Featured Post

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

Kelihatan gagah, ya. Padahal aslinya sendi lutut terasa nyut-nyutan berkali-kali hehehe. Tapi sekarang udah ada solusinya. Baca aja cer...

Selasa, 29 Oktober 2013

Perjalanan Menuju Bromo

K'Aie : "Jadi ke masjid Demak, gak?"
Chi     : "Emang keburu?"
K'Aie : "Ya, paling lewat aja."
Chi     : "Terserah aja kalau emang keburu, sih."

Setelah ditimbang-timbang dengan melihat GPS juga, akhirnya kami memutuskan gak lewat Demak. Tapi lewat Purwodadi aja. Keliatannya jarak tempuhnya lebih pendek. Lagipula kami khawatir kayak perjalanan di hari pertama. Banyak buka-tutup, dan truk-truk besar yang bikin lambat.

Setelah kena macet dan sedikit salah jalan di Semarang, kami pun mulai menemui jalan lancar. Sayangnya cuma sementara.... Keliatannya kami salah pilih rute.

Jumat, 25 Oktober 2013

Mereka Berhak Punya Masa Depan

Gak ada foto = hoax

Entah udah keberapa kali Chi baca kalimat itu di dunia maya (blog atau media sosial). Kebanyakan, sih, cuma becandaan. Tapi apa iya kalau gak ada foto itu sama dengan hoax?

Jadi orang tua itu memang gak ada sekolahnya, makanya keberadaan beragam komunitas, fanpage, dan banyak info tentang parenting di dunia maya buat Chi itu seperti ilmu gratisan yang bermanfaat buat panduan. Walopun gak semua saran, plek ketiplek diikuti, setidaknya bisa buat bahan pertimbangan, lah. Dan biasanya Chi cuma jadi silent reader.

Ada salah satu fanpage tentang parenting yang Chi ikuti. Dikelola oleh salah satu pakar parenting yang kelihatannya sedang tenar saat ini. Bahkan Chi sempat berencana datang ke seminarnya. Isi status di fanpagenya banyak juga tentang sikap kontra terhadap sistem kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk sering menyalahkan pemerintah. Pendidikan di Indonesia di anggap membuat pendidikan moral para siswa menjadi rendah

Rabu, 23 Oktober 2013

Maklumin Aja

Lanjutan cerita perjalanannya ditunda dulu... :)

Minggu ini Keke-Nai baru mulai UTS. Kata banyak orang, kalau anak mau ujian yang stress itu ibunya, anaknya mah santaaaaiiii. Bisa jadi memang begitu, tapi yang udah-udah Chi juga gak deg-degan banget kalau anak-anak mau ujian (pernah Chi bikin tipsnya di postingan "UAS? (Gak) Deg-Degan Tuuuhhh...".

Senin, 21 Oktober 2013

Mencari Penginapan di Semarang, Susah-Susah Gampang

Seperti yang Chi ceritakan di postingan Gagal ke Masjid Demak, kami sampai di kota Semarang pukul 11 malam dan akhirnya mutusin untuk menginap di Semarang. Selama perjalanan liburan waktu itu memang tidak ada satupun penginapan yang kami booking, kecuali di Bromo. Sengaja memang, karena namanya jalan darat suka gak ketebak. Selain itu kami memang pengen jalan santai walaupun ada rencana perjalanan.

Dan kejadian di hari pertama, rencana mencari penginapan di Kudus malah akhirnya di Semarang. Untung aja gak pake booking hotel dulu. Pokoknya kalau udah malam hari dimanapun kami berada, berarti di situlah kami cari penginapan.

Kamis, 17 Oktober 2013

Ini Rahasianya Membentuk Anak Hebat!

Setiap orang tua biasanya senang kalau mendengar pujian seperti ini...

"Wah! Anaknya sehat terus, ya. Jarang sakit."
"Selamat, ya! Putranya berprestasi terus. Cerdas, deh."
"Umurnya baru 5 tahun? Tinggi, ya? Kayak anak SD."

Senang, ya, kalau dapat pujian seperti itu. Tapi biasanya kita juga pernah mendengar kalimat seperti ini...

"Anak saya itu gampang sakit. Persis seperti saya waktu kecil, sebentar-sebentar sering sakit. Jadi gak heran, deh."
"Pantes aja dia cerdas. Orang tuanya aja dokter, pasti anaknya cerdas."
"Gak heran kalau dia badannya tinggi, sekeluarga badannya tinggi semua. Jadi memang udah turunan."

Tapi ternyata, saya baru tau kalau faktor genetik tidak menjadi faktor yang mutlak menentukan tumbuh kembang anak karena faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Jadi, untuk orang tua yang merasa gampang sakitan, merasa biasa-biasa aja kecerdasannya, dan postur tubuhnya juga biasa aja, jangan keburu pesimis karena ada caranya untuk menstimulasi itu semua, kok :)

Dan di bawah ini adalah rahasia membentuk anak hebat.

Minggu, 13 Oktober 2013

Gagal ke Masjid Demak

Lanjutan dari postingan liburan setengah nekat.

Rencana awalnya adalah kami berangkat Sabtu tanggal 22 Juli, tapi karena Chi ada undangan Blogger Gathering dan hari Minggu K'Aie ada reuni SMA, jadi keberangkatan ditunda 2 hari. Baru jalan hari Senin tanggal 24 Juli.

Rencananya juga pukul 07.00 pagi kami jalan dari rumah. Fleksibel, sih, liat kondisi jalan juga karena kalo pagi masih banyak kendaraan yang pergi ke kantor. Udah gitu K'Aie pasang semacam cctv dulu di kamar. Bukan curiga sama orang rumah, tapi tes aja. Siapa tau cctv bisa dipake saat rumah kosong. Agak lama pasangnya karena videonya sempet gak connect ke tab yang kami bawa.

Akhirnya pukul 10.00 kami baru berangkat dari rumah. Jalan tol masih agak padat sampe Karawang dan setelah itu baru lancar. Tapi setelah keluar tol Cikampek lumayan macet rada lama. Jalannya gak terlalu besar, banyak angkot plus lewat pasar pula. Setelah melewati jalan layang (dekat pasar) baru jalan mulai lancar.

Sabtu, 12 Oktober 2013

Liburan Setengah Nekat

Hadeuuuhh, liburan sekolahnya udah selesai lama, ternyata postingan ini masih nyangkut aja di draft hihihi. Oke, mari kita publish!

Kalo beberapa waktu lalu, Chi pernah cerita tentang pengalaman jalan-jalan nekat, kali ini tentang rencana liburan setengah nekat. Dibilang setengah, karena lumayan ada persiapan, gak terlalu grabak-grubuk. Lagian anak-anak juga udah libur. Dibilang nekat karena ini bener-bener liburan kejutan yang gak Chi dan anak-anak sangka sama sekali.

Gak nyangka karena tahun ini kan Nai udah SD, jadi untuk pertama kalinya bayar uang tahunan double dengan jumlah yang lumayan, lah. Trus kayaknya semester genap ini pengeluaran lebih banyak aja. Belom lagi sebentar lagi puasa dan lebaran. Eh BBM naik pula, jadi emang gak berharap apa-apa juga, sih.

Seminggu sebelum UKK, K'Aie tiba-tiba nanya, "Sebentar lagi liburan. Mau ke mana, nih? Enaknya sebelum puasa atau setelah lebaran, ya, kalo mau jalan-jalan?" Buat Chi ini pertanyaan yang gak biasa. Karena biasanya Chi dan anak-anak yang minta jalan-jalan. Kalopun K'Aie ada rencana, biasanya langsung ngajak ke suatu tempat. Kalo pada setuju ya pergi, begitu juga sebaliknya.

Kamis, 10 Oktober 2013

Bayar Hutang

Akhir-akhir ini koneksi internet di rumah sepertinya gak bersahabat banget sama kotak komen blogspot. Susah banget komen di blog yang berplatform blogspot. Termasuk di blog sendiri. Makanya komen-komen yang masuk di beberapa postingan belum Chi bales. Kalau blogwalking pun sekarang jadi silent reader dulu, karena gak bisa komen. Semoga bisa cepet baikan lagi, biar bisa 'bayar hutang' komen ke temen-temen blogger. Herannya cuma kotak komen blogspot aja yang gak bisa, yang lainnya lancaaaarrr...

Kamis, 03 Oktober 2013

Keke Sang Pemimpin

"Bunda, tadi di sekolah Pak guru tanya arti nama Keke itu apa?"

Keola Sakima adalah nama lengkap Keke. Keola berarti kehidupan, Sakima berarti raja. Kehidupan Raja atau Raja Kehidupan? Sebagai orang tua, saya dan suami, mengartikan nama lengkap Keke adalah pemimpin (raja) dalam kehidupan. Kami berharap Keke bisa menjadi seorang pemimpin.

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti Keke harus menjadi presiden, jenderal, boss sebuah perusahaan, atau lainnya. Apapun pekerjaan yang akan Keke pilih nanti, selama itu baik, biarlah Keke bebas memilih. Pemimpin yang kami maksud adalah Keke harus mempunyai jiwa seorang pemimpin.

Diawali dari mampu memimpin dirinya sendiri. Apalagi Keke juga seorang laki-laki, kelak dia juga akan jadi pemimpin bagi keluarga. Dan seseorang yang mempunyai biasanya tidak akan mudah terombang-ambing begitu saja ke segala arus yang kadang gak jelas.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge