Featured Post

Baked Tomato with Mozarella Cheese

Chi dan anak-anak lagi tergila-gila dengan baked tomato. Cara bikinnya cepet dan rasanya nikmat. Ngenyangin pula. Makan 1 aja biasanya ud...

Jumat, 29 Juni 2012

Bobo Fair 2012 - Journey To The World

Bobo Fair Journey To The World

Siapa yang gak kenal majalah Bobo? Majalah Bobo itu majalah anak-anak terbesar di Indonesia, udah eksis dari jaman dulu.. Untuk Chi pribadi majalah Bobo adalah sebuah nostalgia.. Karena waktu kecil, Chi berlangganan majalah Bobo cukup lama..

Sekarang Bobo juga bikin acara setiap liburan sekolah, namanya "Bobo Fair". Sebetulnya udah cukup lama, udah ada 10 kali event Bobo Fair di gelar di Jakarta. Dan di Surabaya adalah event yang ke-5.. Keke & Nai sendiri udah 2 kali datang ke Bobo Fair..

Bobo Fair kali ini kembali akan di gelar.. Temanya kali ini adalah "Journey To The World". Untuk para orang tua yang ingin mengajak putra/inya "berpetualang & berkeliling dunia" dengan menggambarkan keunikan-keunikan atau ragam-ragam budaya negara-negara di dunia & juga memiliki arti berpetualang di dunia anak-anak, maka tema ini tepat banget untuk mengajak mereka ke Bobo Fair 2012.

Rabu, 27 Juni 2012

ILP Fun Holiday

Beberapa minggu sebelumnya....

Keke : "Bun ada surat dari ILP, Keke ikutan boleh gak?"
Bunda : "Sebentar ya.. Bunda baca dulu"

Baca-baca sebentar... Tertulis kalo ILP (tempat dia kursus bahasa Inggris) menawarkan program liburan selama 5 hari yang di sebut "ILP Fun Holiday")

Keke : "Gimana bun? Boleh.."
Bunda : "Bunda belom bisa mutusin.."
Keke : "Yah bundaaaa... Kenapaaaaa...???"
Bunda : "Biayanya gak sedikit.. Bunda harus bicara sama ayah dulu..."
Keke : "Emang berapa sih biayanya??"
Bunda : "Satu juta dua ratus lima puluh ribu"
Keke : "Trus kenapa kalo segitu.."
Bunda : "Ya Keke kan tau kalo uang segitu gak sedikit.. Bunda harus ngobrol dulu sama Ayah.. Tapi Keke harus bisa terima penolakan ya.."

Keke pun agak merengut...

Besok paginya...

Bunda : "Yah, Keke udah cerita belom kalo dia kepengen ikut program liburannya ILP"
Ayah : "Belom.."

Chi pun menyodorkan surat dari ILP itu.. Dan menceritakan juga tentang pembicaraan antara Chi & Keke sehari sebelumnya..

K'Aie cuma diem.. Setelah di baca suratnya pun langsung di taro di atas meja tanpa ada omongan apa-apa.. Chi langsung berpikir pasti K'Aie juga gak setuju.. Makanya Chi gak lanjutin obrolan tentang ILP lagi..

Siang harinya, hp Chi berbunyi..

Bunda : "Iya yah..."
Ayah : "Keke mana bun?"
Bunda : "Ada tuh lagi main sama Nai.. Kenapa?"
Ayah : "Masih ngambek gak dia?"
Bunda : "Yang tentang ILP itu? Enggak sih... Emang kenapa? Dia minta sama ayah? Ngambek gak..?"
Ayah : "Iya tadi dia udah ngomong, gak ngambek juga.."

Chi lalu bercerita kalo Keke memang sempet minta lagi.. Chi lalu minta Keke buka web Liburan Anak. Banyak info-info tentang liburan di sana.. Jadi kalo seandainya gak boleh ikutan yang ILP itu, masih ada alternatif liburan.. Dan Keke akhirnya seneng banget nyusun acara-acara buat liburannya liat dari web itu...

Ayah : "Tapi kalo kata Aie sih Keke daftarin aja Bun.."
Bunda : "Yang ILP itu?"
Ayah : "Iya, Aie pikir kegiatannya bagus-bagus.. Dan kalo bener kegiatannya seperti itu, dengan harga segitu termasuk murah juga.. Coba tanya lagi deh Keke masih mau gak..?"
Bunda : "Dia sih kayaknya bakalan jingkrak-jingkrak kalo tau di bolehin.. Ya udah nanti Chi tanya ke Keke.."

Seperti yang udah di duga.. Keke pun langsung kegirangan begitu di bolehin..

Bunda : "Ke, tapi ini kan bukan program sekolah.. Ini programnya ILP, jadi belom tentu ada temen-temen Keke yang ikut. Karena bisa aja mereka udah punya acara liburan sendiri.. Kalo kayak gitu gimana??"
Keke : "Gak apa-apa, Keke bisa kenalan.."

Chi cukup percaya dengan sikap Keke yang bisa dapetin temen.. Tapi Chi kasih syarat lagi buat Keke..

Bunda : "Ke, syarat lainnya Keke harus nulis di blog Keke ya setiap perjalanannya Keke selama liburan.. Kan bunda gak ikutan jadi gak tau.. Gimana.."
Keke : "Oke"

Sekarang udah hari ke-3 Keke ikutan "ILP Fun Holiday". Selama 2 hari ini dia selalu cerita seru banget..

Tapiiiii.... Dibalik ceritanya yang seru, ternyata dia suka merengek untuk gak ngelanjutin lagi... Hmmmm... Kenapa yaaaa....??? Yang jelas bukan karena jalan-jalannya atau temen-temennya yang gak asik.. Tp karena "sesuatu" yang lain.. Chi cerita di postingan berikutnya aja ya... Sekalian postingan berikutnya ngenalin blognya Keke yang baru.. :)

post signature

Selasa, 26 Juni 2012

Laser Maze @PIM

Sebetulnya hari Sabtu (23/6) kemaren gak ada rencana ke mall sama sekali.. Rencana hari itu adalah ke ILP, mau ambil daftar acara & kaos untuk kegiatan Fun Holidaynya Keke.. Abis itu ke bengkel di daerah Pondok Ranji..

Perjalanan ke ILP lancar, tapi dari ILP ke Pondok Ranji... Beuuuuugggghhhh..... Kayaknya Jakarta emang gak kenal kata libur untuk yang namanya MACET.. Mana hari itu matahari lagi garang-garangnya.. AC mobil juga kayaknya kalah lawan matahari yang lagi galak.. Plus badan pegel karena macet.. :(

Anak-anak udah rewel aja pada pengen makan.. Emang udah lewat tengah hari sih.. Tapi bukannya kami gak mau brenti cari makan dulu.. Cuma takutnya kalo brenti dulu bengkelnya keburu tutup.. Udah jauh-jauh trus bengkelnya tutup kan ngeselin juga..

Jumat, 22 Juni 2012

Ada Apa Dengan Keke?

Kayak judul film aja ya (ada apa dengan Cinta?).. Hehe..

Ceritanya hari Kamis kemaren (21/6) Keke terima raport. Seperti tahun kemarin, sebelum terima raport paginya ada acara pentas seni dulu. Setelah pentas seni selesai baru raport di bagikan..

Untuk nilai-nilai raport Keke, Chi gak terlalu kaget.. Melihat dari hasil-hasil ulangan yang selalu Chi kumpulkan, paling gak Chi udah memperkirakan seperti apa nilai-nilai raportnya..

Dugaan Chi gak terlalu melenceng. Chi memprediksi untuk semester genap ini nilai-nilai raport Keke akan turun di bandingkan semester ganjil. Dan ternyata benar.. Semester ganjil, Keke ranking 2 sekarang Keke ranking 4. Setiap mata pelajaran turun sekitar 1-2 poin (gak ada nilai 99 di raport yang sekarang), hanya matematika yang turunnya agak banyak sampe 7 poin (dari 93 ke 86). Tapi Chi udah pernah beberapa kali cerita di blog ini kalo di semester genap ini Keke memang agak kesulitan belajar matematika..

