Jumat, 13 Desember 2013

Ikut Srikandi Blogger Itu...

Pendaftaran Srikandi Blogger 2014 sudah dibuka sejak tanggal 3 Desember lalu. Dan akan ditutup tanggal 16 Desember 2013. Tinggal 3 hari lagi, nih! Siapa yang belum daftar?

Sebagai salah satu finalis Srikandi Blogger 2013, tentu aja terlarang bagi saya untuk mengikuti Srikandi Blogger 2014. Dan, sekarang saya menjadi salah satu panitia #SB2014. Kalau di KEB kami menyebutnya Makpan (Emak Panitia).

Ketika memasuki masa pendaftaran, suasana di grup KEB gak ada bedanya dengan masa pendaftaran Srikandi Blogger 2013. Banyak yang bilang gak pede. Tau, gak? Saya juga dulu gitu waktu daftar Srikandi Blogger. Malah bisa dibilang setiap ikut lomba, selalu aja merasa gak pede.

Yang suka bikin saya ragu untuk ikutan lomba itu, gimana kalau sampe kalah? Muka saya mau ditaro di manaaaaaa??? Rasanya males, deh, ikutan lomba-lomba. Takut malu. Tapi herannya, justru saya malah pernah memproklamirkan diri sebagai 'banci' lomba. Sering kalah daripada menangnya, tapi justru gak kapok. Ikut lagi... ikut lagi... padahal katanya malu kalau kalah. Gak jelas maunya apa hahahha.

Siapa, sih, yang gak pengen menang. Ikut lomba justru karena tujuan utamanya pengen menang. Tapi kalau tujuan utama gak tercapai, bukan berarti kita kalah total. Masih ada keuntungan lain yang bisa didapat, diantaranya :
  1. Mengasah keberanian apalagi kalau jawara-jawara lomba pada ikut. Lebih tepatnya, sih, belajar menghilangkan rasa gak percaya diri
  2. Biasanya kalau ikut lomba, pengunjung blog lebih naik dari biasanya. Keuntungan buat kita, tuh :)
Tentu aja kita harus mengukur kemampuan diri sendiri. Saya juga gak semua lomba diikutin. Lomba-lomba yang 'terlalu serius' seperti menulis karya ilmiah biasanya saya hindari. Atau lomba lain yang temanya diluar kemampuan saya, misalnya lomba menulis puisi, cerpen, dan lainnya.

Kalau alasannya hanya karena gak pede, saya coba mendobrak rasa gak pede itu. Biasanya saya gak pede karena melihat peserta yang ikutan udah pada langganan juara. Setelah dipikir-pikir lagi, mereka yang sering juara mungkin dulunya juga sering kalah. Cuma mereka gak kapok ikutan lomba, dan kali ini saatnya mereka bersinar. Nah, kalau saya terus dengan 'ketidakpedean' saya, sementara yang bersinar semakin bersinar yang ada saya jadi tambah ciut nanti. Makanya, itulah kenapa saya selalu pasang kacamata kuda kalau ikutan lomba, walopun ada sedikit rasa malu kalau kalah. Etapi, gak bakal lama, kok, malunya. Abis itu semuanya berjalan biasa lagi.

Ikut Srikandi Blogger itu spesial buat saya. Memang, sih, intinya gak jauh beda kayak kompetisi atau lomba-lomba blog lainnya. Ada yang menang dan kalah. Tapi menjadi spesial karena baru kali ini ada ajang penghargaan untuk para blogger perempuan.

Walopun dalam hati kita berkata menulis hanya untuk diri sendiri, gak perlu yang namanya apresiasi. Tapi sebagai manusia, rasanya normal juga kalau merasa senang karya kita itu diapresiasi. Setuju?

Bicara lagi tentang menang dan kalah, ternyata gak selamanya kalah itu bikin kecewa, lho. Bahkan setelah ajang Srikandi Blogger lalu, saya menulis postingan Alhamdulillah Gak Menang. Atau baca juga postingan yang berjudul OPPO N1 itu layak diperjuangkan! Kedua tulisan itu adalah pengalaman pribadi kalau kalah juga ternyata bukan sesuatu yang buruk :)

Jadi, gimana, Maks? Masih ragu ikutan Srikandi Blogger 2014? Ilangin keraguannya dan segera daftar. Mumpung masih ada beberapa hari lagi, nih! Karena ikut Srikandi Blogger itu rasanya spesial! :L

post signature

20 komentar:

  1. semangatttttttttttt xixixixixixi,,bawa pom pom ah,
    menang kalah sih gpp,g maalah,,,yg penting bisa dapat pengalaman yg lebih itu sudah cukup^^

    BalasHapus
  2. iya, aku juga ga pede. tapi tetep submit, hehe

    BalasHapus
  3. Kalau saya jelas tidak bisa ikut ajang srikandi blogger.

    BalasHapus
  4. eeh mau ikutan tapi belum buat portopolionya xixiixii

    BalasHapus
  5. pengin ikut, tapi...susah banget ngalahin rasa gak PD ya :)

    BalasHapus
  6. Aku ikutan Mak. Kalah itu biasa, yang luar biasa adalah bangkit dari kekalahan dan tetap berjuang menjadi pemenang ^^

    BalasHapus
  7. aku ga ikutan mbak Chi *lgsg kabur sebelum disambil konde* hihihihi

    BalasHapus
  8. Aku gk mo ikut karena gk yakin bisa menuhin persyaratan selanjutnya, Mak. Posting ini-itu dengan tenggat waktu. Soalnya di kantor juga lagi repot, hehehe..
    Cukup jadi penggembira aja deh :)

    BalasHapus
  9. Pede nggak pede niatnya kalo saya ikut, niatnya nambah kenalan baru sih tapi dengan ikutan acara SB2014 ini bisa jadi dari awal gak pede jadi pede atau dari pede jadi lebih pede ya mak...;)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge