Pasrah

By Keke Naima - March 14, 2013

Rasanya sejak awal Januari ini, kami sekeluarga sedang diberi cobaan untuk urusan kesehatan. Berawal dari Keke di awal Januari yang terkena radang tenggorokan, lanjut ke Nai yang sempet panas juga walopun sebentar dan kemudian K'Aie juga panas badannya. Alhamdulillah, Chi gak kena. Tapi tetep aja, ngurusin yang pada sakit, terutama anak-anak bikin cape badan karena kurang banget istirahat.

Sempet pada membaik sebentar, gak lama ada yang sakit lagi. Paling gak batpil (batuk-pilek) aja sih kena. Kalo udah gitu muter-muter aja yang kena, gantian.

Baru-baru ini Nai kena gondongan, gak lama K'Aie sempet gak enak badan lagi. Sempet gak ngantor sehari. Chi yang sebelumnya gak ikutan kena, sekarang jadi kena. Batpil yang lumayan bikin susah istirahat. Eh, mulai tadi pagi, giliran Keke yang kena gondongan.

Pipinya Keke gak sebengkak Nai. Makannya juga masih bisa macem-macem, paling sesekali aja merasa sakit. Cuma, katanya gondongan kalo gondongan pada anak perempuan paling cuma bengkak pipi aja. Tapi kalo untuk anak laki-laki, gondongan bisa menyebabkan testis membengkak dan berakibat kemandulan, kalo gak cepet-cepet ditangani. Untuk infonya, cari sendiri aja ya di google, bener-bener lagi males banget nih kasih link :)

Dsa juga tadi bilang kayak gitu tentang efek gondongan pada anak laki-laki. Persentasenya sendiri belom bisa diketahui pasti, tapi kemungkinan itu ada. Tentang vaksin MMR juga bisa meminimalisir, tapi sekitar 85% aja. Gak ada vaksin yang efektif mencegah sampai 100%, kata dsa nya anak-anak.

O'ya tentang tentang hidungnya Nai yang berdarah, waktu sakit, itu bukan karena gondongan. Tapi Nai memang suka gitu hidungnya. Kalo di korek-korek, suka berdarah. Yang bikin kasian keluar darahnya banyak, ngucur gitu, padahal dikoreknya kayaknya biasa aja.

Cuaca akhir-akhir ini juga 'kurang bagus', ya. Bikin badan cepet ngedrop. Tapi kayaknya gak bagus kalo 'cuma' menyalahkan cuaca. Kesannya gimana, gitu. Introspeksi diri juga, mungkin selama ini kami kurang menjaga kondisi tubuh, karena selama ini alhamdulillah termasuk yang jarang sakit (terutama K'Aie dan anak-anak) jadi akhirnya kami agak lalai.

Karena terus bergantian sakit, Chi merasa di semester genap ini anak-anak belajarnya jadi gak maksimal. Yah, namanya sakit mana bisa sih belajar. Kalopun udah sembuh, ada masa pemulihan juga yang gak bisa langsung maksimal belajarnya. Trus baru juga mulai semangat, eh udah sakit lagi.

Chi pasrah aja deh dengan hasil semester genap ini. Lagian anak-anak juga udah berusaha. Semoga setelah Keke sembuh dari gondongan, kami semua kembali fit. Aamiin. Saatnya merenung ....

Btw, sekarang mau nyicil bw, ah. Batpil bikin capek, lemes dan bawaannya suka rada mellow, jadi blog walkingnya dicicil, ya :)

Yang mau ikut berpartisipasi menulis buku tentang parenting, masih ada waktunya sampe 31 Mei. Silahkan klik "Woro-woro : Buku Kumpulan Cerita Parenting"

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Jangan terlalu risau dengan urusan sekolah mbak Myra. Yang penting anak2 sehat, ceria, pintar. Andaikanpun semester ini nilai mrk kurang memuaskan masih ada kesempatan lain. Tapi aku yakin kok mbak Myra, anak2mu cerdas semua.

    ReplyDelete
  2. mudah-mudahan hasil UTSnya tetap bagus ya untuk Nai dan Keke

    ReplyDelete
  3. pasti abang Keke dan kakak Nai bagus hasil UTS nya. selamat BW mom Myra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi blm tuntas nih, keburu sakit. semoga susulannya nanti memuaskan. Aamiin

      Delete
  4. radit juga suka berdarah idungnya kalo dikorek2..dulu sempet panik takut anak mimisan..tenyata selaput hidungnya radit yang tipis banget, jadi kalo disentuh dikit aja langsung berdarah..huhuhu

    cepet sehat ya buat anak2 dan buat ayah bundanya.. ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Nai juga kayaknya tipis banget makanya mudah berdarah, ya

      terima kasih, ya :)

      Delete
  5. Nai dan Keke kan pandai2... pasti hasilnya bagus.. semangat ya...

    ReplyDelete
  6. Semoga cepet sembuh semuanya ya Mbak, dan semoga hasil UTS nya pd bagus juga :)

    ReplyDelete
  7. Semoga sakitnya menjadi kifarat, ya bun..
    jadi inget, aku juga sering mimisan,apalgi kalau udara lagi dingin.. suka perih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin

      gak enak juga ya kalo suka mimisan gitu.

      Delete
  8. paling sedih emang klo ngeliat org yg kita sayangi sakit..
    semoga ceoet sembuh ya buat semuanya.. :)

    ReplyDelete
  9. dirumah juga gitu mbak myra.. sakitnya batpilnya muter ajah. aku mah, kasihannya ke si Arya yang 16 bulan. sampai 2 bulan ini, BB-nya nggak naik-naik :(
    semoga cepat sembuh mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi batil, virusnya suka muter2 ya

      Semoga Arya juga cpt sembuh, ya :)

      Delete
  10. Moga 2 lekas pada sehat dan sehat seterusnya ya Bun...kalo pembuluh darah hidung tipis kalau dikorek2 bisa mimisan bun...si dzaky suka iseng korek dan hasilnya jadinya mimisan, byk gitu darahnya..jadi better jgn dikorek2 tapi namanya jg anak2 ya sdh dikasih tau mgkn mereka lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, anak2 kadang suka lupa lagi. Padahal udah dikasi tau

      Delete
  11. cuma mo bilang, "moga cepet sembuh ya, anak-anak... " :)

    ReplyDelete
  12. wah bundanya pasti sedih liat anak2nya sakit :-(
    get well soon ya...

    ReplyDelete
  13. uuh akhir2 ini byk anak2 yg lagi sakit yah... :'(

    ReplyDelete
  14. moga cepet sembuh ya mbak...dan kembali ceria utk keluarga di rumah :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^