Selasa, 19 Juni 2012

Kalau Nai Jadi Juragan

Dari jauh-jauh hari Chi udah berencana kalo pas terima raport nanti mau sedikit memberi semacam kenang-kenangan sebagai tanda terima kasih untuk wali kelasnya Keke.. Rencananya mau beli di salah satu toko online aja.. *lagi males nge-mall..

Berhubung sifat "tar-sok-tar-sok"nya lagi kumat.. Tau-tau tadi pagi Chi sadar kalo udah terlalu mepet untuk belanja online, karena Keke terima raport 2 hari lagi.. Gak cukup waktu untuk belanja online.. Akhirnya setelah ngobrol-ngobrol, K'Aie nyaranin Chi untuk cari kado di Batik Keris aja..

Pulang sekolah Keke, Chi langsung ngajak anak-anak ke Metropolitan Mall.. Anak-anak udah pasti seneng banget.. Pas mau berangkat..

Nai : "Tunggu sebentar bun.."
Bunda : "Mau ngapain Nai?"

Gak lama Nai keluar kamar mengantongi 1 lembar Rp. 5.000,- & 1 lembar Rp. 2.000,-

Kamis, 14 Juni 2012

Menjadi Cerdas Dengan Gaya Masing-Masing

Pada dasarnya Chi yakin tidak ada seseorang yang terlahir bodoh, semua pasti punya kecerdasan. Hanya saja tinggal gimana caranya mengasah kecerdasan kita.. Untuk seorang anak, peran orang tua seharusnya menjadi penting sebagai pihak yang harus mampu mengasah kcerdasan anak-anaknya..

Untuk saat ini, Chi merasa mengajarkan Keke itu lebih mudah ketimbang mengajarkan Nai.. Pliiiissss jangan salah sangka dulu ya.. Chi gak bermaksud sedikitpun membandingkan anak dalam artian negatif. Apalagi mengatakan anak yang ini lebih cerdas daripada anak yang satunya lagi.. Sama sekali gak terpikir seperti itu..

Tapi kenapa lalu Chi bilang mengajarkan Keke sekarang ini lebih mudah ketimbang mengajarkan Nai. Jawabannya karena Chi udah menemukan POLA yang pas untuk mengajarkan Keke. Chi pikir menemukan pola pengajaran ini penting banget.. Karena Chi yakin setiap anak punya gaya masing-masing untuk bisa menyerap ilmu..


Rabu, 13 Juni 2012

UAS? (Gak) Deg-Degan Tuuuhhh...

Huaaaaa..... Untuk para ibu-ibu jangan buru-buru ngegetok Chi ya cuma gara-gara judul di postingan ini yang kayaknya sok bener. Hihihi... Mumpung masih musim UAS & sebentar lagi mulai terima raport kenaikan, Chi mau cerita sedikit tentang pengalaman Chi menghadapi UAS ya..

O'ya sebelumnya kita kembali ke kurang lebih 2 tahun yang lalu.. Pokoknya saat itu Keke itu masih di TK B, udah lulus sih & lagi menikmati liburan panjang sebelum menjadi anak SD.. Ceritanya waktu itu ada temen Chi yang anaknya udah SD..

Temen Chi : "Kemaren anak gue terima raport dapet ranking 2 ternyata ada ibu-ibu yang protes gak terima anak gue rankingnya lebih bagus dari anaknya dia"

Chi : "Kok bisa itu ibu protes?"
Temen Chi : "Si ibu merasa pas UAS nilai anaknya bagus semua. Sementara anak gue pas UAS kan nilai-nilainya biasa aja"
Chi : "Ooooo..."
Temen Chi : "Padahal udah di jelasin sama wali kelas kalo nilai yang tercantum di raport itu gak cuma nilai UAS. Tapi gabungan dari nilai-nilai latihan, ulagan harian, UTS sama UAS. Pas UAS nilai anak gue emang biasa aja, tapi untuk nilai-nilai ulangan harian anak gue kata gurunya bagus-bagus.. Sementara anaknya si ibu itu kebalikannya. Anaknya cuma bagus pas UAS aja.. Tapi itu ibu tetep gak mau ngerti.. Wali kelasnya anak gue sampe gak enak hati & minta maaf sama gue.. Ah gue sih nyantai aja.. Buat gue yang penting nilai-nilai raportnya, sepadan gak sama usahanya dia selama ini.. Masalah ranking sih terserah aja.."

Setelah kemudian Keke masuk SD, Chi juga semakin tau kalo nilai-nilai raport itu memang terdiri dari gabungan beberapa nilai. Jadi gak hanya nilai UAS aja (Anaknya temen Chi & Keke ini beda sekolah..)

Beruntung Keke sekolah di sekolah yang menurut cukup rapi materi-materinya.. Komunikasi materi-materinya ke orang tua cukup jelas..


Hasil-hasil latihan & ulangan harian di kumpulkan di satu map khusus


Salah satu soal ulangan harian


1 jilid kumpulan soal-soal untuk menghadapi UAS

Sebulan sekali ada yang namanya "Pekan Ulangan". Sama seperti ketika UTS & UAS, setiap pekan ulangan pun para siswa di beri jadwal ulangan beserta batasan materi-materi yang akan di uji.. Jadi memudahkan kami para orang tua untuk mengajarkan anak-anak.. Apalagi biasanya menjelang pekan ulangan suka ada latihan-latihan di sekolah yang hasilnya di kembalikan ke para siswa, jadi orang tua bisa melihat hasil latihan anaknya bagus atau enggak.. Bisa jadi ukuran untuk menghadapi pekan ulangan juga..

Sampe Keke kelas 2 ini materi-materi yang masuk pekan ulangan tiap mata pelajaran gak terlalu banyak.. Kalo dalam 1 bab mata pelajaran materinya banyak biasanya di pecah jadi beberapa kali pekan ulangan..

Biasanya pekan ulangan ada di minggu terakhir setiap bulannya.. Jadi agak memudahkan juga, selain ada jadwal yang jelas trus kalo kita mau ngajak anak jalan-jalan kan biasanya lebih mudah atur waktunya.. Akhir bulan biasanya cari kegiatan yang santai-santai karena mau masuk pekan ulangan jadi kondisi anak di jaga biar gak terlalu capek :)

Semua hasil latihan, ulangan harian, UTS & UAS selalu di berikan ke para siswa.. Biasanya hasil-hasil itu Chi kumpulkan di satu map.. Di bagi berdasarkan masing-masing pelajaran. Buat Chi hal-hal seperti ini sangat membantu banget.. Ketika Keke menghadapi UTS & UAS, Chi jarang buka buku pelajaran. Selama ini dengan membuka kumpulan hasil-hasil ulangan itu udah sangat cukup untuk Chi.. Selain itu menjelang UAS, sekolah biasanya memberi 1 jilid kumpulan soal-soal yang biasanya keluar menjelang UAS

2 minggu menjelang UTS atau UAS biasanya Chi melakukan ini :
  1. Mereview kembali seluruh hasil ulangan.. Dari semua mata pelajaran, di cari mata pelajaran mana yang sekarang ini Keke lagi lemah & mata pelajaran mana yang Keke lagi kuat..
  2. Setelah ketemu mata pelajaran yang paling lemah (membutuhkan perhatian lebih), mulai mencari dari mata pelajaran itu bagian mana yang si anak butuh perhatian.. 
  3. Mulai membuat soal-soal latihan untuk materi pelajaran yang memang lagi menuntut perhatian lebih.. Soal-soal bisa diambil dari kumpulan soal-soal ulangan dari sekolah atau di buat sendiri.. Kombinasi dari keduanya juga boleh.. Latih setiap hari & catat progressnya
Contoh untuk saat ini, Chi perhatiin akhir-akhir Keke lagi agak lemah di mata pelajaran math. Materi yang paling lemah di math adalah soal cerita & penjumlahan berganda.. Nah akhirnya untuk start awal Chi, fokus utama Chi adalah di math pembahasan tentang soal cerita & penjumlahan berganda.. Chi terus kasih dia soal-soal & cari kira-kira kenapa Keke agak lemah di bagian itu untuk kemudian didiskusiin..

Kalo gitu udah gak deg-degan lagi dong?? Ya masih lah.. Ibu-ibu kayaknya gak asik kalo gak deg-degan ketika anaknya ujian... Hahahha... Lagian kalo di sekolahnya Keke yang namanya UTS & UAS gak boleh remedial (perbaikan nilai). Jadi berapapun nilai yang di dapet, ya udah segitu aja.. Makanya disitu bagian deg-degannya karena gak ada remedial.. Beda dengan ulangan harian, selalu ada remedial kalo nilai ulangannya di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Hari ini (13/7) hasil-hasil UAS Keke udah di bagiin.. Alhamdulillah hasilnya bagus-bagus semua.. Di atas 9. Termasuk math yang akhir-akhir ini agak menurun, akhirnya dia bisa dapet nilai 9 lagi (tepatnya 91)

Dan seperti yang Chi tulis di paragraf awal, kalo nilai raport kan berdasarkan gabungan berbagai macam nilai.. Jadi dengan kita tau semua hasil ulangan Keke selama ini paling gak Chi bisa sedikit menebak-nebak lah hasil raportnya nanti gimana..Jadi gak akan kaget-kaget banget kayaknya.. Semoga... :D

O'ya semua hasil ulangan Keke dari kelas 1 pun masih Chi simpen sampe sekarang.. Chi berharap semoga bisa membantu adeknya belajar dari soal-soal ulangan Keke waktu kelas 1 dulu..

Oke, untuk yang masih UAS selamat menjalankan UAS & buat yang udah terima raport selamat menikmati libur panjang.. Kalo Keke udah selesai UASnya sekarang lagi menikmati class meeting, jadi pulangnya tetep cepet.. Terima raportnya masih minggu depan ^^

post signature

Senin, 11 Juni 2012

Mamah Ternyata Seorang Bajak Laut

Obrolan di perjalanan waktu jemput Keke pulang sekolah

Nai : "Ke, tau gak Mamah kita itu kan ternyata bajak laut" *ps : Mamah adalah neneknya anak-anak..
Keke : "Masa sih Nai?"
Nai : "Iya, Ima itu taunya waktu liat sarung bantal kursinya mamah yang ada benang emasnya itu loh Ke.. Ternyata mamah itu bajak laut.. Kan bajak laut kerjanya berburu harta karun emas.. Jadi pasti mamah juga bajak laut deh.."

Efek setiap hari nonton Jake and the neverland, nih... Wkwkkwkw....
 


post signature

Minggu, 10 Juni 2012

UAS Di Mata Keke vs Bunda

Sabtu, malam Minggu (9/7)

Bunda : "Yah, anak temennya Chi sekolah di SD xxx (nama sekolah di samarin ya..), UASnya itu lama deh yah.. Sampe 2 minggu gitu"
Keke : "Siapa tuh bun?"
Bunda : "Ada lah anak temen Bunda"
Keke : "Keke mau dong bun dipindahin kesanaaaa... Boleh ya, ya, ya... Pliiiisssss..."
Bunda : "Lah gimana sih udah enak di sekolah yang sekarang.."
Keke : "Enggak ah, kayaknya enakan di sekolahannya anak temen bunda itu.."
Bunda : "Enak gimananya?"
Keke : "Ujiannya sampe 2 minggu Bun.."
Bunda : "Iiiiihhh apa enaknya... UAS seminggu aja bunda udah deg-degan.."
Keke : "Tapi kalo UAS kan pulang sekolahnya cepet bun.. Jadi enak di sekolahan anaknya temen Bunda itu pulang cepetnya sampe 2 minggu. adi waktu dia bermain lebih banyak.. Gak kayak Keke yang cuma 1 minggu.. Boleh ya bun, Keke di pindahin kesana..."

Perbedaan pandangan antara anak & bundanya.. Kalo buat bundanya, anaknya UAS seminggu aja udah cukup bikin deg-degan.. Apalagi 2 minggu...

Sementara buat si anak UAS adalah masa-masa pulang cepet & itu artinya ada waktu lebih banyak untuk bermain.. Jadi kalo bisa UAS lebih lama malah lebih asik... Hihhi..
post signature

Jumat, 08 Juni 2012

Berapa Burung Yang Tersisa??

Suatu hari ketika kami lagi jalan-jalan, di mobil K'Aie kasih tebak-tebakan...

Ayah : "Ayah punya teka-teki.. Ada 5 ekor burung lagi berdiri di atas kabel listrik. Lalu datang pemburu menembak burung-burung tersebut.. 2 ekor burung jatuh tertembak.. Berapa sisanya?"
Keke : "Sisanya 3"
Ayah : "Salah.."
Keke : "Kok salah?"
Ayah : "Yang bener gak ada sisanya..."
Keke : ".................... O'ya bener-bener.... Soalnya yang 3 lagi terbang ya... Wkkwkwkwkkw...."

Keke berarti langsung ngerti teka-teki lucu itu.. Tau-tau Nai nyeletuk..

Selasa, 05 Juni 2012

Nai (Sempet) Hilang

Salah satu hal yang masih harus sangat di waspadai dari Nai adalah sifatknya yang sangat cuek dan saking cueknya seringkali dia melupakan tentang bahaya..

Nai beberapa kali bikin Chi "sport jantung" karena ulahnya.. Dia pernah berdiri sambil joget-joget di atas perosotan.. Tau-tau udah ada di atas tangga yang segitiga itu. Pernah juga dia duduk di atas pagar dilantai atas sambil ketawa (dia naik pake kursi) yang akibatnya bikin lutut Chi kayak gak bertulang saking lemesnya... Dan masih ada beberapa kejadian lagi..

Chi pernah bercerita dulu di blog ini kalo Nai emang tipe yang "bertindak dulu baru mikir akibatnya" itupun belom tentu bikin dia kapok.. Sementara Keke tipe yang "berpikir dulu baru bertindak". Makanya walopun anak perempuan, Nai lebih pecicilan ketimbang kakaknya..

Udah seringkali kami kasih tau.. Ada beberapa hal yang dia nurut tapi banyak juga yang dia tanggapi dengan santai padahal kami udah serius kasih taunya..

Senin, 04 Juni 2012

Hasil Raport Nai

Waktu emang bener-bener gak berasa.. Tau-tau Nai udah ambil raport aja hari Sabtu kemaren. Dan ini berarti raport Nai terakhir di TK, itu artinya Nai udah lulus... Alhamdulillah....

Pengambilan raport ada 2 hari Jum'at & Sabtu (1-2 Juni). Tapi karena hari Jum'at ada cerita pompa air yang bikin mati gaya.  Akhirnya ambil raportnya hari Sabtu ajah..

Biasanya Chi gak pernah lama ngobrol-ngobrol sama wali kelas anak-anak kalo mau ambil raport. Karena setiap hari kan jemput Nai jadi kapanpun bisa ngobrol.. Tapi mungkin karena kali ini pengambilan raport terakhir Chi lumayan lama ngobrol sama wali kelasnya.. Sampe salah seorang wali kelas (di kelas Nai gurunya ada 3 orang), buka meja lagi buat terima orang tua murid lain.. Hihiih...

Kalo di ceritain obrolan-obrolannya panjang banget.. Tapi garis besarnya seperti ini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge