Ternyata Keke Suka Menulis

By Keke Naima - October 18, 2014

Di blog ini beberapa kali Chi membuat postingan yang mengatakan kalau Keke itu agak susah kalau urusan tulis-menulis. Butuh perjuangan sendiri yang kadang dibumbui dengan 'perang-perang kecil' kalau menyuruh Keke menulis. Keke sepertinya lebih suka berbicara panjang lebar, ketimbang menulis walopun cuma beberapa baris.

Tapi, sepertinya Chi agak salah menduga.... Beberapa hari lalu...

Keke:"Bun, Keke mau nulis tentang Clash of Clans (COC), ah"
Bunda: "Ya, tulis aja."

Chi waktu itu gak terlalu menanggapi keinginan Keke. Tapi, beberapa hari ini Chi perhatiin dia seperti asik di depan komputer, mengetik sesuatu di Word. Karena penasaran, Chi pun tanya ke Keke. Soalnya dia jarang banget buka Word kecuali tugas sekolah hehe. Ternyata, dia benar-benar menulis!

Setiap hari Keke menulis tentang game favoritnya ini. Tulisan semacam diary gitu. Pengalamannya ketika bermain COC. Dan, semuanya dia tulis dalam bahasa Inggris.

COC adalah game strategi tentang membangun dan memperluas desa. Masing-masing pemain, dianggap sebagai pemimpin desa harus punya strategi. Strateginya tidak hanya tentang membangun  dan mengembangkan desa yang dipimpin, tapi juga harus bisa bertahan dari serangan desa lain untuk memperebutkan daerah. Desa yang kita pimpin bisa juga menjalin kerjasama dengan desa lain. Bagus, sih. Karena anak juga belajar membuat strategi.

Keke udah lama banget mainin game COC. Nah, semua pengalamannya itu Keke tuangkan ke dalam tulisan-tulisannya. Dari apa yang dilakukan Keke itu, Chi mendapatkan beberapa pelajaran baru untuk Chi sendiri, yaitu:


Jangan mudah menjudge

Chi berusaha untuk tidak mudah menjudge anak-anak. Misalnya, ketika anak malu-malu bertemu dengan orang baru, jangan langsung dijudge kalau anak kita kuper. Chi masih inget kalau Nai itu dulu susah banget diajak menulis. Jangakan menulis, disuruh pegang alat tulis aja menolak melulu. Maunya loncat-loncatan aja. Tapi, Chi berusaha untuk gak menjudge dalam hal apapun. Cuma, ya, kadang suka sedikit kelepasan. Kayak, sekarang ini Chi suka bilang kalau Keke gak suka menulis. Kenyataannya, Keke suka juga menulis.


Passion itu perlu

Keinginan untuk menulis tentang COC datang dari Keke sendiri. Dan, dia benar-benar menulis COC selama beberapa hari terakhir ini. Tulisannya bisa berlembar-lembar dalam bahasa inggris. Buat Chi itu semakin membuktikan kalau passion memang berperan penting. Ketika kita sudah memiliki passion, biasanya apa yang kita lakukan itu lebih ringan dan dengan senang hati mengerjakannya. PR Chi untuk lebih menggali passion Keke dan Nai. Mengembangkannya kalau udah ketemu passionnya selama itu positif. Dan, gak sebatas tentang dunia tulis-menulis, lho.


Keke tetap harus menulis yang lain

Passion kelihatannya sangat mempengaruhi semangat Keke untuk menulis. Tapi, masih sebatas tentang COC. Sementara untuk menulis hal lain masih suka susah. Chi tetep akan meminta Keke untuk mau menulis hal lain. Karena walopun mungkin bukan passionnya, tapi kadang kan harus juga menulis hal lain misalnya untuk tugas sekolah. Jadi, sesekali harus dilatih juga menulis yang lain. Dan, tetep aja jadi PR Chi supaya Keke mau menulis hal lain seringan seperti ketika Keke menulis tentang COC hehe. Bisa, lah. Semangat! :)

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. wah keren, saya juga main COC.. penuh strategi untuk memainkannya... Tapi anak-anak harus di perhatikan loh mba kalau main game seperti ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Apapun game yang dimainkan oleh anak2, termasuk COC, saya berusaha semaksimal mungkin mengawasi dan berdiskusi. Walopun saya gak ikut main, setidaknya saya gak kudet dengan apa yang mereka mainkan :)

      Delete
  2. waah... Keke hebat, nulisnya pake bahasa Inggris... jempol!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajang latihan. Biar berani berkomunikasi dengan bahasa asing, Mak :)

      Delete
  3. keren Mak, nulisnya dalam bahasa Inggris. Kakak Sya, si sulung saya masih anfgin-anginan kalau soal menulis. buat blog sendiri, tapi ngisinya sebentar. dia lebih suka ngegambar anime di buku tulisnya. tetap kudu diarahkan ya Mak passion anak-anak, biar bisa fokus sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keke juga masih angin2an. Dia menulis hanya karena topiknya dia suka. Memang sebaiknya diarahkan, Mak :)

      Delete
  4. Untuk sementara Alisha terlihat belum minat mak, dia cuek2 saja melihat aq sibuk depan lapi, tapi entalah kedepannya...
    Yang pasti sekarang minatnya nyanyi koploan terus sampai aku bosen dengernya "sakitnya tu di sini...." -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah dipaksain harus ketemu saat ini juga. Tp, yang penting terus digali aja, Mak :)

      Delete
  5. keke keren banget sih... smoga tetap semangat menulis :)

    ReplyDelete
  6. Hebat.... semoga dua anakku nantinya suka menulis mbak. Yg satu ini sering bikin pusing sendiri. hihi.. dua anakku ga suka baca/tulis. halah.... mungkin karena ibunya tak lagi membaca ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak kemungkinan besar mengikuti orang terdekat, Mbak :)

      Delete
  7. Kekeeee...kamu kereeeen... ;))
    Keke kalo ga salah punya blog ya mak ?

    ReplyDelete
  8. Keke udah mulai menampakkan sedikit demi sedikit keahliannya,,,salut ama mak chi yang selalu setia melihat semua perkembangannya,,,

    ReplyDelete
  9. Waw, gue juga suka COC, tapi gak suka nulis! Hohoho

    ReplyDelete
  10. semangat ya Keke..!!!
    lanjutin semangat menulis mama kamu :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^