Sekejap di Jogja

By Keke Naima - January 03, 2014

Setelah menikmati 'cahaya surga' di goa Jomblang, kami pun bergegas menuju Jogja. Tentunya, setelah membersihkan badan (walopun tanpa sabun :p).

Masih di daerah Gunung Kidul, kami cari tempat untuk makan siang. Ada rumah makan kecil, rumah makan padang. Begitu tulisan yang tertulis di depan rumah makannya. Tapi, tidak seperti rumah makan padang yang seperti ini kami datangi. Yang dijual di sana, semuanya lauk-pauk goreng crispy. Ayam goreng, bandeng goreng, dan lauk-pauk lainnya yang diberi tepung trus digoreng. Paling yang mirip rumah makan padangnya adalah sambel hijaunya, itu aja.

Awalnya, jalanan cukup lancar. Sampai kemudian di daerah Bukit Bintang, sempet macet total. Gak tau kenapa. Kalau melihat Bukit Bintang, Chi langsung teringat Punclut di Bandung. Mirip-mirip tempatnya.

Di Jogja, kami gak menginap di hotel. Tapi, di rumah temen K'Aie, yang juga pemilik Resort Jomblang itu. Temen K'Aienya, sih, lagi di Jakarta. Jadi, pas kami disana, gak ada siapa-siapa di rumah itu. Serasa rumah sendiri. Halah! *minta dikeplak :p

Karena, menginap di rumah pribadi, jadi gak ada foto-foto di rumah, ya. Gak enak sama pemilik rumah kalau isi rumahnya di foto-foto apalagi sampe di upload. Yang jelas rumahnya nyaman. Terima kasih banyak udah menawarkan rumahnya untuk kami menginap :)

Malam hari, K'Aie ngajak untuk cari makan malam. Tapi, males bawa mobil. Maceeettt.... Mendingan cari becak. Awalnya, K'Aie pengen cari 2 becak, tapi kata tukang becaknya 1 aja cukup untuk kami berempat. Becaknya gede.

Jadi, kami pun naik 1 becak. Anak-anak dipangku tentunya. Kami minta dianter ke alun-alun selatan. Tukang becaknya minta tarif IDR 20 ribu. Setuju aja, lah. Keke dan Nai ternyata seneng banget naik becak. Enak kayaknya malem-malem kena angin hihihi.

Di Alun-Alun Selatan, bingung juga mau ngapain. Keke sempet bingung kenapa alun-alun terlihat meriah sekali. Ada becak warna-warni, dengan musik yang ingar-bingar. Ada yang duduk lesehan. Ada yang yang main lampu-lampu. Banyak, lah. Meriah!

Chi bilang ke Keke, nikmatnya tinggal di daerah itu alun-alunnya masih rame. Orang-orang gak melulu jalan ke mall. Cukup dengan main di alun-alun aja kayaknya udah asik. Ya, semoga aja yang namanya alun-alun gak tergerus kemajuan zaman. Diganti dengan gedung-gedung. Keke juga kelihatannya tertarik pengen cobain tutup mata buat ngelewatin phon beringin kembar. Tapi, pas Chi tawarin malah gak mau.

Anak-anak gak mau makan lesehan yang ada di alun-alun selatan. Akhirnya, kami memilih pulang. Tapi, susah juga ternyata cari becak. Jadi, kami memilih jalan kaki. Sambil cari-cari tempat buat makan malam.

sekejap di jogja
Salah satu kemeriahan di alun-alun selatan

Setelah lumayan ngos-ngosan hehehe. Kami, pun, memilih resto Pendopo nDalem buat makan malem. Sayang banget, ternyata Keke dan Nai gak suka sama makanannya. Keke, sih, tetep makan walopun gak terlalu nafsu. Sementara Nai gak mau. Dia cuma mau makan aneka jajanan pasarnya aja. Ya, udah lah gak apa-apa.

Besok paginya, kami cari sarapan. Sebetulnya cuma Chi dan Keke. K'Aie sama Nai milih nunggu di rumah. Rumah temen K'Aie itu deket banget sama jalan Wijilan, pusatnya gudeg. Sepanjang jalan gudeg. Tinggal ngesot kalau mau ke pusat gudeg, saking deketnya hihihi. Tapi, Keke gak mau makan gudeg. Bukannya gak suka, tapi Keke ketagihan naik becak :r

Jadi, kami pun cari becak minta dianter ke alun-alun selatan (lagi). Ternyataaaaaa.... alun-alun selatan itu deket bangeeeetttt! Waktu malam hari itu, tukang becaknya bawa kami jalan memutar. Melewati tempat oleh-oleh. Mungkin biar kami sekalian belanja kali, ya.

Chi minta tukang becaknya untuk nungguin kami beli sarapan. Beli nasi kuning, soto ayam, trus lupa beli apa lagi. Yang pasti Chi inget, semuanya ada tahu bacemnya. Keke pun minta diajak main ke pohon beringin kembar itu. Sayang karena mungkin masih pagi tukang sewa kain buat nutup matanya belom ada. Sementara Chi juga gak bawa sapu tangan atau apalah buat nutup matanya. Jadi gagal, deh.

Setelah sarapan, santai-santai sejenak di rumah, sekitar pukul 11 kami melanjutkan perjalanan lagi. Tujuan kami selanjutnya adalah Garut. Rasanya kurang puas banget kalau ke Jogja cuma sekejap kayak gini. Semoga lain kali bisa ada kesempatan bisa berlama-lama di Jogja. Aamiin.

Cerita sebelumnya tentang perjalanan ini :