Raport Bayangan Semester Ganjil 2014

By Keke Naima - October 28, 2014

Hari Sabtu lalu (25/10), Keke dan Nai terima raport bayangan. Hasilnya adalah sebagai berikut...

Nai

Biasanya, Chi cerita tentang Keke dulu. Kali ini, Nai aja dulu. Menurut wali kelas, Nai bisa dibilang 'perfect'. Nilai akademis, sikap, keaktifan di kelas, tata tertib di sekolah, dan lainnya semua jempolan. Wali kelas sampai bilang seandainya semua muridnya seperti Nai, rasanya bakal bahagia banget :)

Alhamdulillah, Chi seneng banget dengernya. Paling sedikit catatan kecil aja, Nai suka terlihat agak gak pede kalau sedang ulangan. Padahal untuk hal-hal lain dia pede. Lagipula nilai-nilainya selalu bagus-bagus, hampir semuanya perfect.

Keke

Di pengambilan rapor kali ini, ceritanya lebih berwarna-warni ketimbang pengambilan raport yang dulu-dulu. Nilainya ada beberapa yang turun. Mulai ada beberapa nilai di angka 8 dan 7 (kalau gak salah 76), walopun tetep masih banyak nilai 9 komanya, sih. Diantara murid laki-laki sekelasnya, masih tetap termasuk yang menonjol nilai-nilainya. Hanya saja kalau dibandingkan secara keseluruhan, paling tidak ada 3 anak perempuan yang unggul di kelas.

Sifatnya juga mulai berwarna-warni, mulai ada cerita-cerita dihukum karena melakukan kesalahan. Keke masih tetap anak yang berani bertanya dan berdiskusi. Hanya saja ketika melakukan debat pelajaran dengan anak perempuan, Keke suka terlihat agak mengalah.

Untuk nilai akademis, Keke nyaris sempurna di pelajaran Matematika dan IPA. Cuma, perlu dikasih perhatian untuk pelajaran bahasa Indonesia dan Inggris (bahasa Arab dan Sundanya malah bagus hihi). Beberapa kali dia mendapat nilai 8 koma sekian ketika ulangan bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk bahasa Inggris, memang lagi sering belajar kata lampau, sih. Jadi memang Chi rasa kuncinya harus sering dibiasakan untuk mengetahui bentuk-bentuk kata lampau. Sedangkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Keke agak lemah kalau harus bikin pantun. Hahaha... Kalau itu Chi garuk-garuk kepala aja, deh. Chi juga agak kesulitan kalau harus bikin pantun :p

Yang paling harus dikasih catatan adalah pelajaran Aqidah dan Akhlak. Banyak bacaan hadist dan artinya yang kurang Keke kuasai. Kayaknya Chi harus kejar untuk pelajaran ini.

Evaluasi

Chi coba evaluasi satu per satu, ya. Penyebab Nai gak suka terlihat gak pede mungkin karena dia selalu khawatir Chi akan marah kalau dia mendapatkan nilai dibawah 9. Ketika anak-anak mendapatkan nilai dibawah 9, Chi memang selalu bertanya "Kok, dibawah 9 nilainya?"

Chi itu gak marah sebetulnya. Cuma kenapa Chi tanya kayak gitu, karena Chi tau mereka sudah belajar. Udah Chi tes juga di rumah. Kalau nilainya sampai di bawah 9, kemungkinan ada penyebab lain. Bisa jadi karena soalnya yang di luar dari apa yang udah dipelajari. Chi akan memperlihatkan rasa kecewa kalau hasilnya kurang memuaskan karena sebelumnya waktu disuruh belajar mereka lagi susah banget. Kepengen main terus. Kalau udah gitu biasanya gak cuma rasa kecewa, nasehat (baca: omelan) panjang pun akan keluar hehe.

Nah, rupanya Nai suka agak sensi. Dia khawatir banget mengecewakan Chi. Chi suka ngerasain, sih, setiap kali selesai ulangan di hari itu trus Chi tanya gimana ulangannya, dia suka mengeluh susah dan gak bisa. Padahal ternyata hasilnya bagus banget. PR buat Chi untuk coba memperbaikin komunikasi dengan anak-anak untuk hal ini. Dan, berusaha membangkitkan rasa percaya diri Nai.

Kalau Keke, Chi lihat lagi masanya, nih. Lagi seneng-senengnya main dan bergaul. Sebetulnya gak cuma Keke, umumnya teman-temannya juga begitu sekarang. Makanya walopun Chi tetap berusaha mengajarkan anak sesuai dengan karakter mereka dan dengan cara menyenangkan, tetep aja ada kondisi dimana Keke mulai agak susah diajak belajar.

Rasanya Chi harus mulai cari cara baru lagi. Untuk usia Keke rasanya udah gak cukup kalau kita hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Rasanya Chi juga harus semakin menanamkan motivasi ke Keke tentang pentingnya belajar. Biar dia ada kesadaran dan semangat untuk belajar.Dalam pikiran Chi, kalau dia bisa semangat untuk bergaul, maka pasti ada cara untuk bikin dia juga semangat untuk belajar.

Bisa dan harus bisa! Optimis aja dulu. Iya, gak? Mudah-mudahan nilai akademis dan laporan sikap di raport semester ganjil sudah lebih baik lagi. Aamiin ;)

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Kalau di bimbel anak2 ada yg langsung laporan setelah selesai ulangan atau UTS. Kalau nilainya di bawah ekspektasi, langsung ditanya sih, di bagian mana yg belum paham? dan kenapa bisa dapet segitu? soalnya susah atau bagaimana? hehehehe... kami termasuk cerewet juga sih soal ini.

    ReplyDelete
  2. Huaaahhh aku termasuk yg gak terlalu perhatian sama nilai anak2. Ambil report bayangan aja ngga ;). Baru kemaren ketemu gurunya Falda

    ReplyDelete
  3. Amin, semoga lebih baik lagi sikap dan nilainya ya buat keke dan Naima..

    ReplyDelete
  4. aku yakin kenai akan memberikan hasil yg sangat memuaskan nantinya,,,

    ReplyDelete
  5. Semoga lebih baik ya nanti, PR buat aku juga nih kemarin agak kendor belajarnya Allhamdulillah memuaskan

    ReplyDelete
  6. Hihi, nah itu dia yang susah untuk mengarahkan anak seusia Keke ya. Aku tunggu tipsnya Chi ya. :))

    ReplyDelete
  7. i feel you, chi hehehe

    Tapi anak2 kamu mah keren banget lah, secara ibu nya selalu ada disamping untuk terus membangkitkan semangat belajar anak. Salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak De juga keren. Walopun sibuk bekerja, Rafa dan Fayra tetap berprestasi! :)

      Delete
  8. Keke gentlement nih...selalu ngalah kalo debat ama temen perempuannya.. hihihi
    Nai hebat banget dapet nilai perfect.. kereen Nai.. ;))

    ReplyDelete
  9. Berarti musti belajar pantun bareng2 ya, Mbak. Saling sahut2an pantun. :D

    ReplyDelete
  10. Membayangkan nanti aku juga sampai pada tahap ini ;)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^