Suami Saya...

By Keke Naima - March 17, 2014

suami saya

Judul postingan ini, sengaja Chi samain dengan judul tulisan yang masuk ke majalah Good Housekeeping Indonesia, sekitar 1 tahun lalu. Tulisan pertama Chi yang masuk media cetak, dan setelah itu belom ada lagi *karena gak ngirim-ngirim lagi :p

Tulisan itu menceritakan tentang kejadian dimana Chi dan beberapa orang teman lama ngobrol-ngobrol di dumay. Karena udah lama gak ngumpul, kami berencana untuk ketemuan. Chi bilang kalau mau ngumpul sebaiknya hari Sabtu atau Minggu. Karena Chi cuma bisa di 2 hari itu. Alasannya, kalau wiken K'Aie libur, jadi anak-anak bisa ditemenin sama K'Aie.

Setelah Chi komen gitu, salah seorang temen berkomentar, "Kamu, kok, anggap suami kayak pembantu aja. Masa' disuruh ngasuh anak."

Chi kaget banget baca komen tersebut. Gak tau, deh, apa temen Chi itu becanda atau enggak. Chi gak tanya, lebih memilih untuk menjelaskan. Sama sekali Chi gak menganggap kalau K'Aie itu seorang PRT. Mengasuh anak memang sudah jadi kesepakatan kami bersama sejak awal. Chi memang pengen banget K'Aie itu dekat dengan Keke dan Nai.
 
Walopun Chi gak merasa seperti itu, tapi gara-gara komen tersebut, bikin Chi jadi bertanya ke K'Aie. Gak bermaksud menuduh, sih. Tapi, siapa tau aja, K'Aie lama-lama keberatan sama yang namanya mengasuh anak.

K'Aie : "Apa-apan, sih. Ya, enggak lah! Masa' kayak gitu keberatan."
Chi    : "Ya, kali aja..."
K'Aie : "Enggak, lah. Namanya juga berumah tangga, ya sama-sama lah."

Alhamdulillah, K'Aie gak pernah ada rasa keberatan. Tetap menjadi suami dan ayah yang mau sama-sama mengurus rumah tangga dan anak-anak

Sebetulnya, tanpa diminta pun, sejak masih pacaran Chi udah yakin. Kelak kalau kami menikah dan punya anak, K'Aie akan menjadi ayah yang dekat dengan anak-anaknya. Tidak hanya ingin mencari nafkah, sementara urusan anak sepenuhnya menjadi tanggung jawab istri. Chi yakin K'Aie gak seperti itu. Alhamdulillah, terbukti sampai sekarang.

Buat, Chi penting banget bagi seorang anak untuk dekat dengan sosok ayah. Ketika setahun lalu lihat Nai asyik berlama-lama ngobrol berdua sama ayahnya tentang perayaan ulang tahun yang Nai inginkan. Chi memang sengaja gak ikut nimbrung. Chi cuma duduk dekat mereka, sambil tersenyum senang melihat ayah dan putrinya saling berdiskusi. Keke pun begitu. Seringkali Chi biarkan Keke ngobrol berdua dengan ayahnya. Dan, Chi hanya jadi pengamat sambil tersenyum mendengar obrolan mereka.

Ketika Keke dan Nai masih bayi, K'Aie pun rajin ngemandiin mereka setiap pagi bahkan bantu nyuapin sarapan. Menggendong anak-anak pake gendongan bayi. Hingga cuti kerja untuk membantu Chi dalam proses menyapih.

K'Aie juga andal dalam urusan rumah tangga. Rajin banget bebersih rumah, memasak juga oke. Tentu aja itu semua dilakukan saat lagi gak ke kantor, lah. Karena kegiatan utamanya kan mencari nafkah.Dan, K'Aie termasuk suami yang bertanggung jawab.

Chi merasa jadi perempuan yang sangat beruntung punya suami seperti K'Aie. Sekali lagi, Chi sama sekali gak menganggap K'Aie itu seorang PRT karena selalu membantu urusan rumah tangga. Jauh-jauh, deh, dari pikiran itu! Chi tetap menghargainya sebagai suami, ayah Keke-Nai, dan kepala rumah tangga.

Tapi, kalau ada orang lain yang berpikiran seperti itu. Biarkan itu jadi urusannya. Yang penting, keluarga kami asyik-asyik aja dengan keadaan ini :)

  • Share:

You Might Also Like

53 comments

  1. wih,kok segitunya....susah senang kan bareng,apalagi masalah pengasuhan anak,kan harus ada kerjasama antar keduanya... eh bener nggak mak ^^

    ReplyDelete
  2. toss, mak! kalau suami saya libur, saya selalu berusaha untuk tidak mengganggu kedekatan suami dan Arya. Lagipula, kalau suami libur, Arya suka banget nempel papanya. dikit-dikit papa, makan sm papa, cebok sama papa, main sama papa. Biarlah. Selain buat ilangin kangennya Arya, biar hubungan mereka juga dekat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, Mak. Saya juga sering membiarkan anak2 asik sama ayahnya aja. Biar mereka gak cuma dekat sama bundanya :)

      Delete
  3. Jadi ingat temenku deh mba. Aku jalan sama dia dr pagi, sementara suami pun kumpul sama teman2nya di tempat lain. Siang suami jemput aku, dan ngeliat si bebe yang tidur lg kupangku, suami langsung otomatis ngambil dan mangku si bebe terus jalan duluan di depan kita. Tiba2 temenku bilang,"kasian banget mia suaminya, baru dateng udah gendong anak. Nanti aku kalo punya suami, aku gabakalan biarin dia gendong anak,"
    Dan kemudian gw bengong. Kaget juga ada yang bpikir bgitu.
    Setuju sama teh Chi. Ngebesarin anak itu tugas ayah dan ibu. Lagian Family man itu seksi lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. temennya belom ngerasain kalau gantian gendong anak itu nikmaaaattt hehehe

      Setuju, Mak. Family man itu sexy hihi

      Delete
  4. Sama mbak.. kita juga sepakat saling bekerja sama dalam bentuk apapun, jadi misal saat pekerjaan rumah numpuk, ayahnya kynan tidak segan untuk membantu dan tentunya tindakan tersebut tidak menurunkan posisinya sebagai kepala keluarga dan sebagai istri aku jadi semakin menghargai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, betul. Sebagai istri kita malah makin meghargai :)

      Delete
  5. Setujuuu sama komen mia, family man itu seksi, hihi. Jadi cuek bebek deh sama orang yg bilang suami dijadiin PRT :D

    ReplyDelete
  6. Mengasuh, mendidik anak bukan cuma melulu tugas seorang istri/ibu. Suami juga memegang peranan dlm hal itu. Dan suami saya juga termasuk suami/ayah yg mau mengasuh dan mendidik anak2. Anak2 semua dekat dengan ayahnya. Sepertinya salah kaprah ya, jika suami tdk mau ikut mengasuh anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suami udah gak zaman lagi kalau cuma cari nafkah :D

      Delete
  7. waah itu pendapatnya kok gitu, klo suami mau bantu2 kan bukan berarti dia PRT, namanya suami istri harus saling membantuu...

    ReplyDelete
  8. saya dan suami sudah melakukan perjanjian jika punya nak nanti weekend giliran suami yg ngasuk anak-anak dan hari ahad adanya family tome ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang suami juga sebaiknya ngerasain gimana ngurus anak hehe

      Delete
  9. maaap baru mampir pertama kali ... Nggg ... Tp cara baca panggilan suaminya gimana ya? *salahFokus klo lingkungan sekitarku mah biasa, abangku pernah jd bapak rumah tangga dua tahun krn di inggris ga terima daycare di bawah dua tahun (beda yak sama di sini). Papaku dulu juga gantian shift sama mama yg selalu ambil shift malam, emang siy cuma temani tidur atau main tp setidaknya mau lah. Suami kakakku malah rebutan cuci piring sm kakakku. Suamiku ... Mmm maunya main sama anaknya alias masih susah buat urusan rumah tangga hehehe .... Ga zaman deh bapak2 ga nyebokin anak =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang zamannya bapak2 ikut terjun ngurus anak hehe

      Panggilannya Kak Aie. Cuma saya singkat2 aja. Kebiasaan :p

      Delete
  10. wah wah wah...itukan salah satu bentuk kerjasama yang baik ya, sekali2 ngasuh anak ya gak pa a, kana anaknya sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bonding antara anak dan ayahnya malah jadi makin dekat, ya :)

      Delete
  11. sekarang zamannya ayah keren itu ayah yang mau dekat dengan anak. suami ku selalu dengan senang hati nemenin anak pas saya terpaksa kerja di hari Sabtu. malah dengan gembira, suami selalu merencanakan 'boys day out' berdua anak pas saya sibuk. melihat kedekatan suami-anak, pasti bikin kita makin sayang suami (dan anak) kan?

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah abang ku jg ga pernah absen bantuin mak, mo kerjaan rmh, ngurusi nadia semuanya barengan. Alhamdulillah nadia deket2 sama papa nya dr kecil.. Indahnya rmh tangga kl semua saling berbagi ya, ga da perbedaan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng, ya, Mak kalau semua dilakukan bersama2 :)

      Delete
  13. Hihihi... sama Mak. Aku juga bisa ke luar rumah cuma Sabtu - Minggu. Biar anak-anak ada yang jagain. Hehehe... masih ada ya yang berpendapat kalo membiarkan suami bersama anak-anak itu berarti menjadikan suami kita PRT. Deuh... anak-anak kan tanggung jawab bersama. TFS, Mak. :)

    ReplyDelete
  14. Hadeh hahaha... apalagi kalo suamiku yg senengnya momong baby, masak, cuci piring gitu, ya? hahaha Aya-aya wae :)))

    ReplyDelete
  15. Suamiku juga senang-senang aja kalau ditinggal sama anak-anak. Dia malah ada kesempatan buat pamer masakan andalannya ke anak-anak. Hihihi... baca kebiasaan suaminya Chi yang suka bersih-bersih rumah, suamiku juga begitu. Kalau dia sudah turun tangan, hasilnya jauuuh lebih kinclong dibanding aku. Pernah suatu hari, saat dia beberes rak sepatu, tetangga datang dan bercandain, "Eeeh, Bapak pejabat kok nguli ya?" Beuuuh! Kujawab aja, "Inilah contoh pejabat yang sayang istri dan keluarga." Puaaaas rasanya bisa jawab begitu. *_^ Hahahaha....

    ReplyDelete
  16. Noted! Family man...
    Nambah 1 kriteria lagi nih cari calon suami. Hahaha

    ReplyDelete
  17. Sama mak, suamiku juga ikut ngasuh anak bareng aku. Kalo aku mau hang out bareng teman di luar dan kebetulan suami ada di rumah, dia bahkan bilang biar anak kami ditinggal aja dan dia yang jagain :D

    ReplyDelete
  18. karena aku masih lajang heuheu... ga bisa sharing pengalaman, but anyway family man itu salah satu kriteriaku (bukan promosi) :D

    ReplyDelete
  19. baca yang begituan bikin makin mupeng punya suami, mak, wkwkwk :D

    ReplyDelete
  20. laaah..aku setuju itu...pengasuhan anak harus dilakukan bersama2 ga ada istilah istri atau suami aja..meski seimbang.
    mungkin temennya Chi itu, beda kali yaa, pola pengasuhannya..
    kalo aku mah setuju bin idem ama Chi..;))

    ReplyDelete
  21. suami istri kan emang lazimnya berbagi tugas yaaa, aplg urusan anak....ah tapi lain ladang lain belalang :) abaikan aja yg komen begitu2

    ReplyDelete
  22. kadang aku suka bilang gini sama suami, aku ada undangan ini nih tapi anak-anak gimana, nah suami yang bilang ya udah dijadain aja dirumah :)

    ReplyDelete
  23. Benar itu, anak adalah tanggung jawab bersama. Baik kasih sayang dan pengasuhan adalah tanggung jawab. Kalau ada bapak yang sangat dekat dengan anak, justru bagus untuk anak karena bisa mendapatkan kasih sayang full dari kedua orangtuanya...
    Tiap orang beda-beda ya cara pandangnya..

    ReplyDelete
  24. ayoo mak chii kirim2 ke majalah lagi

    ReplyDelete
  25. sama mak,,aku juga saling bagi tugas sama suami,,kalo aku yg nyuci baju maka giliran suami yg jemurin,,kalau aku yg cuci piring maka suami yg akan meletakkan ke rak piring,,,untuk urusan anak sih masih belum,soalnya masih belum ada. kalau udah berumah tangga itu saling bantu membantu pokoknya,,biar hubungan tambah harmonis,,

    ReplyDelete
  26. Setuju mak me ngasuh anak itu tugas bersama. Ayah..jangan mau enaknya aja :D

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^