Rabu, 02 April 2014

Giveaway - Merasa Dicintai Karena Dongeng

 Cover kumpulan dongen anak karya Hastira Soekardi

Ini kejadian udah cukup lama sebetulnya. Lebih dari setahun. Waktu itu, Chi lihat pertanyaan di salah satu fanpage (lupa nama fanpagenya :p). Pertanyaannya adalah "Bunda, disaat apa, anak merasa dicintai?"

Buat Chi, ini pertanyaan sulit untuk dijawab. Mungkin kalau pertanyaannya "Disaat apa Bunda merasa dicintai oleh anak?", Chi bisa menjawab dengan sangat panjang. Kalau perlu pakai nangis bombay. *gampang terharu :D

Tapi, kalau pertanyaannya seperti itu, menurut Chi salah sasaran kalau tanya ke orang tua karena yang jawab seharusnya anak. Penasaran, Chi pu n coba tanya ke Keke.

Keke : "Keke merasa paling dicintai Bunda pas mau tidur Keke selalu dibacain cerita, abis itu dipeluk."
Bunda : "______________" *Speechless

Chi memang sering membacakannya buku cerita, biasanya dongeng anak. Atau, kadang-kadang, Chi karang sendiri dongengnya kalau lagi iseng atau gak ada buku bacaan. Setelah itu, baru Chi peluk sampai Keke tidur. Malah, sering juga Keke udah tidur pas Chi lagi bacain buku.

Walaupun begitu, dalam pikiran Chi tadinya Keke akan menjawab dibeliin ini-itu atau pergi ke sini - ke situ kalau ditanya tentang saat dia merasa dicintai. Eh, gak taunya jawabannya di luar dugaan Chi. Makanya, Chi sempet gak bisa ngomong. Terharu :)

Chi memang bukan pendongeng profesional. Bahkan, membuat dongeng untuk Keke dna Nai pun masih sesukanya. Tapi, dengan dongeng, Chi bisa membuat Keke merasa paling dicintai. Dan, tahu kayak gitu hati rasanya bahagia banget. Luar biasa, deh. Merasa dicintai itu ternyata sederhana.

Bertambah 1 lagi manfaat mendongeng. Gak cuma menjadi cara cepat untuk mengajarkan anak membaca, tapi juga membuat anak merasa paling dicintai :L

post signature

44 komentar:

  1. klu fitry suka nonton upin ipin..jd klu mau dongeng hrs dikaitan dgn upin ipin dia suka..klu tema lain dia malas mendengarkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 kadang suka begitu, Mbak. Kadang ada cerita yang mereka suka diulang2 terus, padahal kitanya udah bosen hehe

      Hapus
  2. saya juga selalu senang kalau Mbah saya mendongeng, lalu setelah selesai kami akan diselimutinya dg kain sarung, dingin hembusan kain sarung itu sangat saya sukai... :) Jadi inget Mbah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih, keliatannya asik. Memori yang indah, ya :)

      Hapus
  3. Aku suka dongeng.... Dan tiap malam masih setia bercerita sambil dongeng buatsi kecil Samara..

    Sukses ya ngontesnya mak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah, Samara akan sellau ingat itu, ya Mak :)

      Hapus
  4. Love this sentences, Chi :

    Tapi, dengan dongeng, Chi bisa membuat Keke merasa paling dicintai.. hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin saya terharu juga saat itu, Mak :)

      Hapus
  5. seneng banget Keke n Nai sering didongengin yakk.. Dulu di keluarga saya belum ada budaya semacam itu. Mungkin besok kalo udah punya anak sendiri *ehh *aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di keluarga saya juga gak ada sama sekali. Pas punya anak aja saya kepikiran pengen ngedongengin mereka :)

      Hapus
  6. Yup membuat anak merasa dicintai dengan kita mendongeng dengan ikhlas..setujuuu

    BalasHapus
  7. hu.. hu... hu... ikut terharu atas jawaban Keke

    BalasHapus
  8. Gutlak GA-nya, Chi.
    Keke so sweet banget ihhhhh.. ^_^

    BalasHapus
  9. Seneng banget denger anak ngomong gitu ya, Mak :-)

    BalasHapus
  10. Wah, terharu banget dg jawaban Keke...
    Ternyata dongeng memang memberikan banyak manfaat ya Mak

    BalasHapus
  11. hihi....jadi ikuta terharu,ah keke ^^

    BalasHapus
  12. Kebiasaan mendongeng untuk anak-cucu tampaknya sudah berlangsung sejak dulu hingga kini dan sampai nanti.Ini bukan hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai belahan dunia.
    Anak2 suka sekali dengan dongeng. Oleh karena orangtua harus bisaa memilih dongeng yang pas untuk anak-anak. Jangan lupa meyisipkan pesan moral yang baik sebelum mengakhiri dongeng. Misalnya tentang kejujuran,menuntut ilmu, kasih sayang,menghormati orang yang lebih tua dan lain sebagainya.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Pakde. Dongengnya pun harus dipilih2 :)

      Hapus
  13. anak-ankku juga suka kalau saya mendongeng, kadang suka kehabisan ide, tapi sekarang engga lagi, alhamdulilah banyak buku dongeng yang saya beli, mereka juga senang baca sendiri kecuali si kecil yang belum bisa baca, trims!

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku dongeng sekarang memang bagus2 :)

      Hapus
  14. Dongeng salah satu bentuk perhatian juga ya, Teh. Jadi ada komunikasi dg anak scra intens.

    Berpelukkan Keke. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berpelukan juga sama tante Idah :)

      Hapus
  15. sederhana sekali cara membuat keke dan nai merasa dicintai oleh orang tuanya., ternyata cukup dengan mendongeng...luarbiasa....selamat berlomba, semoga menjadi yang terbaik....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuat seorang anak bahagia ternyata sederhana, ya Pak :)

      Hapus
  16. Selalu suka dengan dongeng. Gak cuma waktu masih kecil. Sekarang juga masih suka. Dan bener banget, dibacain atau diceritain dongeng itu memang berasaaa banget dicintai. Diperhatikan. Tapi.... aduh, aku sering males kalo diminta mendongeng sama anak-anak. APalagi kalo udah ngantuk dan capek. Hehehehe... emak macam apa itu... TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya waktu kecil gak pernah didongengin, makanya agak kaget juga waktu tau kalau efek dongeng salah satunya adalah bs bikin anak merasa dicintai :)

      Hapus
  17. anak2 emang paling suka kalo didongengin ya..klo arya suka request sendiri pengen diceritain apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, Mak. Anak2 juga kadang request :)

      Hapus
  18. aku tiap malem juga mendongeng Chi....dan anak keliatan seneeeng banget deh kalo lagi dengerin mamanya bacain cerita ya ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an bikin mereka juga jadi lebih nyenyak tidurnya, ya :)

      Hapus
  19. jadi lebih dekat dengan anak ya dari mendongeng ini

    BalasHapus
  20. Polos dan sederhananya anak2 ya Jeng Chi, mari semakin rajin mendongeng. Jagoan kamipun paling menikmati saat dongeng itu. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng banget kalau diidongengin orang tua ya Mbak :)

      Hapus
  21. Sesederhana dibacain dongeng sebelum bobo ya mba. Nyesss...

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge