Fabian

By Keke Naima - April 17, 2012


Halooo... Kenalkan ini Fabian, anggota baru di keluarga kami.. Panggilannya Bian.. Bian ini adiknya Keke & Nai.. Umur Bian sekarang 1,5 tahun.. ^^

Bingung gak kenapa Keke & Nai bisa punya adek?? Kapan Chi hamilnya? Hehe.. Bian ini sebetulnya sepupunya Keke-Nai.. Anak ketiga (bungsu) dari adik Chi. Tapi sejak umur 6 bulan Bian tinggal dengan kami.. Berarti sekarang udah sekitar 1 tahun Bian tinggal degan kami.. Hmmm... kayaknya gak usah Chi ceritain ya kenapa Bian bisa tinggal dengan kami sampai saat ini.. Tapi yang jelas kehadiran Bian juga ikut meramaikan keluarga kami..

Bian hadir di saat Chi lagi emosi jiwa & sedih setinggi-tingginya karena sakit.. Karena saat itu Chi tuh lagi berencana pengen banget punya anak lagi, tapi yang terjadi malah "dikasih" sakit.. Dan pada saat itu Bian hadir.. Lama-lama Chi berpikir mungkin ini yang dinamakan "rahasia di balik rahasia" (pinjem istilahnya Bang Ali di Islam KTP ^^). Ya udah Chi anggap Fabian sebagai anak Chi aja.. Lagian Keke-Nai juga udah anggap Bian sebagai adik mereka sendiri.. Malah dulu Nai sempet nangis-nangis kalo Fabian lagi di ajak pulang ke rumahnya.. Tapi kalo sekarang Nai udah ngerti sih.. ^^

Walopun gitu mamah-papah melarang Chi untuk total mengasuh Bian seperti Chi mengasuh Keke-Nai, kata mereka Chi cukup bermain aja dengan Fabian. Kondisi Chi yang sekarang kalo cape suka langsung drop yang bikin mereka melarang.. Sementara yang namanya ngasuh baby kan cape, beda dengan Keke-Nai sekarang yang udah banyak kegiatan bisa mereka lakukan sendiri.. Chi sebenernya kasian sama mamah-papah, di usia mereka yang udah tua yang seharusnya udah santai masih harus mengasuh baby.. Tapi yah Chi juga harus liat kondisi diri sendiri, jadi dengan berat hati gak mau memaksakan diri juga.. Semoga mamah-papah selalu di beri kekuatan. Amiinn..

Walopun sama-sama punya pengalaman ngasuh anak, tapi mengasuh Fabian juga tetep punya cerita & masalah sendiri.. Masalah yang paling sering kami rasakan adalah sifatnya Fabian yang suka tantrum.. Rasanya seinget Chi itu Keke-Nai gak pernah sekalipun tantrum.. Mamah juga suka bilang, paling heboh kalo ngasuh Fabian apalagi kalo udah ngamuk.. Dan karena sifat tantrumnya ini, Chi jadi cari-cari info lagi tentang apa itu tantrum..

Seringkali Chi berpikir apa ya yang bikin Fabian suka tantrum? Chi suka mikir, mungkin salah satunya karena ASI juga.. Maksud Chi, ASI itu sebagai salah satu penyelamat kalo anak lagi ngambek.. Ya ini sih pengalaman Chi aja.. Kalo anak-anak pengen sesuatu & gak bisa/gak boleh di penuhin biasanya mereka nurut kalo di kasih tau.. Kalo pun enggak, Chi cukup kasih mereka ASI.. Minum ASI sampe kenyang (bahkan tertidur) abis itu lupa deh mereka..

Kalo mereka sakit, ASI juga penyelamat yang bikin mereka gak rewel.. Begitu juga kalo tidur malem.. Yang namanya baby sampai batita kan masih suka bangun malem beberapa kali.. Kalo udah gitu Chi tinggal kasih mereka ASI dan mereka langsung minum sampe tertidur pulas..

Beda dengan Bian, kalo dia punya mau & gak di turutin dia suka langsung ngamuk.. Di tawarin susu juga gak mempan.. Kalo udah terlanjur ngamuk, biasanya permintaannya di kabulin juga dia bakal tetep nangis.. Udah jadi serba salah.. Lama kalo udah nangis..

Kalo sakit juga gitu, semuanya serba salah.. Maunya di gendong terus.. Kalo di tidurin langsung nangis kenceng. Di kasih susu juga abis itu nangis lagi.. Walopun kita ikhlas, tapi yang namanya gendong seharian kan cape juga..

Kalo bangun di malam hari nih salah satu rutinitas ngamuk dia yang masih suka terjadi. Suka kasian juga sama mamah.. Namanya juga udah tua, reaksinya pasti gak segesit waktu muda.. Jadi kalo Bian nangis minta susu, mamah pelan-pelan bangun. Trus cari kacamata dulu (mamah suka lupa naro' dimana). Abis itu baru bikin susu.. Jadi akhirnya Fabian udah keburu ngamuk.. Kasian Chi sebenernya, tapi mamah-papah juga gak ngebolehin Bian tidur sama Chi (padahal maksud Chi biar aja Chi atau K'Aie yang bikinin susu kalo malem).

Trus mungkin karena terjadi 2 pola asuh juga ya? Untuk beberapa hal Chi berusaha tegas terhadap anak-anak.. Tapi kalo mamah-papah cenderung memanjakan.. Yah wajar sih dimana-mana kan yang namanya kakek-nenek suka memanjakan cucu-cucunya ya.. Tapi terhadap Keke-Nai, Mamah-Papah masih menghormati posisi Chi-K'Aie sebagai orang tuanya.. Jadi kalo mereka memanjakan cucu-cucunya juga jangan sampai berbentrokan dengan peraturan Chi-K'Aie.. Sementara untuk Fabian, Chi juga harus banyak ngalah karena biar gimana Bian kan bukan anak kandung Chi jadi tentu aja Chi gak bisa mendominasi dalam hal pola asuh.. Dan mungkin karena Chi rada tegas juga, dulu Bian sempet kayak takut-takut kalo deket Chi.. Kalo ada Chi, biasanya dia suka langsung lari cari mamah.. Hihi...

Sekarang sih udah rada berkurang tantrumnya.. Mungkin karena udah ngerti beberapa kalimat sederhana ya.. Walopun dia sendiri baru bisa bilang mamah, abah, nah (teteh Nai), minom (minum), mam (makan), ya, udah & enggak.. Tapi kalo di kasih tau, atau di mintain tolong dengan kalimat sederhana dia udah ngerti.. Jadi mungkin karena itu juga dia mulai berkurang tantrumnya ya??

Kalo dulu dia suka takut sama Chi, sekarang akhir-akhir ini kebalikannya justru Bian lagi nempel banget sama Chi.. Sampe mamah aja di cuekin.. Dia baru mau deketin mamah kalo lagi pengen minum susu.. Tau kali kalo Chi gak pernah bikinin susu buat dia.. Hehe...

Sekarang Bian ini lagi narsis-narsisnya alias seneng banget di foto. Mungkin karena tau Chi yang selalu bawa-bawa kamera makanya dia nempel terus ke Chi minta di fotoin.. Hahaha... Udah gitu dia mulai posesif, gak boleh ada 1 orang pun yang deketin Chi.. Kalo ada yang deketin Chi pasti orang itu langsung di usir-usir sama dia..

Kalo udah gitu malah suka di usilin.. Termasuk sama Keke-Nai.. Chi suka dipeluk & di cium-cium sama Keke-Nai.. Nanti Bian jerit-jerit sambil tangannya ngibas-ngibas ngusir-ngusir.. Kalo gak diturutin, dia bakalan ngamuk.. semakin ngamuk Aa & tetehnya malah semakin girang.. Emang pada usil nih kakak-kakaknya. Hahaha.. Tapi kalo kakak-kakaknya udah berhasil "di usir" Bian langsung nemplok ke Chi trus meluk-melukin gak mau di lepas.. Gemes banget deh pokoknya.. Hehehe... Cuma K'Aie aja orang yang bisa deketin Chi tapa Bian merasa cemburu.. Ya iyalah karena kalo ada K'Aie, dia pasti lebih milih K'Aie ketimbang Chi.. Gak anak sendiri, gak keponakan kalo ada K'Aie pasti lebih milih K'Aie ketimbang Chi.. Hihihi....

Bian memang punya warna sendiri dengan segala kehebohannya.. Gak cuma tantrumnya, lagi gak tantrum pun dia emang lebih heboh.. Kayaknya Keke-Nai dulu pada kalem deh.. Hihi... Kalo main aja sukanya banting-banting.. Mobil-mobilan Keke yang besar dari dulu selalu awet paling stikernya aja yang udah ngelupas.. Begitu di pake Bian, udah gak tau setirnya kemana, bangkunya kemana... Hehe..

Bian juga nempel banget sama Keke-Nai.. Kalo sama Keke, Bian kayak manja gitu.. Biasanya rada kalem kalo ada Keke, misalnya duduk di pangkuan Keke.. Kalo sama Nai yang rada ajrut-ajrutan.. Apalagi Nai paling usil ke Bian. Dia paling suka ngusek-ngusek kepalanya ke perut Bian.. Jadi Bian juga suka gemes ke Nai.. Alhamdulillah mungkin karena jarak usianya yang rada jauh, kalo antara Keke & Nai kan kadang suka kayak Tom & Jerry (walopun frekwensinya udah jauh berkurang, sekarang udah banyak akurnya), nah kalo ke Fabian mereka ini ngemong & sayang banget.. Paling hebohnya ya karena suka ngusilin aja.. Yah pokoknya rumah jadi tambah rame lah dengan hadirnya Bian karena banyak juga tingkahnya yang lucuuuuu & gemesin khas anak-anak ^^

Love you Bian.. ^^

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. yang paling susah tuh tantrum ditempat umum ya, sering lihat di Mall

    ReplyDelete
  2. @Lidya : makanya sy jarang bw Bian ke tempat umum mbak.. Mungkin nanti kl dia udah rada gedean, udah bisa di kasih tau :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^