Senin, 14 April 2014

The Great 100 Recipes

 sumber: http://www.wakuwakujapan.tv/en/program/culture.html

The great 100 recipes adalah sebuah acara tentang pelajaran dasar teknik masakan. Tayang di channel WAKUWAKU JAPAN, sebuah channel hiburan yang menayangkan program tv Jepang. The great 100 recipes tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 07.30 wib. Siaran ulangnya pukul 09.30 dan 15.30 wib.

Setiap hari menampilkan tema yang berbeda. Misalnya seperti hari ini temanya adalah tentang memanggang. Dan setiap tayangan ada 3 resep sederhana yang ditampilkan.

Chi suka sama acara masak-memasak di tv. Biasanya bisa betah tuh berlama-lama di tv. Setiap ada acara ini, Chi udah siap-siap sama bolpen dan kertas. Tapi, selalu aja gak kecatet secara lengkap resepnya. Mungkin karena konsentrasi terpecah-pecah. Antara membaca teks dan nyatet. Karena kalau gak baca teks, Chi gak akan ngerti lah. Kan, pake bahasa Jepang acaranya :D

Tapi tetep bisa Chi nikmati dan dapet ilmunya, kok. Beberapa tips memasak yang Chi dapat misalnya:
  1. Selai jeruk bisa membuat iga panggang menjadi berkilau hasilnya 
  2. Ketika membuat saus putih untuk pasta harus ditumis dengan api kecil dan hati-hati. Jangan sampai gosong sehingga warnanya tidak menjadi putih lagi
  3. Cara menyimpan daging yang baik adalah dengan cara menutup rapat. Dan dibungkus sesuai porsi yang akan kita masak.
  4. Daging yang sudah dikeluarkan dari freezer tidak boleh dibekukan kembali 
  5. Wortel yang bagian ujungnya masih ada warna hijaunya biasanya teksturnya masih keras
Banyak banget deh tip yang bisa kita dapet. Tenyata memotong sayur pun ada caranya. Trus, ada juga pengenalan beberapa bumbu dapur dan bahan makanan di setiap episodenya.Gak selalu yang khas Jepang, kok. Beberapa bumbu dapur dan bahan makanan juga ada di Indonesia.

Ayo, yang selama ini belum bisa bedain mana merica butiran dan ketumbar butiran, mending nonton acara ini hihihi. Karena yang diajarin di acara ini memang tentang dasar-dasar memasak. Jadi, sudah siap kita memasak? Yuk, nonton dulu acaranya :)

post signature

16 komentar:

  1. hehhehe makin rajin masak dong mak chie asik mau mampir ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masak mah tetep aja gimana mood :D

      Hapus
  2. wah, kenapa acara masak-masak yang aku suka ga masuk paketan tv kabelku hiks...seru ya mb hehehe

    BalasHapus
  3. Wah pasti mak chi mkn rajin masak....brrti bnr ya..kl nyimpn daging byk lbh baik dimskkn wadah ato plastik ukuran sdg2.kl ngambil seperlunya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih tergantung mood hehhee

      iya, Mak. Dibagi2 dulu dagingnya

      Hapus
  4. Aku jarang nonton tv, mak. Itu acaranya di mana? Di teve kabel ya?

    BalasHapus
  5. Aku pernah nonton iniiii cara bikin nasi yg bener. Jd nasi yg bagus tu yg bulirnya masih bagus katanya ga lembek. Hihihi... bagus acaranya. Sayang deh kalo si bebe ga bobo ga nonton tivi, abis takut anaknya kbawa nonton. Paling yg aman cuma kl nonton masterchef doang xP

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masterchef juga saya selalu usahain nonton hehe

      Hapus
  6. bagus tuh, belajar masakan jepang. kalau saya sih bisanya cuma tumis doang..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarpun tumis asal enak aja dimasaknya :D

      Hapus
  7. hmmm...lezatos makkk,,bikin ngiler gambarnya,,enak,,,

    BalasHapus
  8. mau nanya mak, kenapa daging freezer ga boleh dibekuin lagi? aku tau sih, suka lat di petunjuk2 kemasan gitu, tapi tetep aja aku kerjain. --___--

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya kemungkinan daging udah terkontaminasi udara luar. Jadi sebaiknya dibagi seperlunya aja.

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge