Susu Ajaib

By Keke Naima - July 21, 2014

Umumnya setiap orang tua akan bahagia ketika dikarunia seorang anak. Chi juga begitu, sama kayak kebanyakan orang tua lainnya. Mau melahirkan anak pertama dan kedua, perasaannya sama. Bahagia banget.

Tapi, waktu ngelahirin Nai, perasaan Chi sempet campur aduk. Bahagia dan sedih bercampur satu. Sedih karena untuk pertama kalinya bakal jauh dari Keke selama beberapa hari. Gak mungkin, kan, Keke ikut nginep di rumah sakit. Trus ngelihat Keke yang nangis meraung-raung, denger cerita dari K'Aie kalau Keke gak bisa tidur karena nyariin Chi terus, bikin Chi tambah sedih. Tapi, yang paling bikin Chi sedih adalah Keke terkena diare yang cukup berat.

Di saat Chi bahagia karena baru aja melahirkan seorang putri yang cantik, di saat yang sama pula Keke terkena diare. Tepatnya, ketika hari terakhir Chi berada di rumah sakit. Gak jelas juga apa penyebabnya. Apa salah makan atau gimana.

Keke yang tadinya gemuk jadi sangat kurus, keliatan banget tulangnya. Ilang, deh, daging yang bikin badannya gembul. Apapun makanan dan minuman yang ditawarkan ditolaknya. Padahal tadinya dia doyan makan. Dia juga hilang semangat. Bener-bener lemes badannya.

Untungnya, sih, masih mau ASI. Dan, setelah melahirkan ASI Chi kembali berlimpah, jadi cukup banget buat nursing tandem sama adiknya. Tapi, tetep aja sebagai orang tua khawatir lihat kondisi Keke.

Gak pake berlama-lama, kami pun segera membawa Keke ke dokter anak yang biasa menanganinya kalau lagi sakit. Diare sejak kapan? Makan apa aja? Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh dokter. Termasuk pertanyaan, minum susu formulanya apa?

Menurut dokter, kalau Keke minum susu formula harus yang mengandung prebiotik selama diare. Karena prebiotik itu bagus bagi pencernaan, sehingga boleh diberikan saat anak sedang diare. Tapi, kalau tidak mengandung prebiotik, sebaiknya susu formula dihentikan dulu konsumsinya ketika diare.

Keke sebetulnya gak minum susu formula sama sekali setelah selesai masa ASI eksklusif. Dia MPASI plus ASI aja. Selain itu dia rutin konsumsi yoghurt. Tapi, mengingat selama diare Keke gak mau MPASI sedikitpun, yoghurt juga gak mau *padahal yoghurt bagus buat pencernaan, ya* kami pun mencoba mencari susu yang tepat buat Keke. Yang mengandung prebiotik tentunya.


susu ajaib

Susu Morinaga merupakan salah satu susu yang memiliki nutrisi lengkap, termasuk prebiotik. Lagipula, susu morinaga ini, kan, udah ada sejak lama. Morinaga merupakan sebuah perusahaan di Jepang yang memproduksi produk berbahan baku susu, berdiri sejak 1917. Sedangkan Kalbe adalah lembaga farmasi ternama di Indonesia yang menghasilkan berbagai produk berkualitas.

Selama ini banyak masyarakat, termasuk Chi, yang taunya kalau lagi diare itu harus berhenti minum susu. Atau kalau gak berhenti, mereka gak perhatiin lagi kandungannya. Yang penting susu harus berhenti sementara. Ternyata, itu gak tepat. Makanya Chi mau sebut susu yang mengandung prebiotik itu susu ajaib aja, deh. Selain nutrisinya lengkap, alhamdulillah Keke juga mau minum susu formula selama dia diare. Chi kasih dia yang rasa vanila. Setelah minum susu, lumayan cepat juga pemulihannya. Keke yang tadinya lemas banget, mulai kelihatan ada semangatnya lagi. Alhamdulillah. Tapi setelah diarenya hilang, minum sufornya juga brenti :)

Sumber gambar:  http://www.bilna.com/morinaga-chil-kid-platinum-sinbiotik-vanila-800gr-tin.html#.U8sfXUASZbY

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. dulu pas adekku bayi juga ama ibu dikasih susu ini mak,,,ya walau harganya mahal,,tapi adek baik2 saja dibandingkan dgn susu lain,,adek malah nggak cocok,,langsung diare,,,

    ReplyDelete
  2. Nah, Intan dulu juga sempat aku selingi dengan susu ini, Mak Chi, selain ASI.Tujuh belas tahun lalu lho, dan sampai sekarang susu yang satu ini masih tetap dan semakin banyak direkom ya... . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap terjaga kualitasnya sejak dulu, Mak. Makanya masih bayak yang rekomen :)

      Delete
  3. Waktu bundanya melahirkan anak pertama, Alhamdulillah semuanya full pake ASI. Namun begitu Bundanya melahirkan anak keduanya, semuanya full menggunakan Susu Formula. Salah satu susunya adalah merek yang sama seperti dalam tulisan ini, Morinaga. Namun kemudian tidak cocok , dan tidak begitu disukainya. Kemudian berganti dengan SUSU Formula merek SGM

    ReplyDelete
  4. Morinaga chil mil dulu ya namanya? si sulung19 th lalu harus pake ini karena suka kena radang. Susu lain gak cocok. Jaman dulu hanya susu ini juga yg kasih reward berupa mainan anak, bentuk balok, tas, topi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syaa juga pertama kali tau susu ini dari tante saya. Anaknya dulu minum susu ini dna sekarang sepupu saya udah kerja. :)

      Delete
  5. Baru tahu kalau diare malah justru tetap minum susu ya mbak. Eh, susu ajaib itu namanya Chilkid ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi harus susu yang mengandung prebiotik ya Mbak. Kalau gak ada prebiotiknya sebaikya dihentikan dulu ketika diare

      Delete
  6. makasih infonya, Mak.

    waktu arfan diare, dia pernah diresepin susu merek apa gitu. Tapi emang mengandung prebiotik. :)

    ReplyDelete
  7. Mksh mak infonya..disimpen dulu :)

    ReplyDelete
  8. dulu juga pas ade isha lahir, isha kena diare gitu.. perasaan sedih gitu, mungkin sama kaya yang dirasain keke :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau anak sakit rasanya sedih banget, ya

      Delete
  9. Vay juga susunya ini Mbak. Udah chil school tapi. Dianjurkan dokternya yang di Pluit.

    ReplyDelete
  10. si ncit jadi langsing mungkin gara gara terlalu cepat stop asi kesusul adeknya. pernah pake pediasure tapi lama-lama empet juga dompetnya. sekaleng paling bertahan 2 hari. sebulan ga cukup 2 juta cuma buat susu doang... :D

    ReplyDelete
  11. ini lomba bukan mak... hihihi... soalnya anak saya juga pakenya susu dari morinaga ini :D

    ReplyDelete
  12. Saya kira ajaibnya bisa ngomong. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada yang ajaibnya kyk gitu, kasih tau saya, ya :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^