Rabu, 27 Mei 2009

Gak Dianggap

Keke : "Bunda, liat buku yang dari Mc D itu gak?"
Bunda : "Buku apa? Perasaan tadi di goodie bagnya gak ada buku.."
Keke : "Emang bukan dari goodie bag bunda.. tapi itu hadiah dari Mc D.."
Bunda : "Hadiah apa?"
Keke : "Iya kan tadi waktu ulang tahun ada banyak gamesnya. Trus salah satunya, mbaknya itu nanya siapa yang mau nyanyi ke depan? Kalo mau nanti dapet hadiah.. Keke kan tadi nyanyi bunda, trus Keke dapet hadiah.."
Bunda : "Keke nyanyi ke depannya di suruh apa tunjuk tangan sendiri?"
Keke : "Enggak... tapi Keke langsung aja lari ke depan. Trus Keke nyanyi deh.. Keke nyanyi lagu kura-kura bunda.."

Ada rasa bahagia mendengar cerita Keke tadi. Apalagi kalo inget gimana pemalunya Keke dulu.. Dan ngomong-ngomong tentang pemalu, Chi selalu inget kata-kata dari temennya mamah waktu Keke baru lahir (ya.. kira-kira Keke umur beberapa minggu gitu deh..).

Waktu itu temennya mamah dateng ke rumah, karena emang mau liat bayi (Keke). Seperti biasa deh kalo kita nengokin bayi kan obrolannya seputar bayi.. Mulai namanya siapa, ngelahirinnya gimana, dll..

Temen mamah ini tanya gimana Keke, rewel apa gak.. Chi cerita kalo Keke itu termasuk bayi yang mudah di asuhnya.. Dari lahir (alhamdulillah sampe sekarang) gak ada cerita kebalik-balik jam tidurnya siang jadi malem, malem jadi siang... Jam tidurnya normal aja.. Anaknya juga anteng. Jarang banget nangis. Kalo nangis biasanya laper atau pipis.. Pokoknya kalo nangis gak pernah lama. Gampang banget brentinya. Gak bau tangan juga anaknya.. Pokoknya Keke itu manis banget lah anaknya.. bener-bener gak nyusahin..

Temen mamah : "Chi kalo bisa anak itu jangan dibiarin terlalu anteng.. Emang sih kita yang ngurusnya jadi enak tapi nanti kayak anak saya loh.."
Chi : "Emang kenapa gitu tante?"
Temen mamah : "Iya dulu anak tante yang perempuan juga anteng banget. Tapi keterusan sampe sekarang. Dia kayak gak dianggap sama orang-orang.. Mungkin karena terbiasa anteng, suaranya jadi kecil. Trus kalo dia ngomong jadi suka gak dianggap. Termasuk di sekolah, kalo dia nanya atau mau jawab pertanyaan gurunya pasti seringnya dilewatin. Temen-temenya yang dipilih terus. Saya udah nyaranin untuk duduk di depan. Tapi dia udah pindah ke depan, tetep aja gak dianggap. Makanya dia suka ngeluh sekarang.. ya.. mungkin karena dia terlalu anteng waktu kecil, makanya suaranya kecil. Jadi Chi daripada nanti Keke juga kayak anak tante, mendingan sesekali Keke di bikin nangis. Kalo dia nangis biarin agak lama nangisnya. Kalo dia lagi anteng, coba sesekali di bikin nangis.."

Chi cuma senyum-senyum aja. Kalo Keke lagi nangis, Chi kadang-kadang emang suka gak langsung ngangkat. Biarin dia nangis sebentar, karena dari buku yang Chi baca katanya menangis kan juga bagus untuk perkembangan paru-parunya (asal jangan kelamaan aja nangisnya). Tapi kalo sengaja dibikin nangis? Hmmmm... kayaknya Chi gak tega..

Malemnya Chi ngobrol 'ma Kak aie tentang pendapat temen mamah ini. Pendapat ayah sama ma Chi. Gak usah juga lah sengaja dibikin nangis.. Kasian Kekenya..

Ketika Keke semakin besar, mulai keliatan kalo Keke itu anak yang agak susah beradaptasi. Sebetulnya anaknya cerewet. Tapi hanya sama orang-orang tertentu. Seperti ke ayah & bundanya. Tapi kalo ketemu orang baru, jangan harap mau ngobrol. Salaman aja kadang dia gak mau. Mulutnya bener-bener dikunci. Di sini Chi gak bisa maksa Keke untuk mau berbaur, karena Keke itu semakin dipaksa justru malah semakin menolak.. Jadi sebaiknya di cuekin. Dikasih pelan-pelan..

Karena sifatnya yang agak susah beradaptasi, makanya dia sering telat panasnya. Ketika acara udah selesai misalnya, dia baru semangat. Sering banget kayak gitu. Jadi suka kasian ngeliatnya..

Tapi sedikit-sedikit, pelan-pelan di kasih tau. Dan kami sebagai orang tua juga nyontohin. Hmm sebetulnya Chi juga belajar dari sini. Kalo dipikir-pikir Keke itu seperti Chi, suka malu-malu kalo berhadapan dengan suasana yang baru (makanya buat temen-temen yang baru kenal trus kita ketemuan, maap ya kalo Chi rada-rada pendiem.. Hehehe...). Tapi kalo udah lama kenal, ya bisa dibilang Chi cerewet juga.. Keke kira-kira kayak Chi giru lah.. Dan supaya Keke gak kayak Chi, makanya Chi pun berusaha untuk mengurangi sifat pemalu Chi.. Paling gak jangan ngeliatin di depan Keke lah.. :)

Lama-lama mulai timbul keberaniannya.. udah mulai mau salaman. Udah mau jawab kalo ditanya siapa namanya (walopun belom mau ngobrol). Tapi makin kesini keliatan dia makin berani. Bahkan waktu ke resepsi pernikahan hari minggu kemarin, Keke asik aja ngobrol sama temennya ayah. Serasa punya temen akrab. Mereka asik aja ngobrol.. Termasuk waktu ikutan games di ulang tahun kemaren. Sama sekali gak nyangka kalo Keke berani maju.

Emang sih masih on off. Kadang berani, kadang enggak. Tapi kalo diperhatiin dibandingin dulu ya udah banyak banget lah perkembangannya. Udah tambah berani. Suaranya juga lantang loh.. Dia juga udah berani ngeluarin pendapat kalo bicara sama orang lain termasuk sama gurunya..

Alhamdulillah... Chi bener-bener bersyukur. Keke yang dulu anteng... banget waktu bayi. Dan pemalu abis, sekarang mulai tambah berani.. Tambah berani ya Keke sayang.. Tapi berani untuk hal-hal yang baik
 tentunya.. Amin..

post signature

19 komentar:

  1. Pokoknya asik dan nggak ada habisnya kalau mbahas anak-anak. Anak saya yang perempuan (no 5) klas 2 SD malah dapat masukan dari Bu Guru katanya terlalu "berani"

    BalasHapus
  2. oya?? jadi klo anteng mesti dibikin nangis ya Bun.. hmmm

    anyway Bun nanya dong koq ga cocok pke metodenya glendoman kenapa ?? kasi masukan & crtnya y Bun

    BalasHapus
  3. Nah, gitu donk Keke… Bagus, harus berani!!
    Tapi rasanya kurang setuju kalo anak yang pendiem n pemalu karena waktu bayinya anteng2 aja, trus biar gak pendiem, maka waktu bayinya mesti dibikin nangis. Hoho..gak lah. Mbak juga gak percaya kan?
    Kalo menurutku siiiy..(tentunya mbak Myra lebih berpengalaman dunkz)
    Anak biar gak jadi pendiem/pemalu dan jadi berani itu karena stimulasi dari orang tua dan pembiasaan dari kecil. Buktinya, sekarang Keke jadi anak pemberani bgtz. Tull?

    BalasHapus
  4. tapi kalo ndak anteng capek ngurusin, apalagi kalo nggak bisa diem,huh...

    BalasHapus
  5. wah.. Keke udah makin hebat ya...
    masalah anak pendiam, itu persis ama anak kakak sepupuku, pendiam abis sampai sekarang. Kita yg ngajak ngomong jadi bingung kayak ngga ada respons.
    sementara ngliat anak sendiri (anak2 ku), pada bawel semua. Ya.. sesekali jago kandang juga sih... tapi banyak beraninya. Apalagi yg no 2, dia jagoan banget, walaupu cewek.
    Itulah dunia anak2 ya....

    BalasHapus
  6. wuih...kakak keke dah tambah ok loh :) tiap2 anak emang punya karakter masing2 ya bun, pinter2 orang tuanya ajah untuk nge-klik nya hehehe...selamat bunda, keke dah banyak kemajuan :)

    BalasHapus
  7. malem dek keke ama ade nai, kali ini om bawa award u/ kalian.... silahkan diambil ya... makaci

    BalasHapus
  8. Selamat, si Keke jadi anak yang PD...

    Ada ralat kayaknya:
    Entah baris keberapa, pada kalimat:
    "Temen mamah : "Iya dulu anak tante yang perempuan juga anteng banget. Tapi keterusan sampe sekarang. Dia kayak dianggap sama orang-orang..."

    Itu kayak dianggap apa kayak nggak dianggap???

    BalasHapus
  9. bunda..rasanya kalo anak pemalu itu karena dia jarang aja bergaul sm teman2nya,misalkan jarang keluar rumah/bermain-main di luar sm teman dkt rmh,jd sekali-sekali biarkan keke bermain/ditinggal ditempat keluarga/sepupunya.ok....

    BalasHapus
  10. @Big Sugeng : terlalu berani salah, terlalu pemalu juga salah y pak.. Tp setuju membahas anak2 emang gak ada habisnya Selalu penuh warna.. :)

    @Dian : Justru sy gak setuju kl anak lagi anteng di bikin nangis.. kasian ah.. ttg glen domann nanti sy tulis di blognya Dian y..

    @Mamanya Zaheer : Yup betul sy gak setuju kl anak lg anteng hrs dibikin nagis.. Stimulasi memang penting, makanya sy rajin ngasih tau Keke. Kasih dia motivasi supaya lebih berani, alhamdulillah udah keliatan perkembangannya skrg.. :)

    @Dunia polar : betul itu :D

    @Penny : Iya selain stimulasi, bisa jadi emang karakter anak kan beda2 y mbak..

    @Kartika : Iya bener mbak.. tergantung karakter anak2nya juga..

    @supriyanto : makasih byk buat awardnya y om..

    @marsudiyanto : makasih byk buat ralatnya y pak.. udah sy perbaiki :)

    @annin : bisa jadi itu juga. Karena di lingkungan rumahnya anak2 emang jarang keluar. Kalo sm sepupunya dia lumayan sering ketemu. Makanya selain sm orang tua, sm keluarga besar sih Keke dari dulu termasuk anak yg cerewet bgt. Kecuali sama orang yg baru di kenal aja dia pendiem abis deh..

    BalasHapus
  11. Mbak,
    Kalo anak yg dulunya pemalu trs sekarang jadi berani, itu berarti orangtuanya yang pinter mengarahkan kemammpuan anaknya. Tapi bakat pemalu anak-anak memang sering keliatan waktu mereka masih kecil ya mbak. Nanti begitu sudah sedikit besar, setelah banyak bergaul dgn teman-teman, jadi lebih berani.... :).

    BalasHapus
  12. punya anak yang berani emang nyenengin. harus pinter2 ortunya juga ngajarinnya yah:)

    tambah pinter terus ya ke:) moga selalu jadi kebanggaan ayah bunda deh;)

    BalasHapus
  13. wah, makasih banget ya bun, postingannya menginspirasi banget, bisa nyontek metodenya nih buat indra :) *ketauan klo punya anak pemalu jg..he..he..*

    BalasHapus
  14. wah Keke jagoan banget nih. Udah mulai berani tampil ke depan. Semoga makin berani ya sayang :)

    btw mba Chi, ntar klo kopdaran ga pemalu dunk ma kita2 :D

    BalasHapus
  15. syukur deh say..
    ikut seneng ndenger perkembangan Keke

    BalasHapus
  16. ada juga sih Bun yg bawaan lahir, seperti anakku dan anak adikku, yg satu pecicilan abis, yg satu uantengnya minta ampyunn....
    buat aku sih yg penting si anak hepi dan enjoy ngejalanin hari2nya..have a lovely weekend Bun :D

    BalasHapus
  17. Wah keke hebattt....gak papa pelan pelan asal makin jadi pemberani ya ke ya....

    Ikutan outbond juga bisa ngelatih keberanian dan spontanitas kayaknya chi.... Kadang bagus juga tuh nginep dirumah eyang tp gak usah ditemenin ortu, cukup keke ama sepupunya..itu jg seru lo buat anak anak.

    Btw, tiap anak kan unik ya....pasti keke even gak pemberani banget, ada sesuatu yg menonjol pastinya kan.

    BalasHapus
  18. tergantung umur kali mbak....anak-anak saya kecilnya penakut banget ma orang asing. bisa langsung terjerit-jerit dia kalau liat oranga sing. mbahnya aja sampe mau nangin waktu pertama kali datang. benar-benar ngga mau digendong......

    tapi gedenya pemberanis emua tuh

    BalasHapus
  19. anak nangis emang ada baiknya juga. tapi aku juga kurang setuju kalau anak sengaja dibikin nangis. kesian.... :D

    two thumbs up buat keke yaaa....

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge