Senin, 19 Oktober 2009

Keke Itu Cerminnya Bunda... part 1

Hasil raportnya Keke 2 minggu yang lalu, menurut wali kelasnya secara akademis Keke masih oke. Gak perlu banyak di bahas, karena hasilnya memang cukup bagus. Cuma untuk penilaian emosionalnya Keke banyak kurangnya nih.. Keke dinilai kurang patuh, empatinya kurang (cuek banget, gak peka katanya), suka ngatur temen-temennya (tapi kalo temennya lagi gak mau di atur Kekenya ngambek), kadang-kadang ngegangguin temen-temennya tapi kalo temennya merasa terganggu Keke gak mau minta maaf alasannya buat apa minta maaf kan udah baikan (ya.. anak kecil kan gitu ya, sebentar baikan, sebentar berantem). Dalam hal belajar gurunya juga keliatannya agak kaget dengan kebiasaan Keke. Keke sering keliatan gak mau perhatiin pelajaran. Terutama dalam pelajaran agama, ketika anak-anak diajarin do'a misalnya Keke keliatannya cuek aja. Tapi ketika di tes Keke seringnya bisa, padahal keliatannya kayak gak merhatiin.

Untuk masalah emosi, Chi bilang ke gurunya kalo akhir-akhir ini masalah emosi Keke emang jadi pembicaran hangat antara Chi & K'Aie.. Memang udah sekitar 3-4 bulan terakhir sifat Keke agak berubah. Selain yang gurunya ceritain diatas, Keke juga sekarang makin kayak anak kecil. Dulu Keke termasuk anak yang mandiri, sekarang apa-apa minta di bantuin. Makan minta disuapin, minta dimandiin, minta dipakein baju, dll. Cepet ngambek, gampang nangis.. Ngomong juga sekarang sering di cadel-cadelin, padahal Naima aja udah lancar ngomongnya.. Makin jadi 'ekornya' Chi, maksudnya kemana-mana seringnya nempel sama Chi terus termasuk kalo lagi di rumah. Keke juga sekarang jadi agak tertutup, padahal dulu dia terbuka banget sama Chi... Trus yang paling bikin sedih raut mukanya itu loh.. Kalo kata Kak Aie sih dia kayak kehilangan cahaya.. Emang sih, mukanya sering keliatan gak ceria. Kalo gak cemberut, ya dia jadi pendiem aja.. Kalopun ngoceh dia lebih seringnya marah-marah atau ngatur-ngatur..

Selama ini kalo anak-anak gak nurut setelah di kasih tau, Chi selalu memberikan hukuman time-out seperti yang ada di reality show the nanny itu. Awlanya hukuman ini efektif banget. Tapi akhir-akhir ini gak berlaku untuk Keke.. Dia malah kayaknya suka sengaja cari gara-gara biar di kasih time-out. Dengan senang hati dia duduk di kursi hukumannya. Malah mukanya ngeledek banget... Gak cuma itu, kalo adeknya yang kena time-out dia pun akan coba manas-manasin Chi supaya ngasih waktu hukumannya yang lebih lama (tentu aja gak Chi turutin). Atau kalo gak gtu ngeledekin adeknya yang lagi di hukum...

Kalo pun ini terjadi sampe sekitar 3-4 bulan, bukan karena Chi sama K'Aie tinggal diam. Tiap hari kami ngebahas perubahan Keke. Tapi kayaknya dari semua solusi yang ada, gak ada yang bener manjur yang bisa bikin Keke seperti dulu lagi. Keke juga sekarang tertutup, jadi Chi agak bingung untuk cari tau masalah apa sih yang terjadi...

Belom lagi kalo lagi berantem sama adeknya, sekarang Keke sering banget bilang "Keke udah gak mau jadi kakak lagi!!! Keke mau jadi adek aja!!!". Atau sering dia mencoba memanas-manasin adeknya dengan bilang "Bunda cuma punya Keke, Naima gak boleh deket-deket bunda!!!"

Chi beberapa kali ngeluh sama K'Aie. Chi ngeluh, kalo sifatnya Keke itu kan bisa dibilang 90% Chi banget, tapi kok ternyata tiap kali ada masalah gak selalu menjadi lebih mudah ya.. Malah kadang sulit banget. Ya kayak yang sekarang ini.

Kak bilang, sifat yang sama kadang gak selalu bikin semua masalah jadi lebih mudah. Misalnya Chi termasuk orang yang punya kemauan keras. Keke pun begitu. Ketika masing-masing punya keinginan & sifat kerasnya lagi keluar yang ada bakalan berbenturan deh. Makanya kata Kak Aie, Chi sama Keke itu kayak Tom & Jerry. Kadang akur, kadang berantem.. Hehehe...

Bener juga sih kata Kak Aie.. Sebetulnya sebelum K'Aie bilang gitu pun Chi udah mulai berpikir yang sama. Bahkan ketika Chi mentok dalam menyelesaikan masalahnya Keke, Chi suka berpikir kalo Chi yang berad di posisinya Keke kira-kira apa yang Chi rasain ya? Trus kira-kira Chi bakal melakukan apa ya?

Biasanya sih cara itu berhasil.. Untuk masalah yang sekarang ini pun Chi coba berpikur dengan cara itu. Udah mulai ada tebakan kalo masalah Keke selama ini itu apa.. Tapi kalo bener tebakan Chi itu berarti awalnya karena Chi yang salah... Chi yang bikin Keke jadi kayak sekarang..

Awalnya Chi gengsi untuk mengakui kalo Chi yang salah. Karena Chi merasa selama ini yang Chi lakuin adalah untuk kebaikannya anak-anak.. Tapi lama-lama Chi pun belajar menerima kalo emang bener Chi ikut andil dalam masalah ini, Chi siap mengakui kalo Chi salah..

Tapi Chi gak mau langsung mengakui ke Keke.. Bukannya apa-apa, takutnya apa yang Chi pikirin ini salah.. Chi pengen Keke duluan yang terbuka ke Chi. Seperti yang sebelum-sebelumnya tiap kali ada masalah. Kalo Keke yang terbuka duluan, dan ternyata apa yang Keke ungkapin itu sama dengan yang chi pikir selama ini berarti Chi siap mengakui salah. Tapi masalahnya Keke sekarang ini tertutup.. Tiap kali di tanya jawabnya gak kenapa-napa.. Gak ada apa-apa... Hhhh... susahnya bikin Keke untuk menjadi terbuka lagi...

Setelah Chi pikir-pikir, kayaknya untuk membuat Keke terbuka adalah dengan sedikit lebih menjakannya.. Seperti yang Chi ceritain di atas, Keke sekarang jadi lebih manja. Apa-apa minta dibantuin.. Ya Chi pikir gak apa-apa deh, untuk saat ini kemauannya diturutin dulu... Kali aja dengan di turutin kemauannya dia jadi lebih ceria.. Pokoknya lebih banyak sabar deh ngadepin Keke...

Alhamdulillah mulai berhasil.. Setelah beberapa kali di ajak ngomong lagi, akhirnya mau juga Keke terbuka.. Dan ternyata apa yang Keke ungkapin persis sama yang Chi pikirin.. Bunda jadi merasa bersalah banget nih Ke... Maafin bunda ya..

Sekarang masalah udah berangsur-angsur hilang.. Udah tambah membaik.. Tapi cerita apa masalah Keke sebenernya di ceritain postingan berikutnya yaaa.. Udah kepanjangan nih.. :)post signature

6 komentar:

  1. yah, anak2 memang suka moody ya. suka berubah2 emosinya.

    BalasHapus
  2. Wah...begitu ya kalau anak2 sudah mulai beranjak besar. Jadi banyak tahu nih. Sebenarnya masalahnya apa sih?? Ah, Bunda nih bisa aja bikin penasaran pembacanya ;-)

    BalasHapus
  3. Wah bund.. Makin besar anak, makin besar tantangannya ya. Aku banyak belajar dr pengalaman bunda nih. Seumur keke ternyata udh punya masalah terpendam ya. Alhamdulillah dah mulai terselesaikan masalahnya kak keke, tp aku penasaran banget apa masalahnya. Cepet ya bund ditunggu posting selanjutnya..

    BalasHapus
  4. Yang namanya anak pasti seperti manja, mita perhatian, bandel, egois, dan suka meniru maklumlah bunda, dunianya masih gitu ditunggu aja ya perkembanganya, semoga dia lebih cepat menemukan jati dirinya

    BalasHapus
  5. Jadi gak sabar pingin tau lanjutan ceritanya, ada apa ya dengan Keke???

    BalasHapus
  6. Bunda...tos ah, kita sama nih, Malena jg lg reseh bgt, stubborn, cuek, nyebelin, asli kayak ibunya, jd aja ibunya suka naek darah nih sekarang..wkk..lg masanya kali ya bun...

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge