permainan seru. Dibanding maen game sendiri mending game-game yang mba Myra siapin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. smeua game sebetulnya menghibur. Tapi kalau cuma main game di gadget bikin kita gak bergerak :)

      Hapus
  2. ah... permainan jadul yg seru...

    BalasHapus
  3. Untuk.outdoor, gobak sodor, kasti, enggrang... permainan jadul juga dan jarang banget dimainkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain udah jarang lapangan yang luas, udah sedikit juga anak-anak yang bermain di luar, Mak :)

      Hapus
  4. Saya sampe sekarang juga masih suka main monopoli mbak tapi sekarang yang online-nya. Hehhee... Semoga liburannya menyenangkan mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aa yang versi online. Tapi bikin lelah mata kalau kelamaan main online :)

      Hapus
  5. emaknya kreatif pisan! tapi biar di rumah nggak kalah seru. sekalian mendekatkan anak sm permainan lokal, yg kyknya sudah mulai ilang ya. happy holidays mak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, malah lebih seru bermain permainan tradisional sebenernya :)

      Hapus
  6. Manapoli masih suka di mainkan tapi dengan kartuygberbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake kartu apaan? Jangan-jangan duitnya juga duit beneran? Hehe

      Hapus
  7. Main halma rasanya tidak terlalu sulit buat Nai, Jeng. Selamat menikmati liburan dalam kebersamaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak terlalu sulit dan menyenangkan patsinya :)

      Hapus
  8. Pas segede skrg ini belum nyobain lompat pake karet lagi. Kayaknya ya sama, Mbak. Ngos2an. :D

    Met menikmati liburan di Tanakita, Kekenai dan keluarga.

    BalasHapus
  9. salam kenal mbak.. permainan jadul emang lbh berasa kebersamaannya ya.. rasanya liburan ini aku jg mau mempersiapkan permainan jadul deh hihihi.. makasih idenya mbak.. selain membuang bosan anak di rmh, jg mempererat hubungan komunikasi yg baik u anak dan ortunya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. Iya, pasti seru deh :)

      Hapus
  10. Liburan jadul tahun 90an. Mau saya juga gitu besok kalau Arya dah besar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang Arya main apa, Mak? :)

      Hapus
  11. lanjutkan mak..liburan tahun baru masih panjang :D :D

    BalasHapus
  12. sama kayak aku, main engklek juga di dalam rumah
    gak punya lahan
    dan di luar gak ada teman bermain

    BalasHapus
  13. itu permainan seruuu yang ngg ada matinya memang maak...kami suka main monopoly sekarang..kalau karet anak2 belum pernah hehehe....satu lagi mak favoritku..bola bekeeeel hehehe...sayang ngg kebawa ke sini euuuy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bola bekel juga seru, Mak. Cuma sekarang susah banget cari biji bekel yang dari logam. Adanya yang kerang gitu

      Hapus
  14. Sudah lamaaaa nggak main engklek =)) Main karet juga asik :"> Apalagi kalau udah sekepala tingginya :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah sekepala pake koprol atau loncat gitu aja? :D

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge