Senin, 12 Mei 2014

Birdman Rally 2012

Pernah lihat pesawat kertas melayang-layang dengan bagusnya ketika tertiup angin. Chi jarang banget. Abis bikin pesawat kertas yang bisa melayang dalam waktu cukup lama itu susah ternyata. Kebanyakan langsung nyungsep haha.

Nah, sekarang gimana kalau pesawat kertasnya berganti menjadi pesawat buatam manusia tanpa mesin? Didalamnya harus ada manusia yang mengontrolnya. Kira-kira berapa lama bakal terbangnya? Apakah akan langsung nyungsep juga?

Birdman Rally adalah kontes pesawat terbang bertenaga manusia. Di gelar setahun sekali, sejak tahun 1977. Diselenggarakan di danau Biwa, danau terbesar di Jepang. Saya nonton acara Birdman Rally 2012 di channel WAKUWAKU JAPAN, hari Minggu tanggal 4 Mei lalu. Perlombaan ini terdiri dari 3 kategori perlombaan.

Lomba pesawat terbang bertenaga manusia tanpa baling-baling

 Pesawat dari tim pelawak. Yang menjadi pilotnya adalah pelawak senior yang udah berusia 63 tahun hihihi

Ini mirip seperti pesawat kertas, hanya saja di dalamnya ada manusia. Semua pesawatnya juga buatan tangan para peserta. Penentuan lombanya adalah siapa yang menempuh jarak paling jauh sebelum akhirnya pesawat nyungsep ke laut. Gak mudah, pesawat harus dibikin seringan mungkin dan orang yang di dalam pesawat harus juga bisa mengontrol dengan tenaganya. Atau faktor keberuntungan juga mempengaruhi. Katanya di danau Biwa itu suka tiba-tiba ada angin besar. Jadi, walopun pesawatnya udah bagus, bisa tiba-tiba nyungsep kalau tau-tau dateng angin.

Peserta di kategori ini datang dari berbagai kalangan dengan berbagai tujuan. Seperti salah satu prefektur di Jepang ikut lomba tersebut karena ingin mengembalikan masa kejayaan daerah mereka sebagai pengrajin mebel berkualitas. Pesawatnya murni dari kayu semua. Trus, di belakangnya ada spanduk panjang tentang promosi daerah mereka.

Ada tim para jomblo laki-laki yang katanya selalu apes sama perempuan. Berharap kalau menang, bakal lebih beruntung sama perempuan hahaha. Hingga kelompok pelawak yang sudah terkenal di Jepang. Dan, sama seperti peserta lainnya, para pelawak tersebut walopun sudah terkenal juga tetep bikin pesawat sendiri.

Yang menjadi pemenang adalah tim yang dikomandani seorang pilot. Tim ini di tahun sebelumnyanya juga menjadi juara dengan jarak tempuh sekitar 498m. Wah, kalau yang namanya pilot sih perhitungannya mantap, ya. Ukuran pesawat termasuk pengetahuan tentang anginnya juga.

Badan pesawat buatan tim pilot gak besar, tapi sayapnya panjaaaaang. Terbangnya juga gak tinggi. Nyaris mendekati permukaan air, tapi stabil. Sepintas mirip burung camar yang lagi terbang rendah. Di Birdman Rally 2012, rekor yang dia buat sendiri di tahun lalu pecah. Kali ini tembus angka 500 meter lebih.

Lomba pesawat terbang bertenaga manusia dengan baling-baling.

Di kategori ini ada 2. Yang pertama kecepatan waktu. Peserta diminta menempuh jarak tertentu (kalau gak salah 200 meter). Yang paling cepat sampai, tim tersebut pemenangnya. Yang kedua adalah jarak tempuh. Peserta diminta menempuh jarak sepanjang 40 km. Yang terjauh jaraknya menjadi pemenang.

Pesawatnya tetap buatan tangan para peserta, hanya bedanya dengan yang pertama kalau yang ini pakai baling-baling. Untuk menggerakkan baling-baling, peserta yang ada di dalam pesawat menggenjot seperti naik sepeda.

Perbedaan lain dari kategori pertama adalah para pesertanya. Kalau yang pertama, pesertanya dari berbagai kalangan. Sedangkan untuk pesawat baling-baling ini pesertanya adalah mahasiswa teknik dari berbagai universitas.

Untuk kategori kecepatan, semua peserta bisa sampai garis finish cuma waktunya aja yang berbeda-beda. Sedangkan untuk jarak, gak ada peserta yang sampai 40 km. Kebanyakan gak sampe 1 km aja udah nyungsep. Cuma ada 2 tim yang lebih dari 1 km.

Tim yang menjadi juara kedua, menempuh jarak 12 km. Pesawatnya nyungsep karena sedikit-sedikit mulai rontok body pesawatnya. Padahal pilotnya masih kuat ngayuh. Sedangkan tim yang menjadi juara pertama, pilotnya kram kaki kanannya. Terpaksa deh pesawatnya di ceburkan setelah menempuh jarak 18 km. Padahal pesawatnya masih bagus.

Chi sekeluarga suka sama acara ini. Apalagi untuk lomba kategori pertama. Karena banyak yang menghibur pesertanya. Sayang gak bisa ditonton rutin, ya. Karena lombanya aja kan setahun sekali. Tapi, di Jepang itu memang banyak perlombaan yang kreatif dan menghibur, ya :)

WAKUWAKU JAPAN bisa ditonton di Indovision (channel 168), Okevision (channel 32), dan First Media (channel 340)


post signature

16 komentar:

  1. Pesat kertas hanya bisa di mainkan pada musim panas ya Mba, kalau musim hujan nanti malah kena air jadi obek pesawatnya. :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau musim hujan mainnya di rumah hehhee

      Hapus
  2. xixixixixixi....kretaif banget,tapi nggak kebayanglah kalo q yang naik itu mak hahahaha..ogah nyungsep ^^

    BalasHapus
  3. wah,,aku ngeri kalo naik,,sepertinya aku nggak bisa ngontrol,,kalau nyungsep beneran jadi berabe :)

    BalasHapus
  4. HUhuhu.... aku gak pasang lagi tv kabel, Mak. Anak-anak malah suka rebutan. Emaknya juga. Kalo sekarang, anak-anak gak mau nonton. Jadinya tv cuma dikuasai emaknya. Hehehehe...

    BalasHapus
  5. waku-waku lagi hehehe aku gak punya myr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakuwaku itu channel favorit saya. Lagian drpd nonton sinetron :D

      Hapus
  6. Ya ampuun, orangnya pasti tangguh2 yang ikut ya, Mba.
    Hiii, kalau saya sih udah takut ketinggian dulu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau Idah ikut bakal jerit2 kayaknya :p

      Hapus
  7. Acara sekarang lucu-lucu tapi juga menginspiratif.
    Ngeri juga klau nyungsep...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya menghibur. Tp di lomba itu, ada regu penolong yang sigap :) :)

      Hapus
  8. Niat banget yaaa... :D

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge