Rabu, 31 Oktober 2012

Pendidikan Dasar Wanadri (PDW)

Jam 6 pagi kami udah jalan ke Tangkuban Perahu untuk menghadiri pelantikan Pendidikan Dasar Wanadri (PDW). Sampe parkiran udah lumayan rame.. *mereka-mereka itu dateng jam berapa ya.. Hmmmm...

Kami harus berjalan lumayan jauh untuk sampe ke tempat upacara.. *Setidaknya buat Chi & anak-anak sih lumayan jauh :p Anak-anak sempet sedikit ribut.. Buat mereka yang baru pertama kali, bau belerang memang sedikit mengganggu :D

pendidikan dasar wanadri (PDW)
Dari parkiran kami harus berjalan ke arah bendera orange itu..

 Jalan pagi, itung-itung olahraga :D

 Sesekali istirahat. Jangan lupa foto-foto :p


Keke lagi apa ya iniii?? :D

Sampe tempat upacara, Keke masih kepengen lanjut ke atas lagi.. Katanya dia gak mau ikut upacaranya tapi mau liat upacara dari ketinggian sekalian liat TNT di ledakin & tentara yang menembakkan senapan.. Sebetulnya Chi udah ngos-ngosan tapi gak mau juga sendirian di tempat upacara jadi ikut deh ke atas yang ternyata jalannya lumayan terjal.. *beneran gak berani liat ke pinggir.. Lutut rasanya udah lemes gemeteran.. :r

 Sampe tempat upacara, foto-foto dulu ah sebelum naik ke tempat yang lebih tinggi

 Waktu fotoin Keke ini, Chi sebetulnya lumayan gemetar karena kayaknya kok deket banget.. Takut jatoh.. :p

 Naik ke atas.. Nai udah gak sanggup, akhirnya minta di gendong..



 Liat sebentar, om-om yang lagi pasang TNT alias bahan peledak





Udaranya juga dingin. apalagi kalo angin udah bertiup.. Brrrrrr.... Kayaknya jaket yang kami pake kurang menolong juga karena bener-bener dingin pagi itu.. Pokoknya lumayan bikin menggigil dan hidung (maaf) rada-rada meler karena dingin..

Kayak gaya kalo lagi foto prewedding ya, liat-liat ke atas padahal gak ada yang di liat :r

Akhirnya upacara pun di mulai.. Sesekali TNT di ledakkan.. Suaranya? Jangan di tanya seberapa kerasnya. Semalem di penginapan aja udah keras banget kedengerannya, apalagi yang pas upacara.. Terpaksa tutup kuping deh.. Itu juga tetep kedengeran keras plus bonus sedikit getaran-getaran ketika TNT di ledakkan.. :D

 Melihat upacara dari ketinggian

Para peserta PDW, turun memasuki tempat upacara

Setelah upacara selesai kami pun turun ke bawah yang ternyata lebih serem ketimbang naiknya.. :r Waktu acara pemberian ucapan selamat, terharu juga liat para keluarga menyelamati peserta yang lolos. Tiba-tiba Chi mendengar ada anak kecil nangis. Si anak kira-kira berumur 6 bulan s/d 1 taun gitu. Ternyata dia gak mengenali bapaknya yang selama sebulan penuh mengikuti PDW..

Memang katanya selama PDW sebulan penuh itu jangan berharap bisa bebas bebersih diri apalagi ke salon :D. Pokoknya dekil deh.. Pantesan aja kalo mamah mertua pernah beberapa kali cerita, katanya K'Aie itu begitu selesai PDW kayak anak monyet. Item & dekil banget :r Yah jadi gak heran kalo si anak kecil tadi juga gak ngenalin bapaknya :D

 Turunnya lebih deg-degan. Takut tergelincir :D

 Keke menyapa salah satu tentara yang lewat, akhirnya mereka jadi ngobrol-ngobrol deh.. :)

 Setelah selesai ngobrol, foto-foto dulu.. :)

Pemberian ucapan selamat dari keluarga, dll. Cukup terharu juga liatnya..

Ramah tamah sebentar. K'Aie asik ngumpul-ngumpul sama temen-temennya. Sementara Chi & para krucil asik di pojokan menikmati aneka gorengan.. Dan Chi di ketawain sama anak-anak karena makan pisang goreng sama rawit.. Yeeee.. Siapa suruh yang di hidangin duluan itu pisgor sama rawit. Giliran bakwannya baru belakangan :p

Keke : "Bun, Keke boleh gak jadi Sniper tapi jadi anggota Wanadri juga kayak ayah?"

Akhir-akhir ini kalo ditanya cita-cita Keke memang lagi kepengen jadi anggota TNI, maunya jadi sniper.. Sepulang dari pelantikan PDW Kekebilang mau jadi anggota Wanadri juga.. Di aminin aja deh dulu selama cita-citanya baik.. Paling K'Aie yang suka godain, katanya emangnya Chi bisa di tinggal jauh-jauh? :D


 Sambil nungguin K'Aie ngobrol sama temen-temennya, mendingan nongkrong di tempat gorengan ajah :D

Biasanya yang memimpin upacara adalah panglima TNI, tapi mungkin kali ini berhalangan hadir. Jadi di gantikan oleh Pangkostrad, Letjen TNI M. Munir

Setelah nyemil-nyemil, jalan pulang yang ternyata udah menjadi gerah karena panas.. Tangkuban Perahu juga mulai rame banget malah macet total karena ada mobil yang mogok di tanjakan dan efeknya kemana-mana. Mobil kami juga gak bisa keluar, terhalang mobil lain yang di tinggal pemiliknya. Jadi terpaksa nunggu lama di parkiran menunggu si pemilik mobil selesai jalan-jalan.


 Salah satu kegiatan pelatihan, tidur di atas pohon.. Dulu K'Aie juga katanya kayak gitu.. Dan kayaknya gak pernah ngebayangin bakalan punya istri yang kalo tidur itu harus ada kasur empuk plus bantal, guling sm selimut :p





 Giliran Keke yang kecapean.. Padahal beratnya Keke 41kg sekarang.. Hehehe.. Duh kasian deh K'Aie, gendong-gendong terus.. :)

Lagi macet total, K'Aie keluar sebentar ngegodain para anggota Wanadri yang udah sepuh-sepuh :D

Sampe penginapan, mandi-mandi trus langsung check out.. Gak ada waktu buat istirahat lagi karena udah siang. Apalagi sorenya kami harus lanjut pulang ke Bekasi..

Saatnya check out dari Cikole Jayagiri Resort

Tadinya Chi pengen ngajak anak ke Taman Kupu-Kupu, Cihanjuang, tapi emang susah ya kalo udah di Lembang pasti anak-anak selalu merengeknya ke Sindang Reret (lagi). Jadilah kami kesana untuk makan siang & main lagi

Kali ini yang main cuma Chi & anak-anak. K'Aie memilih ngumpul sama temen-temennya karena ternyata begitu kami sampe sana banyak sekali anggota Wanadri yang makan siang di sana.

 Keke, Ica & Alam main mini ATV ini.

 Nai main mobil-mobilan, Keke & Febi usil mobil-mobilannya di dorong-dorong supaya cepet..

 Untuk pertama kalinya Nai main flying fox sendirian.. Sebelumnya masih tandem sama ayahnya.. Chi deg-degan ngeliatnya juga karena ternyata tinggi..

 Nai pun meluncur.. Wuiiih Chi deg-degan liatnya.. Sementara Nai nya kegirangan :D






K'Aie udah selesai ngobrol-ngobrolnya dan mulai ngajak pulang. Oke siap yaaaaahhh... :)

Setelah K'Aie selesai ngobrol-ngobrolnya kami pun pulang. Anak-anak sih emang gak ada puasnya kalo main, tapi liburan udah selesai. Udah harus pulang. Apalagi hari Seninnya itu hari pertama anak-anak masuk sekolah di tahun ajaran baru, jadi jelas gak bisa bolos terutama untuk Nai karena itu hari pertama Nai di SD. Kapan-kapan ya kita jalan-jalan lagi :)

Minggu, 28 Oktober 2012

Cikole Jayagiri Resort

Ini cerita bulan July 2012 lalu. Ceritanya udah lumayan lama Chi mau ajakin anak-anak main ke Tangkuban Perahu. Tapi kata K'Aie nanti aja pas pelantikan Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) sekitar pertengahan Juli 2012.
Wanadri adalah sebuah organisasi tertua yang bergerak dalam kegiatan alam bebas. Organisasi ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1964, dan merupakan perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung.
K'Aie itu salah seorang anggota Wanadri. Sejak lulus SMA K'Aie udah tergabung di Wanadri..

Menjelang bulan Juli, K'Aie nawarin karena acaranya kan pagi jadi mendingan diriin tenda di deket Tangkuban Perahu dan nginep disana. Tapi karena Chi ini termasuk istri yang rempong, sejuta pertanyaan pun meluncur. Ada kasurnya gak? Ada listrik gak? Trus kalo mau ke WC gimana? Pokoknya banyak deh pertanyaannya.. :D

Kamis, 25 Oktober 2012

Kisah Keluarga Kambing

Catatan : Ketika membaca obrolan ini jangan menggunakan logika orang dewasa.. Bisa bingung nanti.. Tapi inilah obrolannya anak-anak :D

Ini obrolan kemarin siang, di perjalanan setelah pulang sekolah..

Selasa, 23 Oktober 2012

Kalo Nai Futsal

Nai : "Bun, tadi pas pelajaran olaraga, kan olaraganya futsal bun.."
Bunda : "Oh gitu, asik gak?"
Nai : "Asik lah, seruu.. Kan timnya di bagi 2. Kalo tim Ima itu kipernya Tita, trus kalo tim lawan kipernya Fanasya"
Bunda : "Trus Ima bikin gol gak?"
Nai : "Bikin dong, 2 kali malah"
Bunda : "Waaaahh hebaaattt.. Masukin bolanya ke gawang siapa?"
Nai : "Ya ke gawangnya Tita laaaahhh..."
Bunda : "Wwkkwkw.. Adeeeekkk harusnya adek itu masukin ke gawangnya Fanasya.."
Nai : "Ya enggak lah buuunn.. Kan Tita itu temennya Ima, jadi Ima masukinnya ke gawangnya Tita.."
Bunda : "Tapi kok bisa sampe 2 gol, emangnya gak di jagain sama Tita?"
Nai : "Tita itu kan temennya Ima bun, jadi di kasih gol lah sama Tita.."
Bunda : "Duh deeekk.. Cara mainnya bukan gitu. Tapi adek harus masukin ke gawang lawan kalo main futsal.."
Nai : "Ya gak apa-apa lah bun, namanya juga futsal anak-anak.." *menjawab dengan lempeng.. :p

Ya apa kata Nai aja deh. Tapi udah kebayang pasti dengan polosnya mereka joget-joget kegirangan walopun salah masukin gol. :r

Catatan : Untuk usia yang kurang lebih sama, waktu Keke kelas 1 juga Chi pernah liat kalo Keke belom ngerti tentang aturan futsal.. Pokoknya yang penting masukin gol :D

Senin, 22 Oktober 2012

Menyiasati Beban Pendidikan

Kalo membicarakan tentang pendidikan di Indonesia gak akan ada habisnya. Bakalan ngomel berkepanjangan, bikin mumet & bakalan ngeluh terus-menerus.. Tapi Chi sendiri dari awal udah bertekad gak akan menghabiskan waktu untuk hanya marah & mengeluh soal pendidikan. Alasan Chi adalah sistem pendidikan selalu berubah-ubah, tapi selalu aja ada orang yang sukses, apapun sistem pendidikan yang di terima. Chi merasa ada tantangan aja, kalo orang lain aja bisa, kenapa Chi enggak.. Harus berusaha dulu, gak boleh kebanyakan ngeluh

Bahkan untuk jaman sekarang yang katanya berat banget kurikulumnya Chi masih suka membandingkan antara SD swasta & SD negeri (kebetulan banyak sepupu-sepupu Chi yang sekolah di SD negeri). Dari jam pelajaran hari aja, SD swasta udah kayak orang kantoran. Sementara SD negeri paling cuma 3-4 jam aja sehari. Trus kalo Chi banding-bandingin sama sepupu-sepupu Chi, mereka semua cukup santai, gak ada yang ambil bimbel lagi sepulang sekolah. Tapi alhamdulillah nilainya bagus-bagus. Ada juga beberapa yang udah lulus SD, dan mereka tetep lulus dengan nilai yang cukup baik tanpa harus ikutan bimbel.

Chi pernah terpikir untuk homeschooling aja buat Keke & Nai. Tapi karena satu dan lain hal alasan pribadi, kami memutuskan untuk tidak homeschooling dulu. Dan sekarang Keke & Nai sekolah di salah satu sekolah swasta..

Jumat, 19 Oktober 2012

Rapot Bayangan Yang Bikin Nyesek

Tadi pagi Chi ambil raport bayangan anak-anak.. Sengaja jalan pagi biar gak rame di sekolah, mana harus ambil buat 2 anak pula.. Alhamdulillah sampe sekolah masih sepi

Alhamdulillah nilai-nilai anak-anak termasuk UTSnya bagus-bagus.. UTS kali ini sempet deg-degan, karena pas UTS bergantian demam.. Chi juga termasuk yang ikut demam, kecapen gara-gara seharian ke pameran Alutsista TNI AD & International Embroidery Festival. Jadinya bener-bener deg-degan, apalagi untuk UTS & UAS di sekolah anak-anak gak ada yang namanya remedial. Jadinya seada-adanya nilai yang di dapat deh. Padahal belajar berasa kurang maksimal karena bergantian demam.. Mana sempet salah liat jadwal lagi.. Chi malah ngajarin pelajaran untuk ulangan hari berikutnya, yang di uji malah gak di pelajari. Untung aja yang gak di pelajarin itu nilainya 100 :D


Rabu, 17 Oktober 2012

Do'a Nai Yang Dikabulkan

Tiap kali selesai sholat, Nai selalu berdo'a lumayan lama. Chi gak pernah tanya-tanya ke Nai. Chi pikir biar aja dia cerita sendiri..

Ngomong-ngomong tentang hasil ulangan harian, alhamdulillah nilai-nilai ulangan harian Nai banyak yang bagus-bagus. Banyak nilai 100nya. Kalopun kurang dari 100, belom pernah kurang dari 95.

Setiap kali anak-anak mendapat nilai bagus, Chi selalu memuji mereka & juga mengucapkan terima kasih.. Harus itu.. Masa' giliran nilainya jelek mereka di tegur tapi giliran bagus malah didiemin.. Punishment & reward harus seimbang. Biar mereka juga merasa di hargai :)

Selasa, 16 Oktober 2012

Field Trip

Beberapa waktu lalu Keke pernah protes "Bunda kok gak pernah nemenin sih kalo Keke jalan-jalan sama sekolah!"

Ya sejak anak-anak TK, Chi memang gak pernah nemenin anak-anak. Alasan pertama adalah males.. :p Sebenernya dari TK, sekolahnya juga melarang orang tua untuk nemenin. Dengan alasan supaya anak-anak mandiri.. Dan karena dari awal Chi emang males, jadi ya Chi nurut.. :D

Chi bukannya gak suka nemenin anak-anak jalan-jalan. Malah sebetulnya Chi pengen banget ngeliat keseruan mereka secara langsung waktu jalan-jalan ke TMII (Keong Mas, PP IPTEK, dll), Kandang Jurank Doang, Kidzania, Rumah Abia, Taman Budaya, Lanud Halim, dll

Minggu, 14 Oktober 2012

International Embroidery Festival

Setelah dari pameran alutsista TNI AD, kami pun pergi ke daerah mesjid Sunda Kelapa untuk makan siang..


Menu tongseng kambing, nasi goreng kambing, tahu gejrot & es kelapa muda, mampu mengisi perut kami yang udah krunyuk-krunyuk.. Apalagi es kelapa mudanya.. Setelah berpanas-panasan di Monas, rasanya segeeeerrr ketemu es kelapa muda.. :)

Selesai makan, kami lanjut ke Senayan. Mau liat pameran sulam International alias International Embroidery Festival..

Salah satu stand kain perca yang bikin betah berlama-lama

Selasa, 09 Oktober 2012

Pameran Alutsista TNI AD

Tahun ini ada 2 event yang gagal untuk di kunjungi, yaitu IIMS & Festival Kuliner Minang. IIMS adalah event motor show tahunan yang selalu kami datangi tiap tahun dari jaman masih di JCC sampe sekarang udah pindah ke Kemayoran. Udah kayak ke taman bermain kalo kami ke IIMS karena bisa seharian kami di sana.. :D Sedang Festival Kuliner Minang Nan Rancak, Chi tertarik datang kesana karena baca postingannya mbak Evi, mbak Monda, dan Vera

Karena harus ke Bandung dan Minggu berikutnya Chi juga K'Aie ada reunian sama temen kampus, jadinya batal deh ke IIMS. Dan Minggu ini kami akhirnya memilih pergi ke pameran alutsista TNI AD karena Keke pasti lebih seneng di ajak kesana ketimbang di ajak ke festival kuliner..

Pameran alutsista TNI AD dalam rangka menyambut HUT TNI di adakan di Monas.. Rencananya sih berangkat dari rumah pagi, biar sampe monas masih pagi. Tapi yah lagi-lagi tinggal rencana, jam 9 baru jalan dari rumah :D

Minggu, 07 Oktober 2012

RJ Javaventure

Sekarang lanjutin cerita perjalanan ke Gombong, trus Borobudur dan kemudian lanjut ke RJ Javaventure.. O'ya waktu masih di dalam area Borobudur, Chi liat ada papan petunjuk arah, yang satu mengarah ke wahana gajah, ada yang ke arah museum kapal samuderaraksa dan satu arah lagi ke museum Karmawibhangga. Chi baru tau 3 area itu. Pengen banget sebetulnya ngeliat, tapi apa daya uda waktunya makan siang. Sebentar lagi perut mulai protes.. :) Ada teman-teman blogger yang pernah mengunjungi 3 area itu? Mungkin bisa berbagi cerita :)

K'Aie ngajak makan di tempat temannya. Katanya temannya udah nungguin.. Ya udahlah kami sih ikut aja..

Ternyata perjalanannya lumayan lama sekitar 45 menit. Waktu yang udah menunjukkan waktunya makan siang.. Bikin perut mulai bernyanyi.. Mulai ada celetukan-celetukan "lapaaaaarrr...". Ada juga saran-saran untuk brenti di resto mana aja lah yang penting makaaaannn... :D

Huff.. Untungnya gak brenti dimana aja. Karena tempat punya temennya K'Aie itu enak banget.. Begitu masuk area parkir, udah mulai pada bilang "Wah bakalan gak bisa pulang cepet nih. Terutama anak-anak pasti susah di ajak pulang.."

Jumat, 05 Oktober 2012

Taekwondo

Postingan lanjutan dari jalan-jalan ke Gombong & Borobudur, di tunda dulu sebentar.. Sekarang mau ceriita tentang ekskulnya Keke dulu, yaitu Taekwondo

Sebelumnya Chi mau cerita tentang sekolah Keke dulu. Jadi dari 2 tahun yang lalu, sekolahnya anak-anak buka angkatan untuk SMP (dulu cuma TK-SD aja). Untuk lokasi SMP beda dengan lokasi sekolahnya anak-anak sekarang. Masih berdekatan sih, paling cuma selisih 5 menit jarak tempuhnya..

Untuk ke depannya memang mulai dari TK s/d SMA akan berkumpul di lokasi yang baru itu (cuma SMA sekarang belum di buka). Jadi bikin kompleks pendidikan sendiri. Kalo sekarang kan masih menyatu dengan lingkungan salah satu perumahan.

Mulai tahun ini, angkatan SD kelas 4 s/d 6 kegiatan belajar mengajarnya pindah ke lokasi yang baru. Tinggal anak TK s/d kelas 3 SD yang masih di gedung lama. Keke termasuk yang masih di gedung lama karena masih kelas 3. Berasa sepi banget kalo angkatan TK s/d kelas 2 SD udah pulang. Tinggal angkatannya Keke yang masih di sekolah..

Rabu, 03 Oktober 2012

Borobudur Ayem Kamiiiiinnnggg

Esok harinya kami pergi ke candi Borobudur.. Berangkat dari Gombong pagi hari (lupa jam berapa, yang jelas gak terlalu pagi banget lah..) Sebetulnya agak nyesel juga kenapa harus ke Borobudur hari itu.. Harusnya sehari sebelumnya biar bisa ketemu Richard Gere... :r *abaikan penyesalan ini :D

Udah lama banget Chi gak ke Borobudur, terakhir pas SD. Berarti udah lebih dari 20 tahun lalu gak ke Borobudur *berasa udah tua kalo gini :D

Sepanjang jalan Nai tanya apa itu Borobudur? Keke gak bertanya-tanya karena asik ngobrol sama sodara-sodaranya. Sementara Nai lebih banyak duduk sama Chi di sepanjang jalan..


Senin, 01 Oktober 2012

Ke Gombong

Ini cerita lebih dari 1 tahun (Juni 2011) yang lalu, tapi belom sekalipun di ceritain kesini.. Sekeluarga besar pergi ke Gombong. Keburu tambah basi, mendingan mulai di ceritain. Lagian emang berkesan banget jalan-jalannya..

Ceritanya waktu itu sepupu Chi yang tinggal di Gombong mau menikah. Kami sekeluarga besar pun berencana untuk dateng bareng-bareng, naik bis..

Awalnya mamah Chi melarang keras Chi untuk ikut. Karena kondisi Chi yang saat itu yah masih harus banyak istirahat. Tapi Chi keukeuh tetep pengen pergi. Jarang-jarang bisa kumpul sama keluarga besar sambil jalan-jalan..

Akhirnya karena keras kepala, mamah pun ngijinin. Dengan banyak nasihat yang intinya harus banyak istirahat, gak boleh cape.. Chi pikir karena perginya kan naik bis, K'Aie gak nyetir jadi kayaknya Chi bisa lebih banyak istirahat..


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...