Jumat, 01 Februari 2013

Ust. Maulana - Islam Itu Indah

Hari Selasa kemarin (29/1) di sekolahnya Keke dan Nai ada syuting Islam Itu Indah, sebuah acara siraman rohani pagi yang di bawakan oleh Ust. Maulana dan di siarkan di Trans TV..

Chi pernah liat Ust. Maulana di acara Islam Itu Indah, tapi cuma sekilas karena kalo pagi Chi lumayan ribet sama urusan nyiapin segala perlengkapan sekolah anak-anak..

Yang Chi tau rencana awalnya adalah tanggal 14 Januari, tapi gak tau kenapa sampe itu tanggal lewat gak ada kabar berita lagi jadi atau enggak.. Sampe kemudian Chi di whatsapp sm ketua BKOMS trus sekolah ngeluarin surat edaran minta anak-anak pake seragam untuk hari Jum'at dan hari Selasa itu kegiatannya cuma syuting..

Sehari sebelum syuting, salah satu orang tua murid yang juga anggota BKOMS minta Chi untuk hadir besok karena Chi kan juga pengurus inti di BKOMS.. Ya udah deh terpaksa Chi hadir *ketauan males banget jadi pengurus ya :p

Keke & Nai juga semangat, pagi-pagi udah minta berangkat. Hasilnya jam 7 pagi Chi udah sampe sekolah, padahal di surat edaran jam masuk sekolah tetep 07.30.. Sekolah masih lumayan sepi, tapi bagus juga sih karena masih pagi Chi masih dapet parkir di pinggir sekolah di tempat yang teduh. Kalo di dalem sekolah udah susah dapet parkir karena udah penuh sama banyak mobil dari Trans TV.

Sambil menunggu syuting di mulai, Chi masuk ke ruangan dimana anak-anak SMP lagi pada dandan yang akan membawakan tari Saman. Rata-rata belom pada terbiasa dandan, sampe pada ribut sendiri ala anak abege. Tapi ada juga yang sampe nangis waktu mau di kasih eye liner katanya serem liat pensil di goresin ke pinggir mata takut sakit :D

Syuting baru mulai jam 10, lebih lama persiapannya ketimbang syutingnya.. :D Sempet ketemu sama Ust. Maulana dan foto-foto juga.. Dan ternyata Ust. Maulana lebih pecicilan waktu lagi break ketimbang pas lagi di syuting.. Lari-larian, loncat-loncatan, muter-muter sampe bergaya kamehameha *penggemar Dragon ball pasti tau gaya kamehameha.. :D. Padahal pas di tv aja kayaknya udah pecicilan ya :p

Sambil nunggu liat persiapan dulu aja deh



Ust. Maulana gak cuma gayanya pecicilan tapi juga aktif dan ramah menyapa para siswa, ngajak ngobrol sampai ikut mengatur jalannya acara. Jadi gak hanya berbicara ketika syuting aja.

Terlepas dari sikap Ust. Maulana yang memang unik, Chi suka dengan materi yang di bawakan pada hari itu.. Walopun gak ada kutipan dari Al-Qur'an dan hadist dan materi yang di bawakan itu sederhana tapi cocok untuk usia anak-anak sekolah.. Dan sebetulnya untuk beberapa hal ada yang sering orang tua ingatkan ke anak-anak, tapi mungkin kalo seorang ustaz yang ngomong anak-anak bisa lebih nurut.. :)

Tema Islam Itu Indah hari itu adalah "Malas Temannya Setan". Acara di awali dengan bershalawat.. Sempet gregetan deh liat Keke. Karena pas shalawat itu kan semua anak diminta melakukan gerakan tapi Keke cuma diem aja. Setelah Chi tanya pas pulang rupanya dia kesel karena tadinya udah duduk lumayan depan, eh malah di pindahin ke belakang dan agak di sudut pula. Resiko punya badan bongsor kali ya.. :D

 Tadinya Keke duduk lumayan depan gini trus dipindah ke belakang dan di pinggir jadi dia agak kesel :D

Untuk duduk memang di atur. Kami sendiri ibu-ibu BKOMS tidak ikut di syuting tapi dapet tempat duduk di lantai 2 sekolah. Chi malah seneng kayak gitu karena jadi justru bebas untuk foto-foto.. Anak-anak kelas 1 juga gak kena syuting karena mereka duduknya di pinggir. Kasian yeeee... :p Cuma satu yang ngeselin, lupa ngecarge video camera, jadi aja cuma sedikit yang bisa di rekam.. Heuu..

Jama'aaaahh oh jama'aaahh

Ust. Maulana bertanya ke para siswa siapa yang mau jadi temennya atau sodaranya setan? *sambil bergaya seperti setan yang lagi cari temen :D Tentu aja anak-anak bilang gak mau sambil cekikikan. Menurut ustaz, rahasianya supaya jangan dianggap teman atau sodara oleh setan adalah jangan malas dan selalu mengingat Allah dalam kegiatan sehari-sehari. Selalu mengucapkan bismillah dalam kegiatan sehari-hari, misalnya ketika kita duduk, makan, bepergian, dll.

Ayo siapa yang mau temenan sama setan? :)

Ustaz juga tanya lagi siapa yang waktu duduk mengucapkan basmallah. Gak ada satupun yang tunjuk tangan :D. Dan ustaz meminta semuanya berdiri untuk kemudian duduk bersama-sama sambil mengucapkan basmallah. Tapi pas berdiri, salah satu anak menabrak tv yang ada di belakang terpaksa deh syuting break lagi dalam waktu yang lumayan lama :D

Untung gak sampe jatoh tuh tv :D

Setelah selesai break acara selanjutnya lancar. Ustaz juga mengatakan shalat mencegah kita dari perbuatan malas. Kalau pada waktunya shalat kita ingin makan, sebaiknya makan dulu baru shalat. Karena biasanya setelah makan ngantuk tapi karena belom shalat kita jadi bergerak untuk shalat. Lagian sehabis makan trus shalat bikin perut langsing katanya.. Tapi kalo memilih shalat dulu baru makan, sebaiknya setelah makan melakukan gerakan-gerakan supaya gak malas. Ustaz Maulana biasanya melakukan gerakan seperti ruku'. Karena gerakan ruku' bisa bikin perut langsing juga seperti perutnya Ustaz Maulana *hmmm.. boleh di coba nih tips melangsingkan perutnya :D

Ust. Maulana juga bilang jangan tidur di pagi hari dan setelah Ashar. Posisi tidur juga gak boleh tengkurep, makan gak boleh pake tangan kiri karena setan akan kesenengan. Kalo bangun tidur segeralah berwudhu kemudian shalat supaya kita jauh dari setan.

Gak boleh tidur tengkurep

 
Posisi tidur sebaiknya miring

Ada tanya jawabnya juga.. Ada 4 anak yang bertanya tapi Chi lupa, kayaknya salah satunya ada anak yang bertanya bagaimana kalau orang tua meminta kita supaya jangan malas tapi sambil marah-marah.. Ustaz Maulana bilang supaya kita jangan pernah salah paham dengan sikap orang tua. Yang namanya orang tua pasti maksudnya baik, hanya saja cara mereka menyampaikan ke anak-anak berbeda-beda. Ada yng penuh kesabaran, ada yang marah-marah tapi walopun begitu sebagai anak kita gak boleh salah paham sama orang tua..

Ada 2 orang guru yang di tanya. Yang laki-laki (kalo Chi gak salah denger) ngajar SBK tapi Chi gak tau namanya kayaknya guru SMP. Kalo yang perempuan itu wali kelasnya Keke, Ibu Yuli. Ust. Maulana tanya ke bu Yuli ngajar kelas berapa? Waktu bu Yuli bilang jadi wali kelas untuk kelas 3, ustaz bilang mengajar anak kelas 1, 3 dan 5 termasuk kelas yang sulit. Kelas 1 karena masa adaptasi dari jenjang TK ke SD, kelas 3 adalah masa dimana di satu sisi si anak merasa udah besar tapi di sisi lain masih seperti anak kecil, kelas 5 itu masa dimana para siswa biasanya merasa udah termasuk paling senior. Masa yang gak terlalu sulit adalah masa kelas 2 dimana si anak udah mulai beradaptasi dengan sekolah, kelas 4 dimana rata-rata anak-anak memang sudah merasa menjadi anak besar, kelas 6 rata-rata udah mulai fokus ke ujian..

 


Chi lupa apalagi yang Ustaz Maulana bilang, banyak lah pokoknya.. Sebelum penutupan ada hiburan tari Saman yang di bawain sama murid-murid SMP. Setelah itu baru berdo'a bersama.


Hari itu syutingnya untuk 2 episode, tapi untuk kelas 1 s/d 3 hanya syuting untuk 1 episode awal. Chi sendiri ikut jadwalnya anak-anak, begitu mereka selesai ya kami pun pulang. Padahal pas syuting kedua para orang tua ikut duduk di area syuting karena tema yang kedua adalah "Ibu, I Love You". *emang belom rejekinya jadi artis nih.. :p

Untuk tema yang kedua, udah tayang hari Kamis kemarin. Itu juga karena pagi-pagi ketua BKOMS sms Chi makanya Chi tau. Kalo untuk episode yang pertamanya Chi gak tau tayangnya kapan. Keliatannya sih belom di tayangin..

Cukup berkesan kegiatan hari itu. Keke dan Nai senyum-senyum aja waktu Chi bilang "Perasaan apa yang ustaz bilang semuanya itu sama ya kayak yang bunda bilang.. Hehe.."

post signature

54 komentar:

  1. Masha Allah...keren mak reportasenya...apa yang disampaikan ustadz adalah hal-hal kecil yang kadang sering kita lupakan. nice share mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak.. hal2 sehari2 tp suka kita abaikan ya..

      Hapus
  2. Waaah senengnya anak-anak ya. Dapat tauziah tapi dengan hati gembira :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn penyampaiannya juga menarik kali mak :)

      Hapus
  3. Lengkap bener mak postingan nya, mantap... thanks 4 share makk :D

    BalasHapus
  4. Ust. Maulana memang suka kasih materi yang ringan dan sangat sederhana tapi mengena di kehidupan sehari-hari ya, Mba...cocok untuk anak-anak...

    Terpampang nyata, betapa ustadznya pecicilan, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok juga buat sy mbak.. hehe..

      pecicilan bgt :D

      Hapus
  5. Nai gak kelihatan ya Bund, pasti lebih cantik kalo pake jilbab, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak kls 1 duduk di pojok gak ke syut juga :D

      Hapus
  6. selalu lengkap deh postingan mba Myra :)
    Seru ya acara syutingnya, eh jadi beneran si ustad itu pecicilan baik on air maupun off air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn tangannya lebih cerewet :p

      off air lebih pecicilan keliatannya :D

      Hapus
  7. ust.maulana memang unik ya mbak....

    eh gaya kamehameha itu yg gimana ya...saya bukan penggemar dragonball..jadi nggak tau deh...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ty om gugel spt apa kamehameha.. hehe..

      Hapus
  8. Chi siap siaga banget .... bisa moto TV hampir jatuh ..kejadiannya cepat kan tuh..

    BalasHapus
  9. wuihh keren banget di skolhan sampek kedatengan ust maulana, bayangin pecicilannya gimana yaa, biasanya ust itu jaim diem lemah lembut, hahahah :D

    eeh teh chi emak2nya kumpul heboh tuh pastinya, fotonya nai mana kok ndak keliatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya gak berlaku utk ust. maulana hehe..

      nai di pojokan jd gak keliatan

      Hapus
  10. Salam kenal, mampir ya...
    Ustadz Maulana itu memang menyenangkan ya, dan relatif mudah dicerna isi ceramahnya. Tidak berkesan menggurui tapi pesannya tetap jleb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya yg seperti itu ya yg gak menggurui

      Hapus
  11. Whoaaaa...
    Sepertinya aku nonton yang episode itu deh mbaa..
    Walopun gak pokus karena sambil nyiapin Kayla ke sekolah...

    Tapi aku inget seragamnya...hihihi...

    Ternyata para emak milih untuk narsis sendiri dan poto poto yah..hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga jarang nonton krn pagi2 rempong sm urusan anak2 hehe..

      emak2 mah harus ada bukti dong.. hehe..

      Hapus
  12. Uwaaaa pasti seru bgt acranya.aplge kl sm anak2 ya mbk :)

    BalasHapus
  13. Setelah subuhan, aku biasanya tidur lagi, terus bangun jam 05.30. :(
    Tapi aku bukan temannya setan ya? :D

    Gak bisa ngebayangin ramai dan hebohnya suasana saat itu. Apalagi saat TVnya jatoh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting udah sholat subuh kan? :D

      iya apalagi anak2 kan suka heboh.. hehe..

      Hapus
  14. Walah Chie.. gagal nampang di tipi dong. :D Ow, seragam emak2nya ungu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 udah kecapean.. hehe..

      tdnya mau samaan ma guru2nya gak taunya pada pake ijo gurunya :D

      Hapus
  15. Kesigapan Jeng Chi mengabadikan pose2 secara runtut dengan reportasenya luar biasa.
    Nah Keke Nai yang mama bilang sama kan sama Ustad, anak2pun makin patuh ya Jeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kl guru atau ustaz yg ngomong suka lebih patuh ya mbak :D

      Hapus
  16. Mantep niy laporannya...
    Aku skarang udah jarang liat islam itu indah...padahal dulu pas hamil rajin nontonnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx :)

      knp skrg jarang nonton mbak? :)

      Hapus
  17. kyknya ust maulana ni cocoknya emg ceramah dpn anak2 ya,,, soalnya dia entertaint bgt gaya ceramahnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus sedehana temanya jd anak2 insya Allah cepet nangkepnya :)

      Hapus
  18. mba, itu gurunya kok ehm (keren) ya??*oot**diplototin ustadz maulana*

    BalasHapus
  19. wah ribet banget ya persiapan utk syuting itu mbak.
    tapi anak2 dapat tauziah yang luar biasa
    aku suka dengan materinya, memang cocok utk disampaikan kepada anak2
    apalagi yg menyampaikan Ust. Maulana jadi anak2 lebih mudah nerima ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih lama dr syutingnya.. hehe..

      iya mbak, untung aja materi dan ust maulananya bagus :)

      Hapus
  20. Mbak...itu para ibu2 emang janjian pake ungu2 yah? aku sukaaaaa hihihi :D
    Aku juga suka Ustadz Maulana soalnya gayanya kocak dan tausyiah nya enak didenger, eh itu gurunya yg cowok cakep pisan mbak qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya janjiannya ungu2..

      enak ya liat tausyiahnya ust maulana :)

      hihihi.. byk yg blg ganteng :D

      Hapus
  21. memang terkadang yg merupakan saingan kita mengikuti acara di tipi itu malah anak2 hehehe.. tapi keren masii gag pake emosian segala macem kan sama mereka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hrs sering2 denger tausyiah makanya biar gak emosian.. hehe..

      Hapus
  22. Ust. Maulana ini waktu masih di Makassar sempat jadi guru agama di sebuah SD. Ada teman yang sempat diajarnya, kata teman ust. maulana ini baik orangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantesan paham kela2 berapa aja yg paling berat utk di ajarin ya mbak.. keliatannya sih gitu.. ramah orgnya :)

      Hapus
  23. suka deh sama ustad Maulana...suka ma materi yang disampaikan yang ringan dan bisa bikin senyum simpul plus gayanya itu tuh..he he he he mantab banget...Reviewnya keren Bun

    BalasHapus
  24. Wah..seru banget kedatangan ustad kocak di sekolahan ya. Anak2 emang lebih mendengarkan org lain ngomong ya drpd ortunya heheehe

    BalasHapus
  25. Wah, trima kasih ilmunya yang udah dibagi di posting ini, Chi...
    Mengajar anak-anak sambil menyelipkan humor kayaknya bisa jadi resep ampuh kita buat mendidik mereka ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak.. kayaknya utk anak2 jaman skrg ngajarin mereka emang harus ada bumbu humornya ya mbak.. :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge