Rabu, 28 Maret 2012

Gerakan Tutup Mulut

Bukan kemaren ada demo yang (katanya) sih besar-besaran makanya Chi nulis tentang Gerakan Tutup Mulut ini.. Tapi yah mirip-mirip sih, cuma gak pake di jahit-jahit aja mulutnya.. Iiiihhh itu sih serem & nyakitin diri sendiri namanya..

Tapi ini gerakan yang dilakukan anak-anak, biasanya di kenal dengan nama GTM.. Ibu-ibu pasti banyak deh yang langsung ngerti apa itu GTM. Karena GTM ini termasuk topik yang gak ada matinya.. Kalo kita berkunjung ke forum-forum ibu-anak mau itu di dunia maya atau nyata, ngobrol sama temen, tetangga, keluarga biasanya GTM ini juga termasuk obrolan yang masuk kategori "hot topic".

Masih bingung apa itu GTM? GTM = mogok makan. Banyak anak-anak yang suka susah kalo di suruh makan. Di kasih ini nolak, itu nolak.. Kadang bikin orang tua jadi stress & panik. Atau ada juga yang termasuk kelompok "picky eater" alias milih-milih makanan. Maunya makan itu-itu aja, padahal kita sebagai orang tua maunya kan 4 sehat 5 sempurna ya.. Lebih repot lagi kalo usia mereka masih batita (dibawah 3 tahun), di usia itu mereka belum lancar bicara jadi mereka belum terlalu mampu mengutarakan apa yang mereka mau..

Rabu, 21 Maret 2012

Belajar Ngebatik Yuuuuuuuukkkk....!!

Akhir Januari lalu Chi, K'Aie, Naima & Yasmin (sepupunya Ke2Nai) pergi ke Citos mau liat pasar rakyat yang di adain sama es krim Walls.. Keke gak mau ikut, dia lebih milih main di rumah neneknya di Rawamangun. Chi belom cerita tentang jalan-jalan ke acara ini.. Kapan-kapan yaaa karena sekarang Chi pengen cerita tentang kegiatan membatiknya..

Di salah satu stand yang ada di pasar itu adalah stand penjual batik.. Yang namanya batik Indonesia memang selalu menarik perhatian untuk di lihat-lihat. Lupa Chi nama standnya tapi yang jelas di stand itu juga ada kegiatan belajar membatik secara singkat.. Makin menarik aja nih..

Chi tanya ke Nai, mau gak belajar membatik? Ternyata Nai mau.. Setelah ditanya-tanya, minimal usianya adalah 5 tahun. Yessss... Berarti Nai udah boleh ikutan..

Sabtu, 17 Maret 2012

Tadi Pagi Waktu Ke Dokter..

Keke, tadi pagi ke dokter.. Bukan karena sakit lagi.. Tapi ini cuma pemeriksaan setelah habis di rawat aja..

Pas masuk ke ruang dokter..

Dokter : "Perasaan Keke tambah gemuk bu.. Orang mah sakit ngurusin tapi ini malah ngegemukin"
Chi : "Emang timbangannya naik kok dok.."
Dokter : "O'ya naik 1 kilo" *ngecheck buku medical recordnya Keke
Chi : "Sukses berarti infusnya dokter.. Hehe.."
Dokter : "Wkwkwk... Ya mungkin karena selama sakit kan dia gak bergerak sementara nafsu makan tetep jadinya beratnya malah naik bukannya turun"

Sekarang Keke beratnya sekitar 36,5kg.. Waktu masuk rumah sakit beratnya 35,6.. Naik nyaris 1 kilo... Hihiih... Untung Keke tinggi jadinya keliatan bongsor bukannya buntet.. :D

post signature

Rabu, 14 Maret 2012

Typus

Jum'at
Jum'at subuh (9/3) Keke tiba-tiba terbangun dan duduk di kasurnya.. Feeling Chi sebagai bundanya kalo melihat sikap Keke seperti itu biasanya dia lagi gak enak badan..

Bunda: "Kok udah bangun nak.. Batuk ya?" *Keke memang lagi sedikit batuk saat itu..

Keke mengangguk lemah.. Tapi waktu Chi pegang keningnya.. Panas banget.. Duh gimana nih..

Keke : "Bun, Keke gak enak badannya.. Gak usah sekolah ya.."
Bunda : "Aduh gimana ya Ke.. Kan lagi UTS. Tinggal hari ini UTSnya.."
Keke : "Tapi Keke gak enak badannya bun.."
Bunda : "Iya sih, cuma setau bunda yang namanya UTS & UAS itu gak ada susulan.. Kecuali kita bener-bener sakit & itu harus ada surat dokter.. Tapi kalo gak salah itu ya.. Sekarang gini aja deh, Keke minum obat penurun panas dulu.. Siapa tau panasnya turun.. Lagian hari ini kan cuma satu mata pelajaran. Jadi paling gak sampe 2 jam Keke di sekolah"

Keke lagi-lagi mengangguk lemah..

Setelah minum obat, beberapa saat kemudian panasnya mulai turun. Keke pun berangkat ke sekolah..

Gak lama kemudian Chi jemput Keke..

Bunda : "Halo sayang, gimana UTSnya??"
Keke : "Bisa dong buuuuuunnnn..."
Bunda : "Bener nih bisa?"
Keke : "Iya beneeeeerrrrr...."
Bunda : "Trus sakitmu gimana?"
Keke : "Udah enggak kok bun.. Di sekolah juga udah gak panas badannya.."

Alhamdulillah, mungkin tadi cuma masuk angin aja.. Begitu kata Chi dalam hati..

Tapi masuk ke sore hari, badannya mulai anget lagi.. Dan semakin panas di malam hari.. Di kasih obat pun sebentar turun, tapi trus naik lagi suhunya..


Selasa, 06 Maret 2012

Tentang Pendidikan (Renungan).. Part 1..

Tarik napaaaasss... Mungkin postingan ini agak panjang & serius.. Makanya Chi bagi jadi beberapa bagian biar gak terlalu panjang.. Akhir-akhir ini Chi lagi merenungi tentang masalah pendidikan anak-anak..

Chi pernah beberapa kali nulis di blog Chi yang lain kalo buat Chi yang penting itu anak mendapat pendidikan yang tepat, mengerti apa yang dia dapatkan & tau akan kemana tujuan dia.. Dengan kata lain, Chi maupun K'Aie gak mau anak sekolah hanya mengejar nilai tinggi, dapet ijazah dengan nilai baik tapi setelah itu dia bingung mau kemana... Lagian kalo hanya mendapat nilai tinggi, bisa di dapat dengan cara apapun baik itu dengan kerja keras ataupun dengan mencontek.. Jangan salah sangka dulu ya.. Chi bukan bermaksud mengajarkan jelek, tapi kadang hanya demi mengejar sebuah nilai kita rela melakukan dengan cara apapun.. Dan pada akhirnya kita gak menghargai arti nilai itu sendiri, pokoknya yang penting nilai kita bagus.. Dan itu fakta yang sering terjadi dimana-mana.. Iya kan..??

Makanya Chi sempet terpikir untuk Homeschooling untuk anak-anak. Karena Chi pikir sekolah jaman sekarang hanya mengejar nilai-nilai, tanpa peduli si anak akan jadi apa.. Pokoknya yang penting target kurikulum tercapai & nilai pada bagus.. Tapi di postingan ini Chi gak mau bercerita tentang pro-kontra HS (udah lumayan bayak Chi tulis di blog Chi yang lain).

Nah sekarang kenapa Chi coba merenungkan lagi tentang ini, karena Chi merasa akhir-akhir ini mulai sedikit melenceng dari tujuan awal..

Senin, 05 Maret 2012

Ayam Pun Pacaran..

Ini kejadian minggu lalu.. Abis jemput Keke, Chi ngajak anak-anak ke Superindo karena Keke pengen di masakin Beef Teriyaki..

Pas di bagian daging..

Nai : "Ke, liat deh disini ada hati ayam.."
Keke : "Mana Nai? Oh iya ya.."
Nai : "Ternyata ayam kayak orang aja ya Ke.. Bisa pacaran.."
Keke : "Iya Nai.. Hihihi..."
Bunda : "Hussshhh.. Adek tau-tauan dari mana kalo ayam bisa pacaran?"
Nai : "Ya tau lah... Kan ayam juga punya hati kayak manusia.."
Keke : "Maksud Naima, manusia kan pacaran karena punya hati bun.. Karena ayam juga punya hati jadi ayam juga pacaran kayak manusia.. Gitu loh buuuuunnnn...."

Gubraaaakkkk!!!!! Logikanya 2 anak ini bikin ngakak aja.. Hahaha....

post signature

Kamis, 01 Maret 2012

Alhamdulillah, Nai Lulus..

Nai bulan Juli nanti insya Allah akan resmi menjadi anak SD.. Karena Nai anak ke-2 jadi kayaknya Chi gak pusing untuk cari SD. Tinggal samain aja sama SDnya Keke. Lagian Nai juga mau sekolah disana..

Walopun gitu bukan berarti Chi gak deg-degan.. Tetep aja deg-degan menjelang ujian tes.. Ya walopun ada beberapa yang bilang kalo ada kakaknya di sekolah yang sama paling tesnya formalitas aja.. Chi sndiri gak tau bener apa enggak, atau mereka hanya ingin menghibur Chi yang deg-degan..

Terlepas dari apakah cuma formalitas atau bener-bener tes, tapi di Al-Azhar Syifa Budi pengumuman tesnya itu orang tua dipanggil untuk menghadap kepala sekolah. Nanti di ruangan kepsek, hasil tes anak kita di review.. Nah kan gak enak kalo sampe kepseknya bilang "hasil Nai sebetulnya kurang, tapi karena ada kakaknya di terima deh..".. Hehehe..

Chi udah daftar dari gelombang pertama, tapi ternyata tes gelombang pertama berbarengan dengan rencana Chi untuk jalan-jalan ke Tanakita.. Setelah ngobrol sama pihak sekolah akhirnya boleh diundur ke gelombang kedua..

Mendekati gelombang kedua, Chi baru nyadar kalo hari tesnya berbarengan dengan rencana Chi ke Bandung... Sempet bingung juga tuh... Mau minta di undur lagi, tapi kayaknya kok kebangetan banget ya.. Hehe.. Tapi membatalkan pergi ke Bandung, gak relaaaaa...... :p

Coba-coba ah ngomong lagi ke sekolahnya, ternyata di kasih.. Alhamdulillah.. Jadi deh ke Bandung... Yesssssss....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...