Tentang Pendidikan (Renungan).. Part 1..

By Keke Naima - March 06, 2012

Tarik napaaaasss... Mungkin postingan ini agak panjang & serius.. Makanya Chi bagi jadi beberapa bagian biar gak terlalu panjang.. Akhir-akhir ini Chi lagi merenungi tentang masalah pendidikan anak-anak..

Chi pernah beberapa kali nulis di blog Chi yang lain kalo buat Chi yang penting itu anak mendapat pendidikan yang tepat, mengerti apa yang dia dapatkan & tau akan kemana tujuan dia.. Dengan kata lain, Chi maupun K'Aie gak mau anak sekolah hanya mengejar nilai tinggi, dapet ijazah dengan nilai baik tapi setelah itu dia bingung mau kemana...

Lagian kalo hanya mendapat nilai tinggi, bisa di dapat dengan cara apapun baik itu dengan kerja keras ataupun dengan mencontek.. Jangan salah sangka dulu ya.. Chi bukan bermaksud mengajarkan jelek, tapi kadang hanya demi mengejar sebuah nilai kita rela melakukan dengan cara apapun.. Dan pada akhirnya kita gak menghargai arti nilai itu sendiri, pokoknya yang penting nilai kita bagus.. Dan itu fakta yang sering terjadi dimana-mana.. Iya kan..??

Makanya Chi sempet terpikir untuk Homeschooling untuk anak-anak. Karena Chi pikir sekolah jaman sekarang hanya mengejar nilai-nilai, tanpa peduli si anak akan jadi apa.. Pokoknya yang penting target kurikulum tercapai & nilai pada bagus.. Tapi di postingan ini Chi gak mau bercerita tentang pro-kontra HS (udah lumayan bayak Chi tulis di blog Chi yang lain).

Nah sekarang kenapa Chi coba merenungkan lagi tentang ini, karena Chi merasa akhir-akhir ini mulai sedikit melenceng dari tujuan awal..


Keke

Chi kayaknya "terlena" dengan prestasi-prestasinya Keke selama ini.. Keke memang termasuk anak yang cepat menangkap pelajaran. Cukup 1-2 kali aja di jelasin, biasanya dia udah mengerti..


Nilai-nilainya nyaris tidak pernah kurang dari angka 9.. Bahkan Chi juga cerita kan kalo raport bayangan semester ganjil kemarin dia dapet ranking 1 walopun pas raport semesternya turun jadi ranking 2. Waktu kelas 1 juga dia dapet ranking 6 di semester ganjil & naik jadi ranking 4..

Karena nilai-nilainya yang selalu bagus, Chi secara gak sadar jadi berharap Keke akan selalu bagus.. Malah seperti menuntut dia untuk selalu bagus.. Rasanya Chi kecewa ketika hasil ulangan Keke dapet nilai 8 bahkan pernah dia dapet nilai 7.. Chi langsung nunjukin muka kecewa & bertanya ke Keke..

Lama-lama Chi merasa "terjewer" juga.. Apalagi setelah K'Aie bilang "Gak apa-apalah dia dapet nilai kecil.. Mungkin karena belom ngerti pelajarannya"

Deeegggghhhh!!! Bener juga ya.. Selama ini Chi seperti keenakan melihat Keke yang cepet nangkep.. Rasanya mudah sekali mengajarkan dia.. Tap... Tap... Tap... Dia udah mengerti.. Dan akhirnya Chi merasa apapun yang di ajarkan ke Keke pasti dia akan cepat mengerti.. Makanya begitu sekarang ada pelajaran yang dia agak lama ngertinya malah Chi yang jadi gak ngerti kenapa Keke seperti itu.. Chi malah jadi seperti orang tua yang selalu menuntut nilai bagus ke anaknya, kadang suka gak mau ngerti apakah si anak udah ngerti atau belum.. Padahal udah jadi rahasia umum kayaknya ya kalo pelajaran anak-anak jaman sekarang tuh lebih susah dari jaman kita sekolah dulu.. Harusnya kita sebagai orang tua lebih ngerti ya.. *jadi malu... :(

Sebetulnya dia masih bisa mengikuti pelajaran-pelajaran yang ada.. Cuma pelajaran math aja yang sekarang mulai agak keteteran.. Awalnya dia kurang paham di perkalian puluhan x puluhan. Atau pembagian puluhan bahkan ratusan.. Tapi akhirnya dia ngerti.. *Dulu perkalian & pembagian kayak gini kita dapetnya di kelas berapa ya?? Sekarang kelas 2 SD dapetnya.. Hadeuuuuhhh...

Yang agak lama dia ngerti di math sekarang ini adalah soal cerita. Apalagi kalo soal ceritanya udah kombinasi. Maksudnya harus menyelesaikan dengan menggunakan lebih dari 1 langkah.. Contohnya seperti soal math ini :


Ihsan and Alif take 53 mangosteen. They give 4 of them to their friend. And they put the remain equally into 7 basket. How many mangos teen are there in each basket?

atau

Pak Ahmad uses 360 bricks to build a wall. There are 9 rows of bricks. Each row has the same number of bricks. There are 8 bricks in a box. How many boxes of bricks are used for each row?

Keke masih suka bingung untuk step-step penyelesaiannya.. Harus ditambah, kurang, bagi atau kali? Sebetulnya waktu soal ceritanya masih 1 cara aja, gak ada kesulitan yang berarti. Tapi setelah masuk ke soal cerita yang kombinasi ini, dia mulai bingung..

Di sekolah maupun di rumah, selalu di ajarin untuk cari benang merah dari soal cerita itu.. Apalagi yang namanya soal cerita itu kan suka bermain logika juga ya.. Tapi kadang dia masih suka bingung-bingung juga..

Akhirnya Chi minta Keke untuk membiasakan mentranslate semua kalimat itu ke Bahasa Indonesia lebih dulu.. Emang sih dia jadi kayak 2 kali kerja.. Baca soal dalam bahasa inggris, harus di terjemahin trus kemudian di hitung.. Kalo lagi ulangan cukup makan waktu juga jadinya..

Awalnya Keke agak ogah-ogahan mentranslate.. Dia maunya hanya melihat beberapa kata kunci aja, misalnya ada kata "eat" berarti ada pengurangan, "buy" berarti ada tambah-tambahan, dll.. Tapi masalahnya kalo gak teliti apalagi kalo soalnya udah kombinasi gitu rawan sering salah juga penyelesaiannya.. Kecuali kalo penyelesaiannya hanya butuh 1 langkah, masih sering bener lah Keke ngerjainnya..

Supaya Keke terbiasa, Chi terus-terusan kasih dia soal cerita.. Kadang Chi gak minta Keke untuk memberikan hasilnya.. Chi hanya pengen tau, Keke mengerti gak maksudnya dari soal-soal cerita itu.. Chi minta dia untuk menjabarkan dengan logikanya dia. Karena kalo dia udah ngerti biasanya penghitungannya dia jarang salah.. Dan semuanya wajib di terjemahin ke bahasa Indonesia.. Maksudnya biar dia terbiasa..

Terakhir ulangan harian, Keke dapet 73.. Dengan soal ceritanya salah semua pengerjaannya.. Setelah itu dia terus-terusan Chi latih soal cerita. Keliatannya sih dia mulai ngerti. Nah sekarang dia lagi UTS.. Kalo denger ceritanya sih katanya gampang.. Yah mudah-mudahan bagus nilainya.. Kalopun belom, tetep latihan.. Semangaaaaatttt...

Satu lagi nih, kalopun Keke udah paham soal ceritanya dia kadang suka salah kalo menulis pembagian atau pengurangan.. Misalnya harusnya 40 : 4, tapi dia tulis 4:40. Walopun hasilnya sih sama-sama dia tulis 10. Begitu juga dengan pengurangan.. Suka terbalik-balik..

Chi selalu jelasin kalo penulisannya terbalik.. Tapi Keke kan bukan tipe anak yang mau terima gitu aja.. Di bilangin gitu, dia malah balik tanya kenapa kalo perkalian atau pertambahan boleh di balik-balik? Sementara pembagian & pengurangan gak boleh..

Chi jelasin kalo pembagian & pengurangan gak boleh di balik-balik karena hasilnya akan beda.. Dia tanya lagi, bedanya dimana? Chi lalu jelasin kalo di balik hasilnya bisa jadi minus atau ada koma-komaan gitu.. Dan Keke terus bertanya apa itu minus, apa itu angka koma-koma..

Chi coba jawab dengan jawaban yang sederhana.. Tapi Chi juga minta pengertian Keke untuk tidak bertanya lebih lanjut dulu.. Paling gak jangan terus-terusan dulu.

Kenapa Chi sampe minta pengertian Keke? Karena Keke itu kalo "dimatikan" rasa ingin taunya dia suka jadi ilfil. Moodnya langsung ilang dan jadi agak gak peduli.. Makanya jalan yang terbaik memang minta pengertiannya karena biar gimanapun ada yang harus dia fokuskan lebih dahulu.. Walopun kami akan tetap mencoba membantu rasa ingin taunya..


Alhamdulillah keliatannya dia udah mulai berusaha untuk gak terbalik-balik.. Chi pernah tanya kok gak terbalik? Dan dia mulai bisa menjawab kenapa gak boleh terbalik termasuk menjelaskan dengan pemahamannya..

Huffff... ternyata ribet ya kalo membicarakan tentang pendidikan... Di satu sisi ada "ego" kita pengen liat anak kita berprestasi di sekolah.. Rasanya bangga.. Tapi di sisi lain kita harus bisa mencoba menahan diri agar jangan sampai membuat anak jadi stress.. Mencoba cari-cari formula pengajaran di rumah yang tetep fun.. Tapi harus diakui memang tidak mudah.. Kadang ada juga "perang" ketika harus mulai belajar di rumah.. Yah itulah suka-dukanya.. Tapi Chi sih berharap apapun kesulitannya nanti di depan moga-moga apa yang jadi tujuan Chi & K'Aie dari awal tentang pendidikan anak-anak tidak melenceng ya.. Amin..

Lanjutannya.... tunggu postingan berikutnya :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^