Selasa, 28 Juli 2009

The 17th Indonesia International Motor Show (IIMS)

Hari Sabtu kemarin, abis dari rapat orang tua murid, Chi langsung di jemput sama ayah & anak-anak. Rencananya emang hari itu mau ngajak anak-anak ke IIMS.

Sebelum ke IIMS Kak Aie ngajakin ke bumi perkemahan Cibubur dulu.. Kak Aie mau main aeromodelling dulu sebentar di sana. Sampe sana ternyata masih sepi banget.. Maunya Kak Aie tuh selain main, juga pengen liat yang pada main. Maklum deh masih pemula.. Kali aja kalo ada yang main juga kan bisa sambil belajar, biar lebih canggih mainnya.. :)


Gak jadi main aeromodelling, langsung meluncur ke IIMS. Tentang IIMS ini sebetulnya kami agak setengah hati jalannya.. Abis yang kami baca dari koran HTMnya itu Rp. 30.000,-/orang. Kalo berempat kan berarti kan Rp. 120.000,- tuh.. HTMnya sih sebenernya lebih murah Rp. 5.000,- dibanding tahun lalu. Tapi kalo di total kan tetep aja sebuah angka yang sangat lumayan. Hehehe... Apalagi kalo inget pengalaman tahun lalu (klik disini cerita pengalaman ke IIMS tahun lalu), IIMS tahun lalu itu menurut kami sih sangat garing.. Ngebosenin..

Kalo buat Keke sih yang namanya mobil sih asik-asik aja buat diliat, makanya tahun lalu dia tetep aja seneng. Tapi buat kami ngebosenin karena mobil-mobil yang di pamerin itu mobil-mobil yang biasa banget.. Maksudnya mobil-mobil yang banyak beredar di jalanan.. Tau gitu sih mending nongkrong aja di panggil jalan (sambil makan bakso. Hehehe...).

Makanya kami sempet ngebujukin Keke supaya gak usah pergi. Tapi gak berhasil.. Trus kami ngebujuk Keke supaya pergi berdua aja sama ayahnya, tapi gak mau juga.. Dia maunya paket lengkap, ada ayah, bunda sama adeknya.. Ya udah lah di turutin biarpun nurutinnya setengah hati..

Di jalan Chi sempet ketiduran, tau-tau udah di daerah Senayan. Wah.. ternyata Kak aie pikir pamerannya kayak tahun lalu di Senayan.. Padahal tahun ini diadainnya di JIexpo Kemayoran.. Di Senayan lagi ada pameran tentang Thailand. Semua yang berbau negara Thailand, mulai dari fashion, food, kebudayaan, dll. Pengen banget deh kesana, apalagi pengen icip-icip makanan Thailand yang emang enak-enak.. Tapi mana bisaaaaaaaa..... Lah bisa-bisa itu Keke ngambek lagi.. :D

Sampe Kemayoran, seperti biasa ya gak di Senayan gak di Kemayoran dapet parkir selalu jauh dari lokasi pameran.. Hehehe... Ternyata nih.. Pamerannya asik banget!! Tadinya kami pikir, kayak tahun kemaren selain ngebosenin paling gak sampe 1 jam kami ada di sana.. Tapi ternyata salah. Dari jam 1/2 2 siang sampe jam 1/2 7 malem kami ada di sana.. Berarti +/- 5 jam kami ada di sana. Itu pun kami pulang karena ada sesuatu yang bikin Keke kecewa, padahal sebetulnya masih belom puas... Sekarang Chi ceritain satu per satu ya, tapi maaf nih kalo kurang berurutan..


Liat booth-booth di sekitar pintu masuk dulu. Ada beberapa booth di sana, diantaranya booth tentang merakit robot. Keke & Nai kayaknya belom tertarik sama yang namanya robot, jadi mereka cuma lewat aja. Trus ada booth dari kepolisian, ayo siapa yang mau memperpanjang SIM bisa di sana (cuma bisa memperpanjang, bikin baru gak bisa). Yang bikin tertarik di tempat polisi ini tempat ngetes ngendarain motornya kayaknya pake game simulator gitu.. Hehehe... boleh juga tuh di coba.. :D


Ada beberapa hall di JIExpo yang dipake. Kami langsung pergi ke hall yang di seberang dulu. Waktu nyebrang kami lewat lapangan tempat konser. Ada panggung besar di sana, Chi sempet tanya ke Keke, "Kamu masih mau jadi anak band? Kalo jadi anak band nanti shownya kadang-kadang di panggung segede gitu." Keke ngangguk, kayaknya serius juga nih anak pengen jadi anak band. Hihihi...


Area pertama yang kami masukin itu kalo gak salah area accesoris mobil. Di sini kami cuma lewat-lewat aja.. Tapi di area itu gak cuma booth-botth accesories mobil. Ada juga booth-booth yang jual mainan mobil-mobilan. Tumben nih di sana Keke gak ngerengek minta di beliin hotwheel atau yang sejenisnya, kayak majorette, dll. Mungkin terlalu asik ngeliat-liat kali ya... Kak Aie sendiri sempet berenti di tempat yang jual mobil-mobil remote control. Tapi ternyata gak ada yang Kak Aie mau, karena Kak Aie maunya cari mobil remote control yang pake bahan bakar.. Keke sendiri seneng banget waktu lewat booth salah satu majalah otomotif trus dapet majalah gratisan. Wiii... senengnya minta ampun deh dia.. O'ya buat para ibu-ibu jangan khawatir, di sana juga ada boothnya gramedia. Jadi yang mau cari majalah ibu-ibu, anak atau buku resep juga ada kok.. :D



Yang nyenengin lagi, ternyata di sana juga ada area untuk mobil-mobil klasik. Tahun lalu gak ada tuh mobil-mobil klasik. Boro-boro mobil klasik, mobil mewahnya aja sedikit. Tahun lalu mobil klasik punya pameran sendiri di balai kartini, HTMnya lebih gila lagi Rp. 50.000,-/orang. Dulu gak kesana karena baru aja dari IIMS kalo harus liat pameran mobil klasik lagi bener-bener jebol deh kantong.. :D


Tahun ini mobil-mobil klasik banyak di pamerin.. Keke senengnya minta ampun.. Tapi emang enak diliat ya.. bentuknya unik-unik. Cuma masukkan aja nih kali aja ada penyelenggara yang liat. Di masing-masing kaca depan mobil-mobil klasik itu kan ada kertas. Kalo menurut Chi sih itu keterangan tentang mobil itu masing-masing. Tapi keterangannya apa sama sekali gak bisa di baca karena terlalu kecil tulisannya.. Kalo saran Chi sih sebaiknya kertasnya itu jangan di tempel di kaca mobil, tapi di taro di depan mobil deket pager pembatas. Kecuali kalo mobil-mobil klasik itu gak di kasih pembatas, boleh lah di tempel di kaca kertasnya..

Di area yang sama dengan mobil klasik, ada both-both yang jualan sepeda. Iseng-iseng chi liat karena kebetulan kan lagi cari sepeda. Kalo ada yang cocok sekalian aja beli, apalagi kalo lagi pameran kan biasanya harga suka lebih murah dari harga pasaran.. Tapi ternyata harganya belasan juta!! Bahkan yang puluhan juta pun ada... Boro-boro mau nanya ini itu, gak mungkin kebeli soalnya.. Hahaha... (saking terkaget-kaget sama harganya sampe gak inget buat foto-fotoin itu sepeda.. Hehehe..).


Lagi liat-liat sana-sini, kami ngelewatin tempat buat naro kupon undian. Walopun hampir gak pernah beruntung sama yang namanya undian, tapi daripada itu tiket dianggurin gitu aja malah jadi sampah mendingan di masukin ke kotak undian aja. Sambil Chi ngisi biodata yang diminta di tiket, Kak Aie sama anak-anak iseng masuk ke the boxnya O Channel.. Lagi pada narsis mereka bertiga. Hahahaha... Ya... kali aja msuk tivi.. Wkwkwkw... Karena ikutan the box, kami pun dapet kenang-kenangan buku catatan dari the box. Yah lumayan deh.. :D


Masuk ke area truk-truk, anak-anak pengen ikut naik ke dalam truk terutama Naima. Ternyata mereka masih inget sama pengelaman tahun lalu yang naik-naik ke atas truk. Tapi karena tahun ini banyak yang di liat jadi enakan terus keliling aja liat-liat yang lain..


Mobil-mobil mewahnya juga cukup banyak tahun ini. Dari bermacam merk pula. ada Jaguar, Alpha Romeo, Ferari (biarpun mobil-mobilnya warna-warni kayak mainan anak-anak tapi harganya bukan harga mainan ya.. Hehehe..) , Hummer (ada 1 mobil Hummer yang panjang banget.. sayang gak bisa liat dalemnya. Padahal penasaran juga, mobil sepanjang itu isinya kayak gimana ya..), dll.


Liat juga mobil-mobil kayak di pimp my ride. Liat mobil balap, liat juga balapan mobil-mobil kayak waktu ke bobo fair itu.


Kalo mobil konsep kayaknya sih gak sebanyak tahun lalu. Tahun lalu juga gak sebenernya, tapi tahun ini Chi cuma liat 1 mobil. Paling gak tahun lalu itu ada beberapa deh.. atau emang Chi aja yang gak ngeliat ya..? Gak tau juga deh..


Keke juga seneng banget liat aneka mobil pemadam kebakaran. Ternyata mobil kebakaran gak cuma merah, tapi ada juga yang warna kuning & hitam..


Kaki udah mulai pegel banget. anak-anak juga keliatannya gitu.. Langkahnya udah mulai pelan-pelan, malah Nai sesekali minta gendong. Tapi begitu ngeliat lantai yang banyak kupu-kupu beterbangan mereka pun seneng lagi. asik lari-larian kesana-kemari. Yang bikin mereka heboh itu karena tiap kali kupu-kupunya mereka deketin pasti selalu terbang menjauh. Tapi kalo lagi gak di deketin, kupu-kupunya pada ngumpul. Jadi mereka penasaran, abis gak keinjek-injek juga kupu-kupunya makanya jadi heboh.. Hehehe...


Cape juga keliling-keliling terus, beli makanan plus duduk-duduk dulu di salah satu stand makanan. Beli cemilan sama minuman. Duduk sambil ngobrol, lumayan deh istirahatin kaki.. Chi sempet nyaranin ke Kak Aie kenapa gak beliin Keke ATV aja yang buat anak-anak daripada beliin mobil-mobilan yang pake remote? Chi liat di pameran ada yang jual ATV. Kak Aie sih jawabnya simpel aja.. "Emang Chi ngebolehin Keke main di luar terus?" Hehehe... Bener juga sih.. Selama ini kan Chi hanyak ngebolehin anak-anak main di luar sore sama pagi hari (kalo libur kan pagi bisa main ke luar), itupun harus di temenin, gak boleh main sendirian. Trus kalo Keke main sepeda Chi suka ketar-ketir abis Keke kalo main sepeda suka ngebut. Apalagi sejak bisa roda 2, suka ngacir deh dia. tinggal chi aja yang teriak-teriak manggil. Lah gimana nanti kalo Keke punya ATV, bisa leboh jauh lagi ngacirnya. Hehehe... Ya udah deh gak jadi ngebujuk ayah buat beli ATV.. Hehehe...

Ternyata hari itu kami lagi beruntung. Kalo liat jadwal acara nih, di IIMS itu bakal di ramein sama musik-musik dari band-band yang udah terkenal. Tapi mereka baru main malem, mulai jam 7 ke atas. Cuma karena hari itu ada syuting acara HITS - RCTI jadi siang-siang pun ada acara musik..


Yang jadi bintang tamu di acara HITS ada beberapa, diantaranya Nidji, The Virgin, J-Rock, kalo gak salah ada Five Minutes sama ada band yang lainnya juga.. Maap ya Chi gak hapal nama-nama bandnya abis dari semua bintang tamu yang ada Chi cuma sukanya sama Nidji & The Virgin.

Dapet tempat yang lumayan strategis, masih deket sama panggung. Naima di dudukin di pundak ayahnya, kalo Keke berdiri di atas panggung yang agak menjorok ke depan. Terserah deh mau di bilang norak apa enggak, tapi baru kali itu Chi nonton pertunjukkan musik dari jarak dekat pula. Ternyata asik ya... Tadinya Chi sempet khawatir kalo anak-anak bakalan nangis karena suaranya kan jedar-jeder.. Kenceng banget.. Tapi keliatannya mereka asik-asik aja tuh.. Malah abis nonton Keke kembali Chi tanya, "Masih mau jadi anak band gak? Suaranya kan berisik kayak gitu?" Tapi tetep aja tuh dia bilang mau... Hehehe...

Abis nonton Keke ngajakin ke area test drive. Ada yang seru juga ternyata disana. Liat yang nyobain Mitsubishi Evo.. Dibawainnya ngedrift.. Seru aja liatnya...

Di sana Kak Aie juga cari-cari ban mobil, karena emang ban mobil udah saatnya diganti. Ayo yang lagi cari ban mobil ke IIMS aja lumayan loh diskonnya antara 20% s/d 35%. Dari beberapa merk ban, kami akhirnya pilih Archilles. Di Archilles, kalo kita beli minimal 2 ban bisa dapet kupon untuk nyobain ngedrift. Siapa yang paling seneng waktu di tawarin ngedrift? Udah pasti Keke dong...!!!

Sebelum ke tempat nge-driftnya Archilles kami liat-liat boothnya Wymcycle dulu. Apalagi kalo bukan cari-cari sepeda. Tapi sepeda yang kami cari gak ada. Chi cari kan sepeda city bike, yang ada boncengannya itu loh karena emang di pakenya kan buat jemput anak-anak. Tapi di sana gak ada city bike. Ya udah liat-liat aja deh, sambil nyobail salah satu sepeda disana.. Kalo di sini sih berani deh nanya-nanya, sempet nyobain juga abis harganya masih masuk akal lah.. Hihihi...


Sambil liat-liat sepeda, Kami liat juga Wymcycle BMX Jam. Liat 2 orang yang main sepeda jumpalitan.. Wiiiiiii......Keke bener-bener terkesima tuh liatnya...


Puas liatinnya yang nge-jam, pergi deh ke tempat nge-driftnya Archilles. Tapi ternyata oh ternyata... anak kecil gak boleh ikutan nge-drift.. Ya emang masuk akal sih sebenernya karena kalo kami liat orang lain sebelum kami, ngedriftnya itu beneran ngedrift. Ngeri aja kalo bawa anak kecil, bisa kepentok-pentok nanti kepalanya...

Keke jelas kecewa banget.. Wajahnya yang tadi riang banget langsung di ganti jadi lemes, nunduk & minta pulang... Sayang banget sih sebenernya karena beberapa menit lagi bakalan ada Arcilles drift show. Chi ngebayanginnya serunya tuh kayak waktu kami nonton Police Academy. Apalagi salah satu sponsornya Police academi kan Archilles juga, kayaknya serunya bakal sama. Lagian waktu Chi liat persiapannya kemaren aja kayaknya emang bakalan seru tuh.. Lagipula kalo beneran seru kan bisa jadi alasan buat kami untuk gak ngajakin Keke ke nonton Police Academy lagi (masih punya 1 utang janji nih ke Keke, dia minta nonton Police academy.. :D).

Tapi sayang dia minta pulang.. Udah coba di tahan-tahanin sampe acaranya mulai. Tapi tetep aja tuh dia minta pulang... Ya udah deh kami akhirnya pulang..

Ternyata Keke beneran sedih banget.. Kecewanya dalem banget.. Ciri khasnya Keke kalo kecewanya dalem, dia gak marah-marah atau nangis meraung-raung. Tapi nangisnya justru di tahan. Kalo di rumah biasanya dia masuk kamar, nimbunin kepalanya ke dalam bantal trus nangis sesenggukan. Karena ini di mobil, dia nangisnya di bawah kursi trus nangis sesenggukan..

Biasanya kalo kayak gitu, suka kami diemin dulu. Karena percuma di deketin dia pasti bakalan marah besar. Paling sesekali kepalanya di elus-elus. Nanti kalo udah puas nangisnya biasanya juga akan reda sendiri.. Kalo enggak baru deh agak dipaksa untuk di peluk (karena biasanya agak berontak), tapi berontaknya gak lama. Abis itu biasanya dia suka bales peluk sambil pecah deh tuh nangisnya trus biasanya dia tidur. Udah puas kali dia nangisnya.. Kemaren juga kayak gitu, setelah puas nangisnya dia pun tidur..

Bangun-bangun udah sampe rumah. Wajahnya masih agak murung.. Tapi biasanya sih udah mulai bisa di ajak bicara.. Alhamdulillah Keke akhirnya mau ngerti, gak sedih lagi..

Kesimpulannya IIMS yang tahun ini beneran seru... Gak rugi sama sekali deh.. Puas.. puas.. puas... Cuma satu yang Chi nyeselin, kenapa gak bawa kamera DSLR!!! Ini malah bawa kamera digital yang pocket.. Padahal kalo bawa kan lebih bakalan mantep banget tuh hasil fotonya. Bukannya lupa sih, cuma Chi lagi-lagi inget pengalaman tahun lalu, udah berat-berat bawa kamera DSLR ternyata pamerannya cuma gitu aja..

Ya udah deh pengalaman nih.. Moga-moga tahun depan di Kemayoran lagi di bikinnya.. Kalo di Kemayoran lagi, Insya Allah kami akan dateng lagi deh... :)

Ada tambahan nih.. IIMS ini sampe tanggal 2 Agustus, jd masih ada kesempatan yg belom kesana.. ayo cepetan. Kalo kata Chi sih seru.. :)

post signature

Dari 3 Ke 6?

Nai itu sebenernya udah lancar menyebutkan angka dari 1 s/d 10. Tapi gak tau kenapa akhir-akhir ini Chi perhatiin dia kalo ngitung suka salah. Setelah angka 3, dia selalu bilang 6 trus dilanjut ke 7.

Dari awal tiap kali dia melakukan kesalahan Chi selalu betulin. Tapi waktu itu Chi pikirnya dia cuma lagi becanda aja.. Tapi kok lama-lama salah terus... Setelah angka 3 selalu aja dia sebut angka 6. Jadi sekarang harus selalu Chi kasih tau.. Makanya karena sekarang suka salah ngitung, kemaren pelajaran ngitungnya salah semua..

Belom selesai masalah ini, semalem dia seperti mulai melakukan kesalahan baru. Walopun gak sering, tapi mulai-mulai keliatan deh.. Kesalahan terbarunya adalah setelah angka 2 dia selalu menyebut angka 5 bukan 3..

Duh kira-kira kenapa ya...? Apa harus di ulang dari awal lagi pelajarannya atau sekarang ini dia lagi eksperimen kata-kata ya..? Maksud Chi kalo di perhatiin angka 4 itu pengucapannya kan mirip dengan 6. Begitu juga dengan angka 3, pengucapannya mirip dengan angka 5..Semoga besok-besok gak ngaco lagi ya Naima... :)

post signature

Minggu, 26 Juli 2009

Rapat Orang tua Murid TK B

Kemarin hari Sabtu 25 Juli 2009, ada rapat orang tua murid TK B membahas tentang program pelajaran di TK B dan juga isu-isu tentang kepindahan anak-anak TK B ke gedung SD serta siapa guru yang ngajarnya karena selama 1 minggu terakhir ini isunya cukup hangat juga... :)

Pemilik sekolah menjelaskan memang ada tawaran dari sekolah agar anak-anak TK B dipindahkan ke gedung SD. Alasannya..

Pertama, porsi pelajaran bahasa Inggris untuk anak TK B akan mendapat jatah yang paling besar.. Karena anak-anak TK B kebanyakan sudah bisa membaca, menulis & berhitung. Jadi untuk selanjutnya mereka akan lebih fokus ke bahasa Inggris. Di lokasi yang baru di anggap lebih mendukung, karena di SD Al-Alaq mulai dari percakapan sehari-hari anak pun mulai di biasakan untuk berani berbahasa inggris. Makanya kalo anak-anak TK B nanti jadi pindah kesana, di harapkan mereka pun akan ikut terpengaruh. Karena kalo masih di tempat yang sama, sekolah merasa pelajaran bahasa Inggrisnya tidak akan maksimal karena di tempat yang lama kan banyak anak-anak playgroup & TK A dimana mereka sebaiknya pinter berbahasa dengan bahasa ibunya dulu (bahasa inggris hanya diperkenalkan saja..).

Kamis, 23 Juli 2009

Harus Tetap Waspada...!!

Kalo Keke & Nai berantem Chi pasti pusing, apalagi kalo udah gak ada yang mau ngalah.. Duh pusing deh! Penuh kehebohan..

Kalo lagi akur, pasti dong seneng. Tapiiiiiii.......

Harus tetep waspada kalo mereka ditinggal berdua aja di suatu ruangan, tanpa ada teriakan, tanpa ada tangisan, tanpa ada yang marah-marah, tapi yang ada malah sunyi senyap malah terkadang sesekali terdengar suara cekikikan. Kalo itu terjadi ada kemungkinan mereka sedang melakukan sesuatu hal, salah satunya seperti foto di bawah ini...


Yup! Pada saat itu mereka memang lagi akur, suasana sunyi senyap, paling sesekali cekikikan, tapi 1/2 botol bedak bayi abis dimainin sama mereka.. Doh!!!

Selamat hari anak nasional ya... Untuk Keke & Naima, apapun yang kalian lakukan, bunda tetep sayaaaaaaaannnnggggggg sama kalian berdua.. Mmmmmuahhhh...!!!

post signature

Selasa, 21 Juli 2009

Hari Pertama Sekolah

Akhirnya Keke & Nai sekolah juga... Kelamaan liburnya.. Hehehe... Yup sekolahnya anak-anak emang baru masuk tanggal 21 Juli..

Tadinya Chi pikir bakalan lancar. Paling Keke yang rada mogok.. Ya biasalah masalah adaptasi.. Walopun udah 1 tahun lebih sekolah di sana, tapi masa libur yang panjang pasti bakalan bikin Keke rada mogok lagi di sekolah..

Ternyata gak.. Bangun sih jauh lebih pagi.. Karena Chi bertekad kalo Keke udah di TK B gak ada yang namanya terlambat.. Tapi ternyata gak selancar niatnya ya.. Walopun bahan-bahan makanan udah di siapin dari semalem tapi ada aja masalah.. Pertama masih nge-blank mau ngapain.. Hehehe.. Rencananya kan Chi mau bikin steak sayur (nyobain resep baru ceritanya). Semua bahan udah siap, tapi kelupaan menteganya.. Minta tolong pembantunya mamah untuk ke warung, ternyata warungnya belom buka.. Cari-cari mentega di lemari (nyari-nyarinya aja udah makan waktu sendiri), akhirnya ketemu juga walopun sedikit..

Pelajaran nih.. untuk selanjutnya jangan pernah nyobain resep baru kalo buat bekel.. Hehehe... Kalo gak mau hasilnya gagal total.. Gosong...!!! Duh, harus segera berpikir.. Akhirnya masak nasi goreng, sosis goreng sama jagung rebus..

Rabu, 15 Juli 2009

Berenang, Bobo Fair, Kopdar, dan Bandung

Berenang

Masih cerita tentang liburan sekolah.. Minggu berikutnya kami rencana mau berenang. Alhamdulillah anak-anak udah pada sehat. Berenangnya di Villa Galaxi. Berkat rekomendasi dari Vera nih, makanya Keke & Nai sekarang mulai pindah tempat berenangnya jadi di Villa Galaxi.. Thanks ya Ver.. :D

Kayaknya kalo cerita tentang berenang gak akan ada foto-fotonya, karena kami semua pasti berenang dan sama sekali gak kepikiran buat foto-foto.. :D

Hello Kitty Matching Pairs

Main game itu gak selamanya jelek.. Keke & Nai juga suka main game, kadang main game di PS2, Nintendo-WII atau di komputer.. Banyak kok game-game bagus di sana.. Yang penting buat Chi mereka harus tau waktu.. Sebagus apapun game itu, tetep aja gak boleh kelamaan. Karena semua yang berlebihan emang gak baik kan..? :)

Ada salah satu game online yang bagus, namanya Hello Kitty Matching Pairs. Chi dapet ini di www.sanriotown.co.id. Game ini adalah game mencocokan gambar, dari 20 kartu yang ada.. Posisi kartunya di balik, trus kita buka sepasang-sepasang. Kalo ternyata bukan pasangannya kartunya akan nutup lagi..

Kami cobain permainan ini ke Nai.. Ternyata hasilnya cukup takjub juga.. Ingatan dia ternyata tajam juga.. Hmmm... berarti selama ini dia emang lebih banyak becanda, bukan karena gak bisa ya..

20 kartu rata-rata bisa dia selesaikan dalam waktu 7 menit.. Waktu yang 7 menit itu pun kalo Chi perhatiin sebenarnya banyak terbuang karena dia belom terlalu mahir menggunakan mouse. Chi rasa kalo dia udah mahir menggunakan mouse waktu yang dia habiskan akan lebih pendek lagi.. Jadi ya Chi pikir waktu 7 menit itu udah cukup lumayan lah.. apalagi kartu yang harus di tebak kan lumayan banyak, 20 kartu..Coba deh gamenya.. Bagus kok untuk melatih daya ingat anak.. :)

post signature

Selasa, 14 Juli 2009

Evaluasi


Sebelumnya Chi udah mengenalkan Nai angka dari 1 s/d 5, sekarang saatnya evaluasi. Caranya chi potong-potong kertas, masing-masing kertas chi tulis angka 1 s/d 5.

Chi taro kertas-kertas itu di lantai. Lalu Chi minta Nai untuk mengambil angka-angka yang Chi sebutin. Misalnya kalo Chi minta Nai untuk ambil angka 1 maka dia akan lari ke angka 1. Supaya dia semangat ketika dia lagi berlari mengambil angka-angka Chi harus berteriak-teriak seperti seorang cheerleader. Hehehe...

Nyaris semuanya betul.. Kecuali tiap kali Chi minta untuk mengambil angka 5, dia selalu aja ngambilnya angka 4. Padahal kalo Chi minta angka 4, dia akan ngambil angka 4 juga.. Kalo Chi bilang ini salah, baru deh dia bener-bener ambil angka 5.

Kekurangannya lagi, seperti yang Chi tulis diatas nyaris semuanya betul kecuali yang angka 5 itu. Tapi ketika permainannya di balik, Chi nunjukin angkanya dulu trus Nai yang menebak angkanya dia banyak melakukan kesalahan kecuali 1 angka yang gak pernah salah yaitu angka 1..Untuk selajutnya Chi akan tetep lanjutin pelajaran, mulai mengenalkan angka 6. Tapi angka 1 s/d 5 kayaknya harus sering di ulang lagi nih...

post signature

Pergi Ke Toko Mainan


Ada beberapa pertanyaan tentang pergi ke toko mainan, pake bahasa inggris jadi Chi harus menterjemahkan lagi..

Ada salah satu pertanyaan "what toys would you buy?". Di bayangan Chi, pasti Keke akan nulis mobil-mobilan ternyata meleset jauh. Jawaban Keke adalah gendang.. Hahaha tumben nih! Waktu Chi tanya katanya dia lagi pengen aja punya gendang.. Hmmm jangan-jangan beneran pengen belajar drum ya...

Di worksheet itu juga diminta untuk menggambar diri kita yang sedang pergi ke toko mainan. Tapi Keke bilang dia belom bisa, sebagai gantinya dia gambar aja AC-AC yang ada di toko mainan itu.. :D


post signature
Di pelajaran ini anak-anak diminta untuk menggambar muka lucu & sesuatu yg lucu. Ini hasilnya

 Gambarnya Keke. Muka lucu versi Keke. Kalo yang sebelah kanan adalah rumah lucu, karena bentuk rumahnya mirip sepatu makanya lucu :D

 Kalo yang ini gambarnya Nai. Muka lucu versi Nai. Kalo yang kanan katanya gambar orang lagi makan.. tapi orangnya mana ya, karena yang tergambar cuma mejanya aja.. Hehehe...


post signature

Senin, 13 Juli 2009

Liburan Sekolah

Liburan sekolah udah berjalan 3 minggu, berarti tinggal 1 minggu lagi nih anak-anak liburnya (Keke & Nai baru masuk tanggal 21 Juli).

Hampir 2 Minggu pertama libur diisi dengan sakit. Keke & Nai kena campak.. Huffff walopun yang namanya sakit tetep aja gak enak, apalagi kalo anak yang sakit.. sedih deh.. Tapi untungnya sakitnya pas libur..

Sehari menjelang pentas seni (Jum'at, 19 Juni), Nai mulai sakit.. Tapi ngeliat Aa' nya main sepeda di luar dia pun pengen ikutan main ke luar. Di luar lari-larian, tapi begitu ngerasa gak enak badan baru deh duduk manis di samping bundanya..

Following Direction


Ini pelajaran menulis & menggambar.. Di worksheetnya ada gambar kerajaan.. Trus kita diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, atau di perintahkan untuk menggambar.. Di worksheetnya pake bahasa inggris, makanya harus chi artiin dulu ke bahasa Indonesia supaya Keke ngerti..Yang lucu pas ada pertanyaan, "think of a name for the castle". Keke jawabnya pisang. Chi tanya, kok di namain pisang? Kata Keke, karena warga di dalam istananya monyet semua makanya dinamain kerajaan pisang. Hehehe...

post signature

Jumat, 10 Juli 2009

Artis Kontroversial

Kalo waktu kita masih kecil ditanya, nanti kalo udah gede mau jadi apa? Pasti jawabnya kalo gak jadi dokter, insinyur atau bahkan guru... Bener gak? Jarang deh kayaknya yang punya cita-cita jadi artis apalagi jadi presiden.. Hehehehe...

Tapi kao sekarang semua cita-cita kayaknya gak 'tabu' ya.. Keke sendiri kalo di tanya cita-citanya selalu berubah-berubah. Tapi yang pasti gak jauh-jauh dari dunia mobil. Jadi kadang-kadang dia mau jadi pembalap, mau jadi orang yang bisa bikin mobil, sampe jadi supir taxi pun pernah dia sebutin.. Pokoknya gak jauh-jauh dari dunia mobil deh.. Hehehe...

Dikte Huruf A


Sampe sekarang Keke itu masih agak-agak susah kalo di suruh menulis.. Lumayan ada peningkatan sih.. Tadinya yang dalam 1 kalimat aja ada yang gede, ada yang kecil, ada yang pas.. sekarang semuanya udah seragam. Tapi kebanyakan gede-gede banget... Hehehe...

Chi coba untuk melatih tulisan Keke lagi.. Harus di beri dorongan sih, terus-terusan di kasih semangat & pujian supaya dia mau nulis.. Pelajaran kali ini adalah menulis kata-kata yang berawalan huruf a. Chi yang diktein..Hasil diktenya juga gak ada salah.. tinggal semangatnya nih untuk nulis.. Tapi kalo liat foto di atas udah keliatan lumayan ya tulisannya.. :)


post signature

Menghitung Permen


Seperti yang udah Chi tulis di postingan sebelumnya, kalo Nai itu udah lumayan lancar berhitung dari 1-10. Pertanyaannya sekarang adalah kalo benda-bendanya itu di acak, kira-kira Nai bisa gak ya..?Untuk pertama kalinya Chi coba (liat foto di atas). Cari gambar yang sederhana dulu. yang bener-bener keliatan perbedaannya antara 2 benda. Hasilnya sih bener semua. Alhamdulillah.. Tapi kalo nulis angka 5 & 6 nya itu Chi karena Nai sendiri kan belom bisa nulis.. Tapi untuk berhitungnya sih dia bener semua..

post signature

Kamis, 09 Juli 2009

Mengenal Angka Dan Berhitung


Nai udah lumayan lancar berhitung.. Paling hitungan 1-10 sih udah lancar.. Tapi untuk mengenal angka dia masih suka salah-salah..

Tadinya chi mau ngajarin dengan cara yang sama seperti waktu Chi ngajari Keke.. Angka 1 itu seperti tongkat, angka 2 seperti bebek, dll. Tapi kayaknya kurang berhasil untuk Nai.. Kayaknya harus cari cara lain.. Salah satunya adalah ide dari ayahnya dengan mencoret-coret lantai..

Cara lain adalah Chi menulis di atas kertas, angka yang besar-besar.. Untuk langkah awal chi mulai dengan angka 1, 2 dan 3. Pertama-tama Chi mengenalkan satu persatu angkanya..

Langkah kedua Chi minta Nai menekan angka yang Chi minta.. Misalnya kalo Chi bilang "mana angka 2?", nah nanti jari-jarinya Nai memencet angka yang di maksud seolah-olah anagka itu adalah sebuah bel..

Kalo jawabannya bener, maka bel itu akan bunyi.. Kalo enggak Chi aka pura-pura pingsan.. Hehehehe... Ternyata Nai suka sama permainan ini.. Akhirnya setelah beberapa kali di ulang dan kesalahan yang dia lakukan makin berkurang bahkan akhirnya selalu benar, chi pun lalu mencoba memvariasikannya..

Chi kasih worksheet (lihat foto di atas..). Di worksheet itu ada pelajar berhitung & melingkari angka sesuai dengan hasil hitungannya.. Untuk berhitung, seperti yang chi udah tulis di atas dia udah lancar.. Apalagi kalo cuma berhitung 1-3 dia udah lanar banget.. Tapi pas nunjuk angkanya nih yang rada deg-degan.. bisa gak ya, atau jangan-jangan malah lupa lagi..Chi coba dengan permain 'bel' tadi. Jadi setelah berhitung dengan benar, Chi minta dia menunjukkan angka yang di maksud, setelah itu baru dia lingkarin.. Alhamdulillah ternyata kali ini dia berhasil.. semunanya bener.. Berarti mulai mengenal angka selanjutnya nih, yaitu angka 4..

post signature

Mencocokkan Gambar


Ini salah satu pelajaran kesukaan Nai, yaitu mencocokkan gambar.. Gak pernah protes kalo di kasih pelajaran ini, malah selalu minta..Chi pun coba kasih pelajaran ini lagi.. Biasanya sih mencocokkan gambarnya itu gambar-gambar bentuk, kayak segitiga, lingkaran, persegi panjang, dll. Tapi kali ini Chi coba pake gambar.. Hasilnya.. alhamdulillah masih lancar, gak ada salah..


post signature

Sedikit Menurun

Setelah beberapa hari ini mulai belajar lagi, Chi liat ada sedikit penurunan.. Kalo Keke terlihat penurunannya ketika belajar berhitung dengan jarrimatika.. Dia kelihatan agak kagok lagi menggunakan jari-jarinya.. bukannya lupa sih cuma jadi agak kagok aja.. Kayaknya sih tinggal sering-sering dilatih nih..

Tadinya Chi mau ngajarin konsep teman besar-kecil ke Keke, tapi ngeliat dia jadi agak kagok lagi Chi putusin untuk mengulang dulu pelajaran jarimatika dasarnya..

Kalo Naima tarikan garisnya keliatan lemah lagi.. mengambang banget, padahal tadinya udah mantep tarikannya. Pegang pensilnya juga suka salah sekarang.. Solusinya sama kayak ke Keke, kayaknya sebelum menambah pelajaran baru, Chi harus mengulang pelajaran sebelumnya nih..

Chi sih berharap dengan mengulang, ketika mereka masuk sekolah nanti paling gak kemampuan yang udah mereka bisa sebelumnya gak terlalu mundur. Syukur-syukur kalo bisa di pertahankan, malah lebih bagus lagi kalo bisa lebih maju.. Semoga ya.. :)

post signature

Selasa, 07 Juli 2009

Belajar Jam


Keola udah mulai belajar mengenal jam.. Tapi belom belajar tentang menit.. Jadi baru belajar jami 1, 2, 3 s/d jam 12. dimana letak jarum panjang & pendeknya.. dia sudah hapal itu semua..

Kali ini mau ngajak dia untuk belajar meletakkan dimana jarum panjang dan pendeknya, sesuai dengan soal yang diminta.. Kalo lihat hasilnya dia cuma salah 1 dari 9 soal yang ada.. Masih hasil yang menggembirakan menurut Chi..

Tapi emang dasarnya tukang ngeles, waktu Chi kasih tau kalo ada yang salah (seharusnya jarum pendeknya di angka 4, tapi Keke bikin jarum pendeknya di angka 2) alasan dia adalah.. "Sekarang belom waktunya jam 4 bun..." Wkwkkwkwkkw... ada-ada aja alasannya..

Kekurangan yang harus di perbaiki adalah dia masih menggambarkan jarum pendeknya terlalu panjang. Jadi antara jarum pendek & panjang gak terlihat bedanya.. Tapi untuk penempatannya sih udah bener lah..Oke deh pelan-pelan di perbaiki & untuk tahap selanjutnya Chi akan ngajarin jam-jam dengan jarum panjang di angka 6..


post signature
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge