Featured Post

Baked Tomato with Mozarella Cheese

Chi dan anak-anak lagi tergila-gila dengan baked tomato. Cara bikinnya cepet dan rasanya nikmat. Ngenyangin pula. Makan 1 aja biasanya ud...

Kamis, 29 Agustus 2013

Aku Bisa Merapikan Mainanku Sendiri

Karena Keke & Nai sudah mahir membuka youtube, seringkali mereka berdua asik membuka youtube dan nonton berdua. Paling Chi ngawasin aja jangan sampe mereka nonton yang terlalu aneh walopun ada beberapa kata kunci yang sudah di block sama K'Aie untuk memperkecil kemungkinan melihat yang aneh tapi waspada mah teteuuupp ya :)

Rabu, 28 Agustus 2013

Rezeki dari KEB untuk Keke

Katanya yang namanya pintu rezeki itu kan bisa datang dari mana aja. Bahkan KEB, sebuah komunitas blogger bagi perempuan juga bisa memberikan rezeki bagi Keke yang seorang anak laki-laki. Kok, bisa? Ceritanya gini ... kejadiannya beberapa bulan lalu. Chi lagi ngobrol-ngobrol sama K'Aie.

Chi    : "Yah, tadi di tempat kursus menggambar, Bunda ngobrol sama seorang ibu, ya, dia orang tua murid di sekolah anak-anak juga, sih. Cuma anaknya udah kelas 5 sekarang. Katanya kalo udah kelas 4 mulai bawa laptop ke sekolah, lho."
K'Aie : "Emang ada peraturan dari sekolah supaya bawa laptop?"
Chi     : "Ya, enggak, sih. Cuma katanya mulai kelas 4 itu, anak bakal lumayan sering dapat tugas bikin makalah buat dipresentasiin di depan kelas. Biasanya mereka suka bawa laptop, ya, mungkin daripada harus ngeprint kali. Trus kan katanya di kelas 4 itu ada juga guru yang kalo kasih tugas gak mau dikumpulin pake kertas. Jadi kirim ke email gurunya"
K'Aie : "Berarti semuanya pada bawa laptop?"
Chi     : "Enggak juga, sih. Yang gak bawa biasanya bawa flash disk. Trus pinjem laptop temennya kayaknya."
K'Aie : "Ya, udah pinjem aja kalo gitu."
Chi     : "Ah, males. Kita, kan, gak tau anak-anak itu make laptop gimana. Nanti kalo laptop temennya rusak, anak kita ikut disalahin padahal bisa jadi yang minjem gak cuma anak kita."
K'Aie : "Kalo gitu pake laptop Bunda aja."
Chi     : "Bawa ke sekolah? Gak boleeeeh ...!"

Senin, 26 Agustus 2013

Bahasa Inggris Masih Ada!

Selain tentang kurikulum 2013, obrolan lainnya beberapa bulan lalu yang sempat menuai pro dan kontra adalah tentang dihapusnya mata pelajaran bahasa Inggris untuk SD. Lagi-lagi, Chi memilih untuk melihat saja. Mengikuti pro-kontra, seringkali lebih heboh pro-kontranya daripada beritanya itu sendiri :p

Melihat bukan berarti pasrah. Chi pun punya rencana seandainya bahasa Inggris memang dihapus. Beberapa rencana alternatif yang bisa dipilih adalah :
  1. Tetep mengkursuskan Keke-Nai di tempat kursus mereka yang selama ini udah mereka jalanin
  2. Santai aja, waktu zaman Chi bahasa Inggris juga baru dikenalkan saat SMP. Buktinya tetep aja ada orang yang mahir berbahasa Inggris, kan? :)
  3. Belajar bahasa bisa dengan cara apa aja. Di postingan "Speech Delay", Chi pernah bercerita tentang adik kandung Chi yang udah beberapa tahun ini tinggal di US hingga sekarang. Fasih berbahasa Inggris justru karena dia belajar dari film-film Hollywood. Film-film tersebut gak hanya sekedar ditonton tapi juga dipelajari hingga ke aksennya.

Kamis, 22 Agustus 2013

Plus Minus Kurikulum 2013

Kurikulum pendidikan di Indonesia terlalu berpatokan pada nilai akademis bukan pada karakter?
Kurikulum di Indonesia terlalu berat?
Kurikulum di Indonesia gonta-ganti terus?
Bagaimana dengan kurikulum 2013? Chi akan menceritakan plus-minusnya :)

Ya ... ya ... dan ya .... Dan mungkin masih banyak 'ya' yang lainnya kalau bicara tentang kurikulum pendidikan di Indonesia. Tapi Chi pribadi lebih memilih mempersiapkan diri untuk selalu siap beradaptasi ketimbang hanya sekedar beropini setuju atau tidak apalagi sambil diiringi dengan mengeluh dan mengomel tapi tidak melakukan apapun.

Chi percaya di setiap zaman apapun bentuk kurikulumnya selalu aja ada orang-orang yang sukses bahkan dari kalangan yang di atas kertas tidak mampu dalam hal pendidikan. Entah itu tidak mampu secara finansial atau dianggap tidak mampu secara akademis. Tapi kenyataan selalu aja ada yang sukses dari kelompok tersebut, yang itu artinya mereka berusaha :)

Udah dari jauh-jauh hari, Chi mengetahui kalau kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014 ini akan diganti lagi. Chi memilih menunggu seperti apa bentuk kurikulum barunya itu. Karena kalau ikut beropini kadang berita yang ada juga simpang-siur.

Senin, 19 Agustus 2013

Bel Sekolah

Salah satu kenangan waktu Keke kelas 3 ...

Siang itu Chi lagi jemput Nai.. Tau-tau ada anak perempuan nyamperin Chi.. Chi gak tau namanya, jadi kita sebut aja Putri ya..

Rabu, 14 Agustus 2013

Tidak Ada THR Tahun Ini

Ini tahun kedua Keke bisa puasa full. Tahun ini dia batal 3 kali. 1 kali karena hari pertama sekolah dan dia gak kuat, yang 2 kali karena sakit.

Peningkatan yang terlihat dari tahun sebelumnya adalah udah gak ada tangisan lagi kalau dibangunkan saat sahur. Walaupun masih harus disuapin kalau sahur. Gak apa-apa, deh, setidaknya udah gak susah dibangunin.

Kalo Nai masih belum bisa full. Tapi di sekolah udah gak bawa makan-minum. Lumayan lah sekitar 4 jam dia gak makan-minum. Sahur belom bisa. Sebetulnya bisa, sih, dibangunin cuma abis itu dia gak mau tidur lagi. Giliran waktunya sekolah baru ngantuknya dateng dan susah dibangunin :D

Selasa, 06 Agustus 2013

Baju Lebaran Tahun Ini

Keke   : "Bunda, emang kenapa kita harus beli baju lebaran, sih?"
Bunda : "Ya, baju-baju kalian, kan, udah pada sempit."
Keke   : "Emang belinya harus pas puasa? Gak bisa kapan lagi gitu?"
Bunda : "Bisa aja, sih. Cuma Bunda pikir dipasin aja momennya. Jadi bukan berarti beli baju itu karena lebaran, ya. Cuma emang sengaja dipasin aja waktunya."

Chi menjelaskan seperti itu karena gak mau mereka berpikir lebaran memang harus segala sesuatu baru karena memang Chi cuma sengaja ngepasin momen aja. Kalau tahun-tahun sebelumnya, Chi selalu belanja 1 bulan sebelum Ramadan karena menghindari ramainya mall saat Ramadan, tahun ini Chi belanja saat puasa. Perkiraan Chi, sekarang Jakarta itu udah jadi kota mall. Masuk mall udah gak sesumpek dulu karena customernya terpecah. Dan memang bener, sih, pas belanja baju waktu itu Chi gak merasa terlalu rame suasananya/

Alhamdulillah rezekinya pun ada. Malah sebetulnya kami gak keluarin uang banyak tapi cuma 50 ribu rupiah saja untuk beberapa lembar baju karena Chi dapet voucher belanja sebagai salah satu pemenang lomba blog Sustagen. Alhamdulillah, bener-bener rezeki :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge