Senin, 30 Januari 2012

man qolla sidquhu qolla sodiiquhu

Barang siapa sedikit benarnya/kejujurannya, sedikit pulalah temannya

Di TK Al-Alaq, mulai dari TK A sebulan sekali selalu di ajarkan mahfudzot baru. Dari semua mahfudzot yang pernah di ajarkan entah kenapa mahfudzot yang satu ini paling nempel di kepala anak-anak bahkan di jadikan percakapan sehari-hari..

Contohnya seperti ini :

Keke : "Nai, tadi dong pulang sekolah Keke beli pizza dulu sama bunda.."
Nai : "Iya gitu? Mana sekarang pizzanya?"
Keke : "Ya udah abislah dimakan Keke"
Nai : "Man qolla sidquhu qolla sodiiquhu loh Ke.."
Keke : "Hehe.. iya deh Keke cuma becanda kok"

Seringkali kalo mereka meragukan cerita dari lawan bicaranya (biasanya sih percakapan antara Keke dan Nai), mereka menggunakan mahfudzot itu.. Dan ternyata kalo mahfudzot itu udah di sebutkan, biasanya yang bohong suka langsung ngaku.. Hihi... Bahkan kadang mereka gak perlu mengucapkan mahfudzotnya sampe lengkap. Kadang baru ngomong "man qoola sidquhu....", nah nanti lawan bicaranya langsung ngaku kalo emang lagi bohong.. Hehe..

post signature

21 komentar:

  1. Semoga kita nggak termasuk golongan itu sehingga banyak temannya

    BalasHapus
  2. Insya Allah kita selalu dikelilingi banyak temen ya pak

    BalasHapus
  3. salam kenal dari faris dais..ya keke dan nai:)

    BalasHapus
  4. asalkan jgn banyak musuh aja deh..

    BalasHapus
  5. sama kayak ki' mbak...dia sukanya hadis marah yang dibaca2 "la tadhok walakal jannah" ..jangan suka marah bagimu surga.
    jadi kalo emak or bapaknya lagi marah or jengkel, suka dibcaain hadis itu sama ki' hehe

    BalasHapus
  6. *joged-joged dulu* yeee bisa komen :)))

    BalasHapus
  7. waddduh,,,pintere rek ponakan2 kuh, lah mimi nya aja ga ngerti blash dg mahfudzot,,,ajarin mimi nnt y nak ^^

    BalasHapus
  8. @Nur Hikmah : salam juga utk Faris & Dais.. ya :)

    @penghuni 60 : setujuu.. :)

    @astien : hahah... lucu ya mbak.. Gemes aja kl liat anak2 spt itu ^^

    @Sary : ikut joget.. joget juga.. akhirnya berhasilll... Yeeee.... ^^

    @Mimi : sy juga byk belajar dari anak2 nih Mi.. Hihihi...

    BalasHapus
  9. pinter banget nai..
    tante nchie kalah deh...

    OOT:
    inpo kalo mau ke Kawah Putih
    http://nchiehanie.blogdetik.com/index.php/2011/05/represing/

    BalasHapus
  10. @mama olive : thx utk info kawah putihnya.. Nanti meluncur kesana aaaahhh... :-)

    BalasHapus
  11. ihhhh pandai2 banget sih ke2nai

    BalasHapus
  12. wah pinternyaa...lngsg diterapin di kebiasaan sehari2 yaaa..:)

    BalasHapus
  13. @bintang & kristien : alhamdulillah mbak.. thx :)

    BalasHapus
  14. Wow... keren nih kalo bisa kayak gini. Jadi berasa di pesantren ya mbak? ;)

    BalasHapus
  15. @retma : tp kadang suka ada rasa malu juga mbak krn ttg agama (termasuk mahfudzot) justru sy byk belajar dari anak2.. Tp ya yg namanya belajar gak kenal umur kan ya & gak boleh gengsian.. :)

    BalasHapus
  16. Asiikkk berarti kalo gak suka bo'ong temannya banyak ya bang n kakak.. :)

    Osar boleh dong jadi teman? kan Osar gak suka bo'ong,, hehe
    salam kenal abang kakak...

    BalasHapus
  17. anak2 memang cepet nangkap yach kalo diajarin di sekolah...biasanya kalo baru diajarin sering disebut2 dlm percakapan sehari2.....pinternya keke sama nai.....mudah2an nanti duo ina seperti itu juga...aamin

    BalasHapus
  18. cara ampuh untuk membiasakan jujur ya, bagus sekali ...

    BalasHapus
  19. @Osar : salam kenal juga osar..

    @Nia : iya mbak, kelebihan anak2 itu mereka lebih cpt nangkep. Insya Allah duo Ina juga spt itu. Amin..

    @Isma : yup betul mbak.. :)

    BalasHapus
  20. Hahahahaa....
    jadi batal bohongnya ya kalo kena kata kata ajaib itu

    BalasHapus
  21. @elsa : magic words... Hehe..

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge