Srikandi di Era Netizen

By Keke Naima - April 12, 2013

Srikandi

Jujur saja, saya bukan pengamat wayang. Saya tidak hapal cerita pewayangan, tapi salah satu nama wayang yang sering saya dengar adalah Srikandi.

Dari beberapa info yang saya baca, maka saya berkesimpulan kalau tokoh Srikandi digambarkan sebagai sosok perempuan yang tidak hanya cantik, keibuan, lemah-lembut, tapi juga menjadi pejuang yang tangguh. Gak heran kalau predikat Srikandi banyak disematkan untuk para perempuan yang sedang berjuang atau berprestasi di berbagai bidang, contohnya di bidang olahraga, ekonomi, penulisan, sosial, dan lain-lain.


Era Netizen

Netizen gabungan dari dua kata internet dan citizen. Mereka yang mengenal internet sudah bisa dibilang netizen. Dan semakin kesini rasanya semakin banyak masyarakat yang berubah menjadi masyarakat netizen tidak hanya citizen

Menurut saya, netizen seharusnya tidak ada bedanya dengan citizen, karena seorang netizen juga punya identitas diri. Di netizen kita juga punya 'rumah' dan identitas lain dimana orang lain bisa menghubungi atau mendatangi kita, misalnya email, Facebook, blog, Twitter, dan lain-lain. Bahkan di dunia nyata pun, sekarang masyarakat lebih suka mencantumkan identitas dunia mayanya (email, FB, Twitter, bahkan ke depannya bisa jadi alamat blog) di dalam kartu nama.

Perilaku kita pun harusnya seperti layaknya kita menjadi citizen yang baik. Rasanya sudah kurang pas lagi kalo kita berpikir 'suka-suka gue, dong! Namanya juga dunia maya.'. Kalau di dunia nyata ada pepatah 'mulutmu harimau mu', maka di dunia maya seharusnya ada juga pepatah 'jari-jarimu harimau mu'.

Sekalipun di dunia maya kita bisa bebas menggunakan akun samaran atau bahkan anonim sekalipun, tapi berperilaku yang baik tetap harus diberlakukan. Gak perlu yang kaku, tapi sewajarnya aja seperti kita berinteraksi dengan masyarakat lainnya di dunia nyata.

Coba aja apabila ada seorang netizen yang berlaku tidak pantas, apa kita masih betah deket-deket dengannya? Kalo orang seperti itu ada di friendlist FB, biasanya udah saya unfriend atau paling enggak saya hide. Begitu juga dengan blog, kalo isinya sangat tidak pantas, saya biasanya enggan berkunjung lagi ke sana walopun yang punya rumah membuka pintu rumahnya selebar-lebarnya


Srikandi Blogger 2013

Di ulang tahunnya yang pertama Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengangkat tema, Aktualitas Perempuan di Era Digital. KEB adalah komunitas yang salah satu tujuan pendiriannya adalah menularkan semangat menulis untuk menghasilkan inspirasi dan karya melalui blog, akan memberikan apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia dalam ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. 

Di ajang Srikandi Blogger 2013, para juri akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.
sumber : emak2blogger.web.id
Awalnya saya termasuk yang ragu untuk ikut pemilihan ini. Apa prestasi saya? Saya hanya seorang perempuan biasa dengan tulisan yang biasa. Di offline pun kegiatan saya didominasi dengan urusan Keke dan Nai. Terdengar biasa, ya?

Tapi saya mulai berhenti menganggap tulisan saya geje, lho. Cukup dengan mengatakan tulisan biasa. Karena walopun tulisan saya kebanyakan berisi tentang cerita sehari-hari Keke dan Nai tapi jelas :D Menurut saya sekarang, tulisan yang geje itu yang isinya cuma mengeluh, berputus asa, ngomel-ngomel, tanpa ada satupun semangat dan solusi yang dilakukan. Walopun ditulis dengan kata-kata yang indah tetep aja buat saya itu geje

Mereka yang selalu mengatakan tulisannya geje justru banyak yang inspiratif buat saya. Menggunakan kata-kata yang biasa seperti percakapan sehari-hari, tapi membaca keseharian para blogger juga bisa inspiratif. Misalnya nih, para blogger ibu (mau itu yang pekerja atau di rumah saja seperti saya) yang bercerita gimana rempongnya ngurusin anak.

Ibu yang bekerja bercerita tentang tetap mengutamakan mengurus anak-anaknya, padahal beban pekerjaan juga gak sedikit. Wuiihhh sering kali saya terkagum-kagum, lho. Hebat ibu-ibu ini!

Atau ibu-ibu rumah tangga seperti saya bercerita bagaimana kesehariannya didominasi sama urusan anak-anak, pekerjaan rumah yang gak ada jam kerjanya, tapi tetep berusaha mencari me time supaya tetep bisa fresh, gak suntuk. Seru dan inspiratif juga melihatnya. Dan yang pasti, ternyata saya gak merasa sendiri :D

Banyak manfaat juga yang saya dapatkan dari tulisan-tulisan teman-teman. Bagaimana menangani anak sakit, menangani kakak-adik yang berantem terus, memilih sekolah buat anak-anak, mengajak anak-anak bermain dengan kreatif, mengatasi anak yang ketakutan, dan lain-lain.Tuh, bukan tulisan yang geje kan? Hanya tulisan yang biasa, itu pun terlihat biasa karena gaya tulisannya. Isinya rata-rata luar biasa. Saya banyak belajar dan terhibur dari banyak teman-teman blogger. O'ya, gak cuma untuk blogger ibu-ibu yang punya anak loh. Semua blogger bisa menginspirasi saya.

Contoh nyatanya gini, deh. Kenal Bunda Lily, kan? Kalo baca blog beliau bebestsurvivor.wordpress.com, kita akan tau kalo saat ini beliau sedang berjuang melawan kanker. Coba lihat tulisan-tulisannya, bahasanya sehari-hari banget, malah kelihatan cerita karena banyak emoticon lucu. Padahal kalo kita baca tulisan-tulisan beliau, kita bisa langsung menilai kalo yang dideritanya itu bukan hal yang ringan. Berat banget, tapi selalu berhasil dijabarkan dengan gaya yang ringan oleh Bunda Lily. Terlihat sekali Bunda seperti tetap tabah dan berusaha untuk terus ceria. Ada juga sih tulisan beliau yang sepertinya sedang resah, tapi umumnya lebih banyak berisi tentang ketabahan, keceriaan, dan semangat yang tinggi.

Saya sering merasa malu, bisa ya Bunda yang dapat cobaan sedemikian berat tetap terlihat tabah, sementara saya baru dapet cobaan sedikit aja bisa mewek panjang. Inspiratif banget deh Bunda Lily ini. Saya belajar banyak terutama tentang ketabahan dan semangat dari tulisan-tulisan beliau.

Kalo gitu tulisan saya juga menginspirasi dong? Biarkan pembaca aja yang menilai.Pokoknya buat saya yang penting menulis, tanpa melanggar SARA. Etapi kalo KEB sampe memberi saya penghargaan Emak of the Month untuk bulan April 2013, berarti tulisan-tulisan saya ada sesuatu dong. *sesekali ah membanggakan diri :D

Saya pernah membaca, katanya di dalam dunia marketing, eranya sudah bergeser ke era New Wave. Dimana pasar potensial di era New Wave adalah youth, woman, dan netizen. 3 kelompok ini yang nanti akan mempengaruhi kelompok lain

Tuh, kalo woman dianggap potensial di bidang marketing *emang pada dasarnya juga perempuan itu suka belanja, ya :D, kenapa gak dimanfaatkan juga untuk bidang lain? Misalnya, mulai menyuarakan pikiran dan pendapat kita melalui tulisan. Mulailah menjadi seorang blogger!

Ke depannya saya memang berharap makin banyak perempuan yang berkata "Saya blogger dan saya berkarya!". Tidak harus membuat sebuah buku atau karya-karya komersial lainnya. Cukup dengan menceritakan ekspresi dan isi pikiran kita yang positif itu juga udah sebuah karya buat saya.

Semoga ajang Srikandi Blogger yang di adakan oleh KEB bisa menjadi langkah awal untuk mengajak perempuan-perempuan Indonesia menjadi srikandi di dunia blog. Dan apabila saya terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013, saya juga akan terus menyuarakan yang sama. Ayo menulis, jangan dinanti-nanti!

Buat yang belum terpilih atau belum berpartisipasi di ajang Srikandi Blogger, insya Allah masih ada tahun berikutnya. Terus berkarya, ya! Yang belum punya blog, ayo mulai bikin blog. Kalau kita bisa punya waktu untuk fesbukan atau twitteran, kenapa gak sesekali meluangkan sedikit waktu untuk menulis blog? Gak usah terlalu banyak berpikir saya gak bisa menulis bagus dan lain sebagainya yang bikin ribet. Yang penting menulis aja dulu, mulai dari hal-hal sederhana. Pelan-pelan juga akan ketahuan arah tulisan kita kemana. Jadilah Srikandi di dunia netizen mulai sekarang!

Alhamdulillah sekarang ini saya lolos di 50 besar Srikandi Blogger 2013. Lanjut ke 10 besar? Saingannya berat-berat, tapi saya berusaha optimis aja. Paling gak tetep jaga semangat dan bersaing sehat. :)

Teman-teman do'ain, dan dukung saya terus, ya!

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. Waaaaaaah. . .
    Para Emak2 mulai berkompetisi nih ya. . .

    Tema yang di angkat benar2 berbobot. Acara yang diadakan KEB benar2 seruu dan pasti memberi banyak manfaat untuk para perempuan.

    Semoga menjadi winner ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin

      Idah tahun depan harus ikutan, ya. Tulisannya kan juga bagus2 :)

      Delete
  2. emak-emak sekarang ini tidak hanya didapur, tapi sudah netizen hehehe... ya semoga kompetisinya berhasil dan bermanfaat/bisa menginspirasi orang lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, emak2 kan juga gak mau kalah. hehe

      aamiin. terima kasih, ya :)

      Delete
  3. Wah, udah lolos tahap berikutnya ya, Teh? :D

    ReplyDelete
  4. Semoga menang mak !!!!!!!!!!! dapet tipi lagi :p

    ReplyDelete
  5. Weisss, ini mah TOP banget Mbak. Kereeen deh ulasannya, simple tapi mengena!
    Aku yakin dirimu pasti bisa masuk ke 10 besar deh. Ayo, lanjutkan. Semangat yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. semoga kita sama bs ke 10 besar, ya. Semangaaatt :)

      Delete
  6. mantap postinganya, . bener banget mba siapa bilang yang menginspirasi itu harus dng bahasa awang2. yang sederhana malah mengena. #iketkepala, siap2 beradu dia ajang terkeren abad ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bahasa sehari2 lebih mengena buat saya. Walopun tata bahasa yang bagus juga ada yg mak jleb. Kembali ke isinya juga sih

      sama2 semangat ya :)

      Delete
  7. karena netizen sering kali tampil beda dengan saat di posisi citizen
    berarti semakin hari bakal semakin banyak orang yang berkepribadian ganda ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga sih. sy sbg netizen dan sbg citizen ya tetep aja sama gayanya. Kembali ke orgnya juga kayaknya. Gak usah jd netizen juga ada yg berkepribadian ganda.

      Kalo mas Rawins kepribag\diannya ganda gak? Hihihi..

      Delete
  8. tulisannya biasa tapi dibaca jadi luar biasa mak..
    sangat menginspirasi, disela-sela kesibuk mak mengurus anak, masih sempet nulis blog dengan bahasa sederhana tapi manfaatnya luar biasa..
    kalo saya mungkin perlu waktu berhari2 untuk nulis tulisan seperti ini dan butuh konsentrasi khusus,,hehe...

    semoga lolos 10 besar mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kl mb Novia berpendapat begitu *seneng deeh :)

      sy juga ada tulisan yg berhari2. Gak selalu spontan. Hehe

      aamiin. terima kasih, ya

      Delete
  9. Waw... mancaaaap! Optimis dirimu maju ke babak selanjutnya, Mak.
    Muaaaaaaah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Terima kasih ya, Mak utk harapannya :)

      Delete
  10. hihihi, aku termasuk yg menganggap tulisanku geje.

    Tulisannya keren Chi, sukses ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. geje padahal sebetulnya kereeenn.. Banyak kata2 indah dari tulisannya mbak Dey :)

      aamiin terima kasih, ya :)

      Delete
  11. Maaaaakk.. blogmu ini inspiratif banget lho, aku banyak belajar dari sini :)
    Kalau sistemnya nanti voting, percayalah, you got my vote :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih buat pujiannya jadi malu juga saya. Hehe.

      Terima kasih juga buat dukungannya :)

      Delete
  12. paling banyak dukungannya nih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena sy termasuk yg posting pertama kali, Mak :D

      Delete
  13. selaluu suka tulisan bunda keke nai.. postingan ini simple tp mengena..tp jg sprt menyodok diriku utk lbh pede n gk geje sm tulisan sendiri..semoga lolos 10 besar ya mb *hugs muaach

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kesodoknya gak terlalu keras ya, Mak. Sy jd gak enak nanti :D

      Delete
  14. Feelingku Mira masuk 10 besar loh. beneran deh swear gak bohong :)

    ReplyDelete
  15. Ikut mendukung dan mendo'akan, kak..

    Tetap semangat, salam ya buat keke dan naima.. ^_^

    ReplyDelete
  16. Chi tulisannya Mantabs.. Kereen..mengalir begitu saja dari hati..

    Sukses ya..
    Ayo kita bersaing secara sehaat !

    ReplyDelete
  17. sip.. aku dukung mak Myra menuju 10 besar.. sukses ya Myra

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak. sukses juga buat Mbak Ade :)

      Delete
  18. ahhh selalu melow bacanyaa qiqiqi
    smangatt juga yaa makk ^^
    loph you pull

    ReplyDelete
  19. dan ini lah saingan terberat ajang SB2013

    sukses ya maaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl sy BBnya kayaknya yg berta, Mak :D

      sama2 sukses ya. aamiin

      Delete
  20. Waw, salah satu kandidat Srikandi juga, nih! Tulisan seorang netizen yg keren! Moga sukses, Bun! ;-)

    ReplyDelete
  21. jempol mak. terima kasih telah berbagi istilah yang mulanya aku kagak ngerti, :)

    ReplyDelete
  22. menurutku orang" yang suka komen pake nama annonim tuh ngga bertanggungjawab sama apa yang diucapkan mbak. makanya suka sebel kalo ada yg komen pake nama annonim

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^